Remote pemantau  webcam  berbasis aplikasi j2me
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×
 

Remote pemantau webcam berbasis aplikasi j2me

on

  • 918 views

 

Statistics

Views

Total Views
918
Views on SlideShare
918
Embed Views
0

Actions

Likes
0
Downloads
27
Comments
0

0 Embeds 0

No embeds

Accessibility

Categories

Upload Details

Uploaded via as Adobe PDF

Usage Rights

© All Rights Reserved

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
Post Comment
Edit your comment

    Remote pemantau  webcam  berbasis aplikasi j2me Remote pemantau webcam berbasis aplikasi j2me Document Transcript

    • REMOTE PEMANTAU (WEBCAM) BERBASIS APLIKASIJ2MEDISUSUN OLEH :DWI FAHMI WASKITO1100631037_MIBFAKULTAS TEKNIK MANAJEMEN INFORMATIKAUNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER2013
    • JavaJava adalah bahasa pemrograman yang disusun oleh James Gosling yang dibantu oleh rekan-rekannya seperti Patrick Naugton, Chris Warth, Ed Frank dan Mike Sheridan disuatu perusahaanperangkat lunak yang bernama Sun Microsystem, pada tahun 1991. Bahasa pemrograman inimula-mula diinisialisasikan dengan nama “Oak” namun pada tahun 1995 di ganti namanyamenjadi “Java”.Alasan utama pembentukan bahasa Java adalah untuk membuat aplikasi-aplikasi yang dapatdiletakkan diberbagai macam perangkat elektronik, seperti microwave oven dan remotecontrol, sehingga java harus bersifat portable atau yang sering disebut dengan platformindependent (tidak tergantung pada platform). Itulah yang menyebabkan dalam pemrogramanjava, dikenal adanya istilah “write once, run everywhere”, yang berarti kode program hanyaditulis sekali, namun dapat dijalankan di bawah platform manapun, tanpa harus melakukanperubahan kode program.Arsitektur JavaArsitektur dari Java tidak berubah sedikitpun sejak awal mula bahasa itu dirilis.Kompiler Java (yang disebut dengan Javac atau Java Compiler) akan mentransformasikan kode-kode dalam bahasa java ke dalam suatu bytecode. Apa itu bytecode? Bytecode adalahsekumpulan perintah hasil kompilasi yang kemudian dapat dieksekusi melalui sebuah mesinkomputer abstrak yang disebut dengan JVM (Java Virtual Machine). JVM juga sering dinamakansebagai interpreter, karena sifatnya yang selalu menerjemahkan kode-kode yang tersimpandalam bytecode dengan cara baris demi baris.J2MEJ2ME merupakan teknologi java yang digunakan untuk device yang memiliki memori terbatas.Misalnya HP, Pager, dan PDA (Personal Digital Assistance) dan sejenisnya. Komponen-komponen J2ME terdiri dari Java Virtual Machine (JVM) yang digunakan untuk menjalankanaplikasi java pada emulator atau handleld device.Java API (Aplication Programming Interface) dan tools lain. Untuk pengembangan aplikasi javasemacam emulator Java Phone dari J2ME wireless toolkit. Pada dasarnya J2ME adalah bagiandari J2SE, namun ada beberapa library khusus pada J2ME yang tidak memiliki oleh J2SE.Pengembangan aplikasi wireless dengan Java, J2ME di bagi menjadi dua buah bagian inti yaituConfiguration dan Profil.
    • MIDletMIDlet merupakan aplikasi yang berjalan pada sebuah perangkat yang mendukung MIDP.Aplikasi MIDlet dibuat menggunakan J2ME dengan profil Mobile Information Device Profile(MIDP). MIDP di khususkan untuk digunakan pada Handset dengan kemampuan CPU, Memori,Keyboard dan Layer yang terbatas, seperti handphone page, PDA dan sebagainya.Kehidupan MIDlet dimulai ketika di instantiate oleh AMS. MIDlet pada awalnya masuk statusPause setelah perintah baru di buat. AMS memanggil Constructor, MIDlet memasuki statusDestroyed dan membuangnya segera. MIDlet masuk ke dalam status Active atas pemanggilanmethod destroyApp(). Status ini juga kembali di akses ketika method notifyDestroyed(). MIDlethanya bisa memasuki status Destroyed sekali dalam masa hidupnya.Software