14 Tips Menjadi 
Blogger SuksesCreated by dotsemarang
1. Kesabaran mengelola topik
Jika anda sudah memutuskan untuk mengambil topik tertentu untuk blog kita,
misalkan topik ola...
2. Berkreatifitaslah
Setidaknya dalam waktu-waktu tertentu kita mesti meng-update blog.
Blogger yang sukses selalu memberi...
3. Ide yang cemerlang
Salah satu tawaran yang bisa didapatkan pengunjung atau pembaca blog
adalah ide yang baru serta unik...
4. Etika blogging yang baik
Apabila ada anggapan bahwa mengisi blog hanya memerlukan waktu
tak sampai 10 menit, dipublikas...
5. Kemampuan bekerja sendiri
Sebagian besar blogger bekerja sendiri. Karena itu diperlukan
kemampuan individual dalam blog...
6. Siapkan catatan
Ide bisa datang kapan dan di mana saja. Siapkanlah selalu kertas atau buku
catatan yang selalu dibawa d...
7. Teruji dengan waktu
Nge-blog bukanlah pekerjaan sambil lalu saja. Jika kita ingin menjadi
problogger atau blogger yang ...
8. Visi ke depan
Apa yang terbayang dalam benak kita tentang blog yang kita miliki
beberapa tahun mendatang? Bagaimana den...
9. Biasakan diri blogging
Yang namanya ngeblog bukanlah pekerjaan layaknya pegawai kantoran,
masuk pukul 9 pagi dan keluar...
10. Keinginan untuk Belajar
Blogger yang sukses adalah yang selalu menyediakan informasi-informasi
terbaru bagi para pemba...
11. Buka pikiran
Terkadang ada beberapa hal yang berlaku saat ini bisa jadi di masa-masa
mendatang hal itu sudah tidak ber...
12. Menjadi seorang guru
Di blog kita tidak hanya menceritakan tentang diri kita sendiri. Blog adalah
bagaimana kita dapat...
13. Bersabar
Jangan pernah mengharapkan dengan ngbelog kita akan mendapatkan sesuatu
secara instan. Jika kita membuat blog...
14. Kembali ke niat
Jangan pernah lupakan niat ketika kita mulai ngeblog. Apabila sejak awal
kita sudah serius ngeblog, ma...
Sumber :
Handbook for Muslim Blogger - Rully Nasrullah
Dotsemarang
Portal Online dan komunitas Semarang
Website : http://d...
Upcoming SlideShare
Loading in …5
×

14 tips menjadi blogger sukses

442 views
294 views

Published on

Published in: Education
0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
442
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
3
Actions
Shares
0
Downloads
12
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

