Kelompok 1
Nama kelompok :
1. Ardian Bagas Alkindy
2. Fikrul Islam Al Mughni
3. Ikhmatul Rizkya Fitriani
4. Ilham Rizaldy ...
Menjaga Kedamaian
dengan Mawas Diri,
(Husnudzon)
Berprasangka Baik, dan
Ukhuwah
(Persaudaraan)
Mawas Diri
Artinya :
Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan berhijrah serta berjihad
dengan harta dan jiwanya pada jalan Allah dan...
Menurut Al Qur’an, Nafsu dibagi menjadi 3, yaitu :
a) Nafsu Ammarah, yaitu nafsu yang mendorong manusia kepada keburukan
(...
Husnudzan
(Berprasangka
Baik)
Artinya :
Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan purba-sangka
(kecurigaan), karena sebagian dari purba-sangka i...
Huznudhon dibagi menjadi 3 yaitu :
Huznudhon kepada Allah SWT,
2. Husnudzan kepada orang lain, dan
3. Husnudzan kepada dir...
Persaudaraan
(Ukhuwah
Islamiyah)
Artinya :

Sesungguhnya orang-orang Mukmin adalah bersaudara. Karena itu, damaikanlah kedua
saudara kalian, dan bertakwala...
QS Al-Hujurat ayat 10 menghendaki ukhuwah kaum mukmin harus
benar-benar kuat, lebih kuat dari persahabatan dan pertemanan ...
husnudzon, ukhuwah, mawas diri
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

husnudzon, ukhuwah, mawas diri

22,216

Published on

kelas x bab 1

Published in: Education
3 Comments
5 Likes
Statistics
Notes
No Downloads
Views
Total Views
22,216
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
0
Actions
Shares
0
Downloads
293
Comments
3
Likes
5
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

