Your SlideShare is downloading. ×
Presentasi printer
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Thanks for flagging this SlideShare!

Oops! An error has occurred.

×
Saving this for later? Get the SlideShare app to save on your phone or tablet. Read anywhere, anytime – even offline.
Text the download link to your phone
Standard text messaging rates apply

Presentasi printer

6,570
views

Published on

Presentasi printer

Presentasi printer

Published in: Education

0 Comments
3 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total Views
6,570
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
0
Actions
Shares
0
Downloads
273
Comments
0
Likes
3
Embeds 0
No embeds

Report content
Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
No notes for slide

Transcript

  • 1. KELOMPOK 2 PRESENTASI ANGGOTA TENTANG 1.ELIARDINTO (10) PRINTER 2.HESTI EKA K. (17) 3.RIANA PUJI A. (32) 4.VITA NUR F. (36)
  • 2. Pengertian Printer Printer adalah sebuah perangkat keras yang dihubungkan pada komputer yang berfungsi untuk menghasilan cetakan baik berupa tulisan ataupun gambar dari komputer pada media kertas atau yang sejenisnya.
  • 3. Jenis-Jenis Printer Jenis printer ada tiga macam, yaitu : Printer Dot metrix printer Ink jet printer Laser jet.
  • 4. Printer Dot Matrix jenis printer Dot Metrik merupakan printer yang metode pencetakannya menggunakan pita. Cetakan yang dihasilkan terlihat seperti titik titik yang saling mengubungkan satu dengan yang lainnya, sehingga hasil cetakan kurang halus dan juga kurang bagus. menurut sejarahnya jenis printer dot metrix ini pada awalnya menggunakan 9 Pin yang artinya dalam satu huruf akan dicetak dengan kombinasi dari 9 titik, kemudian semakin berkembang menjadi 24 pin dan tentunya dengan begitu hasil cetakan akan lebih halus. produsen printer jenis dot metrix yang cukup terkenal adalah Epson, dengan produknya Epson LX – 300, espson LX 800 dan lain-lain.
  • 5. Printer Inkjet Jenis printer Ink jet merupakan jenis printer yang metode pencetakannya menggunakan tinta cair. hasil cetak yang dihasilan oleh jenis printer Ink jet lebih bagus dan halus jika dibandingkan dengan jenis printer dot metrix, jenis printer ink jet ini juga bisa menghasilan hasil cetakan warna. Pada printer jenis Ink jet menggunakan teknologi dor on demand, yaitu dengan cara menyemprotkan titik titik kecil tinta pada kertas melalui nozzle atau lubang pipa yang sangat kecil. teknologi lainnya yang dikembangkan oleh produsen printer seperti Canon dan HP dengan menggunakan panas. panas tersebut dapat membuat gelembung-gelembung tinta sehingga jika semakin panas akan semakin menekan tinta ke nozzle yang ditentukan dan tercetak pada kertas. karena menggunakan tinta cairan hasil cetaknya menunggu beberapa detik agar bisa kering. jenis printer ink jet ini penempatan dan pengisian tintanya bisa dimodifikasi dengan teknik infus, yaitu dengan menambahkan tabung tinta khusus pada bagian luar printer dan disambung dengan selang kecil untuk dihubungkan pada bagian pencetak di mesin printer.
  • 6. Printer Laser Jet Jenis printer laset jet merupakan jenis printer yang metode pencetakannya tinta bubuk atau yang biasa disebut toner dengan menggunakan perangkat infra merah. selain hasil cetak yang lebih bagus jika dibandingkan dengan jenis printer dot metrix maupun ink jet, printer laser jet juga memiliki kecepatan pencetakan yang tinggi dan hasil cetaknya pun juga lebih cepat kering seperti pada hasil ceta pada mesin photo copy.
  • 7. Contoh Printer Dot Matrix
