karateristik media internet

1,104 views

Published on

0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
1,104
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
144
Actions
Shares
0
Downloads
15
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

karateristik media internet

  1. 1. KARAKTERISTIK MEDIA INTERNET
  2. 2. MEDIA INTERNETPengertian Internet Internet atau Interconnection Networking atau International Network adalah jaringan komputer yang menghubungkan berjuta-juta komputer diseluruh dunia sehingga terbentuk ruang maya jaringan komputer Menurut Brace ( 1997), internet adalah jaringan global yg menghubungkan berjuta jaringan komputer (LAN) dan komputer pribadi, yang memungkinkan setiap komputer terhubung sehingga bisa melakukan komunikasi satu sama lain.
  3. 3. MEDIA INTERNET Definisi Media Dalam Proses Pendidikan• Media dalam proses pendidikan adalah media yang digunakan sebagai alat dan bahan kegiatan pembelajaran (Ikhsan, 2007).• Internet sebagai media dalam proses pendidikan merupakan salahsatu kemudahan modern yang disediakan oleh media pendidikan, karena memiliki layanan yang tepat untuk menunjang proses pendidikan.
  4. 4. MEDIA INTERNET E-LearningAplikasi Media E-LibraryInternet Virtual University
  5. 5. MEDIA INTERNET Web CourseSistem Pembelajaran Berbasis Internet Web Centric Course Dalam E-Learning Web Enhanced Course
  6. 6. MEDIA INTERNETKarakteristik Media Internet1. Ada keterpisahan yang mendekati permanen antara tenaga pengajar (guru atau dosen) dari peserta ajar (siswa atau mahasiswa) selama program pendidikan2. Ada keterpisahan yang mendekati permanen antara seorang peserta ajar (siswa atau mahasiswa) dari peserta ajar lain selama program pendidikan3. Ada suatu institusi yang mengelola program pendidikannya4. Pemanfaatan sarana komunikasi baik mekanis maupun elektronis untuk menyampaikan bahan ajar5. Penyediaan sarana komunikasi dua arah sehingga peserta ajar dapat mengambil inisiatif dialog dan mengambil manfaatnya.
  7. 7. MEDIA INTERNETKelebihan Internet antara lain:• Berskala internasional• Akses infromasi di internet tidak dibatasi oleh waktu• Akses informasi melalui internet lebih cepat• Internet juga menyediakan kegiatan pembelajaran interaktif• Kita dapat berdiskusi dengan teman-teman sebaya atau setingkat mengenai berbagai hal jika kita memasuki mailing list atau melakukan chatting.• Media internet jauh lebih murah dibanding media yang lain.
  8. 8. MEDIA INTERNETKekurangan media internet1. Perlu listrik2. Perlu jaringan khusus3. Lambat mendapat informasi kalau pemakai banyak4. Informasi yang tersedia di internet sangat besar jumlahnya, namun tidak semuanya kita butuhkan.5. Resiko terkena virus komputer yang mudah menyebar, baik melalui email maupun melalui file-file yang kita unduh.6. Internet bersifat interaktif dengan menyediakan banyak sekali link-link menuju situs tertentu yang terkadang membuat kita menggoda
  9. 9. MEDIA INTERNET Dampak Positif Media Internet untuk Media Pembelajaran ?
  10. 10. MEDIA INTERNETMenurut Onno W. Purbo dampak positifmedia internet yaitu:1. Peserta didik dapat dengan mudah mengambil mata kuliah dimanapun di seluruh dunia tanpa batas institusi atau batas negara.2. Peserta didik dapat dengan mudah berguru pada para ahli di bidang yang diminatinya.3. Kuliah atau belajar dapat dengan mudah diambil di berbagai penjuru dunia tanpa bergantung pada universitas atau sekolah tempat si peserta didik belajar. Di samping itu kini hadir perpustakaan internet yang lebih dinamis dan bisa digunakan di seluruh jagat raya.
  11. 11. MEDIA INTERNET Menurut Supriyanto (2005), internet terdiri dari berbagai layanan yang dapat digunakan untuk berbagai macam kebutuhan, diantaranya : 1. WWW(World Wide 4. Telnet Web) 2. E-Mail 5. UseNet 3.FTP (File Transfer 6. Shell Protocol) 8. IRC (Internet 7. Gopher Relay Chat)

×