Your SlideShare is downloading. ×
Modul jaringan komputer
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Thanks for flagging this SlideShare!

Oops! An error has occurred.

×
Saving this for later? Get the SlideShare app to save on your phone or tablet. Read anywhere, anytime – even offline.
Text the download link to your phone
Standard text messaging rates apply

Modul jaringan komputer

1,281
views

Published on

Published in: Technology, Business

0 Comments
1 Like
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total Views
1,281
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
0
Actions
Shares
0
Downloads
96
Comments
0
Likes
1
Embeds 0
No embeds

Report content
Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
No notes for slide

Transcript

  • 1. JARINGAN KOMPUTERJaringan komputer adalah sekelompok komputer yang saling dihubungkan dengan menggunakansuatu protokol komunikasi sehingga antara satu komputer dengan komputer yang lain dapatberbagi data atau berbagi sumber daya (sharing resources). Sistem pemasangan jaringan dapatdibedakan menjadi dua macam, yaitu : 1. Jaringan Terpusat (Server) Adalah jaringan yang terdiri dari beberapa node (workstation) yang terhubung dengan sebuah komputer pusat atau disebut Server. Pada jaringan ini sistem kerja workstation tergantung dari komputer pusat. Dan komputer pusat tugasnya melayani permintaan akses dari workstation/client. 2. Jaringan Peer-to-Peer (Workgroup) Adalah jaringan yang terdiri dari beberapa komputer yang saling berhubungan antara satu dengan lainnya tanpa komputer pusat (server base). Pada masing-masing komputer workstation terdapat media penyimpanan (hard disk) yang berfugsi sebagai server individu.SEJARAH JARINGAN KOMPUTER Konsep jaringan komputer lahir pada tahun 1940-an di Amerika dari sebuah proyekpengembangan komputer MODEL I di laboratorium Bell dan group riset Harvard Universityyang dipimpin profesor H. Aiken. Pada mulanya proyek tersebut hanyalah ingin memanfaatkansebuah perangkat komputer yang harus dipakai bersama. Untuk mengerjakan beberapa prosestanpa banyak membuang waktu kosong dibuatlah proses beruntun (Batch Processing), sehinggabeberapa program bisa dijalankan dalam sebuah komputer dengan dengan kaidah antrian. Ditahun 1950-an ketika jenis komputer mulai membesar sampai terciptanya super komputer,maka sebuah komputer mesti melayani beberapa terminal (lihat Gambar 1) Untuk itu ditemukankonsep distribusi proses berdasarkan waktu yang dikenal dengan nama TSS (Time SharingSystem), maka untuk pertama kali bentuk jaringan (network) komputer diaplikasikan. Pada sistemTSS beberapa terminal terhubung secara seri ke sebuah host komputer. Dalam proses TSS mulainampak perpaduan teknologi komputer dan teknologi telekomunikasi yang pada awalnyaberkembang sendiri-sendiri.
  • 2. Gambar 1 Jaringan komputer model TSS Memasuki tahun 1970-an, setelah beban pekerjaan bertambah banyak dan harga perangkatkomputer besar mulai terasa sangat mahal, maka mulailah digunakan konsep proses distribusi(Distributed Processing). Seperti pada Gambar 2, dalam proses ini beberapa host komputermengerjakan sebuah pekerjaan besar secara paralel untuk melayani beberapa terminal yangtersambung secara seri disetiap host komputer. Dala proses distribusi sudah mutlak diperlukanperpaduan yang mendalam antara teknologi komputer dan telekomunikasi, karena selain prosesyang harus didistribusikan, semua host komputer wajib melayani terminal-terminalnya dalamsatu perintah dari komputer pusat. Gambar 2 Jaringan komputer model distributed processing Selanjutnya ketika harga-harga komputer kecil sudah mulai menurun dan konsep prosesdistribusi sudah matang, maka penggunaan komputer dan jaringannya sudah mulai beragam darimulai menangani proses bersama maupun komunikasi antar komputer (Peer to Peer System) sajatanpa melalui komputer pusat. Untuk itu mulailah berkembang teknologi jaringan lokal yangdikenal dengan sebutan LAN. Demikian pula ketika Internet mulai diperkenalkan, maka sebagianbesar LAN yang berdiri sendiri mulai berhubungan dan terbentuklah jaringan raksasa WAN.JENIS JARINGAN KOMPUTER Secara umum jaringan komputer dibagi atas lima jenis, yaitu; 1. Local Area Network (LAN) Local Area Network (LAN), merupakan jaringan milik pribadi di dalam sebuah gedung atau kampus yang berukuran sampai beberapa kilometer. LAN seringkali digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer pribadi dan workstation dalam kantor suatu perusahaan atau pabrik-pabrik untuk memakai bersama sumberdaya (misalnya printer) dan saling bertukar informasi. 2. Metropolitan Area Network (MAN) Metropolitan Area Network (MAN), pada dasarnya merupakan versi LAN yang berukuran lebih besar dan biasanya menggunakan teknologi yang sama dengan LAN.