  • 8. Contoh Printer InkJet
  • 9. Contoh Printer Laser Jet
  • 10. Merawat Printer Dotprinter dot matrixDibawah ini adalah tips merawatnya Matrix yang bisa dilakukan sendiri oleh user. Bersihkan bagian yang selalu bergerak seperti, head, penggulung kertas dan seputar rol kertas Perhatikan pergerakan pita apakah jalannya lancar..? Ini digunakan untuk mencegah pita robek Buka 2 baut di head pakai obeng kembang, perhatikan apakah posisi jarum rata..? Jarum head printer yang tidak rata akan mengakibatkan hasil cetak tidak bagus Perhatikan ketebalan kertas dengan menyesuaikan dengan kerenggangan head printer, caranya dengan mengatur posisi maju atau mundur penggerak head. Letaknya biasanya ada di posisi kanan printer Bantalan penggulung kertas kalau licin akan menyebabkan kertas sulit untuk digulung oleh penggulung kertas, sahakan bantalan penggulung kertas tetap kasar.
  • 11. Merawat Printer InkjetJangan memegang head/bagian penghubung ke printer (warna kuning emas) dengan tangan karena mengandung keringat. Jika terkena cairan keringkan sebelum dipasang untuk menghindari arus pendek. Gunakan kertas yang halus saat mencetak. Jangan biarkan cartridge berada di luar terlalu lama atau tutup bagian penutupnya saat printer selesai digunakan, agar tinta tidak mengering. Jika tidak dipakai dalam jangka lama lebih baik disimpan di dalam plastik yang rapat seperti saat kita membeli cartridge baru. Jika tinta tersumbat, Anda bisa gunakan alat pemanas (seperti: hair dryer) lakukan pemanasan secukupnya pada head lubang tinta, tapi jangan terlalu dekat
  • 12. Merawat Printer Laser jet 1.Jangan sampai terjatuh serpihan "kawat strapless" pada baki kertas, atau lubang-lubang printer, ini disebabkan teknologi pemanasan printer tersebut menggunakan plastic film (fuser film sleeves), sehingga mudah sekali koyak oleh benda-benda tajam, dan mengakibatkan kertas lecek dan hasil cetak ada bercak. 2. Jangan mencoba memaksa mencabut kertas yang "JAM" dengan paksa, usahakan menarik searah saat printer mencetak, apabila tidak bisa lebih baik bawa ke service center terdekat, daripada dipaksa dan harus ganti part (biasanya film, dan gear) yang gampang rontok saat kertas ditarik dengan paksa.
  • 13. 3. Voltage / Listrik Banyak printer yang hang/rusak hanya akibat tidak ada perlindungan listrik yang stabil, usahakan menggunakan stabilizer dengan system servo motor, dan grounding tidak melebihi 5 volt. (Parts DC Controller pada printer, peka dengan spike listrik)4. Jangan menyalakan printer terlalu lama (semalaman) tanpa dipakai, apalagi listrik lepas tanpa stabilizer.5. Rusak atau tidak rusak, usahakan setiap 6 bulan sekali printer tersebut di service, dan dibersihkan bagian dalamnya dari butiran bubuk toner.jika anda ragu, anda bisa berkunjung di AGEE Computer untuk merawat printer anda sekaligus mengkonsultasikan perawatan yang baik kepada team kami
  • 14. 6. Jangan memaksakan toner yang sudah bocoruntuk printing, akan menyebabkan tumpukanbutiran toner pada pemanas, yang berakibatmenempelnya toner tersebut di heater danpressure roller printer. Hasil print cacatpermanen.7. Jika Anda ingin mencetak diatas media lainyang mengandung bahan plastik, seperti:sticker, transparancy paper, pastikan bahwamedia tersebut tahan panas. Jika tidak tahanpanas, media bisa meleleh didalam printer danmenyebabkan kerusakan. Gunakan media yangasli dari Vendor bersangkutan, misalkan: HPTransparancy Paper, dll.
