Network Flow Model

  • 214 views
Uploaded on

Salah satu bab dari mata kuliah Sains Manajemen

Salah satu bab dari mata kuliah Sains Manajemen

More in: Education
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Be the first to comment
    Be the first to like this
No Downloads

Views

Total Views
214
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
0

Actions

Shares
Downloads
12
Comments
0
Likes
0

Embeds 0

No embeds

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
    No notes for slide

Transcript

  • 1. NETWORK FLOWMODEL
  • 2. Jaringan :Suatu jaringan diilustrasikan sebagai diagram yang terdiridari dua komponen penting yaitu simpul (node) dan cabang(branch).Tujuan dari jaringan itu sendiri adalah untuk menentukanjarak terpendek, waktu tersingkat, atau biaya terendahdiantara titik-titik dalam jaringan.Masalah dalam jaringan : Rute Terpendek Spanning Tree Arus Maksimal
  • 3. Rute TerpendekRute terpendek adalah metode untuk menentukan jarak terpendekdari suatu node ke node tujuan.Contoh :1. Frieda Millstone dan keluarganya tinggal di Roanoke, Virginia.Mereka merencanakan liburan dengan touring melintasi kotakota di Virginia dengan tujuan akhir mereka di Washington DC.Keluarga telah mengembangkan model jaringan untuk rute dankota yang akan mereka kunjungi selama perjalanan, modelnyayaitu gambar 1.2
  • 4. Next Waktu tempuh antar kota ( dalam jam, yang dipengaruhi oleh jenisjalan dan sejumlah kota-kota menengah) ditunjukkan sepanjangmasing-masing cabang. Tentukan rute terpendek bagi keluargaMillstone untuk dapat melakukan perjalanan dari Roanoke keWashington DC.
  • 5. Langkah-langkah Pilih node dengan rute langsung terpendek dari titik asal. Membangun satu set permanen dengan node asal dan node yangdipilih pada langkah 1. Tentukan semua node langsung terhubung ke node setpermanen. Pilih node dengan rute terpendek (cabang) dari kelompok nodelangsung terhubung ke node set permanen. Ulangi langkah 3 dan 4 sampai semua node telah bergabungdengan set permanen. Jika hanya ada satu anode tujuan makaulangi langkah 3 dan 4 sampai terhubung ke anode tujuan.
  • 6. Solusi
  • 7. Spanning TreeMetode ini digunakan untuk menghubungkan seluruh nodedalam suatu jaringan dengan jalur terpendek.
  • 8. Contoh : (Gambar 1.3) Pada suatu latihan simulasi perang, salah satu dari 2pasukan yang bertempur ingin membangun jaringankomunikasi yang akan mengubungkan 8 lokasi kampnya.Gambar 1.3 ini memperlihatkan jarak-jarak antar kamppada jalur yang berlainan yang memungkinkan untukdibangun jaringan komunikasi. Dengan metode minimalspanning tree, tentukan jarak minimal yang dapatmenghubungkan ke-8 kamp tersebut. (jarak dalam ratusanmeter)
  • 9. Langkah – langkah : Pilihlah simpul awal manapun (biasanya simpul 1 yangterpilih) Pilihlah simpul yang terdekat dengan simpul awal untukbergabung dengan pohon rentang. Pilihlah simpul terdekat yang belum termasuk pohonrentang. Ulangi langkah ke 3 sampai seluruh simpul telahbergabung pohon rentang
  • 10. Solusi
  • 11. Arus Maksimal Metode yang digunakan untuk menghubungkan suatunode ke node tujuan melalui beberapa node alternatifdengan jalur terpendek dan mempertimbangkankapasitasnya.
  • 12. Permasalahan FAA telah memberikan lisensi kepada sebuah maskapaibaru, Omniair, dan diberikan itu beberapa rute antara LosAngeles dan Chicago. Penerbangan per hari untuk setiap ruteyang ditampilkan pada jaringan berikut: Tentukan jumlah maksimum penerbangan maskapaidapat melakukan penerbangan per hari dari Chicago keLos Angeles melalui rute diatas dan menunjukkanjumlah penerbangan di sepanjang rute masing-masing.
  • 13. Solusi Langkah 1: Dipilih secara arbitrer garis edar 1-2-6-8, karena padapenerbangan bagian akhir hanya bisa mengirim 3penerbangan. Maka Input penerbangan pertama yangmelewati garis edar 1-2-6-8 hanya bisa diberikan 3penerbangan.
  • 14.  Langkah 2:Dipilih secara arbitrer garis edar 1-4-8, karena pada node 4(Denver) hanya bisa mengirim 4 penerbangan. Maka Inputpenerbangan pertama yang melewati garis edar 1-4-8hanya bisa diberikan 4 penerbangan Langkah 3:Dipilih secara arbitrer garis edar 1-3-5-7-8, karena padapenerbangan bagian simpul 3-5 hanya bisa menerima 1penerbangan. Maka Input penerbangan pertama yangmelewati garis edar 1-3-5 hanya bisa diberikan 1penerbangan.
  • 15. Langkah 4:Dipilih secara arbitrer garis edar 1-4-7-8, karena padapenerbangan pada simpul 7 atau St. Louis hanyamemiliki input penerbangan 3 maka jalur pada garisedar 1-4-7-8 dikurangi dengan 3 penerbangan. MakaInput penerbangan pertama yang melewati garis edar 1-4-7-8 hanya bisa diberikan 3 penerbangan.
  • 16. Arus maksimal penerbangan dari Los Angles menuju Chicagoadalah 11 penerbangan. Dengan rute seperti gambar dibawah:
  • 17. TERIMA KASIH…