Your SlideShare is downloading. ×
  • Like
Peradaban lembah sungai kuning
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Thanks for flagging this SlideShare!

Oops! An error has occurred.

×

Now you can save presentations on your phone or tablet

Available for both IPhone and Android

Text the download link to your phone

Standard text messaging rates apply

Peradaban lembah sungai kuning

  • 5,259 views
Published

Disusun oleh: Amanda Mutiara, Aninditia Larasati, Devira Hendrawati, Dini Islamiana

Disusun oleh: Amanda Mutiara, Aninditia Larasati, Devira Hendrawati, Dini Islamiana

Published in Education
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
No Downloads

Views

Total Views
5,259
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
0

Actions

Shares
Downloads
243
Comments
2
Likes
1

Embeds 0

No embeds

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
    No notes for slide

Transcript

  • 1. Peradaban Lembah Sungai KOleh uning Kelompok 5 Amanda M utiara Aninditia L arasati Devira H endrawati Dini Islamiana
  • 2. Peradaban L embah SungaiK uning adalah peradaban bangsa Cina yangmuncul di lembah Sungai Kuning(Hwang Ho atau yang sekarangdisebut Huang He). Sungai Hwang Hodisebut sebagai Sungai Kuning karenamembawa lumpur kuning sepanjangalirannya.
  • 3. Zaman Prasejarah Manusia tertua yang pernah ditemukan diCina adalah Pithecanthropus Pekinensis yanghidup dengan Pithecanthropus Erectus padazaman yang sama. Ditemukan di Gua Chou KauTien , dan di sekitar Sungai Hwang Zhi denganbeberapa artefak kunonya.
  • 4. Zaman Kuno1. Dinasti Xia (2100 SM-1600 SM) Dinasti Xia adalah dinasti pertama yang diceritakan dalam catatan sejarah. Dinasti ini didirikan oleh Yu yang Agung . Sebagian besar arkeolog sekarang menghubungkan Dinasti Xia dengan hasil-hasil ekskavasi di Erlitou, provinsiHenan , yang berupa temuan perunggu leburan dari sekitar tahun 2000 SM. Beragam tanda-tanda yang terdapat pada tembikar dan kulit kerang yang ditemukan pada periode ini, diduga adalah bentuk pendahulu dari aksara moderen Cina Dinasti Xià memiliki puluhan ribu negara upeti, dan para sejarawan dari aliran ajaran Marxisme di Cina daratan menetapkan Dinasti Xià sebagai sebuah negara budak sekitar 400 tahun, yang kemudian dimusnahkan olehDinasti Shang.
  • 5. Tembikar peninggalan dinasti Xia
  • 6. 2. Dinasti Shāng (1600—1046 SM) adalah dinasti yang mengantikan Dinasti Xià dalam sejarah Cina. Sekitar tahun 1600 SM, Dinasti Shāng didirikan oleh pemimpin suku Shāng, yaitu Tāng setelah memusnahkan Dinasti Xià. Pada zaman Dinasti Shāng, mulai dikembangkan kemampuan kerajinan besi, kerajinan keramik dan porselin, perdagangan juga sangat pesat. Dari hasil penemuan tulang ramalan (Jiǎgúwén) membuktikan perkembangan tulisan pada masa Dinasti Shāng sudah mengalami suatu masa perkembangan yang cukup lama. Astrologi dan tata hukum lebih maju dari zaman Dinasti Xià, banyak penemuan baru dari ilmu perbintangan, seperti ditemukannya planet Mars dan planet Venus, selain itu, juga terdapat catatan tertulis tentang ilmu matematika dan medis, serta perkembangan seni musik juga sudah sangat tinggi, muncul banyak alat musik dan seni tari; seperti Diāosù yang merupakan salah satu seni paling terkenal pada masyarakat perbudakan Dinasti Shāng .
