Psikologi agama 1
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Like this? Share it with your network

Share
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Be the first to comment
    Be the first to like this
No Downloads

Views

Total Views
953
On Slideshare
953
From Embeds
0
Number of Embeds
0

Actions

Shares
Downloads
24
Comments
0
Likes
0

Embeds 0

No embeds

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
    No notes for slide

Transcript

  • 1. PENGERTIAN DAN RUANGLINGKUP KAJIANPSIKOLOGI AGAMAOLEH:YULI DARWATI,M.Si
  • 2. Psikologi agama berasal daridua kata: Psikologi Agama
  • 3. Pengertian Psikologi Secara harfiah, psikologi berasal dari duakata : Psyche : jiwa, dan logos : ilmu. JadiPsikologi ilmu tentang jiwa.Definisi diatas tidak menimbulkan masalahketika psikologi masih menjadi satu denganfilsafat.Setelah berdiri sendiri timbul pertanyaan :apa jiwa itu? Jiwa merupakan sesuatu yangabstrak, tidak bisa dibuktikan secara empiris,yang tampak hanya gejalanya yaitu perilaku.
  • 4. Syarat ilmu pengetahuan: Punya objek tertentu.sifat ; objektif. Metode Sejarah sendiri Sistematis
  • 5. Definisi psikologi menurutpara ahli: Wundt :Psikologi adalah ilmu yang mempelajari tentangkesadaran manusia. Woodworth dan Marquis :Psikologi merupakan ilmu tentang aktifitas-aktifitasindividu, baik motorik seperti berjalan dan berbicara,akan tetapi juga aktifitas kognitif seperti melihat,mendengar, mengingat, dan berpikir, dan aktifitasemosional seperti tertawa dan menagis, dan sedih. Branca :Psikologi adalah the science of behavior
  • 6. Kesimpulan: Psikologi adalah ilmu yang mempelajariperilaku manusia baik yang menampak(overt behavior) maupun yang tidakmenampak (innert behavior).
  • 7. Ruang lingkup kajian psikologi: Psikologi Umum : mempelajari gejalajiwa yang umum individu yang normaldan beradab. Psikologi khusus: mempelajari gejalajiwa yang khusus.Meliputi : Psikologi industri, PsikologiPendidikan, Psikologi sosial, PsikologiAbnormal, Psikologi agama, dll
  • 8. Dilihat dari kegunaannya: Psikologi Teoritis : dipelajari untukkepentingan ilmu psikologi itu sendiri. Psikologi Praktis : dipelajari untukdiaplikasikan dalam praktik kehidupansehari-hari.Catatan: Psikologi khusus padaumumnya merupakan psikologi praktis.
  • 9. Pengertian agama:Sebagian besar ahli mengakui : sulituntuk mendefinisikan agama.WH. Clark :“Tidak ada yang lebih sulit dari padamencari kata-kata yang dapatdigunakan untuk mendefinisikanagama”
  • 10. Agama sulit didefinisikansebab: Pengalaman beragama merupakan sesuatuyang bersifat batiniah dan subjektif (inwarddan subjective). Tidak ada orang yang dapat merasakanpengalaman beragama yang lebih kuatkecuali dari pada agama merekasendiri.Sehingga orang membuat definisiberdasarkan pengalaman beragama merekasendiri. Konsep agama dipengaruhi oleh tujuan orangyang membuat definisi.
  • 11. Karakteristik agama menurutEncyclopedia of religion: Kepercayaan kepada wujud supranatural (tuhan). Pembedaan antara objek yang sakral dan profan. Tindakan ritual yang berpusat pada objek yang sakral. Tuntunan moral yang diyakini ditetapkan oleh tuhan. Perasaan yang khas agama (ketakjuban, perasaan misteri, rasabersalah, pemujaan) yang cenderung bangkit ditengah objek yangsakral atau ketika menjalankan ritual dan yang dihubungkan dengangagasan ketuhanan. Sembahyang dan bentuk-bentuk komunikasi lainnya dengan tuhan. Pandangan dunia atau gambaram tentang dunia secara menyeluruhdan tempat individu di dalamnya. Gambaran ini mengandungpenjelasan terperinci tentang tujuan menyeluruh dari dunia ini danpetunjuk tentang bagaimana individu menempatkan diri di dalamnya. Pengelolaan kehidupan yang bersifat menyeluruh, yang didasarkanpada pandangn dunia tersebut. Kelompok sosial yang diikat bersama oleh hal-hal di atas.
