Your SlideShare is downloading. ×
Etika profesi akuntansi
Etika profesi akuntansi
Etika profesi akuntansi
Etika profesi akuntansi
Etika profesi akuntansi
Etika profesi akuntansi
Etika profesi akuntansi
Etika profesi akuntansi
Etika profesi akuntansi
Etika profesi akuntansi
Etika profesi akuntansi
Etika profesi akuntansi
Etika profesi akuntansi
Etika profesi akuntansi
Etika profesi akuntansi
Etika profesi akuntansi
Etika profesi akuntansi
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Thanks for flagging this SlideShare!

Oops! An error has occurred.

×
Saving this for later? Get the SlideShare app to save on your phone or tablet. Read anywhere, anytime – even offline.
Text the download link to your phone
Standard text messaging rates apply

Etika profesi akuntansi

373

Published on

1 Comment
1 Like
Statistics
Notes
No Downloads
Views
Total Views
373
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
1
Actions
Shares
0
Downloads
11
Comments
1
Likes
1
Embeds 0
No embeds

Report content
Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
No notes for slide

Transcript

  • 1. 291,104 Memegang kepentingan keuangan dalam klien assurance dapat membuat kepentingan ancaman. Keberadaan dan pentingnya ancaman dibuat tergantung pada: (a) Peran orang memegang kepentingan finansial, (b) Apakah kepentingan keuangan langsung atau tidak langsung, dan (c) materialitas kepentingan keuangan.
  • 2. 291.105 Kepentingan keuangan dapat dilakukan melalui perantara (misalnya, kendaraan investasi kolektif, nyata atau terlihat). Penentuan apakah kepentingan keuangan tersebut langsung atau tidak langsung akan tergantung pada apakah pihak penerima memiliki kontrol atas kendaraan investasi atau kemampuan untuk mempengaruhi keputusan investasinya. Ketika kontrol atas kendaraan investasi atau kemampuan untuk mempengaruhi keputusan investasi yang ada, Pedoman ini mendefinisikan bahwa kepentingan keuangan menjadi kepentingan keuangan secara langsung. Sebaliknya, ketika pemilik manfaat dari kepentingan keuangan tidak memiliki kontrol atas kendaraan investasi atau kemampuan untuk mempengaruhi keputusan investasi, kode ini mendefinisikan bahwa kepentingan keuangan menjadi kepentingan finansial langsung.
  • 3. 291.106 Jika seorang anggota tim assurance, seorang anggota keluarga dekat yang individu, atau perusahaan memiliki kepentingan keuangan langsung atau bahan kepentingan keuangan langsung dalam klien assurance, ancaman kepentingan pribadi yang diciptakan akan begitu signifikan bahwa tidak ada perlindungan yang dapat mengurangi ancaman ke tingkat yang dapat diterima. Oleh karena itu, seorang anggota harus memiliki kepentingan finansial langsung atau bahan kepentingan keuangan langsung di klien: seorang anggota tim assurance, anggota dari anggota keluarga dekat yang individu, atau perusahaan.
  • 4. 291.107Ketika seorang anggota tim assurance memiliki anggota keluarga dekat yang anggota tim assurance tahu memiliki kepentingan keuangan langsung atau bahan kepentingan keuangan langsung dalam klien assurance, ancaman kepentingan pribadi dibuat. Arti penting dari ancaman akan tergantung pada faktor-faktor seperti: - Sifat hubungan antara anggota tim assurance dan anggota keluarga dekat, dan - Materialitas kepentingan keuangan kepada anggota keluarga dekat.
  • 5. Arti penting dari ancaman harus dievaluasi dan perlindungan diterapkan bila diperlukan untuk menghilangkan ancaman tersebut atau menguranginya ke tingkat yang dapat diterima. Contoh pengamanan tersebut meliputi:  Para anggota keluarga dekat membuang, sesegera mungkin, dari semua kepentingan keuangan atau membuang porsi yang cukup dari kepentingan finansial langsung sehingga kepentingan yang tersisa tidak lagi material;  Setelah seorang akuntan profesional meninjau pekerjaan anggota tim assurance, atau  Menghapus anggota individu dari tim assurance.
  • 6. 291.108 Jika seorang anggota tim assurance, seorang anggota keluarga dekat yang individu, atau perusahaan memiliki kepentingan keuangan langsung langsung maupun materi dalam suatu entitas yang memiliki saham mayoritas dalam klien assurance, dan klien adalah material terhadap entitas, ancaman kepentingan pribadi yang diciptakan akan begitu signifikan bahwa tidak ada perlindungan yang dapat mengurangi ancaman ke tingkat yang dapat diterima. Oleh karena itu harus memiliki sebuah kepentingan keuangan: anggota tim asuransi, seorang anggota keluarga dekat yang individu, dan perusahaan.
  • 7. 291.109 • • • • Penyelenggaraan oleh perusahaan atau anggota tim assurance, atau anggota keluarga dekat yang individu, dari kepentingan keuangan secara langsung atau bahan kepentingan keuangan langsung dalam klien assurance sebagai wali menciptakan ancaman kepentingan pribadi. Seperti bunga yang tidak bertanggung kecuali: Baik wali amanat, atau anggota keluarga dekat dari wali amanat, atau perusahaan adalah penerima manfaat dari kepercayaan, Kepentingan dalam klien assurance yang dimiliki oleh kepercayaan tersebut tidak material terhadap kepercayaan, Kepercayaan tidak mempunyai pengaruh signifikan atas klien assurance, dan Wali amanat, seorang anggota keluarga terdekat dari wali amanat, atau perusahaan dapat tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan investasi yang melibatkan kepentingan keuangan dalam klien assurance.
