Your SlideShare is downloading. ×
0
Presentasi karya tulis
Presentasi karya tulis
Presentasi karya tulis
Presentasi karya tulis
Presentasi karya tulis
Presentasi karya tulis
Presentasi karya tulis
Presentasi karya tulis
Presentasi karya tulis
Presentasi karya tulis
Presentasi karya tulis
Presentasi karya tulis
Presentasi karya tulis
Presentasi karya tulis
Presentasi karya tulis
Presentasi karya tulis
Presentasi karya tulis
Presentasi karya tulis
Presentasi karya tulis
Presentasi karya tulis
Presentasi karya tulis
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Thanks for flagging this SlideShare!

Oops! An error has occurred.

×
Saving this for later? Get the SlideShare app to save on your phone or tablet. Read anywhere, anytime – even offline.
Text the download link to your phone
Standard text messaging rates apply

Presentasi karya tulis

9,946

Published on

Published in: Education
1 Comment
5 Likes
Statistics
Notes
No Downloads
Views
Total Views
9,946
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
0
Actions
Shares
0
Downloads
306
Comments
1
Likes
5
Embeds 0
No embeds

Report content
Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
No notes for slide

Transcript

  • 1. Penggunaan Bahasa Gaul di Kalangan Remaja Diba Efriza Mahanti Puput Ristanty 11 IPA 6
  • 2. Bab I 1.1 Latar Belakang 1.2 Tujuan Penelitian 1.3 Rumusan Masalah 1.4 Metode Penelitian
  • 3. 1.1 Latar Belakang Seperti kita ketahui bahasa indonesia secara baik dan benar di kalangan generasi muda jarang di aplikasikan. Pada zaman globalisasi yang semakin canggih ini menjadikan anak muda sekarang sudah melupakan norma-norma yang berlaku, seperti menggunakan bahasa yang kurang sesuai dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Bahasa yang digunakan oleh anak muda sekarang ini memang melenceng dari bahasa Indonesia yang baik dan benar, yang kemudian disebut dengan bahasa gaul.
  • 4. 1.2 Tujuan Penelitian 1.2.1 Untuk mengetahui seberapa banyak pengguna bahasa gaul di kalangan anak muda sekarang ini. 1.2.2 Untuk mengetahui tanggapan kalangan muda tentang bahasa gaul yang digunakan sekarang-sekarang ini. 1.2.3 Untuk mengetahui bagaimana para remaja menyikapi pemakaian bahasa gaul dalam kehidupan sehari-hari. 1.2.4 Untuk mengetahui seberapa jauh kalangan muda sekarang ini mengetahui perbedaan antara bahasa gaul dengan bahasa yang baik dan benar. 1.2.5 Untuk mengetahui bagaimana kalangan remaja mengaplikasikan bahasa yang baik dan benar dalam kehidupan sehari-hari.
  • 5. 1.3 Rumusan Masalah 1.3.1 Apa pengertian bahasa gaul menurut pendapat para remaja? 1.3.2 Apakah para remaja tahu kapan harus menggunakan bahasa gaul itu? 1.3.3 Apa pengertian bahasa yang baik dan benar menurut pendapat para remaja? 1.3.4 Apakah bahasa yang gaul itu merusak bahasa yang baik dan benar? 1.3.5 Bagaimana cara yang ideal untuk mengaplikasikan bahasa gaul dengan bahasa yang benar dalam kehidupan?
  • 6. 1.4 Metode Penelitian Metode yang dipakai dalam pembuatan karya tulis ilmiah ini adalah metode dengan cara angket & telaah buku. Metode angket ini kami pilih karena metode ini dianggap dapat lebih akurat untuk mengetahui seberapa besar pengetahuan kaum muda tentang bahasa gaul. Metode ini menggunakan grafik untuk mengetahui lebih jelas angka yang lebih akurat. Dan ada beberapa buku yang kita jadikan sebagai sumber penelitian.
  • 7. Bab II 2.1 Pengertian bahasa gaul. 2.2 Pendapat para remaja tentang apakah mereka tahu kapan harus menggunakan bahasa gaul. 2.3 Pengertian bahasa yang baik dan benar. 2.4 Pendapat para remaja tentang apakah bahasa gaul itu merusak bahasa yang baik dan benar. 2.5 Cara mengaplikasikan bahasa gaul dengan bahasa yang baik dan benar dalam kehidupan sehari-hari.
  • 8. 2.1 Pengertian Bahasa Gaul Bahasa gaul adalah ragam bahasa Indonesia nonstandar yang lazim digunakan di Jakarta pada tahun 1980-an hingga saat ini menggantikan bahasa yang lebih lazim dipakai pada tahun-tahun sebelumnya. Ragam ini semula diperkenalkan oleh generasi muda yang mengambilnya dari kelompok waria dan masyarakat terpinggir lain. Bahasa gaul merupakan bahasa yang saat ini menjadi trend anak muda zaman sekarang. Mereka menggunakan bahasa gaul dalam suatu kelompok tertentu yang mereka masuk didalamnya. Mereka menggunakan bahasa gaul di dalam kelompoknya agar dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan disekitarnya dan agar mereka tidak dianggap ketinggalan zaman.
  • 9. Contoh Bahasa Gaul yang digunakan di Kalangan Remaja GPL = Gak Pake Lama MBB = Maaf Baru Bales Bigos = Biang Gosip Comel = Banyak Bicara Woles = Santai Yoman = Iya/benar Caw = Pergi Ngemeng = Ngomong/bicara
