Prestasi diri untuk keunggulan bangsa

  • 4,975 views
Uploaded on

Keberhasilan adalah dambaan dan impian setiap orang, baik anak-anak, remaja, dewasa, dan orang tua. Kata keberhasilan identik dengan kata prestasi. Keberhasilan ini tentunya tidak pada ruang lingkup …

Keberhasilan adalah dambaan dan impian setiap orang, baik anak-anak, remaja, dewasa, dan orang tua. Kata keberhasilan identik dengan kata prestasi. Keberhasilan ini tentunya tidak pada ruang lingkup yang sempit, tidak selalu posisi teratas atau number one, melainkan melalui proses pengenalan diri sehingga mengetahui serta menyadari kelebihan dan kelemahan. Setelah itu memanfaatkan kelebihan yang masih terpendam yang berupa potensi menjadi perilaku yang aktual. Hal ini merupakan pekerjaan besar yang membutuhkan kekuatan internal yang luar biasa dan tidak semua orang bisa melakukannya. Orang-orang terkenal, yang berprestasi pada bidangnya ternyata tidak semuanya berpendidikan tinggi. Melainkan melalui proses pengenalan diri yang baik dan mengoptimalkan seluruh potensi yang dimiliki. Albert Einstein, ternyata tidak mengenyam pendidikan. Namun berhasil menemukan apa itu quantum.

Setiap manusia apapun profesinya tentu akan mempunyai keinginan untuk berprestasi. Oleh karena dengan berprestasi seseorang akan dapat menilai apakah dirinya sudah berhasil mencapai tujuan hidupnya atau tidak, juga untuk membawa nama baik bangsa dan negara jika memang bisa. Pengertian prestasi yaitu hasil yang telah dicapai, dilakukan, diperoleh atau dikerjakan.

Pada dasarnya setiap orang memiliki keinginan untuk berprestasi atau memperoleh prestasi. Keinginan mendapatkan prestasi merupakan kebutuhan semua orang.
Ciri-ciri orang yang memiliki motivasi atau keinginan berprestasi antara lain :

a. berorientasi pada masa depan atau cita-citanya
b. berorientasi pada keberhasilan
c. berani mengambil resiko
d. memiliki rasa tanggung jawab
e. menerima dan menggunakan kritik sebagai umpan balik
f. kreatif serta mampu mengelola waktu dengan baik

Prestasi seseorang sangat dipengaruhi oleh dua macam faktor yaitu faktor yang berasal dari dalam diri orang itu sendiri dan faktor yang berasal dari luar dirinya.

Berprestasi tidak hanya akan mengharumkan nama kita tapi juga nama keluarga, masyarakat, bangsa dan negara.

Oleh karena itu prestasi mempunyai arti yang sangat penting, antara lain :
1. Prestasi dapat menjadi indikator ( penanda ) kuantitas dan kualitas yang dicapai dari suatu kegiatan.
2. Prestasi dapat menjadi pengalaman berharga dan bahan informasi untuk masa depan,
3. Prestasi dapat menjadi kebanggaan bagi diri sendiri, keluarga dan masyarakat.
4. Prestasi dapat digunakan untuk mengetahui tingkat kepandaian dan kemampuan seseorang atau sebuah kelompok.

Banyak orang yang menghubungkan prestasi dengan berbagai penghargaan. Namun sesungguhnya penghargaan hanya merupakan simbol pengakuan masyarakat terhadap suatu prestasi.

Yang paling bermakna bagi seseorang yang berprestasi sebenarnya adalah pengakuan itu sendiri. Yaitu bahwa kerja keras yang dilakukannya selama ini dan hasil yang telah dicapai melalui upaya tersebut ternyata memperoleh pengakuan dari masyarakat.

More in: Education
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Be the first to comment
    Be the first to like this
No Downloads

