Keutamaan Shodaqah

1,868 views
1,446 views

Published on

"Jika) hamba Allah berkata,’Yang mana hartaku, yang mana hartaku,” sesungguhnya baginya tiga macam harta; apa yang dia makan lalu lenyap, apa yang dia pakai lalu lusuh, dan apa yang dia infakkan tapi akan tetap tersimpan. Apa saja selain itu, akan lenyap dan meninggalkan manusia.

Published in: Education
0 Comments
4 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
1,868
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
8
Actions
Shares
0
Downloads
258
Comments
0
Likes
4
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Keutamaan Shodaqah

  1. 1. KEUTAMAAN SHADAQAH Erwin Wahyu
  2. 2. PENGERTIAN SHADAQAH Imam Raghib Al-Asfahani berkata, ”Shadaqah adalah apa saja yang dikeluarkan manusia dari hartanya dalam rangka taqarrub,seperti zakat. Tapi shadaqah pada asalnya adalahuntuk infaq yang sukarela (sunnah), sedang zakat untuk infaq yang wajib.” (Mufradat Alfazhil Qur`an, hal. 48)
  3. 3. MENJADI SIMPANAN YANG TAK LENYAP Sabda Nabi SAW,”(Jika) hamba Allah berkata,’Yang mana hartaku, yang mana hartaku,” sesungguhnya baginya tiga macam harta; apa yang dia makan lalu lenyap, apa yang diapakai lalu lusuh, dan apa yang dia infakkan tapi akan tetap tersimpan. Apa saja selain itu, akan lenyap dan meninggalkan manusia.” (HR Muslim)
  4. 4. DILIPATKAN GANDAKAN BALASANNYA Sabda Nabi SAW, ”Tidaklah seseorang bersedekah dengan yang baik-baik –dan Allah tidak menerima kecuali yang baik-baik– kecuali Allah Yang Maha Pengasih akan mengambilnya dengan tangan kanan-Nya, meski hanya sebutir kurma. Sebutir kurma itu akan bertumbuh di telapak tangan Allah hingga menjadi lebih besar dari gunung. Itusebagaimana salah seorang kamu memelihara anak kuda atau anak untanya.” (HR Bukhari & Muslim)
  5. 5. DIDOAKAN MALAIKAT MENDAPAT GANTINYA Sabda Nabi SAW, ”Tak ada satu hari pun bagi hamba-hamba Allah, kecuali pada pagi harinya akan didatangi dua malaikat. Salah satunya berkata,”Ya Allah, berikanlah ganti kepada orang yang menginfakkan hartanya!” Satunya lagi berkata,”Ya Allah, berikanlah kehancuran bagi orang yang menahan hartanya!” (HR Bukhari & Muslim)
  6. 6. MENGOBATI PENYAKIT Sabda Nabi SAW,”Obatilah sakitmu dengan sedekah, bentengilah harta bendamu dengan zakat, dan bersiaplah menghadapi cobaan dengan doa.” (HR Baihaqi)
  7. 7. MENDINGINKAN PANASNYA ALAM KUBURSabda Nabi SAW,”Sesungguhnya sedekah itu benar- benar akan dapat memadamkan panasnya alam kubur bagi penghuninya, dan orang mukmin akan bernaung pada Hari Kiamat di bawah bayang- (bayang sedekahnya.”(HR Thabrani dan Baihaqi
  8. 8. MENUTUP 70 PINTU KEBURUKAN Sabda Nabi SAW,”Sedekah dapat menutup 70 pintu keburukan.” (HR Thabrani)
  9. 9. MEMADAMKANMURKA ALLAH,Sabda Nabi SAWSilaturahmi dapat”menambah umur dansedekah secara rahasiadapat memadamkan”.murka Allah
  10. 10. MENGHAPUS BERBAGAI COBAAN Sabda Nabi SAW,”Cobaan yang menimpa seorang laki-laki dalamurusan isterinya, hartanya, dirinya, anaknya, dan tetangganya, akan dapat dihapuskan dengan puasa, shalat, sedekah, dan amar ma’ruf nahi munkar.” (HR Bukhari dan Muslim)
  11. 11. MENOLAK SU`UL KHATIMAH Sabda Nabi SAW, ”Sesungguhnya sedekah dapat memadamkanmurka Allah dan dapat menolak su`ul khatimah (mati dalam keburukan).” (HR Tirmidzi dan Ibn Hibban)
  12. 12. HARTA TAK BERKURANG DENGAN SHADAQAH Sabda Nabi SAW, ”Sedekah tidaklah mengurangi (barakah dari) harta, dan tidaklah Allah menambah bagi hamba yang memberi maaf kecuali kemuliaan, dantidaklah seseorang bersikap tawadhu’ karena Allah, kecuali Allah Azza wa Jalla akan mengangkat derajatnya.” (HR Muslim)

×