  • 3. MAN dapat mencakup kantor-kantor perusahaan yang letaknya berdekatan atau juga sebuah kota dan dapat dimanfaatkan untuk keperluan pribadi (swasta) atau umum. MAN mampu menunjang data dan suara, bahkan dapat berhubungan dengan jaringan televisi kabel. 3. Wide Area Network (WAN) Wide Area Network (WAN), jangkauannya mencakup daerah geografis yang luas, seringkali mencakup sebuah negara bahkan benua. WAN terdiri dari kumpulan mesin- mesin yang bertujuan untuk menjalankan program-program (aplikasi) pemakai. 4. Internet Sebenarnya terdapat banyak jaringan didunia ini, seringkali menggunakan perangkat keras dan perangkat lunak yang berbeda-beda. Orang yang terhubung ke jaringan sering berharap untuk bisa berkomunikasi dengan orang lain yang terhubung ke jaringan lainnya. Keinginan seperti ini memerlukan hubungan antar jaringan yang seringkali tidak kampatibel dan berbeda. Biasanya untuk melakukan hal ini diperlukan sebuah mesin yang disebut gateway guna melakukan hubungan dan melaksanakan terjemahan yang diperlukan, baik perangkat keras maupun perangkat lunaknya. Kumpulan jaringan yang terinterkoneksi inilah yang disebut dengan internet. 5. Jaringan Tanpa Kabel Jaringan tanpa kabel merupakan suatu solusi terhadap komunikasi yang tidak bisa dilakukan dengan jaringan yang menggunakan kabel. Misalnya orang yang ingin mendapat informasi atau melakukan komunikasi walaupun sedang berada diatas mobil atau pesawat terbang, maka mutlak jaringan tanpa kabel diperlukan karena koneksi kabel tidaklah mungkin dibuat di dalam mobil atau pesawat. Saat ini jaringan tanpa kabel sudah marak digunakan dengan memanfaatkan jasa satelit dan mampu memberikan kecepatan akses yang lebih cepat dibandingkan dengan jaringan yang menggunakan kabel.Pemanfaatan Jaringan KomputerPembentukan sebuah jaringan komputer sangan erat dengan manfaat yang dapat diperolehdengan adanya jaringan tersebut. 1. Bagi pakai (sharing) peralatan (resources) Dengan adanya jaringan komputer, maka pemakain beberapa peralatan komputer seperti printer, hard disk, disket, scanner, CD-ROM dan lainnya dapat dilakukan bersama-sama saling bergantian tanpa harus memindahkan posisi peralatan yang terpasang tersebut. 2. Bagi pakai software Hampir dalam setiap organisasi, kemampuan dalam melakukan bagi pakai berkas atau file data diperlukan setiap hari. Beberapa tipe software PC, khususnya program manajemen basis data atau database, didesain disamping agar bisa dipakai oleh satu pemakai, juga
  • 4. dimungkinkan untuk dipakai bersama-sama dengan pemakai lain dalam waktu yang bersamaan. Atau dengan kata lain, untuk mengakses dan meng-update file-file tadi. Paket yang lain, seperti program pengolah data (word processor) dan spreadsheet, kebanyakan didesaian hanya untuk satu pemakai yang dapat meng-update file. 3. Komunikasi Kominikasi antar pemakai dalam suatu jaringan dapat dilakukan dengan menggunakan e- mail atau tele conference. Sehingga kebutuhan akan komunikasi antar pemakai dapat dipenuhi tanpa harus pindah dari tempat kerjanya. Selain itu pemakai e-mail dapat menekan pemakaian pulsa telepon. 4. Pemrosesan terpusat (terdistribusi) Didalam suatu jaringan komputer, data dapat diolah secara terpusat atau secara terdistribusi. Pemrosesan secara terpusat dilakukan apabila sebuah data yang dibuat oleh tiap pemakai jaringan dikehendaki untuk disatukan dalam komputer pusat. Sebaliknya, pemrosesan terdistribusi dilakukan apabila suatu pekerjaan pengolahan data dari komputer pusat dapat dikerjakan oleh tiap pemakai berdasarkan spesialisasi bidang kerjanya. 5. Keamanan data Keamanan data dapat diatur oleh supervisor (administrator) dengan pemberian hak akses, pembatasan waktu akses dan pemberian password untuk melindungi pemakaian komputer pusat. 