Presentasizakat 110414045114-phpapp02 (1)

1,151 views
1,043 views

Published on

0 Comments
2 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
1,151
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
1
Actions
Shares
0
Downloads
128
Comments
0
Likes
2
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Presentasizakat 110414045114-phpapp02 (1)

  1. 1. ZAK AT D ALAM IS L A M“Allah Tabaraka wataala berfirman (di KESAWAN haditsQudsi): "Hai anak Adam, infaklah (nafkahkanlah hartamu),niscaya Aku memberikan nafkah kepadamu." (HR. Muslim)”
  2. 2. MENU ZAKATPengertian ZakatSejarah ZakatHukum BerzakatJenis-jenis ZakatYang Berhak Menerima ZakatYang Tidak Berhak Menerima ZakatHikmah ZakatPerhitungan Zakat Zakat Fitrah Zakat Profesi Zakat Mal
  3. 3. Pengertian Zakat Zakat adalah harta tertentu Aset Yang Wajib Dibuatdikeluarkan Orang Yang beragama Islam dan diberikan kepadaGolongan Yang berhak menerimanya (fakir Miskin dansebagainya) menurut ketentuan Dibuat Yang telah ditetapkansyarak. Zakat merupakan rukun SIBOR Dari Rukun Islam .
  4. 4. Sejarah Zakat Setiap muslim diwajibkan memberikan sedekah dari rezeki yangdikaruniakan Allah. Kewajiban ini tertulis di dalam Al-Qur’an. Pada awalnya, Al-Qur’an hanya memerintahkan untuk memberikan sedekah (pemberian yangsifatnya bebas, tidak wajib). Namun, pada kemudian hari, umat Islamdiperintahkan untuk membayar zakat. Zakat menjadi wajib hukumnya sejaktahun 662 M. Nabi Muhammad melembagakan perintah zakat ini denganmenetapkan pajak bertingkat bagi mereka yang kaya untuk meringankan bebankehidupan mereka yang miskin. Sejak saat ini, zakat diterapkan dalam negara-negara Islam. Hal ini menunjukan bahwa pada kemudian hari ada pengaturanpemberian zakat, khususnya mengenai jumlah zakat tersebut..Pada zaman khalifah, zakat dikumpulkan oleh pegawai sipil dan didistribusikankepada kelompok tertentu dari masyarakat. Kelompok itu adalah orang miskin,janda, budak yang ingin membeli kebebasan mereka, orang yang terlilit hutangdan tidak mampu membayar. Syariah mengatur dengan lebih detail mengenaizakat dan bagaimana zakat itu harus dibayarkan. Kejatuhan para khalifah dannegara-negara Islam menyebabkan zakat tidak dapat diselenggarakan denganberdasarkan hukum lagi.
  5. 5. Hukum Berzakat Zakat merupakan salah satu rukun Islam, dan menjadisalah satu unsur pokok bagi tegaknya syariat Islam. Olehsebab itu hukum zakat adalah wajib (fardhu) atas setiapmuslim yang telah memenuhi syarat-syarat tertentu. Zakattermasuk dalam kategori ibadah seperti salat, haji, dan puasayang telah diatur secara rinci berdasarkan Al-Quran dan AsSunnah. Zakat juga merupakan amal sosial kemasyarakatandan kemanusiaan yang dapat berkembang sesuai denganperkembangan ummat manusia.
  6. 6. Jenis-jenis Zakat Zakat terbagi atas dua jenis yakni:Zakat fitrah Zakat yang wajib dikeluarkan muslim menjelangIdul Fitri pada bulan Ramadan. Besar zakat inisetara dengan 3,5 liter (2,5 kilogram) makananpokok yang ada di daerah bersangkutan.Zakat maal (harta) Mencakup hasil perniagaan, pertanian,pertambangan, hasil laut, hasil ternak, hartatemuan, emas dan perak. Masing-masing jenismemiliki perhitungannya sendiri-sendiri.
  7. 7. Orang-orang yang Berhak Menerima Zakat Ada delapan pihak yang berhak menerima zakat, yakni:Fakir Mereka yang hampir tidak memiliki apa-apa sehingga tidak mampu memenuhi kebutuhan pokok hidup.Miskin Mereka yang memiliki harta namun tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan dasar untuk hidup.Amil Mereka yang mengumpulkan dan membagikan zakat.Muallaf Mereka yang baru masuk Islam dan membutuhkan bantuan untuk menyesuaikan diri dengan keadaan barunyaHamba sahaya yang ingin memerdekakan dirinyaGharimin Mereka yang berhutang untuk kebutuhan yang halal an tidak sanggup untuk memenuhinyaFisabilillah Mereka yang berjuang di jalan Allah (misal: dakwah, perang dsb)Ibnus Sabil Mereka yang kehabisan biaya di perjalanan.
