Pressentasi ptk
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×
 

Pressentasi ptk

on

  • 357 views

 

Statistics

Views

Total Views
357
Views on SlideShare
351
Embed Views
6

Actions

Likes
0
Downloads
100
Comments
0

1 Embed 6

http://artikelpendidikanblog.blogspot.com 6

Accessibility

Categories

Upload Details

Uploaded via as Microsoft PowerPoint

Usage Rights

© All Rights Reserved

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
Post Comment
Edit your comment

    Pressentasi ptk Pressentasi ptk Presentation Transcript

    • Assalamu’alaikum……..!!!! PROPOSAL PENELITIAN TINDAKAN SEKOLAH B : Dyna Ayu S y anjaya
    • Judul Penelitian :UPAYA PENINGKATAN KEDISIPLINANMELALUI BUKU SAKU TATA TERTIBPADA SISWA SDN ORO ORO OMBOTAHUN PELAJARAN 2012/2013
    • Latar Belakang : Setiap sekolah selalu menerapkan suatu peraturan sesuaidengan kebutuhan masyarakat sekolah terkait, terlebih lagi bagisiswa yang bersangkutan. Namun tidak sedikit peraturan sekolahtidak berfungsi sebagaimana mestinya. Di SDN Oro Oro Ombo khususnya, tata tertib untuk melatihkedisiplinan siswa SDN Oro-Oro Ombo sebenarnya sudahditerapkan tetapi tidak ada sanksi yang tegas bagi pelanggarnya.Jadi masih ditemukan siswa yang kurang berdisiplin seperti siswayang terlambat masuk kelas pada saat jam pelajaran, tidakberseragam lengkap, tidak membawa buku pelajaran,, membuangsampah tidak pada tempatnya, dll. Hal itu menunjukkan tingkatkedisiplinannya masih kurang dan perlu dibenahi agar tidakmenjadi budaya yang tidak baik pada lembaga pendidikan yangbersangkutan. Untuk itu perlu adanya tindakan agar kedisiplinananak dapat berjalan sesuai yang diharapkan.
    • Rumusan MasalahBagaimana peningkatan kedisiplinan melalui buku saku tatatertib pada siswa SDN Oro Oro Ombo tahun pelajaran2012/2013?Tujuan PenelitianMeningkatkan kedisiplinan siswa SDN Oro Oro Ombo melaluibuku saku tata tertib tahun pelajaran 2012/2013?Hipotesis PenelitianSiswa SDN Oro Oro Ombo tahun pelajaran2012/2013 dalam mentaati peraturan sekolah akanmeningkat dengan menggunakan buku saku tatatertib.
    • Manfaat Penelitian :1. Bagi GuruPTS tersebut akan memperkaya wawasan dan pengalaman dalammengatasi masalah kedisiplinan siswa dalam mentaati peraturansekolah.2. Bagi SiswaHasil PTS tersebut akan melatih siswa untuk mentaati peraturan dantidak melanggarnya. Selain itu mendorong siswa untuk memilikikesadaran mentaati peraturan yang berlaku di sekolah.3. Bagi Orang TuaHasil PTS tersebut akan memberikan masukan yang berharga tentangkedisiplinan anaknya sehingga orang tua siswa akan dapatmemberikan pembinaan kepada anaknya untuk tetap menjaga danmeningkatkan kedisipliannya di lingkungannya.4. Bagi Pihak Penentu Kebijakan,Hasil PTS tersebut akan memberikan masukan yang berharga,terutama dalam kedisiplinan siswa .
    • KAJIAN TEORIA. Pengertian kedisiplinanB. Pentingnya kedisiplinanC. Upaya meningkatkan kedisiplinan pada anakD. Pengertian buku saku tata tertibE. Manfaat buku saku tata tertib
    • Metode Penelitian :A. Rancangan penelitian 1. Perencanaan penetapan waktu penelitian, menyusun buku saku tata tertib yang akan digunakan oleh siswa dan menyusun jadwal piket guru pemantau. 2. Pelaksanaan melaksanakan peraturan dalam buku saku serta memberikan point bagi yang melanggar dan akan ditindak lanjuti dengan memberikan hukuman yang sesuai dengan jumlah point yang didapat oleh pelanggarnya 3. pengamatan/observasi untuk mengetahui tingkat kedisiplinan siswa pada saat menggunakan buku saku tata tertib 4. Refleksi perenungan, pemikiran, dan evaluasi) di setiap siklusnya (siklus I dan II) untuk mengkaji, melihat, dan mempertimbangkan hasil atau dampak dari tindakan.
    • Lanjutan...B. Lokasi, waktu penelitian dan subyek penelitian Penelitian dilaksanakan di SDN Oro Oro Ombo, Jl. Biduri No. 1 Kota Madiun. Pelaksanaan tindakan sekolah dilaksanakan mulai pada tanggal 1 Januari sampai 26 Maret 2013. Dari jam pertama masuk kelas 07.00 sampai jam 12.00. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas 1 sampai 6 SDN Oro Oro Ombo tahun pelajaran 2012/2013 dengan jumlah siswa 540 orang.
    • Lanjutan . . .C. Indikator Keberhasilan 1. Respon siswa ketika melaksanakan tata tertib yang diterapkan 2. menggunakan dan melaksanakan buku saku tata tertib dengan sebaik mungkin 3. Kedisplinan siswa meningkat melalui buku saku tata tertibD. Instrumen penelitian Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi: buku saku tata tertib. Buku saku tata tertib digunakan untuk siswa sebagai pedoman dalam menjalankan tata tertib sekolah.E. Teknik pengumpulan data Dalam penelitian ini pegumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi, observasi. Teknik dokumentasi dilakukan untuk mengetahui tingkat kedisiplinan siswa dalam mentaati tata tertib sekolah setiap harinya. Teknik observasi digunakan untuk merekam tingkat kedisiplinan siswa dengan menggunakan buku saku tata tertib dan digunakan camera video. F. Teknik analisis data Data yang telah terkumpul akan dianalisis secara deskriptif kualitatif. Data berupa catatan hasil observasi, buku saku tata tertib yang dikumpulkan setiap minggu dan ditanda tangani oleh wali kelas kemudian dianalisa untuk mendapatkan kesimpulan.
    • BUKU SAKU TATA TERTIB FOTO 3X 4 Identitas Siswa :Nama : ...............................Kelas : ...............................
    • No. Jenis Pelanggaran Jumlah point 1 Siswa hadir 15 menit sebelum bel masuk 5 2 Siswa dilarang meninggalkan sekolah tanpa ijin guru / Ka.SD 5 3 Siswa tidak masuk harus membawa surat ijin 5 4 Siswa diwajibkan memakai seragam sekolah yang telah ditentukan 5Catatan Pelanggaran Tata Tertib Tgl Jenis pelanggaran Skor Nama pengamat ttd
    • IB