Your SlideShare is downloading. ×
Gerakan Muhammadiyah
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Thanks for flagging this SlideShare!

Oops! An error has occurred.

×
Saving this for later? Get the SlideShare app to save on your phone or tablet. Read anywhere, anytime – even offline.
Text the download link to your phone
Standard text messaging rates apply

Gerakan Muhammadiyah

722
views

Published on


0 Comments
1 Like
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total Views
722
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
0
Actions
Shares
0
Downloads
60
Comments
0
Likes
1
Embeds 0
No embeds

Report content
Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
No notes for slide

Transcript

  • 1. AL-ISLAM DAN KEMUHAMMADIYAHANAL-ISLAM DAN KEMUHAMMADIYAHAN ”GERAKAN MUHAMMADIYAH””GERAKAN MUHAMMADIYAH” PENGERTIAN MUHAMMADIYAH;PENGERTIAN MUHAMMADIYAH; ETIMOLOGI DAN TERMINOLOGIETIMOLOGI DAN TERMINOLOGI LATAR BELAKANG, MAKSUD DAN TUJUANLATAR BELAKANG, MAKSUD DAN TUJUAN DIDIRIKANNYA MUHAMMADIYAHDIDIRIKANNYA MUHAMMADIYAH OLEH: MA’RUF, S.HIOLEH: MA’RUF, S.HI Maruf.kharisma@yahoo.comMaruf.kharisma@yahoo.com
  • 2. Deskripsi MateriDeskripsi Materi Anda akan mendapat penjelasan tentang GerakanAnda akan mendapat penjelasan tentang Gerakan Muhammadiyah tinjauan historis dan filosofis,Muhammadiyah tinjauan historis dan filosofis, yaitu Arti Muhammadiyah, Latar Belakangyaitu Arti Muhammadiyah, Latar Belakang Berdirinya Muhammadiyah, faktor subjektif danBerdirinya Muhammadiyah, faktor subjektif dan faktor objektif didirikannya Muhammadiyah danfaktor objektif didirikannya Muhammadiyah dan Maksud dan Tujuan didirikannyaMuhammadiyahMaksud dan Tujuan didirikannyaMuhammadiyah
  • 3. Manfaat MateriManfaat Materi Manfaat dalam mempelajari GerakanManfaat dalam mempelajari Gerakan Muhammadiyah bagi kehidupan Anda sehari-Muhammadiyah bagi kehidupan Anda sehari- hari adalah memperoleh spirit pencerahanhari adalah memperoleh spirit pencerahan dari gambaran pergerakan Muhammadiyahdari gambaran pergerakan Muhammadiyah awal, dengan mengetahui alasan-alasanawal, dengan mengetahui alasan-alasan kongkrit dan tujuan berdirinyakongkrit dan tujuan berdirinya Muhammadiyah.Muhammadiyah.
  • 4. Relevansi MateriRelevansi Materi Relevansi materi Gerakan MuhammadiyahRelevansi materi Gerakan Muhammadiyah dengan pengetahuan Anda sebelumnya adalahdengan pengetahuan Anda sebelumnya adalah untuk menambah wawasan pengetahuanuntuk menambah wawasan pengetahuan tentang Gerakan Muhammadiyahtentang Gerakan Muhammadiyah
  • 5. Tujuan Pembelajaran Khusus (TPK)Tujuan Pembelajaran Khusus (TPK) Setelah mengikuti mata kuliah dengan pokokSetelah mengikuti mata kuliah dengan pokok bahasan Gerakan Muhammadiyah Mahasiswabahasan Gerakan Muhammadiyah Mahasiswa diharapkan akan dapat menjelaskan kembali dengandiharapkan akan dapat menjelaskan kembali dengan benar Gerakan Muhammadiyahbenar Gerakan Muhammadiyah
