• Like
  • Save
Dampak negatif dan positif pembangun berkelanjutan
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×
 

Dampak negatif dan positif pembangun berkelanjutan

on

  • 3,579 views

 

Statistics

Views

Total Views
3,579
Views on SlideShare
3,579
Embed Views
0

Actions

Likes
0
Downloads
0
Comments
0

0 Embeds 0

No embeds

Accessibility

Categories

Upload Details

Uploaded via as Microsoft PowerPoint

Usage Rights

© All Rights Reserved

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
Post Comment
Edit your comment

    Dampak negatif dan positif pembangun berkelanjutan Dampak negatif dan positif pembangun berkelanjutan Presentation Transcript

    • Welcome guys! Kami dari kelompok 4 / XI IPS 2; 1. Eka Rhamadhani 2. Fitria Amaturachma 3. Maya Santika 4. Nur Halima 5. Nurul Aina 6. Winda Purnama Sari
    • DAMPAK POSITIF PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN Kalau ditinjau secara luas, banyak dampak positif pembangunan berkelanjutan yang dapat kita rasakan. Meskipun tidak dipungkiri, pembangunan berkelanjutan juga menimbulkan beberapa dampak negatif. Adanya pembangunan secara bertahap dan terencana pasti akan mengangkat tingkat kehidupan masyarakat walaupun hal itu dirasakan sedikit-demi sedikit.
    • Dampak positif pembangunan berkelanjutan dapat dilihat mulai dari hal yang paling gampang seperti semakin mudahnya warga masyarakat memperoleh layanan baik itu berupa layanan fisik maupun layanan non fisik. Contoh layanan fisik yang memudahkan masyarakat misalnya pembangunan jalan yang bertahap, secara tidak langsung para pengguna jalan akan lebih nyaman berkendara.
    • Contoh lain, misalnya para peserta didik yang semakin leluasa menjalani kegiatan belajarmengajar berkat adanya pembangunan sarana pendidikan yang dilakukan secara berkala. Semua peralatan pendukung proses belajar mengajar dapat ditinjau dan diperbaharui setiap kurun waktu tertentu.
    • Dampak positif pembangunan berkelanjutan bukan hanya mencakup skala kecil saja, tapi lebih kepada pembangunan jangka panjang yang dampaknya dapat dirasakan bersama oleh setiap warga negara Indonesia.
    • DAMPAK NEGATIF PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN Pembangunan kita sangat perlu diperhatikan dan banyak yang perlu diatasi termasuk masalah lingkungan, namum pengalaman menunjukan, pembangunan dapat menimbulkan dampak negatif. Beberapa contoh tentang dampak negatif pembangunan antara lain: 1. Pembangunan pengembangan sumber daya air yang telah menimbilkan banyak masalah kesehatan. Masalah itu timbul karena pembangunan tersebut telah menciptakan habitat baru atau memperbaiki habitat baru yang ada bagi berbagai sektor penyakit, antara lain : banyak jenis nyamuk yang menjadi sektor penyakit malaria, demam berdarah, encephalis, filariasis, lalat yang menjadi sektor penyakit tidur dan buta sungai, serta siput yang menjadi vektor bilharziasis.
    • 2. Pencemaran udara oleh banyak mobil yang terdapat di kota besar, seperti Jakarta, Bogor, Bandung, Surabaya, dan Medan. Bank Dunia memperkirakan untuk Jakarta saja pencemaran udara telah banyak menyebabkan kerugian terhadap kesehatan yang untuk tahun 2006 diperkirakan sebesar US$ 625 juta.
    • 3. Pencemaran oleh limbah industri makin banyak diberikan di banyak daerah. Kerusakan tata guna lahan dan tata air di daerah puncak dan lembang adalah contoh lain. Karena kerusakan tata guna lahan dan tata air tersebut, laju erosi dan frekuensi banjir meningkat. Di jakarta dan di bandung banjir sudah menjadi kejadian rutin dalam musim hujan.
    • Dengan adanya dampak negatif tersebut, haruslah kita waspadai. Pada satu pihak kita tidak boleh takut untuk melakukan pembangunan, karena tanpa pembangunan kita pasti ambruk. Di pihak lain kita harus memperhitungkan dampak negatif dan berusaha untuk menekannya menjadi sekecilkecilnya. Pembangunan itu harus berwawasan lingkungan, yaitu lingkungan diperhatikan sejak mulai pembangunan itu direncanakan sampai pada waktu operasi pembangunan itu. Dengan pembangunan berwawasan lingkungan, pembangunan dapat berkelanjutan
    • Pembangunan berkelanjutan dapat didefinisikan sebagai ”pembangunan yang memenuhi kebutuhannya sekarang tanpa mengurangi kemampuan generasi yang akan datang untuk memenuhi kebutuhan mereka.” Pembangunan berkelanjutan mengandung arti, lingkungan dapat mendukung pembangunan dengan terus menerus karena tidak ada habisnya sumber daya yang menjadi modal pembangunan. Modal itu sebagian berupa modal buatan manusia, seperti ilmu dan teknologi, pabrik, dan prasarana pembangunan.
    • Lingkungan sosial budaya pun merupakan komponen penting yang ikut menentukan pembangunan berkelanjutan, salah satunya ialah kesenjangan. Tegusurnya permukiman rakyat kecil oleh pembangunan dan hilangnya hak adat dan hak mengolah atas tanah mereka, sedang mereka tidak dapat banyak menikmati hasil pembangunan, merupakan salah satu sebab penting terjadinya kesenjangan yang makin lebar dan kecemburuan sosial yang makin meningkat sehingga perlu kita waspadai dalam proses pembangunan. Kesenjangan yang makin meningkat antara kelompok masyarakat yang satu dengan kelompok yang lainnya akan meningkatkan kecemburuan dan keresahan sosial sehingga gejolak sosial dengan mudah dapat tersulut, bahkan dapat meledak.
    • Untuk mencapai pembangunan berkelanjutan, pembangunan itu harus berwawasan lingkungan. Dengan kata lain, pembangunan berwawasan lingkungan adalah syarat yang harus dipenuhi agar pembangunan dapat berkelanjutan. Analisis mengenai dampak lingkungan (AMDAL) merupakan salah satu alat dalam upaya dapat dilakukannya pembangunan berwawasan lingkungan.
    • Anyway, thanks a million for watching our presentation. We hope this presentation will be useful for you all friends!