Berbicara dalam acara perpisahan
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×
 

Like this? Share it with your network

Share

Berbicara dalam acara perpisahan

on

  • 882 views

 

Statistics

Views

Total Views
882
Views on SlideShare
882
Embed Views
0

Actions

Likes
0
Downloads
9
Comments
0

0 Embeds 0

No embeds

Accessibility

Categories

Upload Details

Uploaded via as Microsoft PowerPoint

Usage Rights

© All Rights Reserved

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
Post Comment
Edit your comment

Berbicara dalam acara perpisahan Presentation Transcript

  • 1. BERBICARA DALAMACARA PERPISAHAN
  • 2. SEORANG PEMBICARA PUBLIK DALAM ACARA PERPISAHAN HARUSLAH MEMILIKI KRITERIA SEBAGAI BERIKUT:1. MENGENAL ORANG YANG AKAN BERPISAH Pembawa acara wajib mengenal, bahkan mendalamipribadi orang yang akan berpisah. Jika diperlukan pembawaacara dapat bertemu beberapa hari sebelum acara di mulai.Tujuannya untuk mengetahui hal hal yang bersifat pribadi,seperti; hoby, kesan kesan menyenangkan selama bersama,pesan pesan yang ingin disampaikan untuk orang orang yangditinggal. Ini adalah persoalan chemistry.2. Memiliki data dari orang yang terdekat mc juga bisa mendapatkan data dari orang terdekatnya,seperti; istri/suami, anak, pacar, kakak, adik, sahabat, dll.3. Ketersediaan alat bantu audio visual acara perpisahan akan menjadi lebih menarik danmenyenangkan bila saat MC berbicara, pihak penyelenggaradapat menampilkan materi dokumentasi audio visual karyawanyang akan berpisah. Atur tampilan foto foto sesuai dengannaskah yang telah disiapkan.
  • 3. 1. Bacakan sebuah sajak atau syair motivasi untukyang berpisah. kita tahu bahwa perpisahan adalah suatu momen yang sangat berharga. Dalam acara ini, RASA HARU dan SEMANGAT bisa anda sampaikan. Syair yang memotivasi dapat mengundang rasa haru terkait dengan kenangan kenangan yang menyenangkan dan baik. Jika andamembacakan syair motivasi maka anda perlu menyuarakan secara tegas dan lantang.4. Hal yang berhubungan dengan angka sebaiknya ditulis dengan bilangan agar lebih mudah dibaca. walaupun dibaca dengan tempo yang lambat, anda harus berhati hati saat membaca angka, contohnya: seribu sembilan ratus sembilan puluh sembilan sebaiknya ditulis 1999 saja.7. Minta teman yang lebih senior untuk memeriksa kembali naskahnya. hal ini dilakukan untuk meminimalisir kesalahan yang mungkin terjadi.10. Slogan sebelum menutup acara. anda dapat memilih slogan atau motto yang banyak tersedia untuk memawarnai dan memperindah kesan anda dalam berbicara.
  • 4. Kesuksesan Acara Perpisahan1. Kepastian kehadiran pihak pihak yang diundang dan yanga akan memberi kejutan.3. Koordinasi dan komitmen antara semua pihak mengenai skenario susunan acara pertama (asli) jika ada acara kejutan.5. Susunan acara skenario yang asli atau biasa disebut “rundown”7. Skenario acara yang telah dimodifikasi atau ditambahi dengan kejutan.9. Persiapan persiapan persiapan11. Berlatih berlatih berlatih
  • 5. Hal lain yang perlu diperhatikan dalam berbicara pada acara perpisahan1. Informasi Pendukung. Riset yang lengkap akan memudahkan menguraikan fakta fakta yang benar dan akurat.3. Tema pidato perpisahan tema utama pidato acara perpisahan umumnya adalah ucapan terima kasih dan menyebutkan sejumlah catatan prestasiny selama ini.6. Formasi acara perpisahan dalam formasi standing party sebaiknya pidato perpisahan dibacakan selama 5 sampai 10 menit saja agar hadirin tidak kelelahan dan buyar konsentrasinya. Sementara untk perpisahan yang bersifat formal atau sitting party dapat disusun lebih panjang. Pidato yang disampaikan hendaknya tetap mencerminkan sikap yang tulus dan simpati namun tidak terlalu berlebihan.9. Doa perpisahan selain ketulusan, pidato perpisahan biasanya menonjolkan doa dan harapan serta ucapan terima kasih.12. Kejutan pada umumnya pada acara perpisahan terdapat hal hal yang dirahasiakan terhadap tuannya acara. Tujuannya memberikan kejutan yang sama sekali tak terduga. Hadirin berhak mengetahui acara yang asli, namun untuk acara yang ada kejutannya hanya orang tertentu yang tahu.
  • 6. Tips publik speaking dalam acara perpisahan1. Datanglah lebih awal ke tempat acara perpisahan.3. Kuasailah ruangan dengan berkeliling dan rasakan atmosfer rungan.5. Lakukan koordinasi dengan ketua penyelenggara, pastikan anda mengetahui setiap perkembangan perubahan acara, khususnya data terbaru jika ada acara kejutan.7. Pastikan anda benar benar mengetahui setiap hal yang akan ditayangkan dengan menggunakan alat audio visual, hapalkan urutan adegannya menit ke menit, narasinya, dan pesan yang terkandung di dalamnya.