  • 15. Mengisi Printer Laser Printer Laser Jet Mempunyai Toner memang sangat enak karena kita bisa menghemat pengeluaran utk mencetak, dibanding dengan printer yang memakai tinta printer dengan menggunakan toner atau serbuk sangat irit, tetapi persoalannya mengisi printer laser tidaklah semudah mengisi printer yang menggunakan tinta, memang banyak jasa-jasa untuk pengisian printer laser tetapi biayanya sangatlah mahal. untuk sekali isi printer dikenakan rata-rata Rp. 100.000 padahal kalau kita bisa mengisi sendiri kita bisa menghemat sekita 8 x lipat dari kita menggunakan jasa. Bayangkan saja jika kita membeli serbuk dengan harga Rp. 200.000 kita bisa mengisi sampai 8 kali padahal kalau menggunakan jasa hanya bisa untuk mengisi 2x saja. jadi bisa dihitung berapa rupiah yang bisa kita hemat hanya untuk mengisi printer. Belum lagi jika kita sudah mahir malah kita bisa membuka jasa pengisian printer. Berikut ini saya tuliskan kembali bagaimana cara mengisi printer laser dan kalai ini adalah jenis printer HP 1020 walaupun untuk jenis dan type yang lain tidak banyak berbeda, kita bisa kreasi sendiri.
  • 16. Keunggulan Printer Dot Matrix- printer ini masih banyak digunakan karena memang terkenal awet.- - pita printer dot-matrix jauh lebih murah dibandingkan dengan toner (tinta) untuk printer jenis inkjet dan laserjet.- - Jenis printer dot-matrix sangatlah bervariasi, ada yang berjenis color dan ada pula yang non-color.- - Untuk printer color, digunakan pita (karbon/ribon) khusus yang mempunyai 4 warna, yaitu hitam, biru, merah dan kuning.- - Dapat mencetak rangkap sekaligus.- - Dapat mencetak ukuran kertas yang lebar.
  • 17. Kekurangan Printer Dot Matrix- pencetak yang resolusi cetaknya masih sangat rendah.- - ketika sedang mencetak, printer jenis ini suaranya cenderung keras- - kualitas untuk mencetak gambar kurang baik karena gambar yang tercetak akan terlihat seperti titik-titik yang saling berhubungan.- - Dpi dan Ppm rendah.- - Geraknya sangat lambat.- - Warna yang dihasilkan tidak bervariasi.
  • 18. Keunggulan Printer Inkjet- Tinta untuk mencetak dan kualitas untuk mencetak gambar berwarna cukup bagus. - Menggunakan teknik semprot, maka printer jenis ini sama sekali tidak menimbulkan suara/brisik seperti halnya printer-printer sebelumnya. - Menggunakan resolusi cetak yang tinggi (minimal 300 dpi/dot per-inchie), maka hasil cetakkan printer jenis ini biasanya lebih bagus apabila dibanding dengan jenis printer sebelumnya, pada khususnya dalam menghasilkan gambar ataupun grafik. - Dpi dan Ppm lebih tinggi dibandingkan dot matrix. - Kebih mudah mencetak gambar dan warna. - Kemampuan mencetak sampai kertas yang lebar dengan kualitas yang baik.
  • 19. Kekurangan Printer Inkjet - tidak bisa mencetak secara rangkap pada saat bersamaan. - biaya operasional lebih mahal. - waktu mencetak menjadi lebih panjang.
  • 20. Keunggulan Printer Laser - Daya cetaknya juga cukup banyak bisa mencapai lebih dari 10 lembar per menit. - Kualitas hasil cetak laser printer pun sangat bagus, sehingga mirip sekali dengan aslinya. - Hasil cetakan cepat kering. - Pilihan huruf yang dimiliki juga sangat beragam, demikian pula style ataupun bentuk dari huruf yang bersangkutan - Printer jenis ini memakai sistem yang hampir sama dengan sistem yang dipakai oleh mesin foto-copy, sehingga hasil cetakkannya jauh lebih rapi jika dibanding dengan printer-printer sebelumnya. - Dpi dan Ppm sangat tinggi. - Efisien untuk mencetak hitam putih. - Kapasitas warna lebih banyak.
  • 21. Kekurangan Printer Laser - Tetapi harga printer ini cukup mahal. - Biaya operasional tinggi. - Tidak dapat digunakan secara terus menerus.

×