CPNS Planner Indonesia
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Like this? Share it with your network

Share
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Be the first to comment
No Downloads

Views

Total Views
3,156
On Slideshare
3,156
From Embeds
0
Number of Embeds
0

Actions

Shares
Downloads
81
Comments
0
Likes
1

Embeds 0

No embeds

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
    No notes for slide

Transcript

  • 1.  
  • 2.  
  • 3. Kementerian Negara adalah lembaga Pemerintah Indonesia yang membidangi urusan tertentu dalam pemerintahan.
  • 4. 9 Keuntungan Menjadi Seorang PNS A pa sih alasan menjadi PNS
    • Satu-satunya profesi yang memberikan pesangon (baca Taspen)
    • Memberikan jaminan/asuransi kesehatan kepada PNS dan keluarganya, bahkan setelah PNS tersebut pensiun atau meninggal dunia.
    • Sangat sulit memberhentikan PNS, walaupun mekanisme untuk itu tersedia.
    • Satu-satunya profesi yang tidak terganggu akibat krisis apakah itu krisis finansial, krisis moneter ataupun krisis ekonomi baik yang bersifat lokal, regional maupun global.
    • Satu-satunya profesi yang salary nya tidak pernah turun dan cendrung selalu meningkat.
    • Karena PNS itu melayani, maka selain mendapatkan gaji juga sebagai ladang amal kebajikan
    • Jam kerjanya hanya 37,5 jam per minggu bahkan kurang
    • Adanya jaminan untuk Monogami dan beasiswa pendidikan.
    • Adanya kemudahan kredit bagi PNS untuk kendaraan, perumahan dll.
    M asih ada lagi....silakan anda tambahkan!
  • 5. “ Lalu bagaimana cara saya untuk menjadi PNS…info tentang rekruitment ini sedikit sekali dan saya membutuhkannya ”
  • 6. 8 Fakta Tentang Tes CPNS 1. Lain Kementerian, Lain Ujian Sama saja seperti tes masuk perusahaan swasta, tes CPNS pun masing-masing Kementerian berbeda. 2. Bersifat Massal Berbeda dengan perusahaan swasta, tes CPNS bersifat besar dan sangat banyak yang ikut. 3. Bersifat Terbuka Saat ini, sedikit sekali jalur masuk dengan cara KKN. Hampir keseluruhan murni, bahkan melibatkan LSM 4. Memakan Waktu Yang Cukup Lama Mulai dari Pendaftaran, Ujian, dan Pemberkasan. Paling Cepat sekitar 3 bulan, paling lama 6 bulan 5. Tiap Tahun Makin Banyak Peminatnya Kesempatan berkarier sebagai PNS makin baik, sehingga makin banyak peminat 6. Tempat Ujian Tes Tertulis Utama di Hall yang Besar Biasanya untuk Kementerian, tes dilakukan di Gelora Bung Karno 7. Butuh Modal Untuk kelengkapan SKCK, Kartu Kuning, berbagai macam legalisir, pas foto dll 8. Tidak Cukup 1 Kali Untuk Mencoba Hanya segelintir orang yang mencoba sekali dan berhasil, kebanyakan lebih dari sekali…tetap semangat
  • 7. Time Line Proses Seleksi Juli Minggu 4 Pengumuman CPNS secara berkala mulai diumumkan oleh masing-masing Kementerian Agustus September Oktober November Desember Minggu 1 Pendaftaran Online Dibuka Minggu 2 Pendaftaran Ditutup Minggu 2 Pengumuman Registrasi Online sekaligus pengumuman Pengambilan kartu Ujian & Lokasi Ujian Minggu 3 Pengiriman Berkas Peserta Minggu 3 Pengambian Kartu Ujian Minggu 2-3 Puncak Seleksi CPNS. Tes tertulis. Ada yang dilaksanakan 1 atau 2 hari. Baik Tes Potensi Akademik, Bahasa Inggris & Kompetensi Bidang di ujikan disini. Minggu 1 Pengumuman ujian tertulis Minggu 2 Wawancara Minggu 3 Medical Check-Up PENGUMUMAN FINAL SEKALIGUS PEMBERKASAN
