Pendidikan menduduki posisi sentral dalam semua bidang pembangunan
karena sasarannya adalah peningkatan kualitas Sumber Da...
Pembaharuan program dan pengelolaan
pendidikan secara explicit dicantumkan pada UU
pokok pendidkan terbaru (UU No.20Tahun ...
Pembaharuan tenaga kependidikan terlihat antara lain pada
peningkatan kualifikasinya. Untuk menjadi guru di SD minimal
har...
Kebutuhan dan penyelenggaraan pendidikan
kelihatanya semakin meningkat, karena biaya
pendidikan semakin mahal. Hal ini ber...
Pendidikan non-formal merupakan pendidikan
yang didirikan dan dikelola oleh masyarakat
sebagai lembaga pendidikannya.
Pend...
E. Inovasi
dalam
Kurikulum
Kurikulum 1968
Kurikulum pada orde lama (sebelum 1966) masih
dalam mencari bentuk yang khas nas...
Kurikulum 1975
Kurikulum 1975 disetujui oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan untuk secara
nasional dilakasanakan bertaha...
Kurikulum 1994
Kurikulum Suplemen
Latar Belakang
Kurikulum yang berlaku (kuirikulum 1994) mendapat
tanggapan,kritik,dan saran dari para p...
Kurikulum Berbasis
Kompetensi
Kurikulum Berbasis Kompetensi yaitu kemampuan yang
perlu dikuasai peserta didik setelah meng...
F.Sistem Persekolahan
1. SD Pamong
Proyek ini merupakan pendidikan bersama antara pemerintah
Indonesia dan Innotech; lemba...
2.SD Kecil
SD Kecil mempunyai Ciri-ciri sebagai berikut:
Kelas yang lebih sedikit/kecil dari SD biasa (tiga
kelas)
Jumlah ...
3.SMPTerbuka
SMPTerbuka adala Sekelah Menengah UmumTingkat Pertama yang
kegiatan belajarnya sebagian besar diselenggarakan...
PPSP adalah salah satu proyek dalam rangka program
pendidikan yang ditugaskan untuk mengembangkan satu
sistem penddikan da...
5.UniversitasTerbuka
UniversitasTerbuka Merupakan
lembaga penddidikan yang tinggi yang
menerapkan sistem belajar jarak jau...
7.Pendidikan Pesantren
Gambaran Umum Pesantren
Dunia pesantren ternyata tidak seragam. Masing-masig pesantren memiliki
keu...
Unsur-unsur Pesantren
Unsur-unsur Pesantren adalah:
1.Pelaku: kiai,ustad,santri dan
pengurus
2.Sarana Perangkat Keras:
mes...
1. BelajarTuntas
a. Pengertian
BelajarTuntas yaitu suatu cara dalam proses belajar yang menuntut siswa untuk menguasai mat...
2.Cara Belajar Siswa Aktif
a. Pengertian
Cara belajar siswa aktif (CBSA) yaitu suatu cara atau usaha
mempertinggi/mengopti...
d.Peranan guru dan siswa
PerananGuru:
•Mendorong,membina gairah belajar dan partisipasi siswa secara
aktif
•Tidak mendomin...
3.Keterampilan Proses
a. Pengertian
Keterampilan proses yaitu suatu pendekatan yang mengacu
kepada bagaimana siswa belajar...
d.Peranan Guru dan Siswa
Peranan Guru:
Menyusun tujuan pengajaran
Memberi pengaturan waktu yang dibutuhkan
Pengaturan ruan...
H. Contoh Inovasi dalam
Penggunaan Teknologi
Komputer
Menurut buku Computer Annual (Robert H. Blissmer) Komputer adalah
su...
