Your SlideShare is downloading. ×
Tutorial Photoshop
Tutorial Photoshop
Tutorial Photoshop
Tutorial Photoshop
Tutorial Photoshop
Tutorial Photoshop
Tutorial Photoshop
Tutorial Photoshop
Tutorial Photoshop
Tutorial Photoshop
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Thanks for flagging this SlideShare!

Oops! An error has occurred.

×
Saving this for later? Get the SlideShare app to save on your phone or tablet. Read anywhere, anytime – even offline.
Text the download link to your phone
Standard text messaging rates apply

Tutorial Photoshop

7,356

Published on

Published in: Art & Photos, Technology
3 Comments
1 Like
Statistics
Notes
No Downloads
Views
Total Views
7,356
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
0
Actions
Shares
0
Downloads
920
Comments
3
Likes
1
Embeds 0
No embeds

Report content
Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
No notes for slide

Transcript

  • 1. Dio jay – 310710021 Design22r Tutorial Photoshop: Membuat foto timbul Gambar mentah setelah diolah 1. Membuka aplikasi photoshop. 2. Drag atau open gambar mentah dari folder tempat gambar tersebut diletakan 3. Setelah gambar tersebut muncul pada aplikasi photoshop seperti pada gambar diatas (sebelah kanan), buatlah segi empat dengan menggunakan rectangle tool (shortcut U) sehingga menjadi seperti gambar dibawah ini.
  • 2. Dio jay – 310710021 Design22r 4. Klik kanan pada layer tersebut (nama layernya adalah shape 1) pada palet layer kemudian pilih “blending option”, seperti pada gambar dibawah ini. 3. arrahkan mouse ke blending option lalu klik 1. arrahkan mouse ke palet layer 2. Klik kanan 5. Setelah mengklik “blending option” maka akan muncul jendela seperti dibawah ini. Kemudian turunkan fill opacity-nya sampai 0%. Ini berguna untuk mentransparankan image sampai tak terlihat. Kemudian klik Stroke yang terdapat pada pilihan paling bawah kiri. 6. Setelah mengklik stroke maka akan muncul layar seperti dibawah ini. Kemudian size-nya dinaikan sampai 35px atau sesuai kebutuhan, dan position-nya diganti inside, kemudian color diganti warna merah dengan cara mengklik warna yang ada di sebelah kanan color kemudian
  • 3. Dio jay – 310710021 Design22r pilih putih atau sesuai kebutuhan setelah itu klik ok. 7. Maka hasilnya akan terlihat seperti gambar dibawah ini. Kemudian klik kanan lagi pada layer tersebut dan pilih “group into new smart object” setelah itu klik kanan lagi pada layer tersebut dan pilih “rasterize layer”, perintah tersebut mengakibatkan layer “shape 1” yang tadinya adalah shape menjadi image biasa.
  • 4. Dio jay – 310710021 Design22r setelah di "group setelah di "rasterize semula into ..." layer" 8. Kemudian klik kanan lagi dan pilh blending option seperti pada langkah ke-4. Dan pada kali ini pilih bevel and emboss seperti pada gambar dibawah ini. Perintah ini akan mengakibatkan gambar tersebut berbentuk seperti 3Dimensi. Atur depth, size, soften berturut-turut menjadi 200%, 7px, 0px sedangkan angle dan altitude diatur berturut-turut menjadi 130 derajat, 30 derajat (sesuai keinginan anda) hasilnya dapat langsung dilihat pada gambar di belakangnya. 9. Tidak terjadi banyak perubahan pada tahap sebelumnya hanya terlihat kotak putih tersebut seperti 3D. Kemudian klik kanan lagi pada palet layer tersebut dan pilih ”group into new object” seperti pada cara-cara sebelumnya kemudian klik kanan lagi pada layer dan pilih “rasterize layer”. Bertujuan untuk mengabungkan layer tersebut menjadi satu beserta dengan efek-efek blending optionnya. 10. Kemudian buatlah kotak putih tersebut seperti gambar dibawah ini (sebelah kanan). Dengan cara memilih layer tersebut kemudian pada toolbar yang ada disebelah atas terdapat perintah “show transform control” pastikan perintah tersebut telah dicentang sehingga pada layer “shape 1” terdapat titik pada keempat sudut dan keempat sisinya. Geser titik-titik tersebut dengan menggunakan tombol “crtl” pada keyboard bersamaan dengan menggeser titik-titik
