Yunani kuno
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Like this? Share it with your network

Share
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Be the first to comment
    Be the first to like this
No Downloads

Views

Total Views
337
On Slideshare
337
From Embeds
0
Number of Embeds
0

Actions

Shares
Downloads
4
Comments
0
Likes
0

Embeds 0

No embeds

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
    No notes for slide

Transcript

  • 1. Peradaban Yunani Kuno Yunani Kuno adalah peradaban dalam sejarah Yunani yang dimulai dari periode Yunani Arkais pada abad ke-8 sampai ke-6 SM, hingga berahirnya Zaman Kuno dan dimulainya Abad Pertengahan Awal.[1] Peradaban ini mencapai puncaknya pada periode Yunani Klasik, yang mulai berkembang pada abad ke-5 sampai ke-4 SM. Pada periode klasik ini Yunani dipimpin oleh negara-kota Athena dan berhasil menghalau serangan Kekaisaran Persia. Masa keemasan Athena berakhir dengan takluknya Athena kepada Sparta dalam Perang Peloponnesospada tahun 404 SM. Seiring penaklukan oleh Aleksander Agung, kebudayaan Yunani, yang dikenal sebagaiperadaban Hellenistik , berkembang mulai dari Asia Tengah sampai ujung barat Laut Tengah.
  • 2. Istilah "Yunani Kuno" diterapkan pada wilayah yang menggunakan bahasa Yunani pada Zaman Kuno. Wilayahnya tidak hanya terbatas pada semenanjung Yunani modern, tapi juga termasuk wilayah lain yang didiami orang-orang Yunani, di antaranya Siprus dan Kepulauan Aigea, pesisir Anatolia (saat itu disebut Ionia),Sisilia dan bagian selatan Italia (dikenal sebagai Yunani Besar), serta pemukiman Yunani lain yang tersebar sepanjang pantai Kolkhis, Illyria, Thrakia, Mesir, Kyrenaika, Galia selatan, Semenanjung Iberia timur dan timur laut, Iberia, dan Taurika.
  • 3. A. KONDISI GEOGRAFIS Yunani merupakan salah satu pusat peradaban tertua di eropa. Yunani terletak di sekitar Laut Tengah yang sangat strategis dalam pelayaran. Bangsa Yunani terbentuk dari percampuran bangsa pendatang dari laut Kaspia dan dan penduduk asli yang terdiri dari petani. Yunani terletak di ujung tenggara di benua eropa.Sebagian besar kepulauan di laut aegea dan laut ionia. Batas-batas:  Di sebelah utara berbatas dengan Albania, Yugoslavia, Bulgaria, dan Turki di Daratan Eropa.  Di sebelah timur di kelilingi oleh Laut Aegean.  Di sebelah Selatan berbatas dengan Timur Tengah.  Di Sebelah barat berbatas dengan Laut Ionia.
  • 4. Peradaban Yunani lahir di lingkungan geografis yang sebenarnya tidak mendukung. Tanah Yunani tidak seperti Mesopotamia, Huang Ho, ataupun Mesir yang subur. Yunan merupakan tanah yang kering, dengan banyak benteng alam yang kuat berupa jurang-jurang yang terjal, gunung-gunung yang tinggi, serta pantai-pantai yang curam dan terjal. Hujan sangat jarang turun di Yunani.
  • 5. Secara umum perkembangan Yunani kuno di bagi menjadi 4 yaitu sebagai berikut : • 1. Fase pembentukan negara-negara kota (Polis) yang berlangsung antara 1000-800 SM. • 2. Fase ekspansi negara-negara kota atau fase kolonisasi polis- polis Yunani. Ekspansi polis-polis Yunani ke arah barat sampai ke Italia Selatan, sedangkan ke arah Timur sampai ke Asia Kecil (Troya) • 3. Masa kejayaan polis-polis Yunani (600-400SM) • 4. Masa Keruntuhan Yunani (400-300 SM), tetapi kebudayaan Yunani berkembang di luar daerah Yunani itu sendiri.
  • 6. Para Ahli Filsafat Yunani Kuno 1. Pythagoras Pythagoras (582 SM – 500 SM) lebih dikenal sebagai ahli matematika daripada filosof. Dia dilahirkan di Samos, Yunani. Ayahnya, Mnesarchus, bekerja sebagai pedagang permata. Pythagoras mempunyai 2 atau 3 saudara kandung. Beberapa sejarahwan mengatakan, Pythagoras menikah dengan seorang wanita bernama Theano, dan mempunyai 2 anak yang bernama Damo dan Telauges. Lalu dikatakan bahwa Telauges mewarisi Pythagoras sebagai guru dan kemungkinan mengajar filosof terkenal yang bernama Empedocles. Namun, ada juga yang mengatakan bahwa Theano adalah salah satu murid Pythagoras, dan mengatakan bahwa Pythagoras tidak pernah menikah dan mempunyai anak.
  • 7. 2. Thales Thales(624-546 SM) adalah anak dari Examyes dan Cleobuline. Thales berasal dari Miletus dan merupakan filosof pertama yang diketahui dalam sejarah manusia. Ia adalah orang pertama yang mencari penjelasan alamiah tentang alam tanpa bantuan mitologi. Thales termasuk salah satu dari Seven Sages of Greece atau Seven Wise Men. Para filosof zaman pra Socrates sering disebut sebagai filosof alam karena mereka hanya menaruh perhatian pada alam dan proses-prosesnya.
  • 8. 3. Plato Plato seorang filsuf danmatematikawan Yunani, penulis philosophical dialogues dan pendiri dari Akademi Platonik di Athena, sekolah tingkat tinggi pertama di dunia barat.Ia adalah murid Socrates. Pemikiran Plato pun banyak dipengaruhi oleh Socrates. Plato adalah guru dari Aristoteles. Karyanya yang paling terkenal ialah Republik (dalam bahasa Yunani Πολιτεία atauPoliteia, "negeri") yang di dalamnya berisi uraian garis besar pandangannya pada keadaan "ideal". Dia juga menulis 'Hukum' dan banyak dialog di mana Socrates adalah peserta utama.Salah satu perumpamaan Plato yang termasyhur adalah perumpaan tentang orang di gua.Cicero mengatakan Plato scribend est mortuus (Plato meninggal ketika sedang menulis).
  • 9. Seni bangunan perdaban yunani kuno • Acropolis (Kota Tinggi) Sebab letaknya di daerah perbukitan. Jalan ke atas Acropolis ini dihiasi oleh arca-arca indah dan ada kubu pertahanan. Di bagian inti ada dua kuil yaitu Kuil Erectum sebagai tempat Patung Dewi Athena, dan Kuil Parthenon sebagai tempat penghormatan Dewi Athena.
  • 10. • Kuil Dewa Zeus Terletak di bukit Olympus, juga disebut Altis yaitu sebagai tempat pemujaan Dewa Zeus. Pengarang sastra yunani kuno terkenal adalah Homerus dengan karyanya Illyas yang berkisah tentang perang troya.