Pp. dewi ariani bab 6
Pp. dewi ariani bab 6
Upcoming SlideShare
Loading in …5
×

Pp. dewi ariani bab 6

350 views
280 views

Published on

0 Comments
1 Like
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
350
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
5
Actions
Shares
0
Downloads
6
Comments
0
Likes
1
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Pp. dewi ariani bab 6

  1. 1. Pendidikan menduduki posisi sentral dalam semua bidang pembangunan karena sasarannya adalah peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia. Peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia sesuai kebutuhan pada masa (periode) tertentu ditentukan oleh inovasi pendidikan yang relevan. Adapun arah tujuan inovasi pendidikan Indonesia tahap demi tahap,yaitu: Mengejar ketinggalan-ketinggalan yang dihasilkan oleh kemajuan-kemajuan ilmu dan teknologi sehingga makin lama pendidikan makin berjalan sejajar dengan kemajuan-kemajuan tersebut. Mengusahakan terselenggaranya pendidikan dalam sekolah maupun luar sekolah bagi setiap warga Negara. Misalnya meningkatkan daya tampung usia sekolah SD,SLTP,SMU,dan PerguruanTinggi.
  2. 2. Pembaharuan program dan pengelolaan pendidikan secara explicit dicantumkan pada UU pokok pendidkan terbaru (UU No.20Tahun 2003 tentang SPN). Pembaharuan progam dan pengelolaan pendidikan tersebut seperti: pendidikan umum (SD, SLTP, SMU, Universitas), Pendidikan Kejuruan (SMK sampai dengan Perguruan Tinggi), Pendidikan Luar biasa (SDLB s.d perguruan tinggi), pendidikan kedinasan,dan pendidikan keagamaan (Madrasyah ibtidaiyah s.d perguruan tinggi) Pengelolaan konsep pendidikan nasional (diknas) direalisasikan melalui kurikulum. Kurikulum terbaru saat ini adalah kurikulum 2004 dan kurikulum 2006 atau KurikilumTingkat Satuan Nasional (KTSP). Dan pembaharuan kurikulum 2004 terkenal dengan Kurikulum Berbasis Kompetensi.
  3. 3. Pembaharuan tenaga kependidikan terlihat antara lain pada peningkatan kualifikasinya. Untuk menjadi guru di SD minimal harus memiliki kualifikasi D II PGSD yaitu SPG/SGO lama yang telah diintegrasikan ke Universitas yang merupakan proses diploma non gelar (SO). Dengan pembaharuan seperti ini maka untuk mengajar di SLTP minimal D III,di SLTA tentu harus S1 (program gelar) dan untuk menjadi dosen minimal S2 (master). Adapun tenaga non guru seperti, petugas/guru pembimbing . Tenaga non guru lain,juga mendapat pembaharuan,misalnya keprofesionalan tenaga tersebut.
  4. 4. Kebutuhan dan penyelenggaraan pendidikan kelihatanya semakin meningkat, karena biaya pendidikan semakin mahal. Hal ini berkaitan pula dengan mata uang.Tingkat implasi yang semakin tinggi memerlukan penyesuaian dibidang pendanaan tersebut.
  5. 5. Pendidikan non-formal merupakan pendidikan yang didirikan dan dikelola oleh masyarakat sebagai lembaga pendidikannya. Pendidikan non-formal yang dikelola oleh masyarakat (dibawah pengawasan pemerintah),maju pesat pula. Sebagai contoh, kursus mengetik (dulu Bond A dan B) sekarang sudah disesuaikan dengan kebutuhan masa kini seperti kursus computer dan internet.
  6. 6. E. Inovasi dalam Kurikulum Kurikulum 1968 Kurikulum pada orde lama (sebelum 1966) masih dalam mencari bentuk yang khas nasional,sejarah pendidikan mencatat bahwa pada ere orde lama (Thn. 1950-1965) materi pelajaran yang utama adalah tujuh bahan pokok (indoktrinasi).