Yang DigunakanNetbeans 6.9.1Pada tahun 1997 di bawah bimbingan Fakultas Matematika dan Fisika Universitas Charles,Praha, diadakan sebuah proyek mahasiswa yang diberi nama Xelfi.Proyek inilah yang menjadi awal pengembangan NetBeans. Sebuah perusahaan kemudiandibentuk untuk proyek tersebut dan menghasilkan versi komersial IDE (Integrated DevelopmentEnterprise) NetBeans. Namun pada 1999 Sun Microsystem membeli proyek ini kemudianmenjadikan NetBeans open sorce pada bulan Juni tahun 2000.Di dalam NetBeans, semua perancangan dan perancangan pemrograman dilakukan di dalamkerangka sebuah proyek. Proyek NetBeans merupakan sekumpulan file yang dikelompokkan didalam satu kesatuan. Pada umumnya sebuah proyek, beserta file-file isinya, akan ditempatkandi dalam satu direktori. Meskipun demikian ada juga proyek yang dapat menangani file-file yangterpisah direktorinya. Platform NetBeans menawarkan layanan-layanan yang umum bagiaplikasi desktop, mengijinkan pengembangan untuk popul ke logika yang spesifik terhadapaplikasi.
    • Fitur-fitur yang disediakan oleh platform NetBeans :a) Manajemen antarmuka (misal: menu & toolbar)b) Manajemen pengaturan penggunac) Manajemen penyimpanan (menyimpan dan membuka berbagai macam data)d) Manajemen jendelae) Wizard framework (mendukung dialog langkah demi langkah)Aplikasi WebcamXpWebcamXP adalah sebuah program yang dapat digunakan untuk monitoring satu atau lebihbeberapa kamera untuk dapat mendeteksi setiap gerakan yang terjadi.WebcamXP merupakan salah satu program aplikasi yang cukup lengkap dengan berbagaimacam fasilitas yang sangat membantu untuk sistem pengawasan.Hasil keluaran software WebcamXP ini dapat berupa file jpeg dan video MPEG. Seluruh fasilitasWebcamXP bisa di lihat di http://www.webcamxp.com/products.aspx dan untuk tutorialhttp://www.portoforward.com/. Namun pada perancangan sistem kamera pengawasan inihanya memanfaatkan rekaman gambar saat terjadi gerakan. Format file gambar yangtersimpan dalam hardisk dalam bentuk .jpg.Aplikasi ini bisa digunakan sebagai software untuk mengatasi lingkungan sekitarnya. Fungsiyang lain, software ini juga bisa digunakan bersama aplikasi chating seperti yahoo messenger,skype dan aplikasi-aplikasi yang lain. Jika ingin menggunakannya secara personal, aplikasi inibisa mendownloadnya secara gratis (free). Tetapi, jika ingin menggunakannya pada banyakperangkat kamera itu harus member lisensinya, karena versi gratis hanya tersedia untuk versipersonal.
    • Gambar diatas menjelaskan cara kerja remote pemantau dari mulai user mengakses melaluihandphone sampai Kamera Webcam yang sedang mematau. Cara kerja akses melalui provideryang di pakai oleh user tersebut, setelah itu provider langsung mengakses ke Web Server, dariWeb Server lalu mengambil data dari Camera Server sebagai media penyimpan untuk dataKamera Webcam. Setelah Capture dari user yang di inginkan maka data file gambar .jpgtersebut di kirimkan kembali dari proses Web Server, lalu balik lagi melalui providernya yanguser pakai dan langsung data di terima dari handphone User dengan bentuk gambar.Use Case DiagramUse Case Diagram menggambarkan proses yang terjadi didalam aplikasi ini. Selain itu,hubungan antara proses satu dengan yang lain, begitu juga hubungan antara pengguna denganproses yang terdapat didalam aplikasi. Perancangan use case diagram akan dibagi menjadi duabagian, yaitu bagian server dan client.
    • Activity DiagramActivity Diagram menggambarkan aliran kejadian suatu aplikasi. Pada diagram ini digambarkanaliran kerja suatu proses menggunakan text yang mudah dibaca oleh pengguna. Pada activitydiagram akan digambarkan diagram aktifitas 2 pengguna aplikasi yaitu client dan server.Komponen utamanya adalah state dan message.