Views

Total Views
4,975
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
1

Actions

Shares
Downloads
94
Comments
0
Likes
0

Embeds 0

No embeds

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
    No notes for slide

Transcript

  • 1. Oleh :ENDAR PARMASASMITA MGMP PKN SMP –MTS MAJALENGKA
  • 2. FD ROSEVELT Janganlah selalu kamu pikirkan apa yang dapat kamu peroleh dari negaramu, tapi pikirkanlah apa yang dapat kamu persembahkan untuk negaramu!
  • 3. PRESTASIKesungguhan, kerja keras,disiplin dan kerelaanberkorban sertaketangguhan dalammenghadapi segalarintangan maka dapatmembuahkan hasil yangdicapai dari apa yangsudah dikerjakan ataudiusahakannya
  • 4. Renungkanlah apa yang telah kamu lakukan selamaini, apakah pernah meraih suatu prestasi ?
  • 5. POTENSIPotensi diri merupakan kemampuan terpendamseseorang yang jika dikenali, dikembangkan dandiaktualisasikna akan menjadi kemampuan nyatadalam kehidupan.Setiap manusia itu setidaknya memiliki delapankecerdasan dasar yang meliputi kecerdasanlinguistik, kecerdasan matematis-logis, kecerdasanspasial, kecerdasan kinestetis-jasmani, kecerdasanmusikal, kecerdasana interpersonal, kecerdasanintrapersonal dan kecerdasan naturalis
  • 6. VERBAL - LINGUISTIK Kemampuan menggunakan kata secara efektif baik secara lisan maupun tulisan, dengan kepekaan pada bunyi, struktur kata, makna, fungsi kata dan bahasa. Kegiatannya meliputi budaya berbicara, pembacaan cerita, kesusastraan. Profesi yang relevan : guru, sekretaris, pendongeng,orator, politi si, sastrawan, penulis, editor, wartawan, il muwan sosial. Tokoh-tokoh yang memiliki kecerdasan verbal-linguistik yang menonjol diantaranya Ir. Soekarno, John F Kennedy, William Shakespeare.
  • 7. MATEMATIS - LOGISKemampuan menggunakan angka dengan baik dan melakukanpenalaran dengan benar, dengan kepekaan pada kapasitasmencerna pola-pola logis atau numeris, kemampuan mengolah alurpikiran yang panjang. Kegiatannya meliputi penemuan ilmiah, teorimatematika, sistem klasifikasi dan penghitungan. Profesi yangrelevan : insinyur, ahli matematika, akuntan, pajak, ahlistatistik, ilmuwan, programer komputer, ahli logika, filsuf.Tokohnya yang memiliki kecerdasan ini. misalnya Newton, AlbertEinstein, BJ Habibie
  • 8. SPASIAL - VISUALKemampuan mempersepsi dunia spasial-visualsecara akurat dan mentranformasikannya, dengankepekaan mempersepsi (merasakan) dunia spasialvisual secara akurat dan mentranformasikanpersepsi awal. Kegiatannya meliputi karya-karyaseni, sistem navigasi, desain arsitektur dan karyacipta. Profesi yang relevan : pemburu, pramuka,pemandu, dekorator interior, arsitek, seniman, ahlitata kota.Tokoh yang memiliki kecerdasan ini misalnya PabloPicasso dan Basuki Abdullah.
  • 9. KINESTETIS - JASMANIKemampuan mempersepsi dunia spasial-visual secaraakurat dan mentranformasikannya, dengan keahlianmenggunakan seluruh tubuh untuk mengekspresikanide dan perasaan, keterampilan menggunakan tanganuntuk menciptakan atau mengubah sesuatu.Kegiatannya meliputi kerajinan tangan, kemampuanatletik, karya-karya drama, tarian seni pahat. Profesiyang relevan : pilot, aktor, pemain pantomim, atlet,penari, perajin, pematung, ahli mekanik, dokter bedah,tukang kayu, montir.Tokoh yang memiliki kecerdasan ini misalnya TaufikHidayat, Ronaldo, Didik Nini Thowok, Dedi Mizwar danlain-lain.
  • 10. MUSIKALKemampuan menangani bentuk-bentuk musikal dengan caramempersepsi, membedakan, menggubah danmengekspresikannya, kemampuanmenciptakan dan mengapresiasi iramapola titinada dan warnanada, apresiasi bentuk-bentukakspresi musikal. Kegiatannyakomposisi musik, penampilan dipanggung, rekaman. Profesi yangrelevan : penikmat musik, kritikusmusik, komposer, penyanyi.Tokohnya yang memiliki kecerdasanini misalnya Erwin Gutawa, AhmadDhani, Melly Goeslaw dan lain-lain.
  • 11. INTERPERSONALKemampuan mempersepsi dan membedakan suasanahati, maksud, motivasi serta perasaan oranglain, kemampuan mencerna dan merespon secara tepatsuasana hati, temperamen, motivasi dan keinginanorang lain.Orang yang memiliki kecerdasaninterpersonal memiliki perhatian yang besar terhadaporang lain dan mengetahui bagaimana membuat oranglain merasa istimewa, mampu berhubungan baikdengan orang lain serta mampu menyelesaikanperselisihan dengan bijaksana. Kegiatan budayaberupa dokumen politik, lembaga sosial. Profesi yangrelevan : politisi, konselor, psikolog, eventorganizer, pengusaha.Tokoh yang memiliki kecerdasan ini misalnya Mamah
  • 12. INTRAPERSONALKemampuan memahami diri sendiri dan bertindakberdasarkan pemahaman tersebut. Memahami perasaansendiri dan kemampuan membedakan emosi, pengetahuantentang kekuatan dan kelemahan diri. Orang-orang yangmemiliki kecerdasan intrapersonal tinggi cenderung menjadipemikir yang selalu bersentuhan dengan pemikiran, gagasandan impian mereka, serta mengarahkan emosinya untukmembimbing kehidupan mereka sendiri. Kegiatan budayaberupa sistem keagamaan, teori psikologi, ritual hidup sehari-hari. Profesi yang relavan : psikoterapis, pemimpinkeagamaan.Tokohnya yang memiliki kecerdasan ini misalnya Aristoteles,Abdurahman Wahid.
  • 13. NATURALISKeahlian mengenali dan mengkategorikan spesies floradan fauna di lingkungan sekitar, keahlian membedakananggota-anggota suatu spesies, mengenali eksistensispesies lain dan memetakan hubungan antara beberapaspesies baik secara informal maupun formal.Kegiatanbudaya taksonomi umum, pengetahuan tentang tumbuh-tumbuhan dan binatang. Profesi yang relevan : penelitialam, ahli biologi, dokter hewan, aktivis lingkungan, pakarekologi, petani.Tokoh yang memiliki kecerdasan ini misalnya EmilSalim, aktivis WALHI, pakar evolusi, Charles Darwin.
  • 14. TIPS MENGENALI POTENSI DIRI Kenali diri sendiri Tentukan tujuan hidup Kenali motivasi hidup Hilangkan negatif thinking Jangan mengadili diri sendiri
  • 15. TIPS MENGEMBANGKAN POTENSI• MENGENAL DIRI• JUJUR MENILAI DIRI• HARGAI PRESTASI APAPUN• BERFIKIR POSITIF• CITA-CITA BESAR• AFIRMASI SETIAP HARI• MANFAATKAN SETIAP PELUANG• JANGAN HANYA MENUNGGU