husnudzon, ukhuwah, mawas diri

  1. 1. Kelompok 1 Nama kelompok : 1. Ardian Bagas Alkindy 2. Fikrul Islam Al Mughni 3. Ikhmatul Rizkya Fitriani 4. Ilham Rizaldy Widy P 5. Muhammad Kamil Fagih 6. Musa Khonifan 7. Novia Rahmarini 8. Yoga Fachruddin Perdana (37) (02) (07) (12) (13) (19) (20) (25)
  2. 2. Menjaga Kedamaian dengan Mawas Diri, (Husnudzon) Berprasangka Baik, dan Ukhuwah (Persaudaraan)
  3. 3. Mawas Diri
  4. 4. Artinya : Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan berhijrah serta berjihad dengan harta dan jiwanya pada jalan Allah dan orang-orang yang memberikan tempat kediaman dan pertoIongan (kepada orang-orang muhajirin), mereka itu satu sama lain lindung-melindungi. Dan (terhadap) orang-orang yang beriman, tetapi belum berhijrah, maka tidak ada kewajiban sedikitpun atasmu melindungi mereka, sebelum mereka berhijrah. (Akan tetapi) jika mereka meminta pertolongan kepadamu dalam (urusan pembelaan) agama, maka kamu wajib memberikan pertolongan kecuali terhadap kaum yang telah ada perjanjian antara kamu dengan mereka. Dan Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan. (QS Al-Anfal (8) Ayat 72)
  5. 5. Menurut Al Qur’an, Nafsu dibagi menjadi 3, yaitu : a) Nafsu Ammarah, yaitu nafsu yang mendorong manusia kepada keburukan (QS Yusuf [12] ayat 53) b) Nafsu Lawwamah, yaitu nafsu yang menyesali setiap perbuatan buruk (QS Al-Qiyamah [75] ayat 2) c) Nafsu Muthmainnah, yaitu nafsu yang tenang (QS Al-Fajr [89] ayat 2730) Manfaat dan Hikmah Kontrol Diri Seseorang yang melakukan kontrol diri (mujahadah an-nafsu) akan memperoleh manfaat dan hikmah sebagai berikut : 1. Hati semakin bersih dan tenang, 2. Memperoleh kebahagiaan lahir dan batin, 3. Diberi kemudahan oleh Allah SWT dalam mengerjakan amal shaleh, 4. Dijauhkan dari sifat-sifat tercela, seperti iri, dengki dan sombong, 5. Dicintai Allah SWT dan sesama manusia, 6. Mendapatkan hidayah yang sempurna dari Allah SWT, dan 7. Mendapatkan ridha dari Allah SWT.
  6. 6. Husnudzan (Berprasangka Baik)
  7. 7. Artinya : Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan purba-sangka (kecurigaan), karena sebagian dari purba-sangka itu dosa. Dan janganlah mencari-cari keburukan orang dan janganlah menggunjingkan satu sama lain. Adakah seorang diantara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. Dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang. (QS Al-Hujurat (49) Ayat 12) QS AL-Hujurat ayat 12 berisi larangan berprasangka buruk. Berprasangka buruk (su’udzan) merupakan perilaku tercela yang harus dihindari. Sebaliknya, orang beriman diperintahkan untuk berprasangka baik (husnudzan), baik itu husnudzan kepada Allah SWT, kepada sesama manusia, maupun kepada diri sendiri.
  8. 8. Huznudhon dibagi menjadi 3 yaitu : Huznudhon kepada Allah SWT, 2. Husnudzan kepada orang lain, dan 3. Husnudzan kepada diri sendiri. 1. Manfaat dan Hikmah Berprasangka Baik Seseorang yang membiasakan diri berprasangka baik (husnudzan) akan memperoleh manfaat dan hikmah sebagai berikut : 1. Hidup menjadi tenang dan penuh optimis, 2. Yakin bahwa terdapat hikmah di balik segala cobaan, 3. Membentuk pribadi yang tangguh, 4. Menjadikan seseorang kreatif, 5. Menyebabkan seseorang tidak mudah putus asa, dan 6. Terhindar dari penyesalan dalam hubungan dengan sesama.
  9. 9. Persaudaraan (Ukhuwah Islamiyah)
  10. 10. Artinya : Sesungguhnya orang-orang Mukmin adalah bersaudara. Karena itu, damaikanlah kedua saudara kalian, dan bertakwalah kalian kepada Allah supaya kalian mendapatkan rahmat. (QS AlHujurat ayat 10). Ayat ini menegaskan bahwa orang-orang mukmin itu bersaudara. Persaudaraan (ukhuwah) diantara sesama mukmin adalah persaudaraan yang dilandasi oleh persamaan aqidah dan keimanan kepada Allah SWT. Persaudaraan yang didasari oleh nilai-nilai Islam dikenal dengan istilah ukhuwah Islamiyah. Ukhuwah Islamiyah mencakup : 1) Ukhuwah Diniyyah Yaitu persaudaraan yang didasari oleh persamaan agama. Persaudaraan seagama dan seiman inilah yang dimaksud oleh QS Al-Hujurat ayat 10 2) Ukhuwah Wathaniyah wa an-nasab Yaitu persaudaraan karena satu bangsa dan keterikatan keturunan. 3) Ukhuwah Insaniyyah atau basyariyyah Yaitu persaudaraan karena sama-sama manusia. Ukhuwah akan memunculkan solidaritas dan timbulnya kepedulian sosial dimasyarakat. Sebagai sesama mukmin, kita harus mampu menjagamartabat dan kehormatan sesama mukmin.
  11. 11. QS Al-Hujurat ayat 10 menghendaki ukhuwah kaum mukmin harus benar-benar kuat, lebih kuat dari persahabatan dan pertemanan biasa. Kita laksanakan hak dan kewajiban dengan penuh tanggung jawab. Rasulullah SAW bersabda : Artinya : “Dari Abu Hurairah dia berkata, "Rasulullah SAW bersabda: "Kalian tidak akan masuk surga hingga kalian beriman, dan tidaklah kalian beriman hingga kalian saling menyayangi.” (HR Muslim) Manfaat dan Hikmah Persaudaraan Diantara manfaat dan hikmah menjaga persaudaraan (ukhuwah) yaitu : 1. Menumbuhkan saling pengertian, 2. Menumbuhkan sikap saling tolong-menolong, 3. Menumbuhkan sikap saling menghargai, 4. Akan melahirkan rasa persatuan dan kesatuan, dan 5. Menenangkan hati manusia.
  1. A particular slide catching your eye?

    Clipping is a handy way to collect important slides you want to go back to later.

×