  • 5. Dio jay – 310710021 Design22r tersebut sehingga membentuk seperti gambar berikut (sebelah kanan). 11. Crtl+klik pada palet layer dengan nama layer “shape 1”, untuk membentuk seleksi. Kemudian pilih pada menubar select->inverse maka yang terseleksi adalah sebaliknya. Kemudian pilih pada menubar layer->new->layer beri nama seleksi untuk nama layer tersebut lalu ok. Kemudian pilih pada menubar edit->fill kemudian akan muncul window baru pilih usenya menjadi white kemudian ok. Akan terbentuk gambar seperti pada sebelah kanan. Kemudian ctrl+d pada keyboard untuk menghilangkan seleksi. 12. Pilih magic wand tool (shortcut W) pada toolbar dan klik pada tengah-tengah atau didalam segiempat yang telah ditransformasi menjadi trapezium, maka lubang yang ada di dalam trapezium tersebut akan terseleksi. Kemudian aktifkan layer background kemudian ctrl+c kemudian ctrl+v untuk mengcopy dari gambar background dan mem-paste pada layer baru. Kemudian bawa layer tersebut pada posisi teratas. Kemudian delete layer seleksi. Maka akan
  • 6. Dio jay – 310710021 Design22r muncul gambar dan posisi layer seperti berikut seperti berikut. 13. Setelah muncul gambar seperti diatas grup layer yang tadi di-copy dari background dengan layer “shape 1”, dengan cara memblok kedua layer tersebut kemudian klik kanan dan pilih “group into new smart objek”. Maka akan menjadi seperti gambar dibawah (sebelah kanan) ini. Kemudian rasterize layer tersebut. 14. Setelah itu seleksi bagian atas gunung yang terkena sisi atas dari persegi putih tersebut. Seperti berikut. Copy dari background kemudian paste (ctrl+c kemudian ctrl+v), setelah itu layer hasil copy tadi dibawah ke paling atas pada pallet layer. Sehingga akan terjadi seperti pada gambar di bawah ini (sebelah kanan).
  • 7. Dio jay – 310710021 Design22r 15. Dengan menggunakan layer mask kita dapat membuat seolah-olah bingkai putih itu menyatu dengan gunung-gunung air tersebut caranya adalah mengahapus bagian sisi dari gunung tersebut sehingga bingkai putih yang telah tertutup oleh awan terlihat seperti gambar dibawah ini. 16. Kemudian aktifkan layer masknya maka pada tulisan yang berada pada bagian atas gambar akan berubah menjadi layer mask dengan mengklik bagian putih yag ditunjukan pada gambar di atas. Dan warna pada mode layer mask ini hanya hitam atau putih hitam untuk mentransparankan gambar sedangkan putih untuk menampilkan gambar. Setelah di layer mask maka gambar
  • 8. Dio jay – 310710021 Design22r tersebut akan menjadi seperti berikut (sebelah bawah). Kemudian disable layer background sehingga menjadi seperti gambar ketiga berikut. 17. Crop gambar tersebut dengan memilih tool crop pada toolbar. Sehingga menjadi seperti dibawah ini.
  • 9. Dio jay – 310710021 Design22r 18. Kemudian enable background dan potong sehingga tersisa langitnya saja. Sebelumnya layer background harus dijadikan layer dengan cara double klik pada layer background seperti pada gambar dibawah ini. Kemudian buat layer baru dibawah layer 0 dan fill dengan warna yang sama dengan warna langit (biru langit), cara untuk mengambil warnanya adalah dengan memilih eyedropper tool pada toolbar kemudian klik pada warna langit yang diinginkan dan setelah di fill dapat dilihat akan menjadi seperti gambar dibawah ini. 19. Kemudian berikan fariasi agar langit dapat menyatu dengan warna biru yang ada dibawah dengan cara menggunakan tool pada toolbar yang bernama brush, clone, dan blur sehingga layer langit yang ada di atas dan layer yang warna biru dibawah dapat menyatu.. sehingga menjadi seperti gambar dibawah ini.
  • 10. Dio jay – 310710021 Design22r 20. Tambahkan drop shadow pada layer 1 (“blending option->drop shadow”) sehinnga dapat menjadi seperti gambar berikut. 21. Tambahkan tulisan atau hal-hal yang dapat membuat gambar anda lebih menarik sesuai dengan keinginan anda.

×