Your SlideShare is downloading. ×
Peradaban mesir kuno
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Thanks for flagging this SlideShare!

Oops! An error has occurred.

×

Saving this for later?

Get the SlideShare app to save on your phone or tablet. Read anywhere, anytime - even offline.

Text the download link to your phone

Standard text messaging rates apply

Peradaban mesir kuno

10,747
views

Published on

Published in: Education

28 Comments
63 Likes
Statistics
Notes
No Downloads
Views
Total Views
10,747
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
2
Actions
Shares
0
Downloads
0
Comments
28
Likes
63
Embeds 0
No embeds

Report content
Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
No notes for slide

Transcript

  • 1. Mesir Kuno Adalah suatu peradaban kuno di bagian timurlaut Afrika. Peradaban ini terpusat di sepanjang hilir sungai Nil.Peradaban ini dimulai dengan unifikasi Mesir Hulu dan Hilir sekitar 3150SM, dan selanjutnya berkembang selama kurang lebih tiga milenium.Sejarahnya mengalir melalui periode kerajaan-kerajaan yangstabil, masing-masing diantarai oleh periode ketidakstabilan yang dikenalsebagai Periode Menengah. Mesir Kuno mencapai puncak kejayaannyapada masa Kerajaan Baru.
  • 2. Dataran banjir Nil yang subur memberikan kesempatan bagi manusiauntuk mengembangkan pertanian dan masyarakat yang terpusat danmutakhir, yang menjadi landasan bagi sejarah peradaban manusia.Pada akhir masa Paleolitik, iklim Afrika Utara menjadi semakin panas dankering.Akibatnya, penduduk di wilayah tersebut terpaksa berpusat di sepanjang sungaiNil. Sebelumnya, semenjak manusia pemburu-pengumpul mulai tinggal diwilayah tersebut pada akhir Pleistosen Tengah (sekitar 120 ribu tahunlalu), sungai Nil telah menjadi urat nadi kehidupan Mesir.
  • 3. Periode PredinastikPeriode ProtodinastikPeriode Dinasti Awal3150 SMKerajaan Lama2200 hingga 2150 SMPeriode Menengah PertamaKerajaan Pertengahan
  • 4. Periode Menengah Kedua dan HyksosKerajaan BaruPeriode Menengah KetigaPeriode AkhirDinasti Ptolemeus & DominasiRomawi
  • 5. 1. Administrasi dan PerdaganganYang bertanggung jawab terhadap masalahadministrasi adalah orang kedua dikerjaan, sang wazir, yang juga berperan sebagaiperwakilan raja yang mengkordinir survey tanah, kasnegara, proyek pembangunan, sistem hukum, danarsip-arsip kerajaan.Di level regional, kerajaan dibagi menjadi 42 wilayahadministratif yang disebut nome, yang masing-masing dipimpin oleh seorang nomark, yangbertanggung jawab kepada wazir.Kuil menjadi tulang punggung utama perekonomian yang berperan tidakhanya sebagai pusat pemujaan, namun juga berperan mengumpulkan danmenyimpan kekayaan negara dalam sebuah sistem lumbung danperbendaharaan dengan meredistribusi biji-bijian dan barang-baranglainnya
  • 6. 2. Status sosialMasyarakat Mesir Kuno ketika itu sangat terstratifikasi dan statussosialyang dimiliki seseorang ditampilkan secara terang-terangan.PEJABATJURU TULISPETANIBUDAK
  • 7. 3. Sistem hukumKonsep Hukum masyarakat Mesir Kuno adalah Maat.Maat• konsepkebenaran• Keseimbangan• Ketertiban• Hukum• Moralitas• KeadilanMaat adalahseorang dewi danjuga personifikasikebenaran dankeadilan. Sayapburung untanyamelambangkankebenaran.
  • 8. 4. PertanianPertanian di Mesir sangatbergantung kepada siklus sungaiNil. Bangsa Mesir mengenal tigamusim.Kondisi geografi yang mendukung dan tanah ditepi sungai Nil yang subur membuat bangsaMesir mampu memproduksi banyakmakanan, dan menghabiskan lebih banyak waktudan sumber daya dalam pencapaianbudaya, teknologi, dan artistik.Peret(tanam)Shemu(panen)Akhet(banjir)
