Kerajaan pajajaran

13,738 views

Published on

Published in: Education
2 Comments
1 Like
Statistics
Notes
No Downloads
Views
Total views
13,738
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
3
Actions
Shares
0
Downloads
237
Comments
2
Likes
1
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Kerajaan pajajaran

  1. 1. S. K : Menganalisis perjalanan bangsa-bangsa Indonesia pada masa negara-negara Tradisional.K.D : Menganalisis Perkembangan Kehidupan Negara negara Kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia
  2. 2.  Pusat Kerajaan Pajajaran awalnya terletak di daerah Galuh, Jawa Barat. Raja pertama Kerajaan Pajajaran bernama Sena. Namun, tahta kerajaan Pajajaran kemudian direbut oleh saudara Raja Sena yang bernama Purbasora. Raja Sena dan keluarganya terpaksa meninggalkan keraton. Tidak lama kemudian, Raja Sena berhasil merebut kembali tahta Kerajaan Pajajaran.
  3. 3.  Sena Purbasora Jayabhupati Rahyang Niskala Wastu Kencana Rahyang Dewa Niskala Sri Baduga Maharaja Hyang Bunisora Wastu Kencana Tohaan Ratu Jayadewata Ratu Samiam Prabu Ratu Dewata
  4. 4.  Prasasti Rakyan Juru Pengambot. Ditemukan di Bogor, dengan bahasa Jawa Kuno dan Melayu. Prasasti ini membuat pengembalian kekuasaan Raja Pajajaran yang diduga pernah dikuasai Kerajaan Sriwijaya. Prasasti Horren. Prasasti dari Kerajaan Majapahit ini menyebutkan bahwa penduduk kampung Horren sering mendapat gangguan dari kerajaan Pajajaran. Prasasti Sanghyang Tapak. Prasasti ini dibuat atas perintah Maharaja Jayabhupati di lokasi bangunan suci Sanghyang Tapak sebagai tanda terima kasih atas keberhasilan tentara Kerajaan Pajajaran mengalahkan tentara dari Swarnabumi. Prasasti Astanagede. Prasasti ini memuat informasi perpindahan pusat pemerintahan Kerajaan Pajajaran dari Pakuan ke Kawali.
  5. 5.  Masyarakat Pajajaran digolongkan sesuai dengan pekerjaannya. Pada kerajaan ini terdapat enam pelabuhan penting yang merupakan pusat perekonomian kerajaan ini. Pada masa ini pula, telah beredar beberapa mata uang yang berasal dari luar negeri.
  6. 6.  Kehidupan Sosial : Pada masyarakat Pajajaran, telah dikenal sistem kehidupan masyarakat yang bertingkat. Disesuaikan dengan hierarki kerajaan pada saat itu. Kehidupan Agama dan Budaya : Secara umum masyarakat Pajajaran menganut agama Hindu dan Buddha. Akan tetapi. Kepercayaan asli masyarakat Pajajaran juga tetap hidup.
  7. 7. SEKIAN DANTERIMA KASIH

×