  • 8. Tahapan Tes CPNS Secara Umum 1. Pengumuman Pengadaan CPNS 2. Pendaftaran Registrasi Secara On Line 3. Seleksi Administrasi (Seleksi Tahap 1) 4. Pengumuman Seleksi Administrasi 5. Pengambilan Kartu Ujian 6. Ujian Tertulis (Seleksi Tahap 2) 7. Penilaian Ujian Tertulis 8. Pengumuman Hasil Ujian Tertulis 9. Wawancara (Seleksi Tahap 3) 10. Pengumuman Wawancara 11. Seleksi Kesehatan dan Fisik (Seleksi Tahap 4) 12. Pengumuman Akhir 13. Pemberkasan
  • 9. “ Apa Yang Harus Aku Persiapkan”
  • 10. Apa Yang Harus Dipersiapkan Secara Umum baik teknis atau pun non-teknis 1. Nomor Kartu Tanda Penduduk (KTP) & Akte Lahir 2. Ijasah & Transkrip Nilai pendidikan terakhir (SMA, S1, S2). 3. Ijasah & Transkrip Nilai FC di legalisir serta dalam bentuk digital 4. Pasfoto berwarna atau Hitam-putih, dalam bentuk cetak 5. Pasfoto berwarna atau Hitam-putih dalam bentuk digital 6. Kartu Kuning 7. SKCK 8. Kartu Keluarga 9. Pengurusan Surat Keterangan Catatan Kepolisian 10. Alat Tulis dan Alas Tulis (Pensil 2B, Papan Alas, penghapus, pulpen, dll) 11. Dana Taktis untuk foto kopi, biaya-biaya dll. 12. Energi dan Niat 13. Doa yang kuat
  • 11. “ Bingung banget…”
  • 12. FAKTA TENTANG ID PERSONAL Kartu Tanda Penduduk adalah kartu yang mengidentifikasi bahwa Kita adalah Warganegara dan Penduduk Indonesia. a. Bayi yang dilaporkan kelahirannya akan terdaftar dalam Kartu Keluarga dan diberi Nomor Induk Kependudukan (NIK) sebagai dasar untuk memperoleh pelayanan masyarakat lainnya. Sebagai hasil pelaporan kelahiran, diterbitkan Kartu Keluarga dan Akta Kelahiran. b. Wajib sesuai komposisi huruf dalam penulisan nama antara Akte Kelahiran, KTP dengan Ijasah & transkip nilai atau dokumen kelengkapan lainnya. Misalkan, nama saya Erik Saropie, di akte tertulis “Erik Saropie”, sedangkan KTP, Erick Saropie , maka harus disesuaikan agar sama c. Bagi pendatang dari daerah ke Jakarta, bisa dibuatkan Surat Keterangan Tinggal Sementara (SKTS). Sementara bagi yang ingin tinggal dan menjadi warga Jakarta bisa mengurus pembutan KTP dengan menyertakan surat pindah dari daerah asal. Hal ini perlu untuk memproses surat di BKN dan proses-proses selanjutnya ketika kita sudah atau akan menjadi PNS. d. KTP DAN AKTA LAHIR SESEORANG Kartu Keluarga adalah Kartu Identitas Keluarga yang memuat data tentang susunan, hubungan dan jumlah anggota keluarga.Kartu Keluarga wajib dimiliki oleh setiap keluarga. Kartu ini berisi data lengkap tentang identitas Kepala Keluarga dan anggota keluarganya.Kartu keluarga dicetak rangkap 3 yang masing-masing dipegang oleh Kepala Keluarga, Ketua RT dan Kantor Kelurahan. d.
  • 13. FAKTA AKAN IJAZAH & TRANSKRIP 1. Ijazah 2. Transkrip Nilai Suatu organisasi yang menganugerahkan gelar akademis dan diploma melalui studi akademis disuatu Universitas atau perguruan Tinggi. Atau menurut kamus Webster , adalah "lembaga pendidikan tinggi yang beroperasi dengan pengawasan dari negara atau badan profesi, yang memberikan gelar yang sesuai dengan standar" . Gelar tersebut dituangkan dalam suatu media cetak yang dinamakan Ijazah . Merupakan penjabaran nilai dari Ijazah yang telah dimiliki oleh seseorang. Merupakan hasil akhir dari bentuk usaha seseorang dalam meraih gelar kesarjanaan. Biasanya rentang nilainya (Indeks Prestasi Komulatif) dari 0 – 4 3. Nama Harus Sesuai Penyebutan komposisi nama seseorang dalam Ijazah dan Transkrip nilai harus sesuai dengan