Pengantar ilmu-kalam

1,927 views
1,616 views

Published on

pengantar filsafat

Published in: Spiritual
0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
1,927
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
3
Actions
Shares
0
Downloads
102
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Pengantar ilmu-kalam

  1. 1. PENGANTAR ILMU KALAM Abdul Muid Nawawi
  2. 2. Kata Orang    Tidak ada suatu cabang ilmu yang di dalamnya paling banyak pertentangan dan paling banyak perbedaan pendapat selain Ilmu Kalam (Hassan Hanafi) Ilmu Kalam tidak memuaskan orang pintar dan tidak member manfaat kepada orang bodoh (Hassan Hanafi) Setiap orang yang ingin menyelami seluk-beluk agamanya secara mendalam, perlu mempelajari teologi yang terdapat dalam agama yang dianutnya (Harun Nasution)
  3. 3. Skema Ilmu Kalam ISLAM ISLAM IMAN IHSAN ILMU FIQH ILMU KALAM ILMU TASAWWUF
  4. 4. Penamaan Ilmu Kalam Ada beberapa untuk ilmu ini:  Ilmu Kalam  Ilmu Ushuluddin  Ilmu Tauhid  Ilmu Akidah
  5. 5. Penamaan Ilmu Kalam Ilmu Ushuluddin   Us hûl jamak dari a s hl = dasar. Karena itu, us hûl a l-d în = dasar-dasar agama. Dalam Islam, yang paling mendasar adalah syahadat yang mencakup Allah Swt. dan Nabi Muhammad Saw. Karena itu, Ilmu Ushuluddin mendalami segala hal tentang Allah dan Muhammad.
  6. 6. Penamaan Ilmu Kalam Ilmu Tauhid  Ta whîd berasal dari kata wa hha d a yang artinya m e ng e s a ka n. Ta whîd artinya pengesaan. Karenanya, Ilmu Tauhid adalah ilmu yang membahas segala hal tentang Allah Swt. dalam rangka mengesakan-Nya. Ilmu Aqaid/ Aqidah  ` A â ’ id adalah jamak dari ` a q îd a h yang artinya q dogma. Karena itu, Ilmu Akidah adalah ilmu yang mempelajari dogma-dogma Islam.
  7. 7. Penamaan Ilmu Kalam Ilmu Kalam  Ka lâ m adalah salah satu bahasan dari Ilmu Kalam.  Ka lâ m berarti p e m b ic a ra a n yang bukan pembicaraan, tetapi pembicaraan yang menggunakan logika. Ia adalah sebuah metodologi berfikir atau metodologi dialog. Karenanya, lebih tepat diartikan d is kus i, a la s a n, atau d e b a t.  Ka lâ m berasal dari kata “kalm” yang berarti luka atau cacat karena berpegang pada argumen rasional daripada wahyu. Karena itu, ada yang terasa kurang.  Dinamakan ka lâ m karena mempelajari ilmu ini harus dengan kalam dan para pakarnya disebut m uta ka llim ûn.
  8. 8. Lahirnya Ilmu Kalam Ilmu Kalam lahir dalam tradisi intelektual. Tradisi intelektual adalah upaya yang dilakukan oleh masyarakat beragama untuk menemukan permasalahanpermasalahan yang berkaitan dengan akal dalam masyarakat tertentu dan mencoba menyelaraskan hubungan antara akal dengan apa yang disebut wahyu (Muhsin Mahdi)
  9. 9. Lahirnya Ilmu Kalam Ilmu Kalam erat kaitannya dengan lahirnya skisme dalam Islam. Karenanya, asal mula persoalan Kalam bisa ditelusuri hingga terbunuhnya Khalifah III Utsman bin Affan (Fitna h Kubrâ ).  Awal mula pemikiran ka lâ m adalah pertanyaan tentang siapa yang berhak memimpin (persoalan politik) 
  10. 10. Lahirnya Ilmu Kalam PERSOALAN POLITIK KHAWARI J SYIAH MURJIAH
  11. 11. Lahirnya Ilmu Kalam PERSOALAN TEOLOGIS MURNI QADARIA H MA`BAD AL-JUHANI JABARIA H JAHM BIN SHAFWAN
  12. 12. Lahirnya Ilmu Kalam KHAWARI J MURJIAH QADARIA H JABARIA H MUTAZIL AH SUNNI ILMU KALAM
  13. 13. Lahirnya Ilmu Kalam Ilmu Kalam benar-benar dianggap lahir pada masa Mu`tazilah karena dialah yang pertama kali berupaya mensistematisasikan doktrin agama dalam kerangka ta whîd dan ` a d l.  Namun sebagai sebuah ilmu yang berdiri sendiri, Ilmu Kalam baru lahir setelah adanya pertemuan Islam dengan budaya Yunani (Hellenisme) 
  14. 14. Tema-Tema Ilmu Kalam     Otoritas dan legitimasi politik Posisi pendosa Otonomi kehendak Sifat Allah
  15. 15. Cara Kerja Ilmu Kalam   Rasionalisme sejati adalah rasionalisme yang memahami dan menerima fakta mengenai keberadaan segala sesuatu yang tidak benarbenar rasional, dan inilah rasionalisme yang menjadi inti filsafat Islam. Neoplatonisme adalah bagasi intelektual yang datang melalui pemikiran Yunani, Syriak, Kristen, dan Yahudi dan mencoba untuk memberi ruang bagi Tuhan di luar akal.
  16. 16. Cara Kerja Ilmu Kalam  Neoplatonisme juga yang memberikan gagasan bahwa Tuhan itu aktif, bukan hanya fikiran dan logos (firman). Dia bertindak dan menyebabkan benda-benda ada.

×