  • 6.  Pengertian Muhammadiyah;Pengertian Muhammadiyah; 1.1. Etimologi (kebahasaan)Etimologi (kebahasaan) Muhammadiyah adalah bahasa Arab yangMuhammadiyah adalah bahasa Arab yang diambil dari katadiambil dari kata “Muhammad”“Muhammad” (nama Nabi(nama Nabi dan Rosul umat Islam) dandan Rosul umat Islam) dan “Yah”“Yah” Nisbi atauNisbi atau “Yanisbah”“Yanisbah” artinya yang menisbahkanartinya yang menisbahkan (menghubungkan) dengan ajaran dan jejak(menghubungkan) dengan ajaran dan jejak perjuangan Nabi, yang digolongkan kepada kataperjuangan Nabi, yang digolongkan kepada kata yang di depannya, sehingga menjadiyang di depannya, sehingga menjadi “Muhammadiyah” artinya “Pengikut Nabi“Muhammadiyah” artinya “Pengikut Nabi Muhammad”Muhammad”
  • 7. KH. A. Dahlan: “Muhammadiyah itu bukanlahKH. A. Dahlan: “Muhammadiyah itu bukanlah nama perempuan, melainkan artinya ummatnama perempuan, melainkan artinya ummat Nabi Muhammad, pengikut Muhammad”Nabi Muhammad, pengikut Muhammad” Menurut H. Djarnawi Hadikusuma perkataan ituMenurut H. Djarnawi Hadikusuma perkataan itu mengandung pengertian: dengan nama tersebutmengandung pengertian: dengan nama tersebut maksudnya untuk menjelaskan bahwamaksudnya untuk menjelaskan bahwa pendukung organisasi itu ialah ummatpendukung organisasi itu ialah ummat Muhammad, dan asasnya adalah ajaran NabiMuhammad, dan asasnya adalah ajaran Nabi Muhammad Saw. Yaitu Islam.Muhammad Saw. Yaitu Islam.
  • 8. Masih menurut H. Djarnawi: “ dan tujuannyaMasih menurut H. Djarnawi: “ dan tujuannya ialah memahami dan melaksanakan agama Islamialah memahami dan melaksanakan agama Islam sebagai yang memang diajarkan sertasebagai yang memang diajarkan serta dicontohkan oleh nabi, agar dapat menjalanidicontohkan oleh nabi, agar dapat menjalani kehidupan dunia sepanjang kemauan agamakehidupan dunia sepanjang kemauan agama Islam.Islam.
  • 9. 2. Terminologi (istilah)2. Terminologi (istilah) Muhammadiyah adalah “Gerakan Islam amarMuhammadiyah adalah “Gerakan Islam amar ma’ruf nahi munkar bersumber pada Al-Quranma’ruf nahi munkar bersumber pada Al-Quran dan Assunnah, yang didirikan oleh K.H. Ahmaddan Assunnah, yang didirikan oleh K.H. Ahmad Dahlan pada tanggal 8 Dzulhijjah 1330 H.Dahlan pada tanggal 8 Dzulhijjah 1330 H. bertepatan dengan tanggal 18 November 1912,bertepatan dengan tanggal 18 November 1912, di Desa Kauman Kota Jogjakarta.di Desa Kauman Kota Jogjakarta.
  • 10.  Hal yang melekat dengan arti dan ciriHal yang melekat dengan arti dan ciri Muhammadiyah sebagai organisasi atau gerakanMuhammadiyah sebagai organisasi atau gerakan ialah lambang atau simbol Muhammadiyah.ialah lambang atau simbol Muhammadiyah.  Dalam Anggaran Dasar Muhammadiyah Bab IIDalam Anggaran Dasar Muhammadiyah Bab II pasal 5 tahun 2005 disebutkan bahwapasal 5 tahun 2005 disebutkan bahwa “Lambang Muhammadiyah adalah matahari“Lambang Muhammadiyah adalah matahari bersinar utama dua belas, di tengah bertuliskanbersinar utama dua belas, di tengah bertuliskan Muhammadiyah dan dilingkari dua kalimatMuhammadiyah dan dilingkari dua kalimat syahadat.syahadat.
  • 11. LATAR BELAKANG DIDIRIKANNYALATAR BELAKANG DIDIRIKANNYA MUHAMMADIYAHMUHAMMADIYAH A. Faktor SubjektifA. Faktor Subjektif Yaitu faktor yang muncul dari dalam diri K.H.Yaitu faktor yang muncul dari dalam diri K.H. Achmad Dahlan Sendiri.Achmad Dahlan Sendiri. Yang pertamaYang pertama, dari hasil, dari hasil pengamatannya terhadap fenomena kehidupanpengamatannya terhadap fenomena kehidupan ummat Islam pada waktu itu yang sangatummat Islam pada waktu itu yang sangat terbelakang dan hina.terbelakang dan hina.