tanda identitas diri. Jangan sampai berbeda. Sebab akan menyulitkan individu tersebut dalam proses rekrutmen. Jangan lupa membuat format digital dari Ijazah & Transkrip Nilai anda. 4. Legalisir dan Foto Kopi Penting, legalisasi ijasah dan transkrip nilai dilakukan untuk mendapatkan kekuatan hukum atas apa yang kita miliki. Ingat, legalisir hanya bisa dilakukan oleh perguruan tinggi bersangkutan yang mengeluarkan ijasah dan transkrip nilai. Jadi setelah wisuda dan sebelum pulang ke kampung halaman, dipersiapkan surat-suart yang dibutuhkan untuk di cap. Sayangkan jika harus ke kota kampus asal hanya untuk legalisir. 5. Penyetaraan Ijasah Untuk pelamar lulusan dari luar negeri atau swasta, disarankan melampirkan Surat Keterangan Penyetaraan Ijasah dari Dikti - Depdiknas, atau Surat Keterangan telah mengajukan permohonan Penyetaraan Ijasah. Hal ini untuk mendapatkan pengakuan secara nasional. Lebih lanjut lihat di dikti.go.id 6. Compile On 1 Holder Untuk menghindari tercecernya file-file anda, alangkah baiknya jika di compile dalam 1 bundel. Sehingga memudahkan ketika anda membutuhkannya.
  • 14. FAKTA TENTANG PAS FOTO 1. Fungsi 2. Beberapa hal yang harus diperhatikan : Menggunakan Pas Foto sebagai identitas diri dalam proses rekrutmen
    • Up date. Gunakan foto terbaru untuk kegiatan yang bersifat formal. Maksimal umur pengambilan foto tersebut adalah 1 tahun.
    • Rapi. Foto anda mencerminkan kepribadian anda yang sesungguhnya. Buatlah pas foto yang baik di studio dan bukan dengan kamera digital sendiri atau kamera ponsel anda.
    • Skala Pas Foto yang Tepat . Gunakan software design (acdsee, corel draw, adobe photoshop) untuk membuat foto anda lebih terlihat jelas, tepat, dengan posisi tubuh berada di tengah-tengah foto, dan lain sebagainya.
    • Berwarna & hitam-putih . Sebaiknya anda menggunakan foto berwarna untuk berbagai keperluan yang bersifat formal. Apabila diperlukan foto hitam putih, maka anda tinggal mengkonversi menjadi pas foto hitam putih / bw / black and white. Pastikan background atau latar belakang pada pas foto anda berwarna merah atau biru.
    • Buat berbagai ukuran . Menggunakan software design, anda buat berbagi ukuran.
    • Resolusi Besar , agar mudah di koreksi.
    3. Cetak Mencetak pas foto bisa dilakukan dalam jumlah banyak. Sebab foto-foto ini akan dibutuhkan dari awal pelaksanaan, kartu ujian hingga nanti pada saat pemberkasan.
  • 15. FAKTA TENTANG KARTU KUNING 1. Adalah kartu yang diperuntukkan bagi pencari kerja, dan juga sebagai database Depnakertrans/Dinas Tenaga Kerja 2. Merupakan salah satu syarat wajib dalam proses rekrutmen di PNS 3. Persyaratannya antara lain : Pas Foto Berwarna atau Hitam putih; 3x4; sediakan sebanyak 2 lembar a. KTP dan Foto copy KTP (FC sediakan aja rangkap 3 lembar) b. Fotokopi Ijazah dan Transkrip nilai yang telah dilegalisir, jangan lupa bawa ijazah dan transkrip asli, siapa tahu diminta untuk diperlihatkan c. 4. Langkahnya adalah sebagai berikut : Pergi ke kelurahan tempat anda tinggal atau Dinas Tenaga Kerja. a. Langsung ke bagian Dinas Tenaga Kerja b. Isi Formulir c. Tunggu beberapa menit, petugas akan langsung mengisikan kartu kita sembari kita memberikan FC Ijasah, transkrip nilai legalisir serta FC KTP kita. d. Jangan lupa Kartu Kuning langsung di FC dan langsung saja di legalisir di sana. (buat 10 lembar ) e. 5. Biaya undertable sekitar Rp.5.000 – Rp.10.000 (tapi kalau tidak diminta tidak usah diberi) Masa berlakunya hanya 6 bulan dari tanggal dan bulan jadi. Tidak wajib memang untuk diperpanjang tiap 3 bulan. Hanya, jika sudah mendekati masa-masa penerimaan CPNS, disarankan untuk memperpanjangnya. Ingat, musim CPNS bulan Juli – September. Sehingga perpanjangnya bisa dilakukan sekitar bulan April hingga Juni…
