Makan ikan dapat menurunkan risiko kanker payudara
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×
 

Makan ikan dapat menurunkan risiko kanker payudara

on

  • 280 views

 

Statistics

Views

Total Views
280
Views on SlideShare
280
Embed Views
0

Actions

Likes
0
Downloads
5
Comments
0

0 Embeds 0

No embeds

Accessibility

Categories

Upload Details

Uploaded via as Microsoft Word

Usage Rights

© All Rights Reserved

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
Post Comment
Edit your comment

Makan ikan dapat menurunkan risiko kanker payudara Makan ikan dapat menurunkan risiko kanker payudara Document Transcript

  • Makan Ikan Dapat Menurunkan Risiko Kanker Payudara by Ilham Choirul repost : dme pria tangguh nkri Secara rutin memakan ikan yang berlemak memiliki manfaat yang positif dalam mencegah risiko kanker payudara. Menurut studi terbaru dari Universitas Zheijiang di Huangzhou, Cina, ikan jenis tersebut memiliki n-3 asam lemak tak jenuh ganda (PUFA) yang mampu memberikan efek perlindungan bagi payudara.Demikian dikutip dari Health. Ikan berlemak bisa ditemukan pada banyak jenis ikan. Contohnya adalah salmon, tuna, dan sarden. Asam lemak tak jenuh ganda yang ada di ikan tersebut terlibat dalam pengiriman pesan kimia ke otak. Lalu, pengaruhnya adalah mengatur aktivitas kedua pembuluh darah dan meningkatkan sistem kekebaan tubuh. Selain itu, asam lemak ini sangat baik untuk menurunkan risiko masalah jantung. Studi ini sebenarnya bertentangan dengan studi sebelumnya yang tidak menemukan kaitan perlindungan pada asam lemak tak jenuh ganda terhadap risiko kanker payudara. Namun, peneliti Duo Li yang juga profesor nutrisi, mencoba menggali kembali hasil 21 studi dan menganalisa ulang. Duo Li dan timnya menganalisa berbagai studi berkaitan yang melibatkan 800 ribu wanita di AS, Eropa, Asia, berserta 20 ribu kasus kanker payudara.
  • Hasilnya memang berbeda. Tim peneliti melihat antara asam lemak tak jenuh ganda dan risiko kanker payudara sangat berkaitan. Mengonsumsi sebagian besar jenis asam lemak tak jenuh ganda dapat menurunkan risiko kanker payudara hingga 14 persen. Setiap kenaikan konsumsi asam lemak ini sebesar 0,1 gram per hari, akan menurunkan risiko hingga 5 persen. “Peningkatan n-3 PUFA asupan memiliki efek perlindungan untuk kanker payudara,” kata Duo Li. “Satu sampai dua porsi ikan berminyak per orang per minggu disarankan,” tambahnya. Namun perlu berhati-hati. Terlalu banyak mengonsumsi beberapa ikan juga mungkin tidak sehat. Sebagian ikan memiliki kandungan merkuri. Jika pemenuhan makan ikan dilakukan berlebihan pada ikan bermerkuri tinggi, maka tidk baik untuk kesehatan. Studi ini dipublikasikan secara online 27 Juni dalam jurnal BMJ.