Presentasi manajemen kesiswaan
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×
 

Presentasi manajemen kesiswaan

on

  • 5,971 views

 

Statistics

Views

Total Views
5,971
Views on SlideShare
5,858
Embed Views
113

Actions

Likes
0
Downloads
193
Comments
0

1 Embed 113

http://firmandepartment.blogspot.com 113

Accessibility

Categories

Upload Details

Uploaded via as Microsoft PowerPoint

Usage Rights

© All Rights Reserved

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
Post Comment
Edit your comment

Presentasi manajemen kesiswaan Presentasi manajemen kesiswaan Presentation Transcript

  • Oleh:Kelompok 5 & 6
  • A. Pengertian Manajemen KesiswaanB. Ruang Lingkup Manajemen KesiswaanC. Tujuan Manajemen KesiswaanD. Fungsi Manajemen KesiswaanE. Prinsip Dasar Manajemen KesiswaanF. Tugas Manajemen KesiswaanG. Implementasi Manajemen Kesiswaan di Sekolah
  • Manajemen kesiswaan adalah penataan dan pengaturanterhadap kegiatan yang berkaitan dengan pesertadidik, mulai masuk sampai dengan keluarnya pesertadidik tersebut dari suatu sekolah.Manajemen kesiswaan bukan hanya berbentukpencatatan data peserta didik, melainkan meliputi aspekyang lebih luas yang secara operasional dapat membantuupaya pertumbuhan dan perkembangan peserta didikmelalui proses pendidikan di sekolah.
  •  Perencanaan kesiswaan Penerimaan peserta didik Orientasi siswa baru Mengatur kehadiran, ketidak hadiran siswa di sekolah Mengatur evaluasi peserta didik Mengatur kenaikan tingkat siswa Mengatur siswa yang mutasi dan drop out Mengatur kode etik dan disiplin siswa Mengatur layanan siswa Mengatur organisasi siswa
  • Manajemen kesiswaan bertujuan untuk mengatur berbagai kegiatandalam bidang kesiswaan agar kegiatan pembelajaran di sekolahdapat berjalan lancar, tertib dan teratur, serta mencapai tujuanpendidikan sekolah.
  •  Meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan psikomotor siswa. Menyalurkan dan mengembangkan kemampuan umum (kecerdasan), bakat dan minat siswa. Menyalurkan aspirasi, harapan dan memenuhi kebutuhan siswa. Dengan terpenuhinya 1, 2, dan 3 di atas diharapkan siswa dapat mencapai kebahagiaan, kesejahteraan hidup; lebih lanjut dapat belajar dengan baik dan tercapai cita-cita mereka.
  • Fungsi yang berkenaan dengan: Pengembangan individualitas: kemampuan umum (kecerdasan), kemampuan khusus (bakat), dan kemampuan lainnya. Pengembangan sosial: sosialisasi dengan sebaya, keluarga dan lingkungan sosial (sekolah & masyarakat). Penyaluran aspirasi dan harapan: tersalur hobi, kesenangan dan minatnya. Pemenuhan kebutuhan dan kesejahteraan, agar siswa sejahtera dalam hidupnya.
  •  Siswa harus diperlakukan sebagai subyek dan bukan obyek, sehingga harus didorong untuk berperan serta dalam setiap perencanaan dan pengambilan keputusan yang terkait dengan kegiatan mereka Kondisi siswa sangat beragam, ditinjau dari kondisi fisik, kemampuan intelektual, sosial ekonomi, minat dan seterusnya. Oleh karena itu diperlukan wahana kegiatan yang beragam, sehingga setiap siswa memiliki wahana untuk berkembang secara optimal Siswa hanya termotivasi belajar, jika mereka menyenangi apa yang diajarkan Pengembangan potensi siswa tidak hanya menyangkut ranah kognitif, tetapi juga ranah afektif, dan psikomotor.
  •  Penerimaan murid baru Pencatatan murid dalam buku induk Buku klaper Tata tertib murid
  • Tanggung jawab kepala sekolah secara garis besar yangberhubungan dengan manajemen kesiswaan adalah memberikanlayanan kepada siswa dengan cara memenuhi kebutuhan-kebutuhan yang mereka perlukan sesuai dengan tujuan yangtelah ditetapkan sebelumnya secara efektif dan efisien. Adapunkegiatan yang harus dilakukan oleh kepala sekolah dalammanajemen kesiswaan dapat dikelompokkan menjadi tigabagian utama, yaitu kegiatan penerimaan siswa, pembinaansiswa dan pemantapan kegiatan yang harus dilakukan olehsiswa melalui program di sekolah.
  • Made Pirdata, Manajemen Pendidikan Indonesia, Jakarta: PT Rineka Cipta, 2004.E. Mulyasa, Manajemen Berbasis Sekolah, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2006.Suryosubroto B., Manajemen Pendidikan di Sekolah, Jakarta: PT Rineka Cipta, 2004.http://akhmadsudrajat.wordpress.com/2008/02/03/konsep- manajemen-sekolah.http://sindemeysin.blogspot.com/2009/05/makalah-manajemen- kesiswaan.html.