6. Akses internet bersama-sama Jika ada salah satu komputer berhubungan ke internet dan komputer tersebut memberikan izin untuk akses ke internet, maka para pengguna jaringan dapat melakukan aktivitas di internet hanya dengan menggunakan satu buah akun di ISP, satu buah modem. Hal ini sangat menghemat dana yang cukup besar.Komponen JaringanServerKomputer yang menjalankan sistem operasi jaringan yang berfungsi sebagai server. Servermenyediakan file, printer dan pelayanan lain untuk client. Ada dua buah jenis server, yaitu : • Server dedicated, server yang tidak memiliki fungsi lain. Ia tidak bisa digunakan sebagai workstation. Untuk melihat jenis dari server tersebut dapat diketahui melalui sistem operasi jaringan yang dijalankannya, misalnya Novell Netware. • Server Non-Dedicated, server yang juga bisa berfungsi sebagai workstation. Contohnya : Microsoft Windows NT Server, Mocrosoft Windows NT Workstation, Microsoft Windows 95/98, Unix, Linux, Mac OS/2.
  • 5. Dari fungsinya, server dapat digunakan : • Menyimpan file-file yang digunakan bersama-sama pada hard disk-nya • Mengatur komunikasi (seperti pesan e-mail) antar workstation • Mengkoordinasikan pencetakan kepada printer yang dipakai bersama-sama • Server juga dapat menyimpan CD-ROM yang dapat dipakai oleh para pemakai network • Bisa menyimpan tape drive atau drive lain yang digunakan untuk menyimpan hard disk server atau hard disk pada workstation • Dengan perangkat lunak dan keras tambahan, server bisa mengarahkan e-mail dari dan ke internet. Server juga bisa mengirimkan fax ke luar jaringan ke mesin-mesin fax yang ada di luar. Kenyataannya server hampir dapat melakukan semua pekerjaan yang mencakup pengiriman data.WorkstationKomputer yang terhubung ke server dan dapat mengakses data dari server. Workstationmenjalankan beragam sistem operasi dan merupakan bagian dari network yang ada. Padakenyataannya workstation digunakan oleh pemakai secara langsung.Network Interface Card (NIC)NIC atau adapter network adalah sebuah komputer hardware yang mutlak dibutuhkan jika kitamenginginkan merakit jaringan komputer menggunakan media penghubung kabel. NIC berfungsimenghubungkan server ke sistem pengkabelan network. Berdasarkan tipe slot pada motherboarddibedakan menjadi dua jenis: • Tipe slot ISA (slot warna hitam/coklat, lebih panjang) • Tipe slot PCI (slot warna putih, lebih pendek)
  • 6. Switch/Hub (Concentrator/Repeater)Sistem pengkabelan yang paling populer untuk Network Ethernet menggunakan kabelUnshielded Twisted Pair (UTP) atau kabel terpilin yang terbuka dengan konektor yang miripdengan konektor telepon. Ini disebut dengan 10BaseT. Untuk setiap adapter network pada setiapserver atau workstation, salah satu dari kabel-kabel ini berhubungan ke Hub/Switch atau pusatpengkabelan.Bridge, Router Dan GatewayBridge berfungsi menghubungkan dua network dengan mentransfer data diantara networktersebut. Sebagai contoh, bridge bisa menghubungkan segmen kabel dari arsitektur Token Ringdengan arsitektur Ethernet, atau menghubungkan dua segmen Ethernet menjadi satu. Bridgemampu mengurangi lalu lintas dengan hanya mengirimkan data yang benar-benar diniatkan untukkomputer tujuan. Bridge pintar (intelligent bridge) bisa berbuat lebih baik lagi dengan menyaringatau hanya mengirimkan paket-paket tertentu ke tujuan.Uninterrutible Power Supply (UPS)Sudah jelas UPS tidak hanya digunakan oleh network. Anda bisa juga menggunakannya padasetiap alat yang membutuhkan aliran listrik alternatif. UPS adalah alat yang sangat penting bagiperusahaan yang menggunakan komputer untuk produktifitasnya dan tidak ingin kehilangan dataatau waktu kerja pegawai. Pada setiap keadaan yang bisa dibayangkan, melalui UPS adalahinvestasi yang menguntungkan untuk setiap workstation, hub, dan server pada network.
