Menjelaskan konversi besaran listrik dari micropon kr loudspeaker
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×
 

Menjelaskan konversi besaran listrik dari micropon kr loudspeaker

on

  • 829 views

 

Statistics

Views

Total Views
829
Views on SlideShare
829
Embed Views
0

Actions

Likes
0
Downloads
19
Comments
0

0 Embeds 0

No embeds

Accessibility

Upload Details

Uploaded via as Microsoft PowerPoint

Usage Rights

© All Rights Reserved

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
Post Comment
Edit your comment

Menjelaskan konversi besaran listrik dari micropon kr loudspeaker Menjelaskan konversi besaran listrik dari micropon kr loudspeaker Presentation Transcript

  • MENJELASKAN KONVERSI BESARAN LISTRIKPADA MIKROPON DAN LOUDSPEAKERMEMAHAMI SIFAT DASAR SINYAL AUDIO064.KK.01By Eko Supriyadi, SPd
  • Teknologi dan RekayasaLOUDSPEAKER1. DASAR LOUDSPEAKERLoudspeaker, speaker atau sistemspeaker merupakan sebuahtransduser elektroacousticalyang mengubah sinyal listrik kesuara.Speaker membawa sinyal elektrikdan mengubahnya kembalimenjadi vibrasi-vibrasi fisikuntuk menghasilkangelombang-gelombang suara.
  • Teknologi dan Rekayasa
  • Teknologi dan RekayasaEnclosure adalah bagian penting dariproduksi suara karena dari permasalahanberikut berkaitan dengan radiasi langsungloudspeaker.
  • Teknologi dan Rekayasa KerjaLoudspeaker
  • Teknologi dan Rekayasa2. RESONANSI LOUDSPEAKER Loudspeaker jenis membran radiasi langsung harusditonjolkan sehingga bebas untuk vibras Tonjolan membran ini elastik, sehingga tidakmenghalangi frekuensi resonansi dari susunanmembran speaker. Frekuensi resonansi membran bebas inimenyimpangkan suara dengan merespon kekuatansinyal mendekati frekuensi vibrasi asli.
  • Teknologi dan Rekayasa3.KOPLING LOUDSPEAKERTERHADAP UDARASpeaker memilikipenyesuaian impedansiterhadap udara lemah.Disamping kerugianbass yang tidakmenyenangkan, efisiensispeaker sekitar 3-5%dibandingkan loudspeakeryang dirancang dengan baik(jenis horn efisiensi 25sampai 50%).Ilustrasi loudspeaker memilikimasalah yang serupa bila dicobauntuk melubangi energi suara kedalam udara
  • Teknologi dan Rekayasa4. PENYESUAI IMPEDANSITERHADAP UDARASpeaker jenis coneradiasi langsungmempunyai efisiensirendah adalah karenakesesuaian impedansiterhadap udara yangmengendalikannya lemah.Karakteristik penyesuaian impedansiterhadap udara
  • Teknologi dan Rekayasa Loudspeaker tanpa suatu enclosure dalammenghasilkan suara yang panjang gelombangnyalebih panjang dari diameter loudspeaker sangatlemah. Untuk speaker diameter 8”, sama dengan panjanggelombang frekuensi sekitar 1700 Hz. Untuk speaker 16” diameter sama dengan panjanggelombang pada 850 Hz. Ini merupakan suatu alasan mengapa speaker jeniscone yang terbaik harus memiliki suatu enclosureuntuk menghasilkan suara baik. Enclosure menambah ukuran efektif loudspeaker.
  • Teknologi dan Rekayasa5. DETAIL LOUDSPEAKER Suatu pekerjaan teknik rancang bangun maha besarmasa kini adalah perancangan pengeras suaradinamis. Suatu koil suara ditempatkan sedemikian sehinggadapat bergerak bebas di dalam medan magnit darimagnit permanen yang kuat. Cone speaker disertakan pada kumparan suara dandisertakan secara fleksibel diletakkan dan dibericincin di luar dari pendukung speaker.