  • 16. FAKTA TENTANG SKCK 1. Surat ini diterbitkan oleh Kepolisian (dulunya disebut SKKB). 2. Buatlah jauh-jauh hari sebelum musim penerimaan CPNS (Juli - September) 3. Persyaratannya antara lain : Pas Foto Berwarna dan Hitam putih; 4×6 atau 3x4; sediakan sebanyak 6 lembar a. Foto copy Kartu Keluarga (KK) dan KTP (sediakan aja rangkap 5 lembar) b. Foto copy Kartu Keluarga (KK) dan KTP (sediakan aja rangkap 5 lembar) c. Siapin juga pengeluaran “under table cost” ketika pengurusannya. d. 4. Langkahnya adalah sebagai berikut : Membuat surat pengantar di RT/RW setempat a. Membuat surat pengantar di Kelurahan/Desa; membawa FC surat RT/RW itu. Biaya-nya Rp.6.000,- b. ke Polres setempat. Bawa FC surat pengantar kelurahan, pas foto & FC KTP 1 lembar aja. Biaya seiklahsnya. c. Prosesnya, di sana akan mendapatkan formulir yang harus diisi. Isi lengkap dan serahkan ke belakang, ke bagian sidik jari. Di bagian sidik jari, diminta amplop yang diterima di Polsek, foto copy KTP dua lembar dan Foto 2 lembar. Lakukan sidik jari dan terakhir serahkan ke bagian pendaftaran di depan lagi. Di bagian ini, serahkan formulir, foto copy KK, dan pas foto 3 lembar. d. Selagi di Polres, jangan lupa SKCK di FC dan langsung saja di legalisir di sana. (buat 10 lembar ) e. 5. SKCK punya masa expired (kadaluwarsa). Masa berlakunya hanya 3 bulan dari tanggal dan bulan jadi. Tidak wajib memang untuk diperpanjang tiap 3 bulan. Hanya, jika sudah mendekati masa-masa penerimaan CPNS, disarankan untuk memperpanjangnya. Ingat, musim CPNS bulan Juli – September. Sehingga perpanjangnya bisa dilakukan sekitar bulan April hingga Juni…
  • 17. Proses Awal Menuju Tes Berkas Dikirim Berkas Diterima PENGUMUMAN PESERTA UJIAN Screening Berkas Ambil Kartu Ujian
  • 18. ANDA SIAP UJIAN…! Apa tipsnya…?
  • 19. TIPS UJIAN PADA HARI H 1. Cek lokasi dan tempat ujian Cek lokasi ujian tulis CPNS minimal satu hari sebelum ujian dilaksanakan. Panitia tidak akan memberi toleransi pada peserta yang salah memasuki lokasi ujian atau datang terlambat. 2. Perangkat Tempur Alat-alat tulis, papan tulis, kartu ujian, penghapus, air minum, handuk dan lain-lainnya. 3. Materi Ujian Jika diperlukan anda bisa membukanya kembali 4. Atur Waktu Ujian Bagian pertama (50% dari total waktu ujian) untuk menjawab; Bagian kedua (30% dari total waktu ujian), lihat lembar jawaban, dan perhatikan nomor yang belum dijawab; Bagian ketiga (20%) gunakan untuk mengkoreksi jawaban 5. Be A Gambler Tes CPNS bukan Tes SPMPTN. Tidak ada sistem penalti dalam proses tes ini. Maka lebih baik dijawab pada pertanyaan yang meragukan. 6. Doa Orang Tua Restu orang tua adalah restu Tuhan. Sehingga, minta lah doa dari mereka 7. Sarapan Tes memakan waktu yang cukup lama. Akan lebih baik jika kita sarapan terlebih dahulu
  • 20. “ Ujian tahap awal telah usai..what next”