  • 7. Printer Dan Peripheral LainPrinter adalah salah satu alasan utama kenapa ada network. Karena printer tidak selalu digunakanoleh setiap pemakai, akan lebih ekonomis jika memakai satu printer bersama-sama. Printer bisadihubungkan langsung pada workstation atau ke server.Anda juga bisa memasang scanner, CD-ROM eksternal dan peralatan lain yang berguan dandapat digunakan secara bersama-sama pada network. Sama seperti yang lainnya, hal inimembutuhkan perangkat lunak dan perangkat keras yang tepat.ETHERNET Ethernet adalah sistem jaringan yang dibuat dan dipatenkan perusahaan Xerox. Ethernetadalah implementasi metoda CSMA/CD (Carrier Sense Multiple Access with CollisionDetection) yang dikembangkan tahun 1960 pada proyek wireless ALOHA di Hawaii Universitydiatas kabel coaxial. Standarisasi sistem ethernet dilakukan sejak tahun 1978 oleh IEEE. (lihatTabel 2.) Kecepatan transmisi data di ethernet sampai saat ini adalah 10 sampai 100 Mbps. Saatin yang umum ada dipasaran adalah ethernet berkecepatan 10 Mbps yang biasa disebut seri10Base. Ada bermacam-macam jenis 10Base diantaranya adalah: 10Base5, 10Base2, 10BaseT,dan 10BaseF yang akan diterangkan lebih lanjut kemudian. Pada metoda CSMA/CD, sebuah host komputer yang akan mengirim data ke jaringanpertama-tama memastikan bahwa jaringan sedang tidak dipakai untuk transfer dari dan oleh hostkomputer lainnya. Jika pada tahap pengecekan ditemukan transmisi data lain dan terjadi tabrakan(collision), maka host komputer tersebut diharuskan mengulang permohonan (request)pengiriman pada selang waktu berikutnya yang dilakukan secara acak (random). Dengandemikian maka jaringan efektif bisa digunakan secara bergantian. Untuk menentukan pada posisi mana sebuah host komputer berada, maka tiap-tiapperangkat ethernet diberikan alamat (address) sepanjang 48 bit yang unik (hanya satu di dunia).Informasi alamat disimpan dalam chip yang biasanya nampak pada saat komputer di start dalamurutan angka berbasis 16, seperti pada Gambar 3. Gambar 3. Contoh ethernet address.
