Hemat listrik untuk bumi kita power point

5,205 views

Published on

0 Comments
5 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
5,205
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
124
Actions
Shares
0
Downloads
260
Comments
0
Likes
5
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Hemat listrik untuk bumi kita power point

  1. 1. Hemat Listrik Untuk Bumi Kita Oleh Diana Kartini Putri“ Siapa yang mengambil dunia dari batas kecukupannya, tanpa terasa ia telah merenggut ajal kematiannya “ (H.R. Al-Bazzar)
  2. 2. Menghemat listrik adalahsuatu kegiatan yang dapatmembuat konsumsi energi listrikmenjadi berkurang denganberbagai cara. Selain listrik, kitaperlu juga berhemat air yang kitadapat dengan cara membayar(PAM) maupun yang kita raihdengan cara gratis (sumur bor)atau pun yang lainnya.
  3. 3. Isu global yang akhir-akhir inimenghebohkan dunia, yaitu gejalaglobal warming. Pemanasan globalatau Global Warming adalahadanya prosespeningkatan suhu rata-rata atmosfer, laut, dandaratan Bumi. Suhu rata-rata globalpada permukaan Bumi telahmeningkat 0.74 ± 0.18 °C(1.33 ±0.32 °F) selama seratus tahunterakhir.
  4. 4. Global warming dipicu oleh aktivitas menusiaakibat gas efek rumah kaca salah satu hal yang banyakdigunakan manusia adalah listrik. Sejak awalditemukannya, listrik telah berkontribusi banyak dalamkehidupan manusia. Peranannya beragam, mulai darifungsi sederhana seperti untuk penerangan, hinggadapat digunakan sebagai media transmisi data untukkeperluan telekomunikasi. Seperti motto PLN, listrikmemang menjadikan hidup manusia jauh lebih baik.Secara tersirat, motto tersebut mengimplikasikanbahwa listrik sedikit banyak turut mengambil perandalam hal memajukan sebuah bangsa. Bagaimanatidak, hampir semua media pembelajaran dan sumberinformasi menggunakan listrik sebagai sumberenerginya. Data rasio elektrifikasi PT. PLN (Persero)menunjukkan bahwa rasio elektrifikasi Indonesia saatini telah mencapai 62%. Penggunaan listrik yang cukuptinggi terutama di pulau jawa dan bali jumlah totalpelanggan PLN hingga 2009, sebanyak 39,12 jutapelanggan , sedangkan pelanggan pada 2008 sebanyak38,62 juta pelanggan.
  5. 5. Peningkatan jumlah pengguna listrikterus meningkat, namun jumlah energiyang terbatas mengharuskan kita untukberhemat. Seperti yang kita ketahuibahwa sumber daya energi di bumijumlahnya terbatas, sementarakebutuhan akan listrik terus meningkatjika kita menggunakan energi secaraberlebih akan mengganggukelangsungan hidup alam ini, untuk ituharuslah ada solusi yang tepat dalammenangani permasalahan ini.
  6. 6. Salah satunya dengan kampanyeglobal WWF (World Wide Fund forNature/World Wildlife Fund), EarthHour yaitu kegiatan yang bertujuanuntuk menghemat energi denganmematikan lampu dan peralatanelektronik yang digalang oleh LSMglobal WWF. bukan hanyamenghasilkan penghematan listrik diJawa-Bali saja. DiSumatera, kampanye ini juga bisamengurangi daya listrik sebesar 100MW, atau senilai Rp 200 juta.
  7. 7. Untuk itu hematlah listrik untukkelangsungan bumi yang kitacintai bersama, dan jangan habispada Sabtu malam kemarin saja,tetapi jadikanlah itu semua awaluntuk perubahan kehidupan yanglebih hemat dalam menggunakanlistrik. Yang Penting Hemat!!!
  8. 8. Thank’s foryour attention

×