  • 9. 1. Perkembangan historisBahasa Mesir adalah bahasa Afro-Asiatik yang berhubungan dekatdengan bahasa Berber dan SemitBahasa ini memilikisejarah bahasaterpanjang kedua(setelah Sumeria).Bahasa Mesir telahditulis sejak 3200 SMdan sudah dituturkansejak waktu yanglebih lama.Peta persebaran bahasa-bahasa Afro-Asia
  • 10. 2. TulisanTulisan hieroglif terdiri dari sekitar 500simbol. Sebuah hieroglif dapat mewakilikata atau suara.Hieroglif adalah aksararesmi, digunakan pada monumen batudan kuburan. Pada penulisan seharihari, juru tulis membuat tulisankursif, yang disebut keramat.
  • 11. 1. Kehidupan Sehari-hariSebagian besar masyarakat Mesir Kunobekerja sebagai petani.Kediaman mereka terbuatdari tanah liat yangdidesain untuk menjagaudara tetap dingin disiang hari.Setiap rumahmemiliki dapurdengan atap terbuka.Di dapur itu biasanyaterdapat batu gilinguntuk menggilingtepung dan oven keciluntuk membuat roti
  • 12. 2. ArsitekturBANGUNAN
  • 13. a. Piramida Agung GizaPiramida tertua dan terbesardari tiga piramida yang ada diNekropolis Giza danmerupakan satu-satunyabangunan yang masihmenjadi bagian dari TujuhKeajaiban DuniaDipercaya bahwa piramida ini dibangun sebagai makam untuk firaundinasti keempat Mesir, Khufu dan dibangun selama lebih dari 20 tahundan diperkirakan berlangsung pada sekitar tahun 2560 SM
  • 14. b. SphinxSphinx adalah patungberbadan singa berkepalamanusia. Panjang badannya57 meter, adapun tingginyahanya 20 meter.Sphinx merupakan simbol patung penjaga tiga Piramida. Adapulayang menyebutkan, Sphinx merupakan tempat disemayamkannyajenazah para raja sebelum dimumikan di Piramida.
  • 15. b. KompleksKuil KarnakKomplek Bangunan yang meliputi reruntuhankuil, tiang dan bangunan-bangunanlainnya, terutama Kuil Agung Amen danbangunan besar yang dibangunoleh Firaun Ramesses II (~ 1391–1351 SM), yang terletak didekat Luxor, sekitar 500 km sebelahselatan Kairo, Mesir.
  • 16. b. ObeliskObelisk adalah monumentinggi, ramping bersisi empat yangdimahkotai kemuncakberbentuk piramida.Obelisk purbakala biasanya terbuatdari monolit atau batutunggal, sedangkan obelisk moderndibangun dari batu dan memilikiruangan di dalamnya.
  • 17. 3. SeniBangsa Mesir Kuno memproduksi seniuntuk berbagai tujuan. Selama 3500tahunSeniman Mesir Kuno dapatmenggunakan batu dan kayu sebagaibahan dasar untuk memahat.Cat didapatkan dari mineral seperti bijihbesi (merah dan kuning), bijih perunggu(biru dan hijau), jelaga atau arang(hitam), dan batu kapur (putih).Patung dadaNefertiti, karyaThutmose, adalah salahsatu mahakarya terkenal bangsa MesirKuno.
  • 18. 4. Agama dan KepercayaanKepercayaan terhadap kekuatan gaib dan adanya kehidupan setelah kematiandipegang secara turun temurun.Masyarakat mesir percaya bahwa setiap manusia terdiri dari bagian fisik dan spiritual.Selain badan, manusia juga memiliki šwt (bayangan),ba (kepribadian atau jiwa), ka (nyawa), dan nama.Buku Kematian adalah panduan perjalanan untuk kehidupan setelah kematian.
  • 19. Dewa-dewa yang memiliki kekuatan supernatural dan menjadi tempatuntuk meminta perlindungan, namun dewa-dewa tidak selalu dilihatsebagai sosok yang baik. orang mesir percaya dewa-dewa perlu diberisesajen agar tidak mengeluarkan amarahDewa – Dewi Mesir KunoRa(Re atauAmun-Ra)Sobek Anubis Horus Osiris
  • 20. Dewa – Dewi Mesir KunoRa (Re atau Amun-Ra)adalah dewa Matahari Mesir Kuno.Ra juga dianggap sebagai dewatertinggi dalam kebudayaan MesirKuno.
