Siklus fosfor

31,220 views
30,970 views

Published on

Published in: Education
0 Comments
16 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
31,220
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
0
Actions
Shares
0
Downloads
1,157
Comments
0
Likes
16
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Siklus fosfor

  1. 1. Posfor terdapat di alam dalam bentuk Daur Posfor ion fosfat (PO43-). Ion Fosfat terdapat Posfor merupakan elemen dalam bebatuan. Adanya peristiwa penting dalam kehidupan erosi dan pelapukan menyebabkan karena semua makhluk hidup fosfat terbawa menuju sungai hingga laut membentuk sedimen. Adanya membutuhkan posfor dalam pergerakan dasar bumi menyebabkan bentuk ATP (Adenosin Tri sedimen yang mengandung fosfat Fosfat), sebagai sumber energi muncul ke permukaan. Di darat untuk metabolisme sel. tumbuhan mengambil fosfat yang terlarut dalam air tanah Herbivora mendapatkan fosfat dari tumbuhan yang Bakteri dan jamur dimakanny a dan karnivora mengurai bahan-bahan mendapatkan fosfat dari herbivora yang anorganik di dalam dimakannya. Seluruh tanah lalu melepaskan hewan mengeluarkan pospor kemudian fosfat melalui urin dan diambil oleh tumbuhan. feses.
  2. 2. Fosfat organik dari hewan dan 2. Siklus Fosfor tumbuhan yang mati diuraikan oleh dekomposer (pengurai) Di alam, fosfor menjadi fosfat anorganik. terdapat dalam dua Fosfat anorganik yang terlarut di air tanah atau air laut akan bentuk, yaitu terkikis dan mengendap di senyawa fosfat sedimen laut. Oleh karena itu, fosfat banyak terdapat di batu organik (pada karang dan fosil. Fosfat dari tumbuhan dan batu dan fosil terkikis dan membentuk fosfat anorganik hewan) dan senyawa terlarut di air tanah dan laut. fosfat anorganik Fosfat anorganik ini kemudian akan diserap oleh akar (pada air dan tanah). tumbuhan lagi. Siklus ini
  3. 3. Fosfor juga ditemukan sebagai komponen utama dalam pembentukan gigi dan tulang vertebrata. Daur fosfor tidak melalui komponen atmosfer. Fosfor terdapat di alam dalam bentuk ion fosfat (fosfor yang berikatan dengan oksigen). Ion fosfat terdapat dalam bebatuan. Adanya peristiwa erosi dan pelapukan menyebabkan fosfat terbawa menuju sungai hingga laut membentuk sedimen. Adanya pergerakan dasar bumi menyebabkan sedimen yang mengandung fosfat muncul ke permukaan. Di darat tumbuhan mengambil fosfat yang terlarut dalam air tanah. Herbivora mendapatkan fosfat dari tumbuhan yang dimakannya nya. Seluruh hewan mengeluarkan fosfat melalui urin dan feses. Bakteri dan jamur mengurai bahan- bahan anorganik di dalam tanah lalu melepaskan fosfor kemudian diambil oleh tumbuhan.
  4. 4. dan karnivora mendapatkan fosfat dari herbivora yang dimakanFosfor dibutuhkan oleh makhluk hidup untuk pembentukan ATP. Fosfor terdapat di alam dalam bentuk ion fosfat yang terdapat dalam bebatuan. Fosfor dalam tanah dan bebatuan terkikis/tererosi bersama air dalam bentuk fosfat (senyawa anorganik). Sebagian dimanfaatkan tumbuhan dan sebagian lagi mengikuti air ke laut hingga membentuk sedimen.
  5. 5. Daur Posfor Posfor merupakan elemen penting dalam kehidupan karena semua makhluk hidup membutuhkan posfor dalam bentuk ATP (Adenosin Tri Fosfat), sebagai sumber energi untuk metabolisme sel. Posfor terdapat di alam dalam bentuk ion fosfat (PO43-). Ion Fosfat terdapat dalam bebatuan. Adanya peristiwa erosi dan pelapukan menyebabkan fosfat terbawa menuju sungai hingga laut membentuk sedimen. Adanya pergerakan dasar bumi menyebabkan sedimen yang mengandung fosfat muncul ke permukaan. Di darat tumbuhan mengambil fosfat yang terlarut dalam air tanah Herbivora mendapatkan fosfat dari tumbuhan yang dimakannya dan karnivora mendapatkan fosfat dari herbivora yang dimakannya. Seluruh hewan mengeluarkan fosfat melalui urin dan feses.
  6. 6. Daur fosfor terlihat akibat aliran air pada batu-batuan akan melarutkan bagian permukaan mineral termasuk fosfor akan terbawa sebagai sedimentasi ke dasar laut dan akan dikembalikan ke daratan. Burung laut mempunyai peran penting dalam proses ini, ia akan mengembalikan fosfor dalam bentuk fosfat. Perubahan dari anorganik fosfat tidak larut (insoluble) ke fosfat terlarut (soluble) merupakan aktivitas mikroorganisme yang mampu mengubah fosfor tidak larut ke fosfat terlarut dapat di ketahui dengan metoda agar
  7. 7. SIKLUS FOSFOR
  8. 8. PENJELASAN MENGENAI SIKLUS FOSFOR Posfor terdapat di alam dalam bentuk ion fosfat (PO43-). Ion Fosfat terdapat dalam bebatuan. Adanya peristiwa erosi dan pelapukan menyebabkan fosfat terbawa menuju sungai hingga laut membentuk sedimen. Adanya pergerakan dasar bumi menyebabkan sedimen yang mengandung fosfat muncul ke permukaan. Di darat tumbuhan mengambil fosfat yang terlarut dalam air tanah Herbivora mendapatkan fosfat dari tumbuhan yang dimakannya dan karnivora mendapatkan fosfat dari herbivora yang dimakannya. Seluruh hewan mengeluarkan fosfat melalui urin dan feses. Bakteri dan jamur mengurai bahan-bahan anorganik di dalam tanah lalu melepaskan pospor kemudian diambil oleh tumbuhan. Daur fosfor terlihat akibat aliran air pada batu-batuan akan melarutkan bagian permukaan mineral termasuk fosfor akan terbawa sebagai sedimentasi ke dasar laut dan akan dikembalikan ke daratan. Burung laut mempunyai peran penting dalam proses ini, ia akan mengembalikan fosfor dalam bentuk fosfat. Perubahan dari anorganik fosfat tidak larut (insoluble) ke fosfat terlarut (soluble) merupakan aktivitas mikroorganisme yang mampu mengubah fosfor tidak larut ke fosfat terlarut dapat di ketahui dengan metoda agar dengan menambahkan glukosa dan Ca3 (PO4).
  9. 9. SEKIAN PRESENTASI DARI KELOMPOK KAMI CUKUP SEKIAN DAN TERIMA KASIH ATAS PERHATIANNYA

×