  • 10. 2.2 Pendapat para remaja tentang apakah mereka tahu kapan harus menggunakan bahasa gaul Berikut ini adalah grafik yang menunjukan apakah para remaja tahu kapan harus menggunakan bahasa gaul dari hasil angket. 42 8 0 5 10 15 20 25 30 35 40 45 Kategori Ya Tidak
  • 11. Dari grafik diatas dapat kita ketahui bahwa ada beberapa remaja yang belum mengetahui kapan saatnya mereka menggunakan bahasa yang baik dan benar dengan bahasa gaul. Kurangnya pengetahuan para remaja tentang kapan mereka harus menggunakan bahasa yang baik dan benar dengan bahasa gaul menyebabkan kurang adanya norma kesopanan dalam diri mereka. Seharusnya mereka tahu kapan harus menggunakan bahasa gaul dengan bahasa yang baik dan benar.
  • 12. 2.3 Pengertian bahasa yang baik dan benar Dalam suatu situs menyebutkan bahwa bahasa Indonesia yang baik dan benar adalah bahasa Indonesia yang digunakan sesuai dengan situasi pembicaraan (yakni, sesuai dengan lawan bicara, tempat pembicaraan, dan ragam pembicaraan) dan sesuai dengan kaidah yang berlaku dalam Bahasa Indonesia (seperti, sesuai dengan kaidah ejaan (EYD), pungtuasi, istilah, dan tata bahasa dan berbasis rumus SPOK. Berdasarkan uraian diatas, kita tahu bahwa bila kita menggunakan bahasa yang baik dan benar dalam kehidupan sehari-hari maka kita telah menjalankan fungsi bahasa yang baik dan benar. Fungsinya adalah sebagai berikut.
  • 13. Bahasa yang baik dan benar itu memiliki empat fungsi : (1) Fungsi pemersatu kebhinnekaan rumpun dalam bahasa dengan mengatasi batas batas kedaerahan; (2) Fungsi penanda kepribadian yang menyatakan identitas bangsa dalam pergaulan dengan bangsa lain; (3) Fungsi pembawa kewibawaan karena berpendidikan dan yang terpelajar; dan (4) Fungsi sebagai kerangka acuan tentang tepat tidaknya dan betul tidaknya pemakaian bahasa.
  • 14. Contoh Bahasa Indonesia yang Baik dan Benar: Misalkan dalam pertanyaan sehari-hari dengan menggunakan bahasa yang baku. Contoh: * Ketika dalam dialog antara seorang Guru dengan seorang murid Pak guru : Andros, apakah kamu sudah mengerjakan PR? Andros : Sudah saya kerjakan pak. Pak guru : Baiklah kalau begitu, segera dikumpulkan. Andros : Terima kasih Pak , akan segera saya kumpulkan.
  • 15. 2.4 Pendapat para remaja tentang apakah bahasa gaul itu merusak bahasa yang baik dan benar Berikut ini adalah grafik yang menunjukan pendapat para remaja apakah bahasa gaul itu merusak bahasa yang baik dan benar dari hasil angket. 20 30 0 5 10 15 20 25 30 35 Kategori Ya Tidak
  • 16. Dari grafik diatas, dapat disimpulkan bahwa mayoritas remaja telah memilih bahwa bahasa gaul itu tidak merusak bahasa yang baik dan benar. Mereka menganggap bahwa bahasa gaul yang tidak kasar itu tidak merusak bahasa yang baik dan benar.
  • 17. 2.5 Cara mengaplikasikan bahasa gaul dengan bahasa yang baik dan benar dalam kehidupan sehari-hari. Cara mengaplikasikan bahasa gaul dengan bahasa yang baik dan benar adalah kita harus mengetahui terlebih dahulu dimana, kapan, dan dengan siapa kita sedang berbicara serta kita perlu melihat situasi dan kondisi orang yang kita ajak bicara. Misalnya, kita tidak mungkin berbicara secara informal (menggunakan bahasa gaul) saat di seminar, presentasi, dll. Kita juga tidak mungkin menggunakan bahasa gaul/ bahasa santai dengan orang yang lebih tua dari kita, karena itu sama saja dengan tidak menghormati orang tersebut serta menandakan bahwa kita tidak memiliki adab kesopanan. Bila kita ingin dihormati, maka hormatilah dulu orang lain.
  • 18. Bab III 3.1 Kesimpulan 3.2 Saran
  • 19. 3.1 Kesimpulan Bahasa yang benar adalah bahasa yang idealnya menaati kaidah secara penuh. Ketepatan kaidah tata bahasa, intonasi, serta ekspresi adalah komponen yang mutlak harus dipenuhi oleh sang pembicara. Bahasa yang benar ini digunakan dalam situasi formal yang cenderung kaku dan bersifat satu arah dalam situasi lisan. Bahasa yang baik adalah bahasa yang memiliki kesesuaian situasi dan kondisi pembicaraan. Saat kita berbicara atau menulis, kita akan menyesuaikan bahasa dan cara berbicara atau menulis kita dengan yang diajak bicara dan situasi serta kondisi pembicaraan.
  • 20. 3.2 Saran Kita sebagai generasi penerus bangsa seharusnya memperbaiki bahasa sehari-hari yang kita gunakan, apakah bahasa yang kita gunakan sudah masuk dalam bahasa yang baik dan benar atau belum. Karena tutur kata seseorang menggambarkan budi pekerti orang tersebut. Bahasa yang kita gunakan itu menunjukan pribadi seseorang. Kita perbaiki diri kita sendiri, baru dapat memperbaiki orang lain. Mungkin dengan berlatih berbicara bahasa yang baik dan benar dengan lawan bicara dalam kehidupan sehari-hari dapat melatih kita untuk tidak merusak bahasa yang baik dan benar.

×