Your SlideShare is downloading. ×
Peradaban Cina Kuno
Peradaban Cina Kuno
Peradaban Cina Kuno
Peradaban Cina Kuno
Peradaban Cina Kuno
Peradaban Cina Kuno
Peradaban Cina Kuno
Peradaban Cina Kuno
Peradaban Cina Kuno
Peradaban Cina Kuno
Peradaban Cina Kuno
Peradaban Cina Kuno
Peradaban Cina Kuno
Peradaban Cina Kuno
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Thanks for flagging this SlideShare!

Oops! An error has occurred.

×
Saving this for later? Get the SlideShare app to save on your phone or tablet. Read anywhere, anytime – even offline.
Text the download link to your phone
Standard text messaging rates apply

Peradaban Cina Kuno

3,883

Published on

berbagi ilmu...semoga bisa bermanfaat.. :)

berbagi ilmu...semoga bisa bermanfaat.. :)

Published in: Education
4 Comments
1 Like
Statistics
Notes
No Downloads
Views
Total Views
3,883
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
3
Actions
Shares
0
Downloads
182
Comments
4
Likes
1
Embeds 0
No embeds

Report content
Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
No notes for slide

Transcript

  • 1. PERADABAN CINAOleh : Abrar Farhan S. Ade Uswatun Hasanah Alissa Puspita S. Azzahra Elsa M.G. Billy Agasi Intan Rosari Muri Juliani Mutiara Dewi A.
  • 2. S c e i j n a a Sejarah Cina adalah salah satu sejarah kebudayaan rtertua di dunia. Dari penemuan arkeologi danantropologi, daerah Cina telah didiami oleh manusia apurba sejak 1,7 juta tahun yang lalu. Peradaban Cinaberawal dari berbagai negara kota di sepanjang hlembah Sungai Kuning (Huang Ho) pada zamanNeolitikum.
  • 3. Zaman Prasejarah diCina1. Zaman Paleolitik Homo erectus telah mendiami daerah yang sekarang dikenalsebagai Cina sejak zaman Paleolitik, lebih dari satu juta tahun yanglalu. Peralatan batu yang ditemukan di Xiaochangliang telahberumur 1,36 juta tahun. Situs arkeologi Xihoudu di provinsiShanxi menunjukkan catatan paling awal penggunaan api olehHomo erectus, yang berumur 1,27 juta tahun yang lalu. SpesimenHomo erectus paling terkenal yang ditemukan di Cina adalahManusia Peking yang ditemukan pada tahun 1965.
  • 4. 2. Zaman Neolitik Adanya Zaman Neolitik di Cina dibuktikan dengan adanyapertanian milet yang penanggalan radiokarbonnya sekitar 7000 SM.Dengan berkembangnya pertanian, muncul peningkatan populasi,kemampuan menyimpan dan mendistribusikan hasil panen Pada akhir Neolitikum, lembah Sungai Kuning mulai berkembangmenjadi pusat kebudayaan dengan penemuan arkeologis signifikanditemukan di Banpo, Xian salah satunya adalah Tembikar.
  • 5. Zaman Kuno di cina Dinasti Xia Dinasti Shang • Periode Musim Dinast Semi dan Musim Dinasti i Cina Zhou gugur • Periode Negara perang
  • 6. Peradaban Lembah Sungai Huang-Ho di Cina Dinamakan Sungai Kuning (Huang Ho) karena disebabkanterdapatnya debu sedimen yang bertumpuk di tepi sungai dan tanahsekitarnya, yang kemudian setelah terbenam di sungai menimbulkanwarna yang kekuning-kuningan pada air sungai tersebut. Sungai Huang-Ho
  • 7. Pada dasarnya pandangan berpikir orang Cina selalumengembalikan hakekat keharmonisan antara kehidupan “langit”(alam gaib) dan kehidupan di bumi (alam dunia nyata). Merekapercaya bahwa alam semesta ini sebagai akibat dari inkarnasikekuatan alam. Alam dikuasai oleh spirit-spirit yang kekuatannyaluar biasa. Alam semesta semata-mata hanyalah ekspresi darikekuatan alam yang dipengaruhi oleh spirit-spirit yang mendiamialam. Menurut dasar pikiran orang Cina, seluruh fenomena alamitu dapat dibagi dua klasifikasi yaitu yin dan yang. Orang Cinaberanggapan bahwa manusia harus dapat menyesuaikan diridengan ritme alam semesta. kehidupan harus harmonis dengantiga dasar yaitu: kehidupan langit, bumi, dan kehidupan manusiaitu sendiri.
  • 8. Ajaran di cina Ajaran Lao-Tse  Ajaran Lao Tse mempercayai bahwa adasemangat keadilan dan kesejahteraan yangbersifat abadi yang bernama Tao. Maka ajaranLao-Tse lebih dikenal dengan TAOISME. Ajaranini mengajarkan agar pasrah kepada nasib.Menurut ajaran ini suka, duka, bahagia danbencana sama saja. Oleh karena itu, para pengikutTao merupakan orang-orang yang tahan padapenderitaan.Ajaran ini tidak begitu besar pengaruhnyaterhadap bangsa Cina.
  • 9.  Ajaran Kong Fu Tse  Ajaran ini sebenanya memiliki dasar-dasar ajaran Tao juga. Menurutajaran ini, Tao adalah sesuatu yang mempunyai kekuatan untuk mengatursegala-galanya dalam alam semesta ini. Tujuan hidup manusia harus selaludiselaraskan dengan Tao agar tercapai kedamaian dan keseimbangan.Penganut aliran ini percaya bahwa adanya bencana yang terjadi di dunia inidisebabkan manusia telah menyalahi aturan Tao.
  • 10.  Ajaran Meng-Tse  Meng-Tse adalah murid Kong Fu-Tse.Tetapi ia tak sependapat dengan gurunyadalam beberapa hal. Gurunya dianggap lebihbanyak memerhatikan kaum bangsawan.Ajaran ini lebih ditekankan kepada rakyatbiasa. Menurutnya, rakyatlah unsurterpenting dalam negara.
  • 11. Hasil Kebudayaan Cina Bangsa Cina sejak zaman dahulu kala telah terkenal keahlianya dalam Ilmu astronomi, Pembuatan Keramik, serta pemproduksi kain sutera. Dalam perdagangan internasional keramik dan kain sutera selalu menjadi barang komoditas Cina yang paling utama. Jauh sebelum kertas dipakai di dunia Barat. TsaiLun telah mengembangkan kertas di Cina. Demikian pula mesin cetak sederhana, juga pertama kali dibuat oleh orang-orang Cina. Masa ini terjadi saat pemerintahan Dinasti Han. Dalam bidang pertambangan Cina telah mampu mengolah logam seperti besi, emas, tembaga menjadi keperluan rumah tangga, perhiasan, dan senjata.
  • 12. Cina memiliki seni arsitektur yang sangat hebat, seperti kuil Dewa Langitdi Peking dan Pagar tembok Besar Cina. Seni arsitektur lain yang juga terkenaladalah istana-istana kaisar Cina.Orang Cina juga telah mengenal ilmu tentang tata boga. Mereka paham tentangpengaruh makanan terhadap tubuh manusia, apa yang boleh dimakan dan apa yangtidak, bagaimana harus mengolah makanan dan bagaimana cara penyajiannya.Selain itu Cina juga pandai meramu obat-obatan yang bahan dasarnya berasal darialam. Obat-obatan ini dapat menyembuhkan penyakit tertentu. Serain meramu,teknik pijat, akupuntur, tusuk jari juga berkembang
  • 13. Thanks....

×