  7. 7. Kurikulum 1975 Kurikulum 1975 disetujui oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan untuk secara nasional dilakasanakan bertahap mulai tahun pengajaran 1976. Prinsip-Prinsip kurikulum 1975 adalah: •Prinsip Fleksibilitas Program Penyelenggaraan •Prinsip Efisien dan Efektivitas •Prinsip Berorientasi padaTujuan •Prinsip Kontinuitas •Prinsip Pendidikan Seumur Hidup Ciri-ciri khusus Kurikulum 1975 adalah: •Menganut pendakatan yang berientasi pada tujuan. •Menganut pendekatan yang integrative •Pendidikan Moral Pancasila •Menekankan pada efisien dan efektivitas penggunaan dana,daya,dan waktu yang tersedia. •Mengharuskan guru untuk menggunakan teknik penyusunan program pengajaran
  8. 8. Kurikulum 1994
  9. 9. Kurikulum Suplemen Latar Belakang Kurikulum yang berlaku (kuirikulum 1994) mendapat tanggapan,kritik,dan saran dari para praktisi,pakar,ahli serta masyarakat.Tanggapan dan kritik pada umumnya berkenaan dengan padatnya isi kurikulum seperti banyaknya mata pelajaran dan subtansinya dari setiap mata pelajaran,materi tang kurang sesuai, baik dengan tahap perkembangan anak maupun dengan kebutuhan pembangunan nasional dan perkembangan IPTEK.
  10. 10. Kurikulum Berbasis Kompetensi Kurikulum Berbasis Kompetensi yaitu kemampuan yang perlu dikuasai peserta didik setelah mengikuti proses pembelajaran yang dapat dilihat dari kognitif (pengetahuan),Psikomator (keterampilan) dan efektif (sikap). Yang menjadi sasran utama dari kurikulum Berbasis Kompetensi adalah dimana pembelajaran bukan hanta sekedar tahu tapi juga mampu untuk berbuat,mampu membangun jati diri serta mampu menjadi warga masyarakat yang hidup dalam kebersamaan yang damai.
  11. 11. F.Sistem Persekolahan 1. SD Pamong Proyek ini merupakan pendidikan bersama antara pemerintah Indonesia dan Innotech; lembaga yang didirikan oleh badan kerja sama Menteri-Menteri Pendidikan se AsiaTenggara. PAMONG singkatan dari pendidikan anak oleh masyarakat,orang tua, dan guru.Tujuan proyek pamong untuk menentukan Alternatif sistem penyampaian pendidikan dasar yang bersifat efektif ,ekonomis,dan merata yang sesuai dengan kondisi kebanyakan daerah di indonesia.
  12. 12. 2.SD Kecil SD Kecil mempunyai Ciri-ciri sebagai berikut: Kelas yang lebih sedikit/kecil dari SD biasa (tiga kelas) Jumlah murid lebih kecil (20/30 orang) Jumlah guru lebih sedikit dari guru SD biasa Pendekatan belajar meliputi belajar sendiri Kurikulum SD kecil sama dengan SD biasa Murid yang pandai dijadikan tutor untuk mengajar murid-murid lain.
  13. 13. 3.SMPTerbuka SMPTerbuka adala Sekelah Menengah UmumTingkat Pertama yang kegiatan belajarnya sebagian besar diselenggarakan diluar gedungb sekolah dengan cara penyampaian pelajaran melalui berbagai media,dan interaksi yang terbatas antara guru dan murid. Ciri-ciri SMPTerbuka: Terbuka bagi siswa tanpa pembatasan umum dan tanpa syarat-syarat akademik. Terbuka dalam memilih program belajar Terbuka dalam proses belajar mengajar Terbuka dalam keluar masuk kelas/sekolahsesuai dengan waktu yang tersedia oleh siswa. Terbuka dalam Pengelolaan Sekolah.
  14. 14. PPSP adalah salah satu proyek dalam rangka program pendidikan yang ditugaskan untuk mengembangkan satu sistem penddikan dasar dan menengah (Surat Keputusan Menteri 0141 tahun1974) yang: •Efektif dan relevan dengan kebutuhan masyarakat dan individu yang mewujudkan melalui program pendidikn yang sesuai. •Merupakan dasar bagi pendidikan seumur hidup •Efisien dan Realistis sesuai dengan tingkat kemampuan pembiayaan oleh keluarga,masyarakat dan pemerintah.