  • 8. 48 bit angka agar mudah dimengerti dikelompokkan masing-masing 8 bit untuk menyetakanbilangan berbasis 16 seperti contoh di atas (00 40 05 61 20 e6), 3 angka didepan adalah kodeperusahaan pembuat chip tersebut. Chip diatas dibuat oleh ANI Communications Inc. Contohvendor terkenal bisa dilihat di Tabel 3, dan informasi lebih lengkap lainnya dapat diperoleh dihttp://standards.ieee.org/regauth/oui/index.html Tabel 3. Daftar vendor terkenal chip ethernet NOMOR NAMA VENDOR KODE 00:00:0C Sisco System 00:00:1B Novell 00:00:AA Xerox 00:00:4C NEC 00:00:74 Ricoh 08:08:08 3COM 08:00:07 Apple Computer 08:00:09 Hewlett Packard 08:00:20 Sun Microsystems 08:00:2B DEC 08:00:5A IBMDengan berdasarkan address ehternet, maka setiap protokol komunikasi (TCP/IP, IPX,AppleTalk, dll.) berusaha memanfaatkan untuk informasi masing-masing host komputerdijaringan. A. 10Base5 Sistem 10Base5 menggunakan kabel coaxial berdiameter 0,5 inch (10 mm) sebagai media penghubung berbentuk bus seperti pad Gambar 4. Biasanya kabelnya berwarna kuning dan pada kedua ujung kebelnya diberi konsentrator sehingga mempunyai resistansi sebesar 50 ohm. Jika menggunakan 10Base5, satu segmen jaringan bisa sepanjang maksimal 500 m, bahkan jika dipasang penghubung (repeater) sebuah jaringan bisa mencapai panjang maksimum 2,5 km. Seperti pada Gambar 5, antara NIC (Network Interface Card) yang ada di komputer (DTE, Data Terminal Equipment) dengan media transmisi bus (kabel coaxial)-nya diperlukan sebuah transceiver (MAU, Medium Attachment Unit). Antar MAU dibuat jarak minimal 2,5 m, dan setiap segment hanya mampu menampung sebanyak 100 unit. Konektor yang dipakai adalah konektor 15 pin.
  • 9. Gambar Jaringan dengan media 10Base5. Gambar Struktur 10Base5.B. 10Base2 Seperti pada jaringan 10Base5, 10Base2 mempunyai struktur jaringan berbentuk bus. (Gambar 6). Hanya saja kabel yang digunakan lebih kecil, berdiameter 5 mm dengan jenis twisted pair. Tidak diperlukan MAU kerena MAU telah ada didalam NIC-nya sehingga bisa menjadi lebih ekonomis. Karenanya jaringan ini dikenal juga dengan sebutan CheaperNet. Dibandingkan dengan jaringan 10Base5, panjang maksimal sebuah segmennya menjadi lebih pendek, sekitar 185 m, dan bisa disambbung sampai 5 segmen menjadi sekitar 925 m. Sebuah segmen hanya mampu menampung tidak lebih dari 30 unit komputer saja. Pada jaringan ini pun diperlukan konsentrator yang membuat ujung-ujung media transmisi busnya menjadi beresistansi 50 ohm. Untuk jenis konektor dipakai jenis BNC. Gambar Jaringan dengan media 10Base5.
  • 10. Gambar Struktur 10Base2.C. 10BaseT Berbeda dengan 2 jenis jaringan diatas, 10BaseT berstruktur bintang (star) seperti terlihat di Gambar 8. Tidak diperlukan MAU kerena sudah termasuk didalam NIC-nya. Sebagai pengganti konsentrator dan repeater diperlukan hub karena jaringan berbentuk star. Panjang sebuah segmen jaringan maksimal 100 m, dan setiap hub bisa dihubungkan untuk memperpanjang jaringan sampai 4 unit sehingga maksimal komputer tersambung bisa mencapai 1024 unit. Gambar Jaringan dengan media 10BaseT. Gambar Struktur 10BaseT. Menggunakan konektor modular jack RJ-45 dan kabel jenis UTP (Unshielded Twisted Pair) seperti kabel telepon di rumah-rumah. Saat ini kabel UTP yang banyak digunakan adalah jenis kategori 5 karena bisa mencapai kecepatan transmisi 100 Mbps. Masing- masing jenis kabel UTP dan kegunaanya bisa dilihat di Table 4.
  • 11. Tabel Jenis kabel UTP dan aplikasinya.KATEGORI APLIKASI Dipakai untuk komunikasi suara (voice), dan digunakan untuk kabel teleponCategory 1 di rumah-rumah Terdiri dari 4 pasang kabel twisted pair dan bisa digunakan untukCategory 2 komunikasi data sampai kecepatan 4 Mbps Bisa digunakan untuk transmisi data dengan kecepatan sampai 10 Mbps danCategory 3 digunakan untuk Ethernet dan TokenRingCategory 4 Sama dengan category 3 tetapi dengan kecepatan transmisi sampai 16 Mbps Bisa digunakan pada kecepatan transmisi sampai 100 Mbps, biasanyaCategory 5 digunakan untuk FastEthernet (100Base) atau network ATMD. 10BaseF Bentuk jaringan 10BaseF sama dengan 10BaseT yakni berbentuk star. Karena menggunakan serat optik (fiber optic) untuk media transmisinya, maka panjang jarak antara NIC dan konsentratornya menjadi lebih panjang sampai 20 kali (2000 m). Demikian pula dengan panjang total jaringannya. Pada 10BaseF, untuk transmisi output (TX) dan input (RX) menggunakan kabel/media yang berbeda. Gambar Struktur 10BaseF.
