Tugas praktek tik

627 views

Published on

Published in: Technology, Business
0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
627
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
82
Actions
Shares
0
Downloads
6
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Tugas praktek tik

  1. 1. Indikator : memahami dasar dasar sistemjaringan di internet emy juniar (12) 9-5
  2. 2. Jaringan internet Internet adalah simsem komunikasi global yang menghubungkan seluruh komputer di seluruh dunia. Internet berfungsi untuk berkomunikasi dan bertukar informasi data. Komputer itu bertukar informasi dengan protokol yang bernama TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol)
  3. 3. Macam-macam Koneksi Internet1. Dial up koneksi ini dilakukan dengan cara menghbungkan komputer ke internet melalui sambungan telepon dengan mengguakan modem telepon. Kecepatan maximum koneksi internet dengan cara seperti ini adalah 56 kbps.
  4. 4. Gambar Koneksi Dial Up
  5. 5. 2. broadband Caramenggunakankoneksi broadbandini adalah denganmenghubungkaninternetmenggunakanjaringan tv kabel danmodem droadband.kecepatan mulai dari64kbps - 256kbps.
  6. 6. 3. ADSL Caramengkoneksikanini denganmenghubung kankomputer keinternet melaluitelepon tapi tanpamenggangkutelepon. Kecepatanmaksimumnyaadalah 512 kbps.
  7. 7. Jaringan intranet Pada umumnya intranet sama saja dengan internet, tetapi intranet digunakan pada lingkum yang lebih kecil. Misalnya perusahaan saja. Sama dengan internet, intranet juga menggunakan protokol TCP/IP.
  8. 8. Komponen Pembentuk Intranet Komponen pembentuk intranet pada dasarnya sama denganinternet, seperti :1. Aplikasi browser Contohnya seperti , internet exploler, opera, mozilla firefox, dll.2. Komputer server3. Perangkat jaringan4. Protokol TCP/IP
  9. 9. Lanjutan ….5. Bahasa pemograman (html, php, mysql,dll )6. Computer client7. Perangkat bantu pengembang. yang perlu ditambahkan dalam intranet bila sebagian informasi organisasi tersebut ingin diekspose agar dapat di akses jaringan luar (internet) adalah firewall dan router (intranet ini akan menjadi ekstranet).
  10. 10. Jenis jenis jaringan komputer1. LAN (Lokal Area Network) LAN adalah jaringan komputer yang mencakup wilayah kecil saja. Contohnya sekolah, kampus kantor atau dalam rumah. Dan ini mepunyai kecepatan 10, 100 sampai 1000 Mbps.
  11. 11. Karakteristik dari LAN : 1. Mempunyai pesat data yang lebih tinggi. 2. Meliputi wilayah geografi yang lebih sempit. 3. Tidak membutuhkan jalur telekomunikasi yang disewa dari operator telekomunikasi.
  12. 12. MAN (Metropolitan Area Network) MAN adalah gabungan dari beberapaLAN. MAN mempunyai jangkauan 10 sampai50 km yang berarti mencangkupperkotaan, pemerintahan dan perusahaandalam suatu kota.
  13. 13. WAN (Wide Area Network) WAN adalah jaringan yang mempunyaijangkauan terluas yaitu mencangkup suatunegara, antar negara bahkan antar benua.WAN menghubungkan komputer itu denganmenggunakan telepon, satelit, dan teknologi– teknologi lainnya.
  14. 14. Topologi Jaringan..Topologi jaringan adalah pola hubungancomputer dalam suatu jaringan.Contoh:1. Topologi MeshTopologi mesh adalah topologi yang setiap perangkatnya saling terhubung satu sama lain secara langsung.
  15. 15. Gambar Topologi Mesh…Keuntungan TopologiMesh:Terjaminnya kapasitaschannel komunikasi, karenamemiliki hubungan yangberlebih.Relatif lebih mudah untukdilakukan troubleshoot.Kekurangan Topologi Mesh:Sulit dan biayanya mahal.
  16. 16. Topologi starTopologi ini sangat mudahdikembangkan. Dan jikasalah satu komputer adayang rusak, tidak membuatkomputer yang lain mati.Tetapi jika hub mengalamikegagalan maka semuakomputer akan gagal dalamberoperasi.
  17. 17. Topologi Ring Denganmenggunakan topologi inialiran data lebih cepat danwaktu intuk mengakseslebih cepat. Tetapi jikasalah satu komputer rusakitu akan mempengaruhisemua komputer.
  18. 18. Topologi Bus Topologi inisangatsederhaba danekonomis biayanya. Tetapijika salah satu perangkatada yang rusak itumembuat semua perangkatdown dan topologi inimerupakan topologi yangpaling lambat dibandingkanyang lain.
  19. 19. Topologi Pohon Pada topologi ini pusatatau simpul yang lebih tinggitingkatannya, dapatmengatur simpul lain yanglebih rendah tingkatannya.Data yang dikirim perlumelalui simpul pusat terlebihdahulu.
  20. 20. Thank…you…Sumber:http://www.crayonpedia.org/mw/Dasar-dasar_jaringan_internet/intranet_9.1http://inayahfirdausi.blogspot.com/2011/08/dasar-dasar-sistem-jaringan-internet.htmlhttp://gurutikjateng.wordpress.com/2011/08/24/dasar-dasar-sistem-jaringan-internet/

×