Asuhan keperawatan keluarga dengan anak usia sekolah

14,247 views

Published on

Published in: Health & Medicine
0 Comments
1 Like
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
14,247
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
58
Actions
Shares
0
Downloads
128
Comments
0
Likes
1
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Asuhan keperawatan keluarga dengan anak usia sekolah

  1. 1. ASUHAN KEPERAWATANKELUARGA DENGAN ANAK USIA SEKOLAH Disusun oleh : Ns. Nipsyah Lega, S.Kep.
  2. 2. Tahapan ini dimulai saat anak pertama telah berusia 6 tahun & mulai masuk SD, berakhir pada usia 13 tahun, awal dari masa remaja. Keluarga biasanya mencapai jumlah anggota maksimum (Duvall, 1977). Orang tua berjuang dengan tuntutan ganda, yaitu :1. Berupaya mencari kepuasan dalam mengasuh generasi berikutnya.2. Memperhatikan perkembangan mereka sendiri.
  3. 3. Tugas Perkembangan Keluarga Mensosialisasikan anak, termasuk meningkatkan prestasi sekolah & mengembangkan hubungan dengan teman sebaya yang sehat. Mempertahankan hubungan perkawinan yang memuaskan. Memenuhi kebutuhan kesehatan fisik anggota keluarga.(Carter & Mc. Goldrick, 1988; Duvall & Miller, 1985) Goldrick,
  4. 4. Tugas Perkembangan AnakMenurut Robert J. Havighurst (Monks, et al., 1984, syah, 1995; Andrissen, 1974; Havighurst, 1976) tugas - tugas perkembangan masa ini adalah :a. Belajar memperoleh keterampilan fisik untuk melakukan permainan : bermain sepak bola, loncat tali, berenang.b. Belajar membentuk sikap yang sehat terhadap dirinya sendiri sebagai makhluk biologis.c. Belajar bergaul dengan teman - teman sebaya.d. Belajar memainkan peranan sesuai dengan jenis kelaminnya.e. Belajar keterampilan dasar dalam membaca, menulis, dan berhitungf. Belajar mengembangkan konsep sehari - hari.g. Mengembangkan kata hatih. Belajar memperoleh kebebasan yang bersifat pribadii. Mengembangkan sikap yang positif terhadap kelompok sosial dan lembaga - lembaga.
  5. 5. Masalah yang DihadapiTekanan sosial dari komunitas terkait denganpenyesuaian standar – standar komunitas bagianak.Memulai perpisahan dengan anak.
  6. 6. Masalah Kesehatan Defek pendengaran, penglihatan, wicara. Kesulitan belajar. Gangguan tingkah laku. Perawatan gigi yang tidak adekuat. Penganiayaan anak. Penyalahgunaan zat. Penyakit menular.(Edelman & Mandle, 1986) Mandle,
  7. 7. PERAN PERAWATPelaksana skrinning masalah kesehatanPendidik konseling & penyuluhankesehatan, narasumber bagi guru di sekolah.Advocat proses rujukan.

×