  • 21. Dewa – Dewi Mesir KunoSobek(juga disebut Sebek, Sochet, Sobk, Sobki, Soknopais),dan dalam mitologi Yunani disebut Suchos (Σοῦχος)adalah perwujudan dewa buaya pejaga sungai Nildalam mitologi Mesir.Karena buaya adalah hewan yang ditakuti olehnegara yang sangat bergantung kepada SungaiNil, orang Mesir kuno yang berlayar di sungai Nilberharap bahwa jika mereka berdoa kepadaSobek, maka buaya atau dewa sungai Nil akanmelindungi mereka dari ancaman seranganbinatang buas termasuk buaya.
  • 22. Dewa – Dewi Mesir KunoAnubis dalam kepercayaan MesirKuno dianggap sebagai dewakematian dengan wujudkepala anjing dan badan manusia.Anubis adalah namaMesir untuk dewa berkepala anjing yangberhubungan dengan mumi dankehidupan setelah kematianpada mitologi Mesir.
  • 23. Dewa – Dewi Mesir KunoHorusadalah putra Isis dan Osiris.Horus dipuja sebagai dewa langit, dewaperang, dan dewa pelindung.
  • 24. Dewa – Dewi Mesir KunoOsirisialah dewa maut Mesir Kuno, dalambeberapa literatur mesir kuno, ia disebut jugadengan: Asar, Asari, Aser, Ausar, Ausir, Wesir, Usir,Usire or Ausare.Kerajaannya terdapat di barat, iamenghakimi jiwa manusia menurutpahala yang mereka kumpulkan Secaratradisional ia ditampilkan berkulit hijaudengan mengenakan janggutfiraun, sebagian tubuhnya dibalutseperti mumi, mengenakan mahkotayang unik dengan dua bulu burung untadi kedua sisinya, memegang atribut kaitdan cambuk.
  • 25. 5. Adat PemakamanBerbagai kegiatan dalam adat iniadalah : proses mengawetkan tubuhmelalui mumifikasi, upacarapemakaman, dan penguburan mayatbersama barang-barang yang akandigunakan oleh almarhum di akhirat.Orang Mesir Kunomempertahankan seperangkat adatpemakaman yang diyakini sebagaikebutuhan untuk menjaminkeabadian setelah kematian.
  • 26. 6. MiliterAngkatan perang Mesir kunobertanggung jawab untuk melindungiMesir dari serangan asing, dan menjagakekuasaan MesirPeralatan militer yang digunakan padamasa itu adalah panah, tombak, danperisai berbahan dasar kerangka kayudan kulit binatang.Senjata dan baju zirah terusberkembang setelah penggunaanperunggu: perisai dibuat dari kayupadat dengan gesper perunggu, ujungtombak dibuat dari perunggu.
  • 27. 1. TeknologiMesir kuno telah mampu mengembangkansebuah material kilap yang dikenalsebagai tembikar glasir bening, yang dianggapsebagai bahan artifisial yang cukup berharga..Tembikar glasir bening adalah keramikyang terbuatdari silika, sedikit kapur dan soda, sertabahan pewarna, biasanya tembaga
  • 28. 2. PengobatanLuka-luka dirawat dengan cara membungkusnyadengan daging mentah, linenputih, jahitan, jaring, blok, dan kain yang dilumurimadu untuk mencegah infeksi.Mereka juga menggunakan opium untukmengurangi rasa sakit.Bawang putih maupun merah dikonsumsi secara rutin untuk menjagakesehatan dan dipercaya dapat mengurangi gejala asma.Ahli bedah mesir mampu menjahitluka, memperbaiki tulang yang patah, danmelakukan amputasi.
  • 29. 3. Pembuatan KapalBangsa Mesir kuno telah tahubagaimana merakit papan kayu menjadilambung kapal sejak tahun 3000 SM.kapal AbydosKapal-kapal yang ditemukandi Abydos ini dibuat dari papan kayuyang "dijahit" menggunakan talipengikat.
  • 30. 4. MatematikaBangsa Mesir ketika itu telahmengembangkan sistem bilangan.Notasi matematika Mesir Kuno bersifatdesimal (berbasis 10) dan didasarkan padasimbol-simbol hieroglif untuk tiap nilaiperpangkatan 10(1, 10, 100, 1000, 10000, 100000, 1000000)sampai dengan sejuta.Beberapa pecahan ditulis menggunakan glif khusus;nilai yang setara dengan 2/3 ditunjukkan oleh gambardi samping.
  • 31. TERIMA KASIH