  • Teknologi dan Rekayasa Karena terdapat batasan “home” atau keseimbanganposisi untuk cone speaker dan susunan penempatanelastik, maka keberadaan frekuensi resonansi conetak bisa diabaikan. Frekuensi dapat ditentukan dengan mangatur massadan kekakuan cone dan kumaran suara dan inidiperluas dengan konstruksi alami, namun frekuensimekanis alami dari getaran dan tingkatan frekuensiselalu dalam cakupan seputar frekuensi resonansi. Bagian peran enclosure yang baik adalahmeminimkan pengaruh frekuensi resonansi.
  • Teknologi dan Rekayasa6. JENIS-JENISENCLOSURES Produksi loudspeakerfidelitas tinggimembutuhkan speaker yangdienclose karena sejumlahsifat-sifat dasarloudspeaker. Loudspeaker dinamistunggal dalam kotak tertutupakan meningkatkan kualitassuara secara dramatis.Jenis-Jenis Enclosures
  • Teknologi dan Rekayasa Loudspeaker modern enclosure umumnya meliputiberbagai loudspeaker dengan jaringan cross overuntuk memberikan respon frekuensi yang lebihmendekati seragam melintasi cakupan frekuensiaudio. Teknik lain untuk memperluas pemanfaatan cakupanbass dari loudspeaker adalah dengan digunakanenclosure bass reflex.
  • Teknologi dan Rekayasa7. PENGGUNAAN BERBAGAIDRIVER DALAM LOUDSPEAKER Dengan enclosure yang baik,loudspeaker tunggal tidak dapatdiharapkan memberikankeseimbangan suara optimalmengalahkan spectrum suara yangdapat. Loudspeaker tunggal biasadisebut juga driver. Driver lebih dari ukuran 8” biasauntuk menangani frekuensi rendah(bass) disebut Woofer.
  • Teknologi dan Rekayasa Driver yang digunakan untuk menangani frekuensitinggi disebut Tweeter. Pada sistem loudspeaker 2 way, ditemukan Tweeterdan Woofer. Pada sistem loudspeaker 3 way, ada Woofer, Tweeterdan Midrange. Speaker bass harus mampu menyesuaikanimpedansi secara efisien terhadap udara (woofer),juga harus diberi daya lebih karena sinyalmengendalikan massa yang besar. Sinyal dengan frekuensi yang sesuai disalurkan kespeaker dengan jaringan cross over.
  • Teknologi dan Rekayasa8. CROSS OVERKegunaan cross over : Crossover dibuat untukmerubah frekuensi tertentu Untuk membatasi “frekuensirange” yang akan diterima olehspeaker. Crossover digunakan untukmengatur arus ke tweeter, kemidrange, midwoofer, dan baske subwoofer.
  • Teknologi dan RekayasaAda dua macam crossover:1. Crossover pasif :bekerja setelah mendapat output dariamplifier (kurang efektif karenamembuang tenaga amplifier), sebabfrekuensi yang diolah crossover pasiftelah di “boost” (mengalamipeningkatan) oleh amplifier..
  • Teknologi dan Rekayasa2. Crossover aktif :Proses kerjanya:1. Signal dihasilkan oleh head unit (pure signal),2. Dibagi sesuai dengan frekuensi yang dikehendaki3. Dikuatkan (boost ) oleh amplifier( amplifier bekerja lebiheffisien, dan frekuensi yang dihasilkan lebih tertata sesuaidengan keperluan masing-masing) ( tweeter,midrange,woofer,subwoofer)
  • Teknologi dan RekayasaKekurangan crossover aktif: Penggunaan power +12V, ground, dan remote.Secara teori hal ini bisa menimbulkan “noise” padaaudio sistem, Cara mengatasi dengan pemasangan yang tepat,penggunaan kualitas produk yang baik seperti padasetiap “competition-level car audio system”.
  • Teknologi dan Rekayasa Untuk menaikan sedikit kualitas suara audio saja, cukupdengan crossover pasif. Tetapi bila menginginkan menaikkan kualitas suara yang betul-betul baik pilihlah crossover aktif. Crossover aktif memerlukan pemasangan khusus terutamauntuk kabel power dan kabel ground. Crossover aktif bekerja dengan cara “memotong” frekuensiyang tidak perlu sebelum di “boost” oleh amplifier sehinggaamplifier dapat fokus pada frekuensi yang diinginkan, jadi tidakmembuang energi power.
  • SELESAITeknologi dan RekayasaBy. EKO SUPRIYADI, SPdSMK RISTEK KIKIN JAKARTA