  • 7. Masyarakat Cina masa ini mempercayai banyak dewa, merekajuga percaya bahwa nenek moyang mereka, termasuk orang tuadan kakek-nenek mereka, setelah meninggal akan menjadiseperti dewa pula dan layak disembah.Sekitar tahun 1500 SM,orang Cina mulai menggunakan tulang orakel untukmemprediksi masa depan.
  • 8. Porselin bangsawan dinasti Shang Jiǎgúwén dari tulang
  • 9. 3. Dinasti Zhou (1066 SM - 221 SM) adalah dinastiterakhir sebelum Cina resmi disatukan dibawah Dinasti Qin . Dinasti Zhou adalah dinasti yangbertahan paling lama dibandingkan dengan dinastilainnya dalam sejarah Cina, dan penggunaan besi mulaidiperkenalkan di Cina mulai zaman ini. DinastiZhou adalah dinasti terlama berkuasa dalam sejarahCina menurut Proyek Kronologi Xia Shang Zhouberkuasa antara 1046 SM hingga 256 SM. Dinasti inimulai tumbuh dari lembah Sungai Kuning, di sebelahbarat Shang. Penguasa Zhou, Wu Wang , berhasilmengalahkan Shang pada Pertempuran Muye. SeratusAliran Pemikiran dari filsafat Cina berkembang padazaman ini, berikut juga beberapa gerakan intelektualberpengaruhseperti Konfusianisme, Taoisme,danLegalisme
  • 10. Bejana ritual (You), darizaman Dinasti Zhou Barat. Bejana pu berdesain naga
  • 11. a) Ajaran Konfusianisme atau Kong Hu Cu dalam bahasa Tionghoa , istilah aslinya adalah Rujiao yang berarti agama dari orang-orang yang lembut hati, terpelajar dan berbudi luhur.b) Taoisme yang membahas “hidup abadi” dalam konteks ajarannya, dan dijadikan dasar perkembangan kepercayaan manu sia untuk menjadi dewa dalam mencapai keabadian.Lambang Yin Yan pertama diperkenalkan dalam ajaran ini.c) Legalisme adalah suatu filsafat politik pragmatis yang tidak menjawab pertanyaan-pertanyaan tingkat tinggi seperti alam dan tujuan kehidupan, ia mengedepankan aturan hukum dalam kehidupan manusia.
  • 12. Salahsatu perguruan Konghucu yang masih berdiri sampai saat ini
  • 13. Zaman Kekaisaran1. Dinasti Qin (221 SM–206 SM) Dinasti Qin berhasil menyatukan Cina yang terpecah menjadi beberapa kerajaan pada Periode Negara Perang melalui serangkaian penaklukan terhadap kerajaan-kerajaan lain, dengan penaklukan terakhir adalah terhadap kerajaan Qi pada sekitar tahun 221 SM . Dinasti ini terkenal mengawali pembangunan Tembok Besar Cina yang belakangan diselesaikan oleh Dinasti Ming serta peninggalan Terakota di makam Qin Shi Huang.
  • 14. Porselin dinasti QinQin Shi Huang
  • 15. 2. Dinasti Han (206 SM–220 M) Dinasti Han didirikan oleh Liu Bang , seorang petani yang memimpin pemberontakan rakyat dan meruntuhkan dinasti sebelumnya, Dinasti Qin, pada tahun 206 SM. Zaman kekuasaan Dinasti Han terbagi menjadi dua periode yaitu Dinasti Han Barat dan Dinasti Han Timur yang dipisahkan oleh periode pendek Dinasti Xin .Kaisar Wu berhasil mengeratkan persatuan dan memperluas kekaisaran Cina dengan mendesak bangsa Xiongnu ke arah stepa- stepa Mongolia Dalam, dengan demikian merebut wilayah-wilayah Gansu, Ningxia, dan Qinghai. Hal tersebut menyebabkan terbukanya untuk pertama kali perdagangan antara Cina dan Eropa, melalui Jalur Sutra.