  • 12. Yang kedua, dari hasil pengkajian K.H. AchmadYang kedua, dari hasil pengkajian K.H. Achmad Dahlan terhadap Al-Quran dan Assunnah.Dahlan terhadap Al-Quran dan Assunnah. Terutama QS. Al-Imron: 104Terutama QS. Al-Imron: 104 ‫ن‬َ ‫رو‬ُ ‫م‬ُ ‫أ‬ْ ‫ي‬َ ‫و‬َ ‫ر‬ِ ‫ي‬ْ ‫خ‬َ ‫ل‬ْ ‫ا‬ ‫لى‬َ ‫إ‬ِ ‫ن‬َ ‫عو‬ُ ‫د‬ْ ‫ي‬َ ‫ة‬ٌ ‫م‬ّ ‫أ‬ُ ‫م‬ْ ‫ك‬ُ ‫ن‬ْ ‫م‬ِ ‫ن‬ْ ‫ك‬ُ ‫ت‬َ ‫ل‬ْ ‫و‬َ‫ن‬َ ‫رو‬ُ ‫م‬ُ ‫أ‬ْ ‫ي‬َ ‫و‬َ ‫ر‬ِ ‫ي‬ْ ‫خ‬َ ‫ل‬ْ ‫ا‬ ‫لى‬َ ‫إ‬ِ ‫ن‬َ ‫عو‬ُ ‫د‬ْ ‫ي‬َ ‫ة‬ٌ ‫م‬ّ ‫أ‬ُ ‫م‬ْ ‫ك‬ُ ‫ن‬ْ ‫م‬ِ ‫ن‬ْ ‫ك‬ُ ‫ت‬َ ‫ل‬ْ ‫و‬َ ‫م‬ُ ‫ه‬ُ ‫ك‬َ ‫ئ‬ِ ‫ل‬َ ‫أو‬ُ ‫و‬َ ‫ر‬ِ ‫ك‬َ ‫ن‬ْ ‫م‬ُ ‫ل‬ْ ‫ا‬ ‫ن‬ِ ‫ع‬َ ‫ن‬َ ‫و‬ْ ‫ه‬َ ‫ن‬ْ ‫ي‬َ ‫و‬َ ‫ف‬ِ ‫رو‬ُ ‫ع‬ْ ‫م‬َ ‫ل‬ْ ‫با‬ِ‫م‬ُ ‫ه‬ُ ‫ك‬َ ‫ئ‬ِ ‫ل‬َ ‫أو‬ُ ‫و‬َ ‫ر‬ِ ‫ك‬َ ‫ن‬ْ ‫م‬ُ ‫ل‬ْ ‫ا‬ ‫ن‬ِ ‫ع‬َ ‫ن‬َ ‫و‬ْ ‫ه‬َ ‫ن‬ْ ‫ي‬َ ‫و‬َ ‫ف‬ِ ‫رو‬ُ ‫ع‬ْ ‫م‬َ ‫ل‬ْ ‫با‬ِ ) ‫ن‬َ ‫حو‬ُ ‫ل‬ِ ‫ف‬ْ ‫م‬ُ ‫ل‬ْ ‫ا‬) ‫ن‬َ ‫حو‬ُ ‫ل‬ِ ‫ف‬ْ ‫م‬ُ ‫ل‬ْ ‫ا‬١٠٤١٠٤ )) Dan hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yangDan hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang ma'rufmenyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang ma'ruf dan mencegah dari yang munkar merekalah orang-orangdan mencegah dari yang munkar merekalah orang-orang yang beruntung.yang beruntung. (QS. Al-Imron : 104)(QS. Al-Imron : 104)
  • 13.  Faktor Objektif, terbagi dua:Faktor Objektif, terbagi dua:  Faktor InterenFaktor Interen 1.1. Merajalelanya bid’ah, khurafat, syirik, dan tahayul,Merajalelanya bid’ah, khurafat, syirik, dan tahayul, sehingga kehidupan agama tidak sesuai dengan nashsehingga kehidupan agama tidak sesuai dengan nash tuntunan Quran dan Hadits, akibatnya Islam menjadituntunan Quran dan Hadits, akibatnya Islam menjadi beku.beku. 2.2. Merajalelanya kemiskinan, kebodohan, kekolotan,Merajalelanya kemiskinan, kebodohan, kekolotan, kemunduran Rakyat umumnya dan ummat Islamkemunduran Rakyat umumnya dan ummat Islam Khususnya.Khususnya. 3.3. Tidak adanya kesatuan dan persatuan ukhuwah ummatTidak adanya kesatuan dan persatuan ukhuwah ummat Islam serta organisasi Islam yang kuat dan kompak.Islam serta organisasi Islam yang kuat dan kompak. 4.4. Lemah dan gagalnya sistem pendidikan pondok pesantrenLemah dan gagalnya sistem pendidikan pondok pesantren Islam yang kurang mencerminkan perkembangan danIslam yang kurang mencerminkan perkembangan dan kemajuan zaman dan adanya kehidupan pendidikan yangkemajuan zaman dan adanya kehidupan pendidikan yang mengisolir diri.mengisolir diri.
  • 14.  Faktor EksterenFaktor Eksteren 1.1. Merajalelanya Imperialis Kolonialis Belanda di IndonesiaMerajalelanya Imperialis Kolonialis Belanda di Indonesia yang harus dihadapi.yang harus dihadapi. 2.2. Adanya kegiatan dan kemajuan missi Zending Kristen diAdanya kegiatan dan kemajuan missi Zending Kristen di Indonesia.Indonesia. 3.3. Sikap yang merendahkan pada Islam oleh paraSikap yang merendahkan pada Islam oleh para Intelegensia kaum terpelajar, bahwa Islam Agama yangIntelegensia kaum terpelajar, bahwa Islam Agama yang out of date (tidak relevan) dengan kemajuan zaman.out of date (tidak relevan) dengan kemajuan zaman. 4.4. Adanya rencana Kristenisasi Pemerintah KolonialAdanya rencana Kristenisasi Pemerintah Kolonial Belanda, untuk kepentingan Politik Kolonialnya.Belanda, untuk kepentingan Politik Kolonialnya.
