Your SlideShare is downloading. ×
Penelitian tindakan kelas
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Thanks for flagging this SlideShare!

Oops! An error has occurred.

×

Introducing the official SlideShare app

Stunning, full-screen experience for iPhone and Android

Text the download link to your phone

Standard text messaging rates apply

Penelitian tindakan kelas

4,399
views

Published on

Published in: Entertainment & Humor

0 Comments
2 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total Views
4,399
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
0
Actions
Shares
0
Downloads
222
Comments
0
Likes
2
Embeds 0
No embeds

Report content
Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
No notes for slide

Transcript

  • 1. Penelitian Tindakan Kelas Oleh : Fajar Banaeni Zaman Jayani Achmad Johan Paramita Hanto Sujatmiko
  • 2. UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PRODUKTIF MELALUI PENERAPAN TEACHING FACTORY MENGGUNAKAN TEORI PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME
  • 3. Latar Belakang Teaching factory sebagai program belajar produktif memerlukan pemahaman yang kompleks sesuai dengan disiplin ilmunya. Hal tersebut sesuai dengan teori konstruktivisme, sehingga muncul permasalahan bagaimanakah penerapan teaching factory menggunakan teori belajar konstruktivisme untuk meningkatkan proses belajar dan hasil belajar siswa. Permasalahn tersebut muncul karena kurang maksimalnya proses dan hasil belajar pada mata pelajaran produktif.
  • 4. Rumusan Masalah Berdasarkan uraian diatas memunculkan beberapa permasalahan terkait upaya peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran produktif melalui penerapan teaching factory di SMK . Diantaranya adalah: •Proses belajar dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran produktif tidak maksimal •Pemahaman tentang teaching factory serta komponen pendukungnya •Teori belajar konstruktivisme yang sesuai dengan pembelajaran di SMK •Penerapan teaching factory menggunakan teori pembelajaran konstruktivisme
  • 5. Pemecahan Masalah Metode pemecahan masalah yang akan digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini, yaitu dengan menerapkan model pembelajaran teaching factory menggunakan teori belajar konstruktivisme secara konsisten dan menyeluruh pada mata pelajaran produktif. Diharapkan dengan menggunakan sistim ini, informasi yang menyeluruh tentang materi yang diajarkan dapat terbentuk dengan sendirinya dalam pemahaman siswa. Diharapkan siswa membentuk pengetahuan tersebut dalam bentuk keberanian menyampaikan pendapat, ide, gagasan, pertanyaan, sanggahan, kerja individu secara terstruktur, kerja kelompok serta tanggung jawab terhadap diri dan kelompoknya meningkat. Dengan kata lain, kreativitas dan keberanian siswa dalam kegiatan proses belajar mengajar (KBM) dapat meningkat, yang pada akhirnya dapat meningkatkan hasil belajar para siswa.
  • 6. Tujuan Penelitian I. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1. Penerapan pembelajaran teaching factory menggunakan teori belajar konstruktivisme dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran produktif. 2. Keaktipan siswa dalam mata pelajaran produktif dengan menggunakan teori belajar konstruktivisme. 3. Siswa merasa dirinya mendapat perhatian dan kesempatan untuk menyampaikan pendapat, gagasan, ide, dan pertanyaan. 4. Keberanian siswa mengungkapkan pendapat, ide, gagasan, pertanyaan dan saran meningkat. 5. Siswa dapat bekerja secara mandiri maupun berkelompok, serta mampu mempertanggungjawabkan segala tugas individu maupun kelompok 6. Seluruh siswa dapat menguasai meteri pelajaran secara tuntas, karena selain diajar oleh guru, juga membangun pengetahuan sendiri.. 7. Guru dapat meningkatkan hasil proses belajar mata pelajaran produktif.
  • 7. Manfaat Penelitian Bagi siswa : Dapat meningkatkan keaktipan, kreatifitas siswa dalam mengerjakan tugas mandiri, kelompok baik yang terstruktur maupun yang tidak, yang pada akhirnya akan meningkatkan hasil belajar siswa. Bagi Guru : Sebagai salah satu alternatip model pembelajaran dalam proses belajar mengajar (PBM). Bagi Sekolah : Sebagai bahan pertimbangan oleh sekolah untuk dapat dipergunakan guru-guru lain, khususnya guru mata pelajaran produktif dalam mengoptimalkan proses belajar mengajar (PBM) Untuk Pusdik K & P : Sebagai salah satu bahan pertimbangan dalam mengambil suatu kebijakan guna meningkatkan mutu pendidikan.
  • 8. Hipotesis Tindakan Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: “Jika dalam proses pembelajaran mata pelajaran produktif menggunakan teori belajar konstruktivisme, maka kualitas proses dan hasil pembelajaran akan meningkat”.
  • 9. Kajian Teori Teaching Factory adalah suatu konsep pembelajaran dalam suasana sesungguhnya, sehingga dapat menjembatani kesenjangan kompetensi antara kebutuhan industri dan pengetahuan sekolah. Teknologi pembelajaran yang inovatif dan praktek produktif merupakan konsep metode pendidikan yang berorientasi pada manajemen pengelolaan siswa dalam pembelajaran agar selaras dengan kebutuhan dunia industri. (Brosur IGI, 2007). Dalam pengertian lain bahwa pembelajaran berbasis produksi adalah suatu proses pembelajaran keahlian atau ketrampilan yang dirancang dan dilaksanakan berdasarkan prosedur dan standar bekerja yang sesungguhnya (real job) untuk menghasilkan barang atau jasa yang sesuai dengan tuntutan pasar atau konsumen. Dengan kata lain barang yang diproduksi dapat berupa hasil produksi yang dapat dijual atau yang dapat digunakan oleh masyarakat, sekolah atau konsumen.
  • 10. Teori belajar konstruktivisme