PERENCANAAN STRATEGIS KAMPANYE DAN PELAKSANAAN KAMPANYE

2,600 views

Published on

Published in: Education
0 Comments
2 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
2,600
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
2
Actions
Shares
0
Downloads
193
Comments
0
Likes
2
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

PERENCANAAN STRATEGIS KAMPANYE DAN PELAKSANAAN KAMPANYE

  1. 1. ERENCANAAN STRATEGIS KAMPANYEDAN PELAKSANAAN KAMPANYE
  2. 2. PENGERTIAN Menurut bahasa kata “rencana” = rancangan, buram (rangka sesuatu yang akan dikerjakan), laporan pemberitaan, acara, program, artikel, makalah, maksud dan niat Sedangkan perencanaan artinya proses, cara perbuatan merencanakan (merancangkan, menyusun konsep).
  3. 3. Perencanaan merupakan suatu proses yang kontinu yang meliputi rencana dan pelaksanaan, yang kontinu tersebut perlu terdapat unsur-unsur : a). Mempunyai ciri-ciri yang berorientasi kepada pelaksanaan di masa mendatang. b). Proses yang kontinuitas dan fleksibilitas. c). Mengusahakan perencanaan dapat seoperasional mungkin dalam mencapai tujuan. d). Adanya sistem pelaporan dan evaluasi dalam proses perencanaan.
  4. 4. A. PERENCANAANSTRATEGIS KAMPANYE“praktik PR adalah usaha yang direncanakan serta dilakukan secara kontinyu untuk menciptakan dan menjaga nama baik (goodwill) dan kesepahaman bersama antara suatu organisasi dengan publiknya.”
  5. 5. Dalam kaitannya dengan praktek kampanye PR, setidaknya ada beberapa alasan mengapa sebuah perencanaan harus dilakukan dalam kampanye (arti penting perencanaan), yaitu : 1. memfokuskan usaha 2. Mengembangkan sudut pandang berjangka waktu panjang. 3. Meminimalisi kegagalan. 4. Mengurangi konflik 5. Memperlancar kerja sama dengan pihak lain.
  6. 6.  Gregory (2004:36) menyebutkan 10 tahapan perencanaan sebagai berikut : 1. Analisis Situasi : • - Analisis PEST • - Analisis SWOT 2. Tujuan 3. Mengenali Publik 4. Pesan
  7. 7. 5. Strategi6. Taktik7. Skala waktu8. Sumber daya9. Evaluasi10. Review
  8. 8. B. PELAKSANAAN KAMPANYE1. Realisasi unsur-unsurpokok kampanye 2. Uji coba rencana kampanye 3. Tindakan dan pemantauan kampanye 4. Laporan kemajuan
  9. 9. THANK YOU

×