Kelangkaan ekonomi (Kelas X - Semester 1)

62,124 views
61,601 views

Published on

Kelangkaan ekonomi ada di Bab 1 - Masalah Ekonomi, Semester 1, kelas X.

Published in: Education
0 Comments
6 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
62,124
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
1
Actions
Shares
0
Downloads
553
Comments
0
Likes
6
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Kelangkaan ekonomi (Kelas X - Semester 1)

  1. 1. Anggota:1. Dina Nur Rizki Aplriliyanti2. Dionadya Pratisto3. Farid Mustafa Akmal4. Firja Juliano5. Hanypah Mardiana6. Hindun Farid Lahmadi7. Ichwan Permana Putra8. Ihsan Aditya Wicaksono
  2. 2. SK 1. Memahami Permasalahan Ekonomidengan Kebutuhan Manusia,Kelangkaan dan Sistem EkonomiKD1.2. Mendeskripsikan BerbagaiSumber Ekonomi yang Langka danKebutuhan Manusia yangTerbatas
  3. 3. Indikator:No. 1.2.1 Mendeskripsikan PengertianKelangkaanMendeskripsikan Berbagai Sumber Ekonomi yangLangka dan Kebutuhan Manusia yang Terbatas
  4. 4. No. 1.2.1 Mendeskripsikan PengertianKelangkaanDalam kehidupan, manusia selalu dihadapkan kepadaberbagai masalah yang dikarenakan kesenjangan antarakeinginan dan kenyataan. Keinginan manusia tidakterbatas, sedangkan alat pemuas kebutuhannya terbatas.Karena keterbatasan alat pemuas inilah manusia dituntutarif dalam penggunaan sumber daya yang terbatas dalammenghasilkan barang dan jasa agar dapat mengimbangikeinginannya yang tidak terbatas dan untukmemperolehnya diperlukan pengorbanan.
  5. 5. Menurut ilmu ekonomi, kelangkaanmempunyai dua makna, yaitu:a) terbatas, dalam arti tidak cukupdibandingkan dengan banyaknya kebutuhanmanusia.b) terbatas, dalam arti manusia harusmelakukan pengorbanan untukmemperolehnya.
  6. 6. Jadi, dapat disimpulkan pengertian darikelangkaan adalah keterbatasan alatpemenuhan kebutuhanmanusia dihadapkan dengan kebutuhanmanusia yang tidak terbatas, baik jumlahmaupun macamnya.Contoh:Kelangkaan BBMdisebabkan jumlahkonsumen lebihbanyak daripadaSumber DayaMinyak.
  7. 7. Indikator:No. 1.2.2 Mendeskripsikan Faktor-faktorPenyebab KelangkaanMendeskripsikan Berbagai Sumber Ekonomi yangLangka dan Kebutuhan Manusia yang Terbatas
  8. 8. Penyebab kelangkaan ekonomi antara lain: Jumlahnya yang terbatas Sukar untuk memperolehnya Barang tersebut banyak yang membutuhkan Letak Geografis atau tempat Keterbatasan kemampuan manusia Kemajuan ilmu pengetahuan dan TeknologiAdapun faktor internal dan eksternalnya.
  9. 9. FAKTOR INTERNAL Sifat selalu tidak puas terhadap apa yang sudahdimiliki/dipuaskan Sifat tamak/serakah, yaitu menimbun kekayaansebanyak-banyaknya Ketidakmampuan manusia dalammemproduksi/manguasai teknologi Kebutuhan manusia yang terus meningkat
  10. 10. FAKTOR EKSTERNAL Bencana alam Perang Wabah penyakit Kebijakan pemerintahan yang tidak tepat Persediaan sumber daya alam terbatas
  11. 11. Kebutuhan manusia tidak terbatas, karena: Sifat Alami ManusiaSudah menjadi kodrat bahwa manusiamempunyai sifat yang selalu merasa kurang.Semakin tinggi tingkat penghasilan maka semakinbanyak kebutuhan yang harus dipenuhi. Tingkat PendapatanMasyarakat yang mendapat pendapatan tinggi,tentu akan sering mengeluarkan uang mereka untukmendapatkan apa yang mereka inginkan.
  12. 12.  Faktor Lingkungan dan AlamStruktur alam tempat manusia beradamendorong manusia untuk bertindak atau berbuatmenyesuaikan diri dengan lingkungan dalammempertahankan hidupnya. Contoh orang yanghidup di daerah pertanian membutuhkan cangkul,alat bajak dan sebagainya. Orang yang hidup di kotamembutuhkan kendaraan, dan lain-lain.
  13. 13.  Lingkungan SosialMasyarakat ialah faktor yang sangat dominan sebagaipenyebab tidak terbatasnya kebutuhan manusia.Contoh, saat seseorang melihat tetangga membeliLemari es. Maka orang tersebut merasa ia juga harusmembeli atau memiliki barang tersebut. Perdagangan InternationalDengan adanya perkembangan zaman, perdaganganinternasional merupakan sarana untuk mengalirkanbarang-barang baik ke luar maupun ke dalam negeri.Akibatnya, kebutuhan negara maupun kebutuhanmasyarakat meningkat dengan pesat.
  14. 14. Indikator:No. 1.2.3. Mendeskripsikan PengalokasianSumber Daya yang Mendatangkan Manfaatbagi Rakyat BanyakMendeskripsikan Berbagai Sumber Ekonomi yangLangka dan Kebutuhan Manusia yang Terbatas
  15. 15. PengalokasianSumber DayaEfisiensiPemerataan
  16. 16. Inti sari pengalokasian sumber daya adalahefisiensi dan pemerataan.Efisiensi menunjuk pada kondisi ideal ketikasuatu masyarakat dapat memperoleh hasil ataumanfaat maksimal dari penggunaan sumberdaya yang langka.Sedangkan pemerataan menunjuk pada kondisiideal ketika penggunaan sumber daya yanglangka terbagikan secara adil di antara segenapwarga masyarakat.
  17. 17. Terdapat beberapa macam sumber daya sebagaiberikut.a. Sumber Daya ManusiaSumber daya manusia disebut juga tenaga kerja(labour). Tenaga kerja mengarah pada kontribusiterhadap kegiatan produksi yang di berikan oleh parapekerja, baik dengan tenaga maupun pikiran. Unsur-unsur pembentuk sumber daya manusia meliputikeahlian, kejujuran dan keadilan, serta kekuatan fisik.
  18. 18. Dalam ilmu ekonomi tenaga kerja mencakup tenagafisik dan kemampuan mental yang dimiliki olehmanusia. Tenaga kerja juga langka. Misalnya bilasemakin banyak tenaga guru yang dihasilkan, akansemakin sedikit insinyur yang dihasilkan sehinggapada bidang-bidang tertentu menimbulkankelangkaan tenaga kerja padahal kebutuhanmanusia semakin banyak dan beragam.
  19. 19. b. Sumber Daya AlamSumber daya alam sangat terbatas (langka). Misalnyatanah yang sudah digunakan untuk mendirikanbangunan tidak bisa digunakan untuk yang lain. Dengandemikian, faktor produksi tanah menjadi langka danterbatas.
  20. 20. c. Sumber Daya ModalSumber daya modal adalah semua jenis barang yang digunakan untuk menunjang kegiatan produksi barang-barang lain. Modal terdiri dari mesin-mesin, bangunan,pembangkit tenaga listrik, dan lain-lain. Jumlah modalsangat terbatas karena kemampuan manusia untukmenghasilkan terbatas.

×