  • 16. Lentera minyak Dinasti Han, Lukisan kuno Dinasti Han, abad ke-2 SM abad ke-2 SM
  • 17. 3. Dinasti Sui (589M–618M) Setelah hampir empat abad perpecahan, Dinasti Sui berhasil mempersatukan kembali Cina pada tahun 589 dengan penaklukan Yang Jian, pendiri Dinasti Sui,terhadap Dinasti Chen di selatan. Periode kekuasaan dinasti ini antara lain ditandai dengan pembangunan Terusan Besar Cina dan pembentukan banyak lembaga pemerintahan yang nantinya akan diadops oleh Dinasti Tang.
  • 18. Patung Bodhisattva dari batu kapur, Dinasti Sui Utara, 570 Masehi, provinsi Henan.
  • 19. 4. Dinasti Tang (618 M–907 M) Pada 18 Juni 618, Li Yuan naik tahta dan memulai era Dinasti Tang yang menggantikan Dinasti Sui . Zaman ini merupakan masa kemakmuran dan perkembangan seni dan teknologi Cina. Agama Buddha menjadi agama utama yang dianut oleh keluarga kerajaan serta rakyat kebanyakan. Sejak sekitar tahun 860, Dinasti Tang mulai mengalami kemunduran karena munculnya pemberontakan- pemberontakan.
  • 20. Porsenlin dan gucipeninggalan dinasti Tang
  • 21. 5.Dinasti Yuan (1279 M–1368 M) Antara tahun 1279 hingga tahun 1368, Cina dikuasai oleh Dinasti Yuan yang berasal dari Mongolia dan didirikan oleh Kublai Khan. Dinasti ini menguasai Cina setelah berhasil meruntuhkan Dinasti Jin di utara sebelum bergerak ke selatan dan mengakhiri kekuasaan Dinasti Song. Dinasti ini adalah dinasti pertama yang memerintah seluruh Cina dari ibu kota Beijing. Pada pemerintahan Dinasti Yuan terjadi epidemi abad ke-14 berupa wabah penyakit pes (Kematian Hitam), dan diperkirakan telah menewaskan 30% populasi Cina saat itu.
  • 22. Kublai Khan,pendiri Dinasti Yuan
  • 23. 6.Dinasti Ming (1368 M–1644 M) Selama masa Dinasti Ming, pembangunan terakhir Tembok Besar Cina selesai dilaksanakan, sebagai usaha perlindungan bagi Cina atas invasi dari bangsa-bangsa asing. Meskipun pembangun- annya telah dimulai di masa sebelumnya, se- sungguhnya sebagian besar tembok yang terlihat saat ini adalah yang telah dibangun atau diperbaiki oleh Dinasti Ming. Bangunan bata dan granit telah diperluas, menara pengawas dirancang-ulang, serta meriam-meriam ditempatkan di sepanjang sisinya.
  • 24. Tembok China
  • 25. Pedang dan lukisanpeninggalan dinasti Ming
  • 26. 7. Dinasti Qing (1644 M–1911 M) Beberapa pemberontakan yang memakan korban jiwa dan harta yang lebih besar kemudian terjadi, yaitu Perang Suku Punti-Hakka, Pemberontakan Nien, Pemberontakan Minoritas Hui, Pemberontakan Panthay, dan Pemberontakan Boxer .Dalam banyak hal, pemberontakan- pemberontakan tersebut dan perjanjian tidak adil yang berhasil dipaksakan oleh kekuatan imperialis asing terhadap Dinasti Qing, merupakan tanda-tanda ketidakmampuan Dinasti Qing dalam menghadapi tantangan-tantangan baru yang muncul di abad ke-19.
  • 27. Kartun politik Perancis, akhir 1890-an. Kue melambangkan Cina dibagi-bagiantaraInggris, Jerman, Rusia, Perancis, danJepang.