RPP Sistem Pencernaan Makanan
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×
 

RPP Sistem Pencernaan Makanan

on

  • 7,792 views

 

Statistics

Views

Total Views
7,792
Slideshare-icon Views on SlideShare
7,792
Embed Views
0

Actions

Likes
1
Downloads
84
Comments
0

0 Embeds 0

No embeds

Accessibility

Categories

Upload Details

Uploaded via as Microsoft Word

Usage Rights

© All Rights Reserved

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
Post Comment
Edit your comment

    RPP Sistem Pencernaan Makanan RPP Sistem Pencernaan Makanan Document Transcript

    • RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )Sekolah : SMPKelas / Semester : VIII (delapan)/Semester 1Mata Pelajaran : IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)Standar Kompetensi : 1. Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia.Kompetensi Dasar : 1.4. Mendeskripsikan sistem pencernaan pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan.Indikator : 1. Menjelaskan fungsi makanan (karbohidrat, lemak, protein, vitamin, air dan mineral). 2. Menyebutkan alat-alat pencernaan pada manusia 3. Membedakan antara saluran pencernaan dan kelenjar pencernaan sebagai penyusun sistem pencernaan pada manusia. 4. Membandingkan pencernaan mekanik dan pencernaan kimiawi. 5. Menyebutkan contoh kelainan dan penyakit pada sistem pencernaan yang biasa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan upaya mengatasinya.Tujuan Pembelajaran: 1. Peserta didik dapat menjelaskan fungsi makanan (karbohidrat, lemak, protein, vitamin, air dan mineral) bagi manusia. 2. Peserta didik dapat menyebutkan alat-alat pencernaan pada manusia. 3. Peserta didik dapat membedakan antara saluran pencernaan dan kelenjar pencernaan sebagai penyusun sistem pencernaan pada manusia. 4. Peserta didik dapat membedakan pencernaan mekanik dan pencernaan kimiawi. 5. Peserta didik dapat menyebutkan kelainan dan penyakit pada sistem pencernaan.
    • Materi Pembelajaran : Sistem PencernaanMetode Pembelajaran : Model: - Direct Instruction (DI) - Cooperative Learning - SnowBall Throwing Metode: - Diskusi kelompok - ObservasiLangkah-langkah Kegiatan PERTEMUAN PERTAMAa. Kegiatan Pendahuluan . Motivasi dan apersepsi - Karbohidrat berfungsi sebagai sumber energi atau sebagai bahan pembangun tubuh? - Apa yang terjadi pada makanan yang kita makan? . Prasyarat pengetahuan - Apakah fungsi karbohidrat bagi tubuh manusia? - Bagaimana cara kerja sistem pencernaan makanan pada manusia? . Pra eksperimen - Berhati-hatilah menggunakan alat dan bahan praktikum.b. Kegiatan Inti . Guru menyampaikan materi yang akan disajikan tentang: 11 Fungsi makanan (karbohidrat, lemak, protein, vitamin, air dan mineral) bagi manusia. 11 Perbedaan pencernaan mekanik dan kimiawi. 11 Mengamati alat-alat pencernaan (menggunakan carta). 11 Perbedaan antara saluran pencernaan dengan kelenjar pencernaan. 11 Kelainan/penyakit yang terjadi pada saluran pencernaan. . Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok. . Guru memanggil ketua dari tiap kelompok untuk memberikan penjelasan tentang materi.
    • . Masing-masing ketua kelompok dipersilahkan kembali ke kelompoknya dan menyampaikan ulang materi yang telah disampaikan oleh guru kepada teman sekelompoknya. . Masing-masing siswa diberikan satu lembar kerja untuk menuliskan pertanyaan mengenai materi yang telah dijelaskan oleh ketua kelompok. Setelah itu kertas dibuat seperti bola dan dilemparkan dari satu siswa ke siswa yang lainnya. . Peserta didik (dibimbing guru) mendiskusikan fungsi makanan (karbohidrat, lemak, protein, vitamin, air dan mineral) bagi manusia. . Peserta didik (dibimbing guru) mendiskusikan . Wakil tiap kelompok diminta mengambil model atau carta untuk mengamati alat-alat pencernaan pada manusia. . Peserta didik diminta mendiskusikan contoh kelainan penyakit pada saluran pencernaan dan penyebabnya. . Wakil dari tiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi mengenai fungsi makanan dan perbedan pencernaan kimiawi dengan pencernaan mekanik, serta perbedaan antara saluran pencernaan dengan kelenjar pencernaan. . Wakil tiap kelompok diminta menyebutkan alat-alat pencernaan makanan pada manusia. . Peserta didik menjelaskan kelainan/penyakit yang terjadi pada system pencernaan.c. Kegiatan Penutup . Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama baik. . Peserta didik (dibimbing guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman. . Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.Sumber Belajara. Buku IPA Biologi SMP dan MTS Jl.2 halaman 64-88b. Video sistem pencernaanc. Carta sistem pencernaanPenilaian Hasil Belajara. Teknik Penilaian:- Tes tulisb. Bentuk Instrumen:
    • - Tes PG - Tes isian - Tes uraian c. Contoh Instrumen: - Contoh tes PG Penyakit xeroftalmia dapat disebabkan oleh kekurangan .... a. vitamin A c. vitamin C b. vitamin B d. vitamin D - Contoh tes isian Fungsi cairan empedu dalam pencernaan adalah .... - Contoh tes uraian Jelaskan proses pencernaan pada manusia…. ...............,...................... Mengetahui Kepala SMP Guru Mata Pelajaran...................... …………………..NIP. NIP.