14 tips menjadi blogger sukses

  1. 1. 14 Tips Menjadi  Blogger SuksesCreated by dotsemarang
  2. 2. 1. Kesabaran mengelola topik Jika anda sudah memutuskan untuk mengambil topik tertentu untuk blog kita, misalkan topik olahraga, maka diperlukan kesabaran untuk mengelola topik tersebut. Pastikan anda memiliki sumber atau situs-situs yang akan anda memperkaya nuansa topik yang anda pilih.
  3. 3. 2. Berkreatifitaslah Setidaknya dalam waktu-waktu tertentu kita mesti meng-update blog. Blogger yang sukses selalu memberikan sesuatu yang baru dari setiap postingan yang dibuatnya. Setiap pengunjung dan pembaca blog akan mendapatkan "kesegaran" setiap mengklik blog kita.
  4. 4. 3. Ide yang cemerlang Salah satu tawaran yang bisa didapatkan pengunjung atau pembaca blog adalah ide yang baru serta unik. Kalaupun yang dibahas tentang peristiwa yang sama dan sedang menjadi perbincangan umum, maka kita harus memiliki ide cemerlang untuk mengangkat tema tersebut dengan sudut pandang yang berbeda. Kalau sekedar copycat atau langsung mengambil isi blog lain, sama saja dengan kita mempromosikan blog orang lain.
  5. 5. 4. Etika blogging yang baik Apabila ada anggapan bahwa mengisi blog hanya memerlukan waktu tak sampai 10 menit, dipublikasikan, kemudian membiarkannya, maka anggapan itu bisa jadi salah. Blogger yang sukses menghabiskan waktu yang lebih untuk mencari sumber tulisan yang banyak, menuliskannya, mendesain tampilan tulisan, dan bahkan melakukan promosi terhadap posting yang dibuat. Beberapa blogger ada yang menghabiskan waktu satu hingga tiga jam untuk mengelola posting yang akan dipublikasikan.
  6. 6. 5. Kemampuan bekerja sendiri Sebagian besar blogger bekerja sendiri. Karena itu diperlukan kemampuan individual dalam blogging. Kita dituntut dapat menyingkirkan segala macam gangguan baik dirumah, di Sekolah atau di kampus, di kantor dan segala sesuatunya yang munkgin bisa menghambat kita dalam berkonsentrasi dan membuat posting yang baik.
  7. 7. 6. Siapkan catatan Ide bisa datang kapan dan di mana saja. Siapkanlah selalu kertas atau buku catatan yang selalu dibawa dan siap sedia apabila ide tiba-tiba saja muncul dalam benak kita. Apalagi saat dalam perjalanan dan ide muncul ketika kita tidak berada di depan komputer, catatan sangat membantu bila jadi bisa ide yang muncul tersebut merupakan ide yang menarik, unik dan penting. Perkembangannya, hape sekarang dapat digunakan karena memiliki fitur note.
  8. 8. 7. Teruji dengan waktu Nge-blog bukanlah pekerjaan sambil lalu saja. Jika kita ingin menjadi problogger atau blogger yang profesional, ingin sukses dalam blog, ingin agar pembaca mengenal dan mempercayai kita, maka mau tidak mau blog yang ada haruslah blog yang sudah online sejak 2-3 tahun yang lalu.
  9. 9. 8. Visi ke depan Apa yang terbayang dalam benak kita tentang blog yang kita miliki beberapa tahun mendatang? Bagaimana dengan 5-10 tahun mendatang? Blogger yang sukses adalah mereka yang memiliki visi ke depan dan dapat memperkirakan apa yang akan terjadi terhadap blog beberapa tahun mendatang.
  10. 10. 9. Biasakan diri blogging Yang namanya ngeblog bukanlah pekerjaan layaknya pegawai kantoran, masuk pukul 9 pagi dan keluar pukul 5 sore. Blogger yang sukses adalah mereka yang bisa bekerja di waktu kapan saja. Saat tengah malam atau menjelang pagi hari.
  11. 11. 10. Keinginan untuk Belajar Blogger yang sukses adalah yang selalu menyediakan informasi-informasi terbaru bagi para pembaca dan pengunjung blog. Ini berarati kita harus menyisihkan waktu untuk membaca blog lain, mengunjungi situs-situs penting, membaca buku, surat kabar dan majalah, menontonton televisi. Kegiatan tersebut akan menjaga kita untuk selalu punya informasi dan pengetahuan terbaru.
  12. 12. 11. Buka pikiran Terkadang ada beberapa hal yang berlaku saat ini bisa jadi di masa-masa mendatang hal itu sudah tidak berlaku lagi. Bahkan ada barang-barang yang sudah usang dan tersimpang di gudang. Selalulah terbuka pikiran untuk menerima yang baru. Jangan malu untuk bertanya dan berusahalah untuk menemukan tren-tren terbaru dan ide yang segar.
  13. 13. 12. Menjadi seorang guru Di blog kita tidak hanya menceritakan tentang diri kita sendiri. Blog adalah bagaimana kita dapat membagi apa yang diketahui, dialami dan dirasakan kepada orang lain. Kemampuan untuk menceritakan tersebut, layaknya seorang guru didepan kelas, merupakan suatu keterampilan yang patut dimiliki seorang blogger yang sukses.
  14. 14. 13. Bersabar Jangan pernah mengharapkan dengan ngbelog kita akan mendapatkan sesuatu secara instan. Jika kita membuat blog untuk bisnis, jangan berharap esok harinya akan banyak blogger yang memesan produk yang kita jual. Diperlukan kesabaran untuk membuat blog yang sukses.
  15. 15. 14. Kembali ke niat Jangan pernah lupakan niat ketika kita mulai ngeblog. Apabila sejak awal kita sudah serius ngeblog, maka lakukanlah dengan serius. Apalagi bagi blogger yang meniatkan kegiatannya untuk beribadah, ini akan terus menjaga sekaligus mengingatkan kita untuk apa sebenarnya kita ngeblog.
  16. 16. Sumber : Handbook for Muslim Blogger - Rully Nasrullah Dotsemarang Portal Online dan komunitas Semarang Website : http://dotsemarang.com Blog : http://dotsemarang.blogdetik.com Twitter : @dotsemarang Email : dotsemarang@gmail.com Powered by

×