Kk07 mengoperasikan scada sistem pengoperasian unit generator pembangkit

1,128 views
965 views

Published on

Published in: Business, Technology
1 Comment
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
1,128
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
3
Actions
Shares
0
Downloads
92
Comments
1
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Kk07 mengoperasikan scada sistem pengoperasian unit generator pembangkit

  1. 1. MENGOPERASIKAN SCADA SISTEM PENGOPERASIANUNIT GENERATOR PEMBANGKITMenjelaskan operasional SCADATeknik Pembangkit Listrik1stClassSemester 2
  2. 2. Teknologi dan Rekayasa
  3. 3. Teknologi dan RekayasaContoh software Scada pada plantContoh software Scada pada plantContoh software Scada pada plantContoh software Scada pada plant
  4. 4. Teknologi dan Rekayasa
  5. 5. Secara umum fungsi SCADA adalah:Secara umum fungsi SCADA adalah:Secara umum fungsi SCADA adalah:Secara umum fungsi SCADA adalah:1.1. Fungsi Tele Komando :Fungsi Tele Komando :2.2. Fungsi Telesignal :Fungsi Telesignal :3.3. Fungsi Telemetering :Fungsi Telemetering :Teknologi dan RekayasaUntuk melakukan perintah remote control (open/close)dari pusat kontrol.Untuk melakukan perintah remote control (open/close)dari pusat kontrol.Untuk mengumpulkan data status dari posisi open/close.Untuk mengumpulkan data status dari posisi open/close.Untuk mengetahui besaran tegangan, arus dan frekuensi.Untuk mengetahui besaran tegangan, arus dan frekuensi.
  6. 6. Teknologi dan Rekayasa1.1. Akuisisi data / informasiAkuisisi data / informasiYaituYaitu proses penerimaan / pengumpulan data dari berbagaiperalatan dilapangan, data / informasi dapat berupa :a.a. Status indikasi, seperti posisi Circuit Breaker (CB) atauStatus indikasi, seperti posisi Circuit Breaker (CB) atauDisconnecting Switch (DS).Disconnecting Switch (DS).b.b. Besaran – besaran pengukuran, seperti daya reaktif, suhu,Besaran – besaran pengukuran, seperti daya reaktif, suhu,posisi tap trafo.posisi tap trafo.c.c. Besaran energi.Besaran energi.
  7. 7. Teknologi dan Rekayasa2.2. Pemrosesan data / informasi.Pemrosesan data / informasi.3.3. Supervisory Control.Supervisory Control.
  8. 8. Teknologi dan Rekayasa4.4. Fungsi Tagging.Fungsi Tagging.5.5. Pemrosesan Alarm atau EventPemrosesan Alarm atau EventYaituYaitu fungsi peletakan informasi (penandaan) pada peralatantertentu, misalnya CB/DS yang tidak boleh dioperasikan (ditutup)karena adanya pekerjaan pemeliharaan, dll.Fungsi ini untuk memberikan informasi pada operator jika adakejadian atau perubahan pada sistem tenaga listrik.6.6. Post Mortem ReviewPost Mortem ReviewYaituYaitu fungsi menganalisa akibat adanya gangguan sistem, sertamengembalikan ke kondisi normal.
  9. 9. Tiga komponen penting dalam SCADA, yaitu:Tiga komponen penting dalam SCADA, yaitu:1.1. Master StationMaster Station (M/S),(M/S),Harus mendapatkancatu daya dari UPS.Teknologi dan Rekayasa
  10. 10. Teknologi dan RekayasaTiga komponen penting dalam SCADA, yaitu:Tiga komponen penting dalam SCADA, yaitu:2.2. Line Komunikasi DataLine Komunikasi Data,,Mendapat catu daya dari DCPower Supply.
  11. 11. Teknologi dan RekayasaTiga komponen penting dalam SCADA, yaitu:Tiga komponen penting dalam SCADA, yaitu:3.3. Remote TerminalRemote TerminalUnit (RTU),Unit (RTU),Mendapat catu daya dariDC Power Supplay.
  12. 12. Teknologi dan RekayasaUntuk menyediakan informasiyang dibutuhkan dalam rangkamenunjang kinerja operasisistem secara keseluruhan,seperti saat terjadi gangguan.SCADA akan beroperasisecara otomatis untukmendapatkan kualitas analisadan pelaporan permasalahanyang terjadi.
  13. 13. Secara umum arsitektur perangkat keras dapat dibagi menjadi duabagian/layer yaitu “Client Layer” yang berisikan aplikasi HMI (HumanMachine Interface) dan “Data Server Layer” yang mengendalikankebanyakan data proses dan aktifitas pengontrolan.
  14. 14. Sistem SCADA adalah aplikasi Multi-Tasking atauaplikasi yang dapat menjalankan beberapa operasi dalamsekali waktu, sistem ini juga umumnya berbasis Real TimeData Base (RTDB). Data server yang digunakan adalah serveryang responsible terhadap pengumpulan data danpengendaliannyaArsitektur perangkat lunak SCADA mempunyaiArsitektur perangkat lunak SCADA mempunyaitiga bagian utama yaitu,tiga bagian utama yaitu,Arsitektur perangkat lunak SCADA mempunyaiArsitektur perangkat lunak SCADA mempunyaitiga bagian utama yaitu,tiga bagian utama yaitu,Teknologi dan Rekayasa1. SCADA Development & Environment,2. SCADA Server,3. SCADA Client.
  15. 15. SCADA merupakan sistem yang difokuskan padatingkat pengawasan, sehingga SCADA semata-mata merupakan suatu paket software yangdiposisikan diatas hardware yang dihubungkandengan sistem, secara umum melaluiProgrammable Logic Controllers (PLC)Teknologi dan Rekayasa
  16. 16. MENGOPERASIKAN SCADA SISTEMPENGOPERASIAN UNIT GENERATOR PEMBANGKITMenggunakan SCADA dalam pengoperasian unit generator pembangkitsecara otomatis
  17. 17. Fungsi generator pembangkit adalah sebagai sumberpembangkit tenaga listrik yang besaran dayanya disesuaikandengan kapasitas penggerak mulanya.Teknologi dan Rekayasa
  18. 18. Teknologi dan Rekayasa1. Faktor kapasitas (capacity factor): adalah rasio antaraenergi yang disalurkan terhadap energi maksimumyang mampu diproduksi pada saat pembangkitdioperasikan sesuai dengan kapasitas yangterpasang.2. Faktor kesiapan (availability factor): rasio antarajumlah jam pembangkit siap terhadap total jam/tahun.Karena ada pemeliharaan, maka faktor kesiapan dalamsetahun tidak pernah mencapai 100%.
  19. 19. Teknologi dan RekayasaBila terjadi gangguan pada mesin pembangkit dan alat-alatlain di pusat pembangkit, secara otomatis SCADA akanmengirimkan pesan gangguan atau kerusakan itu kekomputer yang menjadi bagian dari jaringan SCADA.
  20. 20. Sistem Scada pada unit pembangkit
  21. 21. Teknologi dan RekayasaTeknologi dan RekayasaTeknologi dan Rekayasa

×