  • 15. MAKSUD DAN TUJUAN DIDIRIKANNYAMAKSUD DAN TUJUAN DIDIRIKANNYA MUHAMMADIYAHMUHAMMADIYAH A. Maksud Didirikannya MuhammadiyahA. Maksud Didirikannya Muhammadiyah  Menyebarkan pengajaran Kanjeng Nabi Muhammad saw.Menyebarkan pengajaran Kanjeng Nabi Muhammad saw. Kepada penduduk Bumi Putera di dalam Residensi Yogyakarta,Kepada penduduk Bumi Putera di dalam Residensi Yogyakarta, dandan  Memajukan hal agama kepada anggauta-anggautanya.Memajukan hal agama kepada anggauta-anggautanya. Kemudian 2 tahun berkembang meluas keluar Yogyakarta,Kemudian 2 tahun berkembang meluas keluar Yogyakarta, Muhammadiyah menetapkan “maksud”:Muhammadiyah menetapkan “maksud”:  Memajukan dan menggembirakan pengajaran dan pelajaranMemajukan dan menggembirakan pengajaran dan pelajaran Igama Islam di Hindia, Nederland, danIgama Islam di Hindia, Nederland, dan  Memajukan dan menggembirakan kehidupan (cara hidup)Memajukan dan menggembirakan kehidupan (cara hidup) sepanjang kemauan Igama Islam kepada lid-lidnyasepanjang kemauan Igama Islam kepada lid-lidnya
  • 16. B.Tujuan MuhammadiyahB.Tujuan Muhammadiyah ““Menegakkan dan menjunjung tinggi agamaMenegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam yangIslam sehingga terwujud masyarakat Islam yang sebenar-benarnya, utama, adil dan makmur yangsebenar-benarnya, utama, adil dan makmur yang di Ridhoi oleh Allah SWT.di Ridhoi oleh Allah SWT.
  • 17. Spirit Pencerahan MuhammadiyahSpirit Pencerahan Muhammadiyah  Tidak mungkin Islam lenyap dari seluruh dunia,Tidak mungkin Islam lenyap dari seluruh dunia, tetapi tidak mustahil Islam hapus dari bumitetapi tidak mustahil Islam hapus dari bumi Indonesia. Siapakah yang bertanggung jawab?Indonesia. Siapakah yang bertanggung jawab? (K.H. A. Dahlan dalam Junus Salam, 1968: 51)(K.H. A. Dahlan dalam Junus Salam, 1968: 51)  Bukankah pembaharuan tidak lain daripadaBukankah pembaharuan tidak lain daripada protes terhadap situasi lama?protes terhadap situasi lama? (Taufik Abdullah, 1990: 51(Taufik Abdullah, 1990: 51
  • 18. ““Muhammadiyah sekarang ini lain denganMuhammadiyah sekarang ini lain dengan Muhammadiyah yang akan datang. MakaMuhammadiyah yang akan datang. Maka teruslah kamu bersekolah, menuntut ilmuteruslah kamu bersekolah, menuntut ilmu pengetahuan dimana saja. Jadilah guru,pengetahuan dimana saja. Jadilah guru, kembalilah kepada Muhammadiyah. Jadilahkembalilah kepada Muhammadiyah. Jadilah dokter, kembalilah kepada Muhammadiyah.dokter, kembalilah kepada Muhammadiyah. Jadilah Meester, Insinyur dan lain-lain, danJadilah Meester, Insinyur dan lain-lain, dan kembalilah kepada Muhammadiyah”.kembalilah kepada Muhammadiyah”. (K.H. A. Dahlan, dalam Junus Salam, 1968: 51-52)(K.H. A. Dahlan, dalam Junus Salam, 1968: 51-52)
  • 19. Tugas IndivduTugas Indivdu  Buatlah paper tentang latar belakang danBuatlah paper tentang latar belakang dan tujuan didirikannya Muhammadiyah, atastujuan didirikannya Muhammadiyah, atas dasar komentar Dosen dan Komentar Anda.dasar komentar Dosen dan Komentar Anda.  Tebalnya paper minimal 3-4 halaman,Tebalnya paper minimal 3-4 halaman, menggunakan kertas A-4menggunakan kertas A-4
  • 20. TERIMA KASIHTERIMA KASIH

×