  • 12. Gambar 11. Foto NIC jenis 10Base5, 10Base2, dan 10BaseT. E. Fast Ethernet (100BaseT series) Selai jenis NIC yang telah diterangkan di atas, jenis ethernet chip lainnya adalah seri 100Base. Seri 100Base mempunyai beragam jenis berdasarkan metode akses datanya diantaranya adalah: 100Base-T4, 100Base-TX, dan 100Base-FX. Kecepatan transmisi seri 100Base bisa melebihi kecepatan chip pendahulunya (seri 10Base) antara 2-20 kali (20-200 Mbps). Ini dibuat untuk menyaingi jenis LAN berkecepatan tinggi lainnya seperti: FDDI, 100VG-AnyLAN dan lain sebagainya.Arsitektur JaringanPenggunaan Network Interface Card (NIC) serta medianya akan menentukan arsitektur jaringananda. Pada IBM PC dan kopatibelnya ada beberapa NIC yang dapat digunakan yaitu Ethernet,ARCnet, Token Ring dan FDDI. Adapun yang paling populer digunakan adalah jenis Ethernet.Ada beberapa macam tipe Ethernet yang secara umum terbagi atas dua bagian yaitu yangmempunyai kecepatan 10 MBps dan Fast Ethernet yaitu yang mempunyai kecepatan 100 MBpsatau lebih.Ethernet 10 MBps yang sering digunakan adalah 10Base2, 10Base5, 10BaseT dan 10BaseF.Sedangkan untuk kategori Fast Ethernet adalah 100BaseT dan 100VG-AnyLAN.10Base210Base2 disebut juga Thin Ethernet karena menggunakan kabel Coaxial jenis Thin atau disebutsebagai Cheaper Net. 10Base2 menggunakan topologi Bus. Spesifikasi 10Base2 adalah sebagaiberikut: • Panjang kabel per-segmen adalah 185 m • Total segmen kabel adalah 5 buah • Maksimum Repeater adalah 4 buah • Maksimum jumlah segmen yang terdapat node (station) adalah 3 buah • Jarak terdekat antar station minimum 0,5 m • Maksimum jumlah station dalam satu segmen kabel adalah 30 • Maksimum panjang keseluruhan dengan Repeater adalah 925 m • Awal dan akhir kabel diberi Terminator 50 ohm • Jenis kabel yang digunakan RG-58A/U atau RG-58C/U
  • 13. 10Base510Base5 disebut juga Thick Ethernet karena menggunakan kabel Coaxial jenis Thick. Topologipada 10Base5 sama seperti 10Base2 yaitu Topologi Bus. Spesifikasi dari 10Base5 adalahsebagai berikut: • Panjang kabel per-segmen adalah 500 m • Total segmen kabel adalah 4 buah • Maksimum jumlah segmen yang terdapat node adalah 3 • Jarak terdekat antar station minimum adalah 2,5 m • Maksimum jumlah station dalam satu segmen kabel adalah 100 • Maksimum panjang kabel AUI ke node 50 m • Maksimum panjang keseluruhan dengan Repeater 2500 m • Awal dan akhir kabel diberi Terminator 50 ohm • Jenis kabel Coaxial RG-8 atau RG-1110BaseTBerbeda dengan 10Base2 atau 10Base5 yang menggunakan topologi Bus, pada ethernet TbaseTmenggunakan topologi Star. Ethernet dengan topologi Star ini paling banyak digunakan, karenamudah pemasangannya serta melakukan pengecekan jika ada kerusakan pada jaringan. Pada10BaseT kabel yang dipakai bukan Coaxial tapi kabel UTP. Spesifikasi dari 10BaseT adalahsebagai berikut: • Panjang kabel per-segmen maksimum 100 m • Maksimum jumlah segmen adalah 1024 • Maksimum jumlah node per-jaringan 1024 • Menggunakan Hub dengan jumlah maksimum 4 buah dalam bentuk hubungan chain • Kabel yang digunakan UTP Category-3 atau lebih10BaseF10BaseF mengunakan kabel serat optik, ini jarang digunakan karena biasanya mahal danpemasangannya tidak semudah ethernet tipe lain. Umumnya jenis ini dipakai untuk penghubung(link) antar segmen karena jaraknya bisa mencapai 2000 m serta kabel yang digunakan adalahserat optik.100BaseT100BaseT disebut juga Fast Ethernet atau 100BaseX, adalah ethernet yang mempunyaikecepatan 100 Mbps. Ada beberapa tipe 100BaseT berdasarkan kabel yang dipakai, yaitu:
