Hukum coulomb

1,068
-1

Published on

0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total Views
1,068
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
0
Actions
Shares
0
Downloads
113
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Hukum coulomb

  1. 1. Hukum CoulombHukum Coulomb Coulomb ( 1736 - 1806 )
  2. 2. Perumusan Hukum CoulombPerumusan Hukum Coulomb Besarnya gaya tarikmenarikatau tolakmenolak antara dua muatan listriksebanding dengan besar masing-masing muatan dan berbanding terbalik dengan kuadrat jarakkedua muatan.
  3. 3. + q1 q2 r F F 2 21 r xqq kF = K = 9 x 10-9 Nm2 c-2 Alat Uji Gaya Coulomb (Neraca Puntir)
  4. 4. ElektroskopElektroskop Elektroskop adalah alat untuk mengetahui apakah suatu benda bermuatan listrik atau tidak.
  5. 5. Prinsip kerja elektroskopPrinsip kerja elektroskop Apabila sebuah benda bermuatan listrik didekatkan pada elektroskop, maka elektron pada bola konduktor akan bereaksi sesuai dengan jenis muatan yang didekatkan. Pada contoh, jika muatan negatif yang didekatkan, maka elektron akan bergerak dari ujung bola ke keping, sehingga kedua keping menjadi bermuatan negatif. Akibatnya terjadi gaya tolak menolak pada kedua keping sehingga kedua keping terbuka.
  6. 6. Memberi muatan dengan menyentuhkanMemberi muatan dengan menyentuhkan benda bermuatan listrik.benda bermuatan listrik. a) Benda (konduktor) bermuatan negatif didekatkan pada elektroskop (netral ). b) Terjadi perpindahan elektron dari benda ke elektroskop. c) elektroskop bermuatan listrik negatif. Benda yang diberi muatan listrik dengan menyentuhkan, jenis muatannya sama dengan benda yang disentuhkan.
  7. 7. Memberi muatan listrik dengan induksiMemberi muatan listrik dengan induksi Induksi elektrostatik adalah pemisahan muatan -muatan padaInduksi elektrostatik adalah pemisahan muatan -muatan pada sebuah benda oleh adanya benda lain yang bermuatan.sebuah benda oleh adanya benda lain yang bermuatan. Pada saat benda bermuatan listrik didekatkan pada sebuah benda netral, terjadi pemisahan muatan pada benda netral itu. Ujung benda netral yang berdekatan dengan benda penginduksi, bermuatan sama dengan benda yang penginduksi. Bila benda tersebut dihubungkan ke bumi (misalnya dengan sentuhan), terjadinya pemindahan elektron dari atau ke bumi melalui tubuh. Setelah benda bermuatan dijauhkan, benda menjadi kekurangan atau kelebihan elektron sehingga benda netral menjadi bermuatan listrik. Benda yang dimuati listrik secara induksi, jenis muatannya berlawanan dengan jenis muatan benda yang menginduksi.
  8. 8. Medan dan Potensial Listrik Muatan listrik positif mengalami gaya listrik (gaya tolak) karena berada di sekitar muatan positif lainnya. Medan listrik adalah ruang yang di tiap titik di dalamnya muatan listrik mengalami gaya listrik.
  9. 9. Arah medan listrik
  10. 10. Sama seperti setiap massa yang berada di medan gravitasiSama seperti setiap massa yang berada di medan gravitasi mempunyai energi potensial gravitasi, maka setiap bendamempunyai energi potensial gravitasi, maka setiap benda bermuatan listrik yang berada di dalam medan listrik jugabermuatan listrik yang berada di dalam medan listrik juga memiliki energi potensial listrik.memiliki energi potensial listrik.
  11. 11. Potensial listrik sebuah muatan adalah besarnyaPotensial listrik sebuah muatan adalah besarnya energi potensial listrik dibagi dengan besarnyaenergi potensial listrik dibagi dengan besarnya muatan benda tersebut.muatan benda tersebut. volt q W V satuan=
  12. 12. Gerakan awan di udara menyebabkan awan bermuatan listrik. Awan yang berdekatan dengan bumi (bola muatan raksasa) akan menimbulkan induksi listrik. Akibatnya akan terjadi loncatan muatan listrik yang sangat besar yang menimbulkan bunga api. Loncatan bunga api inilah yang disebut dengan petirpetir. Petir yang sampai ke bumi disebut kilat.kilat.
  1. A particular slide catching your eye?

    Clipping is a handy way to collect important slides you want to go back to later.

×