  • 12. Lanjut …… Ada ribuan agama di dunia. Fakta : tidak semua komponen tersebutada pada setiap agama. Contoh : Agama shinto, Budha,Konghucu tidak mempersoalkan tuhan.
  • 13. Definisi Agama menurut AhliPsikologi : Alport dalam bukunya yang berjudulIndividual and his religion:“Agama merupakan perasaan religius yangmatang yang didefinisikan sebagaikecenderungan, untuk membangunpengalaman, merespon kebaikan dalam cara-cara kebiasaan tertentu, pada objekkonseptual dan prinsip-prinsip yang individuhargai sebagai sesuatu yang pokok danpenting dan mengerjakan terhadap apa yangdihargai itu sebagai sesuatu yang permanendan sentral.”
  • 14. Lanjut……… William James :“Agama adalah perasaan, tindakan danpengalaman individu dalamkesepiannya sepanjang mereka melihatdirinya berhadapan dalamhubungannya dengan apa yangdianggapnya sebagai tuhan.”
  • 15. Lanjut……… Pratt :“Agama adalah sikap serius dan sosial dariindividu dan masyarakat berhadapan dengankekuasaan atau kekuatan yang merekaanggap sebagai pengendali pokok yangmengatur nasib mereka.”Kata sosial yang dimaksud dapat dipahamidua pengertian. Pertama, hubungan manusiadengan manusia. Kedua , sebagaipengalaman religius orang dalamhubungannya dengan apa yang dimaksuddengan kekuatan yang mengendalikan itu.
  • 16. Lanjut………. WH. Clark :“Agama dapat dikarakteristikkan sebagaipengalaman personal dari individu dalammemahami sesuatu yang diluar (the Beyond)dan pengaruh dari pengalaman itu yangterlihat dalam perilakunya ketika dia secaraaktif berusaha mencapai keharmonisandalam hidupnya dalam hubungannya dengansesuatu yang diluar tersebut (the Beyond).”
  • 17. Definisi manakah yang tepat?Langkah bijak : Menggabungkan, atau Mengurai dalam dimensi-dimensi.
  • 18. Definisi diatas dapat diuraimenjadi lima dimensi (Glock &Stark): Dimensi ideologis. Dimensi inimerupakan bagian keberagamaan yangberkaitan dengan apa yang harusdipercayai.Kepercayaan atau doktrinagama termasuk dalam dimensiini.Inilah yang membedakan agamasatu dengan yang lainnya.
  • 19. Lanjut………… Dimensi ritualistikDimensi keberagamaan yang berkaitandengan sejumlah perilaku. Yangdimaksud dengan perilaku ini bukanperilaku umum yang dipengaruhi olehkeimanan seseorang, melainkanmengacu pada perilaku khusus yangditetapkan agama, seperti cara ibadah,pembabtisan, pengakuan dosa dll.
  • 20. Lanjut…….. Dimensi EksperensialDimensi ini berhubungan denganperasaan keagamanan yang dialamioleh penganut agama. Disebut jugadengan religiouse experience. Dapatberupa kekhusukan di dalam shalatatau sangat intens seperti yang di alamioleh sufi dll.
  • 21. Lanjut……. Dimensi IntelektualDimensi ini meliputi sejumlah informasikhusus yang harus diketahui olehpenganutnya. Contoh : ilmu Fiqih. Dimensi KonskuensialDimensi ini menunjuk pada akibatajaran agama dalam perilaku umumatau perilaku dalam kehidupan sehari-hari.
  • 22. Pengertian Psikologi Agama Psikologi agama adalah salah satucabang dari psikologi yang mempelajariperilaku individu dalam hubungandengan keyakinan agama yangdianutnya.
  • 23. Ruang Lingkup kajianPsikologi Agama: Pengalaman beragama, Perilaku beragama.Persoalan keyakinan,eksistensi Tuhantidak dipelajari dalam psikologi agama,dan merupakan wilayah dari paratheolog.