  • 14. • 100BaseT4, memakai kabel UTP Category-5 dan kabel yang dipakai adalah 4 pasang • 100BaseTX, memakai kabel UTP Category-5 dan kabel yang dipakai hanya 2 pasang • 100BaseTX, memakai kabel serat optikPada 100BaseT yang menggunakan kabel Coaxial maksimum total kabelnya denganmenggunakan Hub Class II adalah 205 m, dengan perincian 100 m untuk panjang segmen dan 5m untuk hubungan Hub ke Hub. Sedangkan untuk 100BaseFX dengan menggunakan duaRepeater bisa mencapai 412 m, dan panjang segmen dengan serat optik bisa mencapai 2000 m.100VG-AnyLAN100VG-AnyLAN bukan merupakan ethernet umum murni karena metode akses medianyaberdasarkan demand priority. 100VG-AnyLAN bisa digunakan dengan sistem Frame Ethernetataupun dengan Frame Token Ring.Kabel yang digunakan adalah kabel UTP Category-3 atau 5. Tidak seperti ethernet biasa yangmenggunakan kabel UTP dengan panjang maksimum segmen 100 m, maka pada 100VG-AnyLAN jika yang dipakai adalah UTP Category-5 maka panjang maksimum segmen-nya bisamencapai 150 m, sedangkan yang memakai serat optik panjang maksimum segmen-nya adalah2000 m.Jenis KabelEmpat jenis kabel jaringan yang umum digunakan saat ini yaitu : 1. Kabel Coaxial Terdiri atas dua kabel yang diselubungi oleh dua tingkat isolasi. Tingkat isolasi pertama adalah yang paling dekat dengan kawat konduktor tembaga. Tingkat pertama ini dilindungi oleh serabut konduktor yang menutup bagian atasnya yang melindungi dari pengaruh elektromagnetik. Sedangkan bagian inti yang digunakan untuk transfer data adalah bagian tengahnya yang selanjutnya ditutup atau dilindungi dengan plastik sebagai pelindung akhir untuk menghindari dari goresan kabel. Beberapa jenis kabel Coaxial lebih besar dari pada yang lain. Makin besar kabel, makin besar kapasitas datanya, lebih jauh jarak jangkauannya dan tidak begitu sensitif terhadap
  • 15. interferensi listrik.2. Kabel Unshielded Twisted Pair (UTP) Kabel twisted pair terjadi dari dua kabel yang diputar enam kali per-inchi untuk memberikan perlindungan terhadap interferensi listrik ditambah dengan impedensi, atau tahanan listrik yang konsisten. Nama yang umum digunakan untuk kawat ini adalah IBM jenis/kategori 3. Secara singkat kabel UTP adalah murah dan mudah dipasang, dan bisa bekerja untuk jaringan skala kecil.3. Kabel Shielded Twisted Pair (STP) Kabel STP sama dengan kabel UTP, tetapi kawatnya lebih besar dan diselubungi dengan lapisan pelindung isolasi untuk mencegah gangguan interferensi. Jenis kabel STP yang paling umum digunakan pada LAN ialah IBM jenis/kategori 1.4. Kabel Serat Optik (Fiber Optik) Kabel serat optik mengirim data sebagai pulsa cahaya melalui kabel serat optik. Kabel serat optik mempunyai keuntungan yang menonjol dibandingkan dengan semua pilihan kabel tembaga. Kabel serat optik memberikan kecepatan transmisi data tercepat dan lebih reliable, karena jarang terjadi kehilangan data yang disebabkan oleh interferensi listrik. Kabel serat optik juga sangat tipis dan fleksibel sehingga lebih mudah dipindahkan dari pada kabel tembaga yang berat.