Kimia unsur
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×
 

Kimia unsur

on

  • 8,191 views

 

Statistics

Views

Total Views
8,191
Views on SlideShare
8,091
Embed Views
100

Actions

Likes
2
Downloads
264
Comments
4

2 Embeds 100

http://novifachrunnisa.wordpress.com 86
http://enefnovhy.blogspot.com 14

Accessibility

Categories

Upload Details

Uploaded via as Microsoft PowerPoint

Usage Rights

© All Rights Reserved

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
Post Comment
Edit your comment

Kimia unsur Kimia unsur Presentation Transcript

  • Oleh: NOVI FACHRUNNISA M. ILHAM LASORA MUHAMMAD IQRA M. SYIFAURRAHMAN NOFI CILIANI NURMAGFIRATUN
  • LATAR BELAKANG TUJUAN Adapun tujuannya, antara lain: Ini dilatarbelakngi oleh adanyakeingintahuann siswa tentang logam • Memahami tentang logam transisitransisi, bagaiman bentuknya, apakegunaannya, sumber-sumber logam • Bahan pembelajaran siswa SMA kelastransisi, bagaiman cara XII Ipapembuatanhya dan bagaimana reaksi • Penilaian gurukimia yang akan dihalsilkan olehlogam transisi, semuanya untukbahan pembelajaran siswa kelas XIIIpa.
  • PENGERTIANLOGAM TRANSISI KELIMPAHAN DI ALAM/ SUMBER-SUMBERNYA SIFAT FISIKA SIFAT KIMIA KEGUNAAN PEMBUATAN
  • Unsur transisi adalahunsur-unsur yangkonfigurasi elektronnyaberakhir pada subkulit d unsur yang dapat menggunakan elektron pada kulit terluar dan kulit pertama terluar untuk berikatan dengan unsur-unsur yang lain.
  • Orbital Nomor Konfigurasi Unsur Atom Elektron 3d 4sSkandium 21 (Ar) 3d1 4s2  (Sc)Titanium (Ti) 22 (Ar) 3d2 4s2   Vanadium (V) 23 (Ar) 3d3 4s2    Krom (Cr) 24 (Ar) 3d5 4s1      Mangan (Mn) 25 (Ar) 3d5 4s2      Besi (Fe) 26 (Ar) 3d6 4s2      Kobalt (Co) 27 (Ar) 3d7 4s2      Nikel (Ni) 28 (Ar) 3d8 4s2      Tembaga 29 (Ar) 3d10 4s1      (Cu)Seng (Zn) 30 (Ar) 3d10 4s2      
  • Logam Nama mineral Rumus Ti rutile TiO2 Cr kromit Cr2O3 FeO Mn pirolusit MnO2 manganit Mn2O3 H2O Fe hematit Fe2O3 magnetit Fe3O4 pirit FeS2 siderit FeCO3 limonit Fe2O3 H2O Co kobaltit CoAsS Ni pentlandit FeNiS Cu garnerit H2(NiMg)SiO4 2H2O kalkopirit CuFeS2 kalkosite Cu2S malachit Cu2(OH)2CO3 Zn seng blende ZnS smith sonite ZnCO3
  • Adanya susunan elektron yang khas pada subkulit3d dan 4s menyebabkan unsur transisi periodekeempat mempunyai sifat yang khas, yangberbeda dengan sifat keperiodikan pada logam-logam golongan utama (A).Beberapa sifat umum unsur transisi :
  • Tingkat energi elektron pada unsur- unsur transisi yang hampir samamenyebabkan timbulnya warna pada ion-ion logam transisi. Hal ini terjadi karena elektron dapat bergerak ke tingkat yang lebih tinggi dengan mengabsorpsi sinar tampak.
  • Ada tiga tingkat proses pengolahan, yaitu :1. Menaikan konsentrasi bijih.2. proses reduksi3. Pembersihan, pembuatan aliase dan pemurnian
  • 1. Menaikkan Konsentrasi Bijih Memisahkan bijih dari campurannya misalnya dengan ditumbuk, lalu dipisahkandengan berbagai cara, misalnya :a. Dicuci dengan air.b. Diapungkan dengan deterjen atau zat pembuih (flotasi)c. Dipisahkan dengan magnetd. Dengan pemanggangan. Bijih dipanaskan di udara terbuka, menghasilkan oksidanya. 2 ZnS + 3 O2 2ZnO + 2 SO2e. Dilarutkan sehingga terbentuk senyawa kompleks 2. Proses Reduksi Umumnya menggunakan reduktor yang murah yaitu karbon (kokes). Untuk logamyang reaktif digunakan reduktor yang lebih kuat seperti hidrogen, logam alkali tanah danalumunium. Logam-logam yang sangat reaktif dilakukan reduksi elektrolisis (reduksikatodik)
  • a. Reduksi dengan karbon (C) : ZnO + C Zn + CO Fe2O3 + 3 CO 2 Fe + 3CO2b. Reduksi dengan logam yang lebih reaktif : TiCl4 + 2 Mg Ti + 2MgCl2 Cr2O3 + 2 Al 2 Cr + Al2O33. Proses Pemurnian (refining) Proses pemurnian dengan proses-proses peleburan, destilasi atau dengan elektrolisis. Proses peleburan misalnya untuk memperoleh tembaga 99% untuk membuat baja dan sebagainya. Untuk memperoleh tembaga yang murni untuk keperluan teknik listrik dilakukan dengan elektrolisis. Dengan destilasi misalnya pada pembuatan air raksa dan seng.