  • 21. FAKTA TENTANG PSIKOTES DAN WAWANCARA Tahap Ujian Psikotes dan Wawancara Psikotes akan diadakan sebelum atau setelah ujian wawancara, dan setiap pelamar dipanggil ujian wawancara diwajibkan mengikutinya. Hasil psikotes tidak menentukan pelamar yang dipanggil ke tahap berikutnya, tetapi dipakai sebagai bahan referensi bagi pewawancara (biasanya). Psikotes tertulis dibagi menjadi beberapa gelombang dengan waktu pelaksanaan yang berbeda. Misalnya, pukul 08:00-09:30 WIB, 09:30-11:00 WIB, 11:00-12:30 WIB. Jadwal psikotes biasanya diumumkan menyusul. Jangan lupa membawa : o Kartu Tanda Peserta Ujian yang sudah disahkan saat verifikasi fisik sebelum ujian tulis. o Pensil 2B. o Penghapus pensil. o Alas untuk menulis. Wawancara akan dilakukan secara bertahap dalam beberapa gelombang sesuai dengan jumlah pelamar yang akan dipanggil mengikuti wawancara. Jumlah pelamar diwawancara adalah 5 kali jumlah setiap formasi. Setiap pelamar yang dipanggil untuk mengikuti ujian wawancara harus memperhatikan satuan kerja yang memanggil. Pelamar yang sama bisa dipanggil oleh lebih dari satu satuan kerja. Pada kasus ini, pelamar harus mengikuti seluruh ujian wawancara dari semua satuan kerja yang memanggil.
  • 22. FACTS DO AND DON’T
    • Ada beberapa konvensi tidak tertulis yang berlaku ketika Anda menjadi CPNS maupun PNS, baik yang harus dikerjakan (Do) maupun yang terlarang dikerjakan (Don’t) antara lain:
    • Do:
    • Pelajari semua produk hukum dan administrasi terutama yang terkait dengan pekerjaan Anda di instansi Anda, mulai dari Undang-Undang, Amandemen UUD’45, Peraturan Pemerintah, dll. Ini akan menolong Anda ketika ujian tertulis kelak khususnya Ujian Tes Bakat Skolastik & Pengetahuan Umum .
    • Jalin silaturahmi dengan sesama peserta C PNS, terutama orang-orang yang menjadi teman seperjuangan kita di kemudian hari. Semakin dikenal kita, semakin mudah urusan yang menyangkut diri kita . Ini menyangkut pertukaran informasi yang nanti kita butuhkan.
    • Ikuti prosedur yang berlaku sesuai dengan peraturan, karena bila terjadi sesuatu ada dasar hukumnya.
    • Proaktif untuk mengikuti proses seleksi. Buka website ketika menjelang proses selanjutnya berlangsung, bertanya kepada pihak yang berkompeten, dan latihan soal-soal yang mempunyai nilai relevansi terhadap ujian mendatang.
    • Membuat perencanaan yang sangat matang . Sebab, terkadang Anda akan bertemu dengan situasi yang berbeda dengan apa yang dijelaskan di pengumuman.
    • Don’t:
    • Jangan percaya pada pihak-pihak yang menawarkan bantuan dengan iming-iming uang .
    • Jangan pernah melakukan atau memutuskan sesuatu secara sendiri, yang bertentangan dengan prosedur seleksi CPNS. Karena hal ini merupakan perbuatan yang percuma . Lebih baik segera konfirmasi ulang terhadap panitia.
    • P elit. Jangan Pelit. Karena ketika kita memutuskan untuk ikut seleksi ini modal yang dibutuhkan cukup banyak.
    • Terlambat . Kebiasaan masyarakat kita yang tidak on time pada janji. Usahakan maksimal 30 menit sebelum seleksi sudah hadir.
    • Jangan terjebak dengan euforia atau kesenangan sesaat dikala lolos 1 tahap seleksi . Pengalaman membuktikan, ketika seseorang ikut tes CPNS dan lolos 1 tahap, mereka sudah membayangkan sesuatu. Sehingga mereka mebangun harapan yang besar banget . Hal ini akan berpengaruh di tes selanjutnya. Pada tes selanjutnya kita menjadi sangat berhati-hati karena takut gagal .
  • 23. Further More... about.me/erick.saropie