  8. 8. Orang-orang yang Tidak Berhak Menerima ZakatOrang kaya. Rasulullah bersabda, "Tidak halalmengambil sedekah (zakat) bagi orang yang kaya danorang yang mempunyai kekuatan tenaga." (HRBukhari).Hamba sahaya, karena masih mendapat nafkah atautanggungan dari tuannya.Keturunan Rasulullah. Rasulullah bersabda,"Sesungguhnya tidak halal bagi kami (ahlul bait)mengambil sedekah (zakat)." (HR Muslim).Orang yang dalam tanggungan yang berzakat,misalnya anak dan istri.Orang kafir.
  9. 9. Hikmah ZakatPembersih diri dan harta dari segala sifat-sifat kikir,bakhil dan sejenisnya. (QS.9:103).Mendapat pahala yang besar (QS.4:162).Zakat membersihkan harta. “Allah SWT telah menjadikanzakat itu sebagai pemberish bagi harta”. (HR. Bukhari).Orang yang berzakat termasuk dalam 7 golongan yangdinaungi Allah SWT di hari kiamat. “Ada 7 golonganyang akan dinaungi Allah pada hari kiamat kelak”…(salah satu diantaranya) adalah orang yang bersedekahdengan merahasiakannya agar keikhlasannya terjaga”.(HR. Bukhari).Merasakan cita rasa iman. “Ada tiga hal, barang siapayang melakukan tiga hal itu, niscaya dia merasakan citarasa iman:…(salah satunya) ialah mengeluarkan zakathartanya dengan hati yang baik dan ikhlas…” (HR. AbuDaud).
  10. 10. Perhitungan ZakatA. Rumus Perhitungan Zakat FitrahZakat Fitrah Perorang = 3,5 x harga beras di pasaran perliterContoh : Harga beras atau makanan pokok lokal yang biasakita makan dan layak konsumsi di pasar rata-rata harganyaRp. 10.000,- maka zakat fitra yang harus dibayar setiap orangmampu adalah sebesar Rp. 35.000,-Kalau menghitung dari segi berat pengalinya adalah 2,5 xharga beras atau bahan makanan pokok lokal perkilogram.
  11. 11. B. Rumus Perhitungan Zakat Profesi / PekerjaanZakat Profesi = 2,5% x (Penghasilan Total - Pembayaran Hutang / Cicilan)Menghitung Nisab Zakat Profesi = 520 x harga beras pasaran perkgContoh Perhitungan Dalam Zakat Profesi : Jika Bang Jarwo punya gaji 2 juta perbulan dan penghasilan tambahan darikios jualan pulsa dan perdana sebesar 8 juta perbulan maka total penghasilanBang Jarwo sebesar 10 juta tiap bulan. Bang Jarwo membayar cicilan kreditapartemen tidak bersubsidi pemerintah sebesar 5 juta perbulan. Harga beras sekilo yang biasa dikonsumsi yaitu sekitar Rp. 8.000,- perkilogram, sehingga nisab zakatnya adalah Rp. 4.160.000,-. Karena Bang Jarwopenghasilan bersihnya 5 juta dan ada di atas nisab, maka Bang Jarwo harusbayar zakat profesi sebesar Rp. 5 juta x 2,5% = Rp. 125.000,- di bulan itu. Untukbulan selanjutnya dihitung kembali sesuai situasi dan kondisi yang ada. Zakat profesi memang jadi perdebatan karena tidak ada dalil yang mengena.Di kantor pemerintah umumnya setiap penghasilan otomatis dipotong 2,5%(penuh) untuk zakat profesi. Dengan begitu institusi resmi (ulama) Agama Islamdi Indonesia berarti belum mengeluarkan fatwa haram untuk zakat profesi artinyabukan bidah. Jika anda tidak sependapat maka sebaiknya ikhlaskan saja dananggap itu sebagai amal sodakoh anda atau tidak mengeluarkan zakat profesitetapi membayar zakat mal.
  12. 12. C. Menghitung Zakat Maal / Harta KekayaanZakat Maal = 2,5% x Jumlah Harta Yang Tersimpan Selama 1 Tahun(tabungan dan investasi)Menghitung Nisab Zakat Mal = 85 x harga emas pasaran per gramContoh Perhitungan Dalam Zakat Maal Harta: Nyonya Upit Marupit punya tabungan di Bank Napi 100 juta rupiah,deposito sebesar 200 juta rupiah, rumah rumah kedua yang dikontrakkansenilai 500 juta rupiah dan emas perak senilai 200 juta. Total harta yakni1 milyar rupiah. Semua harta sudah dimiliki sejak satu tahun yang lalu. Jika harga 1 gram emas sebesar Rp. 250.000,- maka batas nisabzakat maal adalah Rp. 21.250.000,-. Karena harta Nyonya Upit Marupitlebih dari limit nisab, maka ia harus membayar zakat mall sebesar Rp. 1milyar x 2,5% = 25 juta rupiah per tahun. Harta yang wajib dibayarkan zakat mal / zakat harta :Emas, perak, uang simpanan, hasil pertanian, binatang ternak, bendausaha (uang, barang dagangan, alat usaha yang menghasilkan) danharta temuan. Perhitungan untuk hasil pertanian, peternakan, dan harta temuanada ketentuan yang berbeda dalam hal nisab maupun besaran zakatnya.Ada juga buku yang berpendapat nisab emas adalah 93,6 gram danperak 672 gr. Untuk lebih mudah bisa kita konversi ke rupiah dulu.
  13. 13. SEKIAN DARI KAMI  WASSALAMMUALAIKUM  WAROHMATULLAHI  WABAROKATUH

×