• Share
  • Email
  • Embed
  • Like
  • Save
  • Private Content
HAM
 

HAM

on

  • 4,345 views

 

Statistics

Views

Total Views
4,345
Views on SlideShare
4,345
Embed Views
0

Actions

Likes
0
Downloads
72
Comments
0

0 Embeds 0

No embeds

Accessibility

Categories

Upload Details

Uploaded via as Microsoft PowerPoint

Usage Rights

© All Rights Reserved

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
Post Comment
Edit your comment

    HAM HAM Presentation Transcript

    • HAM saat ini telah menjadi salahsatu isu global (the contemporaryglobal issu) yang sangat mempengaruhihubungan Internasional, bahkan saatini HAM telah menjadi semacam“agama baru” yang dijadikan ukuranbaik-buruknya suatu perbuatan/tingkah laku manusia.
    • Apa itu HAM? Dalam pasal 1 (1) UU No. 39 Tahun 1999(UU HAM) dirumuskan sbb: “HAM adalah seperangkat hak yangmelekat pada hakekat keberadaan manusiasebagai makhluk Tuhan Yang Maha Esa danmerupakan anugrah-Nya yang wajibdihormati, dijunjung tinggi dan dilindungi olehnegara, hukum, pemerinth dan setiap orangdemi kehormatan serta perlindungan harkatdan martabat manusia”. Apapun bunyi rumusan HAM baik yangdirumuskan dalam hukum positif ataudirumuskan oleh para sarjana.
    • HAM itu berkaitan dengan: Hak dasar yang dimiliki setiap manusia sejakLahir dan merupakan anugrah (pemberian) TuhanYang Maha Esa. Berdasarkan rumusan-rumusan HAM yangpernah ada, maka dapat ditegaskan bahwa HAMsetidaknya mengandung beberapa unsur pentingsbb:1. Hak dasar (basic rights); berarti HAM berkaiatan dengan hak pokok dan sangat penting bagi kesempurnaan eksistensi manusia ciptaan Tuhan Yang Maha Esa.2. Dimiliki setiap manusia; berati nilai dasar HAM bersifat universal, kendatipun dalam implementasinya diakui adanya nilai partikular atau nilai relatif kultural.
    • 3. Dibawa sejak lahir; berarti HAM bersifat kodrati yang mengandung konsekuensi bahwa perlindungannya merupakan kewajiban setiap pemerintah yang berkuasa dimana saja dan kapan saja.4. Anugrah Tuhan; yang mengandung konsekuensinya bahwa penggunaannya harus disesuaikan dengan keinginan (aturan) Tuhan si pemberi HAM tsb.
    • Penerapan HAM pada dasarnya tidak ada ygabsolut, karena dibalik HAM pasti ada kewajiban asasi(KAM) yg harus kita tunaikan terhadap pihak/oranglain. KAM adalah bentuk pasif dari tanggung jawab.Sesuatu yg dilakukan karena tanggung jawab asasiadalah kewajiban asasi. Kewajiban tidakmemperhitungkan untung atau balasan. Ia dilakukankarena tuntutan suara hati (nurani), bukan karenapertimbangan pikiran. Ia adalah suruhan dari dalam.Misalnya orang tua bersusah payah mengasuhanaknya, karena kewajiban asasi.
    • Nilai dasar HAM adalah bersifat universal, dlm artiberlaku sama di semua tempat dan di semua kondisi(keadaan). Namun dalam implementasinya diakui bahwapenerapan HAM ada nilai parikularitas (reLatif budaya)karena adanya perbedaan idelogi. Karena itu, penerapan HAM pada masyarakatBarat sangat diwarnai oleh nilai-nilai ideologimasyarakatnya, yakni Liberal, sedangkan padamasyarakat Indonesia sesuai pula dengan nilai ideologiPancasila yang pada intinya menganut pahamkeseimbangan dan keserasian dan keselaran (3S).
    • Pada umumnya para sarjana menulis sejarahperkembangan HAM sbb :1. Magna Charta (1215), yang antara lain berisi: a. Raja tidak boleh memungut pajak tanpa seizin penasehat raja b. Orang tidak boleh ditangkap, disiksa atau dihukum tanpa alasan yang sah2. Habeas Corpus Act (1568); berisi antara lain: a. Jika seseorang ditangkap, maka hakim harus dapat menunjukkan alasan penangkapan secara lengkap. b. Orang yang ditangkap harus diperiksa selambat-lambatnya dua hari setelah penangkapan.
    • 3. Bill of Rights (1789) isinya antara lain : a. Membuat Undang-undang harus dengan persetujuan parlemen b. Pemungtan pajak, juga harus dengan persetujuan parlemen. Deklarasi Kemerdekaan Prancis (1789):Liberte, Egalite, Fraternite.4. The Declaration of Independence of Amerika (1776), yg isinya al. menegaskan : “Semua orang diciptakan sama.dikurnia Tuhan hak-hak yang tidak dapatdilepaskan darinya…dst.nya”.