  15. 15. 5.UniversitasTerbuka UniversitasTerbuka Merupakan lembaga penddidikan yang tinggi yang menerapkan sistem belajar jarak jauh. Tujuan utamanya adalah meningkatkan partisipasi perguruan tinggi dar 5% menjdi 8,2% (dihitung dari populasi penduduk umur 19-24 tahun). Dalam sistem belajar terbuka ini mahasiswa dituntut lebih banyak berinisiatif untuk belajar mandiri dan berkelompok. Gagasan pemerintah untuk menyelenggarakan UT didasarkan kepada keinginan untuk memperoleh pendidikan tinggi bagi seluruh masyarakat dan meningkatkan kemampuan tenaga kependidikan pada lembaga pendidikan dan perguruan tinggi serta tenaga-tenaga dalam bidang lain,yang terbesar diseluruh Indonesia. 6.Sekolah Unggul Pengertian sekolah unggul yaitu sekolah yang dikembangkan unutuk mencapai keunggulan dalam keluaran (output) pendidikannya. Karakteristik sekolah unggul: Layanan khusus akan diberikan dengan lebih intensif dan ekstensif kepada 5% kepada anak yang “gifted” karena anak tersebut mengalami “underachievement.” Anak-anak “gifted” tersebut merupakan asset bangsa yang mampu merespon tantangan persaingan global.
  16. 16. 7.Pendidikan Pesantren Gambaran Umum Pesantren Dunia pesantren ternyata tidak seragam. Masing-masig pesantren memiliki keunikan-keunikan sendiri sehingga sulit dibuat satu perumusan yang dapat menampung semua pesantren. Makin abstrak suatu rumusan makin banyak pesantren yang dapat ditampung,sebaliknya makin konkrit suatu rumusan makin sedikit pesantren yang dapat ditampungnya. Arti Pesantren Pesantren adalah Lembaga pendidikan tradisional islam unutk mempelajari, mammahami,mendalami,menghayati,dan mengamalkan ajaran islam dengan menekankan pentingnya moral keagamaan sebagai pedoman perilaku sehari-hari. Tujuan Pesantren Tujuan Pendidikan Pesantren adalah Menciptakan dan Mengembangkan kepribadian muslim,yaitu kepribadian yang beriman dan bertakwa kepadaTuhan,berakhlak mulia,bermanfaat bagi masyarakat,atau berkhidmat kepada masyarakat dengan jalan menjadi kawula atua abdi masyarakat. Masyarakat Pesantren Pesantren merupakan komunitas tersendiri,dimana kiai,ustad,santri dan pengurus pesantren hidup bersama dalam satu kampus, berlandasan dengan nilai –nilai agama islam lengakap dengan norma-norma dan kebiasaanya sendiri,yang secara yang secara eksklusif berbeda dengan masyarakat umum yang mengitarinya.
  17. 17. Unsur-unsur Pesantren Unsur-unsur Pesantren adalah: 1.Pelaku: kiai,ustad,santri dan pengurus 2.Sarana Perangkat Keras: mesjid,rumah kiai,rumah ustaz,pondok,gedung sekolah,tanah untuk berbagai keperluan pendidikan dan gedung lain seperti Auala, kantor pengurus pesantren,dan alat-alat lainnya. 3.Sarana Perangkat Lunak: Tujuan,Kurikulum, sumber belajara yaitu kitab,buku-buku dan sumber belajar lainnya,cara belajar mengajar dan evaluasi belajar mengajar. f. Fungsi Pesantren Ternyata pesantren tidak hanta berfungsi sebagai Lembaga Pendidikan,tetapi juga berfungsi sebagai lembaga sosial dan penyiaran agama.