    • Class DiagramClass Diagram fungsinya adalah untuk menjelaskan tipe dari sebuah system dan hubungan-hubungannya (relationships) yang dibagi menjadi tiga bagian yaitu class, attribute yang dimilikijuga method yang akan dijalankan.Implementasi Aplikasi WebcamXPAplikasi WebcamXP ini didistribusikan secara gratis bila menggunakannya secara personal,aplikasi ini bisa mendownloadnya secara gratis. Dan bila memang ingin menambahkan kameralebih dari satu maka harus membayar lisensinya saja. Aplikasi WebcamXP memberikan fasilitasantara lain image dan video, bisa di buat file .jpg dan .mpeg.
    • Gambar di atas menunjukanaplikasi wecamXP dapat digunakan, pada proses tersebut sebelumnya harus setting cameraterlebih dahulu pada tampilan gambarnya webcamXP atau bisa pula di sebelah kanannya yangberupa kotak-kotak di klik kanan dan nanti akan muncul PCI/USB (WDM Driver) untuk memilihlayanan yang akan di pilih sesuai dengan Kamera.Implementasi Aplikasi Remote PemantauAplikasi Remote Pemantau hanya dapat di gunakan dengan 1 User saja dan Admin dapat pulamenggunakannya. Karena aplikasi ini di tujukan hanya untuk 1 user yang ingin membangunpemantauan hanya dengan genggaman (handphone). Berikut ini pembahasan tentang aplikasiremote pemantau yang penulis buat dengan nama (Ningali).
    • Hasil Uji CobaTampilan di samping ini user harusmenginputkan User_Name dan Password terlebih dahulu, ini sebagai security pertama. Sebagaicontoh,User_name : userPassword : userSetelah menginputkan User_Name danPassword, user harus menginputkan kembali Keygen sebagai keamanan ke-2, karenauser_name dan password untuk keamanan masih banyak yang bisa buka,untuk itu program di buat menjadi 2 sistem keamanan yaitu user Login dan Keygen. Sebagaicontoh input :Keygen : 141289
    • Tampilan selanjutnya yaitu mode, ini sebagailayanan menu utuk user. User bias menggunakan camera terlebih dahulu atau kebalikannyauser juga bisa menggunakan SMS.Setelah user memilih mode dengan salahsatu yaitu camera, untuk tahap selajutnya user bisa menginputkan kembali URL IP dari cameraservernya. Sebagai contoh URL dari skripsi ini di buat :URL : http://192.158.1.100:8080/cam_1.jpgGambar di samping adalah hasil akhir
    • capture dari aplikasi webcamXP yang di pantau dari handphone dengan bentuk gambar.Tampilan mode dari SMS, tampilan di sampinguser dapat mengirimkan pesan berbentuk teks saja dari program yang di buat. Tampilan teks inihanya 255 kata yang di inputkan.Selanjutnya user menginputkan nomorhandphone, pada proses input nomor handphone user dapat menginputkansecara manual atau bisa juga dengan menginputkan nomor handphone yang sudah tersimpandi memori handphone. Setelah itu akan ada pesan untuk melanjutkan proses kirim pesan.
    • Hasil Uji Coba ServerInilah tampilan setting kamera sebelumkamera di gunakan pengaturan kamera yang akan di gunakan ini cek kamera sudah connectdengan aplikasi ini. Pengecekan bisa dilihat dari tampilan logo aplikasi webcamXP tersebut danklik kanan PCI/USB(WDM Driver) nanti ada tampilan kamera yang di pakai.Ini hasil dari settingan pertamauntuk menghasilkan tampilan dari kamera yang telah aktif. Dari hasil tampilan kecil ini bisa pulamenjadi tampilan yang lebih besar.
    • Daftar PustakaFowler, Martin. UML Distilled Edisi Ketiga, Penerbit Andi, Yogyakarta, 2005.JENI (Java Educational Network Indonesia). 2007. Pengembangan PerangkatMobile.Moonware Studios 2010. Documentation. http://www.webcamxp.com/support.aspx . Diakses 30 April 2011.Muhammad Hakim. A 2009. Java ME (J2ME), simulating mobile phone camerausing PC Webcam. http://jampasir.wordpress.com/2009/03/08/java-me-j2me-simulatingmobile-phone-camera-using-pc-webcam/. Diakses 28 April 2011.Salahuddin M. dan A.S Rosa 2008. Pemrograman J2ME (Belajar CepatPemrograman Perangkat Telekomunikasi Mobile). Bandung : PenerbitInformatika.