    • 5. The four Freedoms of F.D Roosevelt (1941) yang isinya antara lain : a. Freedom of Speech and Expression b. Freedom of religion c. Freedom from want d. Freedom from fear6. The Universal Declaration of Human Rights (1o Desember 1948).
    • 5. Macam-macam HAM : (Derogable/Non derogable) Manusia selalu memiliki hak-hak dasar (basicrights) antara lain:  Hak hidup  Hak untuk hidup tanpa ada perasaan takut dilukai atau dibunuh oleh orang lain  Hak kebebasan  Hak untuk bebas  Hak untuk memiliki agama/kepercayaan  Hak untuk memperoleh informasi  Hak menyatakan pendapat  Hak berserikat  Hak pemilikan,hak untuk memilih sesuatu.
    • Macam-macam HAM menurutDeklarasi HAM PBB : Hak-hak juridis: hak untuk hidup,tidak menjadi budak,tidak disiksa,dan tidak ditahan,dipersamakan di muka hukum (equality before the law), mendapatkan praduga tidak bersalah, dll nya. Hak-hak lain yang termuat dalam deklarasi adalah: hak - hak akan nasionalitas, pemilikan, agama, pendidikan, pekerjaan, dan kehidupan berbudaya.
    • Dimensi pemikiran HAM : Menurut Frans Magnis-Suseno, konsep dasarHAM memiliki dua dimensi pemikiran sbb:1. Dimensi Universalitas, yakni substansi HAM itu pada hakikatnya bersifat umum. HAM akan selalu dibutuhkan oleh siapa saja dlm aspek kebudayaan di manapun itu berada.2. Dimensi Kontekstualitas, yakni menyangkut penerapan HAM bila ditinjau dari tempat berlakunya. Maksudnya adalah ide-ide HAM dapat diterapkan secara efektif, sepanjang tempat ide-ide HAM tsb memberikan suasana kondisif untuk itu.
    • Pelanggaran HAM Menurut UU No. 26/2000 (ttg. PengadilanHAM) : pelanggaran HAM adalah perbuatanseseorang atau kelompok orang termasukaparat negara baik scr sengaja ataupun tidaksengaja atau kelalaian yang scr hukummengurangi, menghalangi, membatasi, danatau mencabut HAM seseorang atau kelompokorang yg dijamin oleh UU ini, dan tidakdidapatkan atau dikhawatirkan tidak akanmemperoleh penyelesian hukum scr adil danbenar, berdasarkan mekanisme hukum ygberlaku.
    • Klasifikasi Pelanggaran HAM Ada dua pelanggaran HAM, yakni pelanggaranHAM berat (genosida dan kejahatan kemanusiaan),dan pelanggaran HAM ringan(diuar genosida dankejahatan kemanusiaan). Kejahatan genosida adalah setiap perbuatan ygdilakukan dgn maksud utk menghancurkan ataumemusnahkan seluruh atau sebagian kel. bangsa,ras, kel. etnis, kel. Agama. Kejahatan genosidadilakukan dgn cara membunuh anggota kel.mengakibatkan penderitaan fisik atau mental yg beratthd anggota kel. menciptakan kondisi kehidupan kel.yg akan mengakibatkan kemusnahan scr fisik,dst.nya.........
    • Kejahatan kemanusiaan: adalah setiap perbuatan yg dilakukan sbgbagian dari serangan yg meluas atau sistematis,padahal diketahuinya bahwa serangan tersebutditujukan scr langsung thd pdd sipil berupapembunuhan, pemusnahan, perbudakan,pengusiran atau pemindahan pdd scr paksa,pemaksaan kehamilan, pemandulan atausterilisasi paksa, perbudakan seksual, pelacuranpaksa, penyiksaan, perkosaan, atau bentuk-bentuk kekerasan seksual lain yg setara, dst.nya...yg telah diakui scr universal sbg hal yg dilarangmenurut hukum internasional.
    • Di mana ada hak, di situ ada kewajiban. Hakdan kewajiban adalah laksana pangkal dan ujung,yang tak terpisahkan. Hubungan kewajibandengan hak terkait dgn aspek keadilan. Apabila seseorang telah menjalankankewajibannya dengan sendirinya memperoleh hak.Apabila hak itu tidak didapatnya, maka itu adalahketidakadilan. Sebaliknya orang yg menuntut hak tanpamenjalankan kewajibannya, ia telah bertindaktidak adil. Hak dibatasi oleh kewajiban (dibalik hakpasti ada kewajiban). Hak saya akan berhenti,ketika saya harus menunaikan kewajiban sayaterhapa orang/pihak lain.