  18. 18. 1. BelajarTuntas a. Pengertian BelajarTuntas yaitu suatu cara dalam proses belajar yang menuntut siswa untuk menguasai materi pelajaran secara tuntas dengan hasil yang memuaskan. b. Tujuan Belajar tuntas bertujauan agar siswa mendapat kesempata untuk mencapai angka tertinggi dengan menguasai bahan pelajaran secara tuntas. c.Karakteristik belajar tuntas mempunyai karakteristik sebagai berikut: Siswa belajar secara individual Siswa belajar dengan kecepatan masing-masing Setiap pokok bahasan diakhiri dengan tes Hasil tes langsung diketahui siswa Tidak mengenala danya tinggal kelas (berkelanjutan) d.Peranan Guru dan Siswa 1. Peranan guru sebagai berikut: Memberikan pengarahan mengenai teknik belajar dengan sistem modul Memberikan penjelasan apabila siswa menemui kesulitan 2.Peranan Siswa sebagai berikut: •Mengerjakan tugasnya masing-masing (individual) •Melaksanakan tes setiap akhir kegiatan
  19. 19. 2.Cara Belajar Siswa Aktif a. Pengertian Cara belajar siswa aktif (CBSA) yaitu suatu cara atau usaha mempertinggi/mengoptimalisasikan kegiatan siswa dalam prose belajar. b.Tujuan cara belajar siswa aktif bertujuan agar siswa aktif dalam proses belajar mampu untuk mengubah perilaku/tingkah lauknya secara lebih efektif dan efisien. c.Karakteristik Cara Belajar SiswaAktif mempunyai karakteristik sebagai berikut: • Situasi kelas menantang siswa melakukan belajar secara bebas tapi terkendali • Guru tidak mendominasi pembicaraan tetapi lebih banyak memberikan rangsangan berpikir kepada siswa untuk memecahkan masalah. • Guru menyediakan dan mengusahakan sumber belajar bagi siswa Kegiata belajar siswa bervariasi dan kegiata yang dilakukan secra berkelompok dalam bentuk diskusi dan adapula kegiata belajar yang harus dilakukan oleh masing-masing siswa secara mandiri.
  20. 20. d.Peranan guru dan siswa PerananGuru: •Mendorong,membina gairah belajar dan partisipasi siswa secara aktif •Tidak mendominasi kegiatan proses belajar siswa •Memberikan kesempatan kepada siswa untuk belajar menurut cara dan keadaan masing-masing •Menggunaka berbagai jenis metode dan teknik mengajar semua pendekatan multimedia Peranan Siswa: •Kegiatan dan keberanian serta kesempatan untuk berpartisipasi dalam kegiatan persiapan,proses dan kelanjutan belajar •Menampilkan berbagai usaha/kekereatifitas belajar sampai mencapai keberhasilan
  21. 21. 3.Keterampilan Proses a. Pengertian Keterampilan proses yaitu suatu pendekatan yang mengacu kepada bagaimana siswa belajar dan apa yang ia pelajari. b.Tujuan untuk memberikan keterampilan praktis yang akan dihadapi setiap orang dalam kehidupan, sekaligus untuk mengembangkan pemahamanya tentang konsep yang dipelajarinya. c.Krakteristik Karakteristik Keterampilan Proses sebagai berikut:  Mengajak para guru serta Pembina pendidikan untuk turut aktif dalam mengembangkan CBSA.  Mendorong siswa untuk melihat dan memecahkan masalah- masalah yang dirasakan bersama dalam rangka mengembangkan CBSA.  Menyiapkan situasi yang menggiring siswa untuk bertanya,mengamati,bereksperimen,serta menemukan fakta dan konsep sendiri.
  22. 22. d.Peranan Guru dan Siswa Peranan Guru: Menyusun tujuan pengajaran Memberi pengaturan waktu yang dibutuhkan Pengaturan ruang belajar /kelas Pengaturan siswa dalam belajar Peranan Siswa Membantu sesame teman /kelompok dalam memecahkan suatu permasalahan. Saling memberikan informasi yang berkenaan dengan masalah yang sedang dibahas. Berperan aktif dalam berbagi diskusi Berpikir kritis,serta tanggapan dalam berbagai masalah.
  23. 23. H. Contoh Inovasi dalam Penggunaan Teknologi Komputer Menurut buku Computer Annual (Robert H. Blissmer) Komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas berbagai berikut: Menerima input Memproses input sesuai dengan programnya Menyimpan perintah-perintah dan hasil pengolahan Menyediakan Output dalam bentuk informasi Dan masih ada yang mengemukan makna computer dari buku-buku lain seperti: buku ComputerToday,Menurut (V.C. Hamacher, Z. G. Vranesic, S. G. Zaky), dan buku introduction toThe Computer.

×