Your SlideShare is downloading. ×
  • Like
Pengelolaan hutan kota babakan siliwangi
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Thanks for flagging this SlideShare!

Oops! An error has occurred.

×

Now you can save presentations on your phone or tablet

Available for both IPhone and Android

Text the download link to your phone

Standard text messaging rates apply

Pengelolaan hutan kota babakan siliwangi

  • 710 views
Published

 

  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Be the first to comment
    Be the first to like this
No Downloads

Views

Total Views
710
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
1

Actions

Shares
Downloads
13
Comments
0
Likes
0

Embeds 0

No embeds

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
    No notes for slide

Transcript

  • 1. ENGELOLAAN HUTANOTA DUNIA BABAKANILIWANGIAR TETAP MENJADI RUANG PUBLIKEH :MALA DEWI AINUN03488 PGSD
  • 2. A. RASIONAL Pembangunan infrastruktur yang semakin pesat danberkembang harus diseimbangi dengan pembangunanlingkungan hidup untuk menjaga keseimbangan lingkungan.Keberadaan hutan di tengah-tengah kota dapat menjadi solusiyang baik bagi lingkungan kita saat ini yang semakin padat dansesak oleh polusi. Hutan Kota Babakan Siliwangi merupakanhutan kota yang telah diakui oleh PBB sebagai hutan kotadunia dan menjadi hutan kota dunia pertama di Indonesia.Namun, bagaimanakah pengelolaannya agar Hutan kotatersebut tetap menjadi ruang publik dan tidak ada pihak yangdikomersialisasikan?
  • 3. TujuanTujuan observasi lingkungan ini sebagaiberikut:1. Mengetahui pengelolaan Hutan Kota Babakan Siliwangi agar tetap menjadi Ruang Terbuka Hijau.2. Mengetahui manfaat Hutan Kota Babakan Siliwangi bagi lingkungan di kota bandung dan sekitarnya.3. Mengetahui kendala yang dihadapi dalam pengelolaan Hutan Kota Babakan Siliwangi.
  • 4. Waktu dan Tempat Waktu dan tempat observasilingkungan ini mengambil tempat HutanKota Babakan Siliwangi, Jalan Taman SariNo. 75, Kelurahan Lebak Atas,Kecamatan Coblong, Kota Bandung.Pada hari Jum’at, 8 Juni 2012 jam 14.06sampai 15.40 WIB.
  • 5. OBSERVERObserver dalam kegiatan observasi iniadalah Komala Dewi Ainun (1003488),Pendidikan Guru Sekolah Dasar UPI,dibantu oleh Hanifah Nur Azizah.
  • 6. HASIL OBSERVASIHasil observasi lingkungan ini sebagai berikut:1. Hutan Kota Babakan Siliwangi dikelola oleh Dinas Pertamanan dan Pemakaman Kota Bandung dan pihak swasta ( PT EGI).2. Di dalam Hutan Kota Babakan Siliwangi akan dibangun hotel, apartement, dan restoran atas permintaan PT EGI.3. Luas hutan yang dulu seluas 14 ha kini menjadi 3,6 ha.4. Pemupukan dan perawatan tanaman jarang dilakukan.5. Dua hari sekali diadakan bersih-bersih di kawasan Hutan Kota Babakan Siliwangi yang dilakukan oleh warga sekitar.6. Sampah organik (daun) yang terkumpul akan dijadikan kompos7. Masyarakat lebih memilih berkunjung ke mall dibanding ke hutan.
  • 7. ALTERNATIF SOLUSIAlternatif solusi yang bisa diambil sebagai berikut:1. Lebih baik Hutan Kota Babakan Siliwangi hanya dikelola oleh Dinas Pertamanan dan Pemakaman Kota Bandung.2. Pembangunan tempat makan lebih baik tidak perlu karena kawasan Hutan Kota Babakan Siliwangi berada di area dekat tempat hiburan dan tempat-tempat ramai lainnya.3. Jangan sampai luas Hutan Kota Babakan Siliwangi yang tinggal 3,6 ha terus berkurang seiring perkembangan zaman.4. Ketika dibentuk “Gerakan Menanam 1000 Pohon” seharusnya ada tindak lanjutnya, yaitu “Gerakan Merawat 1000 Pohon”5. Jika perlu, kegiatan bersih – bersih tersebut dilakukan setiap hari di sore hari dan tidak hanya oleh warga sekitar, tetapi oleh komunitas – komunitas pecinta lingkungan secara bergantian6. Untuk sampah organik sudah bagus pengelolaannya karena akan dijadikan kompos. Tetapi untuk sampah anorganik lebih baik dipilih lagi, mana yang bisa di daur ulang, mana yang tidak. Yang bisa di daur ulang lebih baik di daur ulang.7. Pengelola membuat arena belajar seni di alam terbuka yang bekerja sama dengan komunitas seni dan mahasiswa dari FSRD ITB dan masyarakat.
  • 8. Lampiran foto-foto observasi
  • 9.  Gambar 1 Observer di tembok antara jalan masuk Hutan Kota Babakan Siliwangi
  • 10. gambar 2kantor kelurahan lebak siliwangi yang terdapat di sekitar area hutan kota
  • 11. Gambar 3Observer (tengah) bersama Pak Endak, Kabid Ekonomi dan Pengembangan Lingkungan Hidup (kanan) dan Pak Budi, Kabid Pemerintahan (kiri)