  • 8. 291.110Anggota tim assurance harus menentukan apakah ancaman kepentingan pribadi yang dibuat oleh kepentingan keuangan yang dikenal dalam klien assurance yang dimiliki oleh individu lain, termasuk:  Mitra dan karyawan profesional perusahaan, selain yang disebutkan di atas, atau anggota keluarga dekat dengan anggota tim assurance, dan  Individu dengan hubungan pribadi yang dekat dengan anggota dari tim assurance. Apakah kepentingan-kepentingan ini menimbulkan ancaman kepentingan pribadi akan tergantung pada faktor-faktor seperti:  organisasi, operasi dan pelaporan Struktur perusahaan, dan  Sifat dari hubungan antara individu dan anggota tim assurance.
  • 9. Pentingnya ancaman harus dievaluasi dan perlindungan diterapkan bila diperlukan untuk menghilangkan ancaman tersebut atau menguranginya ke tingkat yang dapat diterima. Contoh pengamanan tersebut meliputi:  Melepaskan anggota tim assurance dengan hubungan pribadi dari tim assurance;  Tidak termasuk anggota tim assurance dari setiap signifikan pengambilan keputusan mengenai keterlibatan jaminan, atau  Memiliki review akuntan profesional kerja anggota Tim jaminan.
  • 10. 291.111 Jika suatu perusahaan, anggota dari tim assurance, atau anggota keluarga dekat dari individu, menerima kepentingan keuangan secara langsung atau bahan kepentingan keuangan langsung dalam klien assurance, misalnya, dengan cara warisan, hadiah atau sebagai hasilnya merger, dan bunga tersebut tidak akan diizinkan untuk diselenggarakan di bawah bagian ini, maka:  Jika bunga tersebut diterima oleh perusahaan, kepentingan keuangan harus dibuang segera, atau jumlah yang cukup kepentingan keuangan langsung harus dibuang sehingga bunga yang tersisa ada bahan lagi, atau  Jika bunga diterima oleh anggota tim assurance, atau anggota keluarga dekat yang individu, individu yang menerima kepentingan keuangan harus segera membuang kepentingan keuangan, atau membuang jumlah yang cukup kepentingan keuangan langsung sehingga tersisa bunga tidak lagi material.
  • 11. 291.112 Ketika pelanggaran sengaja, bagian ini yang berkaitan dengan kepentingan keuangan dalam klien assurance yang terjadi, dipandang tidak membahayakan independensi jika: a. Perusahaan telah menetapkan kebijakan dan prosedur yang mengharuskan pemberitahuan prompt untuk perusahaan dari setiap pelanggaran yang dihasilkan dari pembelian, warisan atau lainnya akuisisi kepentingan keuangan dalam klien assurance; b. tindakan yang diambil dalam ayat 291,111 (a) - (b) diambil sebagai berlaku, dan c. perusahaan menerapkan perlindungan lainnya bila diperlukan untuk mengurangi ancaman yang tersisa pada tingkat yang memadai. Contoh pengamanan tersebut meliputi:  Memiliki seorang akuntan profesional meninjau pekerjaan anggota tim assurance, atau  Tidak termasuk individu dari setiap signifikan pengambilan keputusan mengenai keterlibatan jaminan.  Perusahaan harus menentukan apakah akan membahas masalah ini dengan pihak yang bertanggung jawab atas tata kelola.
  • 12. 291.113 Sebuah pinjaman, atau jaminan pinjaman, kepada anggota tim assurance, atau anggota keluarga dekat yang individu atau perusahaan dari klien assurance yang merupakan bank atau lembaga sejenis, dapat menciptakan ancaman terhadap kemerdekaan. Jika pinjaman atau jaminan tidak dibuat berdasarkan prosedur pemberian kredit normal, syarat dan kondisi, ancaman kepentingan pribadi akan dibuat yang akan begitu signifikan bahwa tidak ada perlindungan dapat mengurangi ancaman terhadap tingkat yang dapat diterima. Oleh karena itu, bukan merupakan anggota tim assurance, seorang anggota keluarga dekat yang individu, atau perusahaan akan menerima pinjaman atau jaminan tersebut.
  • 13. 291.114 Jika pinjaman ke perusahaan dari klien assurance yang merupakan bank atau lembaga sejenis dibuat di bawah prosedur pemberian kredit normal, persyaratan dan kondisi dan itu adalah material terhadap klien assurance atau perusahaan yang menerima pinjaman, dimungkinkan untuk menerapkan perlindungan untuk mengurangi ancaman kepentingan pribadi pada tingkat yang memadai. Sebuah contoh dari upaya perlindungan tersebut adalah memiliki pekerjaan terakhir oleh akuntan profesional dari sebuah perusahaan jaringan yang tidak terlibat dengan keterlibatan jaminan atau menerima pinjaman.
  • 14. 291.115 Sebuah pinjaman, atau jaminan pinjaman, dari klien assurance yang merupakan bank atau lembaga sejenis dengan anggota dari tim assurance, atau anggota keluarga dekat yang individu, tidak menciptakan ancaman bagi kemerdekaan jika pinjaman atau jaminan dibuat di bawah prosedur pemberian kredit normal, syarat dan kondisi. Contoh pinjaman tersebut termasuk kredit rumah, cerukan, kredit mobil dan saldo kartu kredit.
  • 15. 291.116 Jika perusahaan atau anggota tim assurance, atau anggota keluarga dekat yang menerima pinjaman dari atau memiliki pinjaman yang dijamin oleh klien assurance yang bukan merupakan bank atau lembaga sejenis, ancaman kepentingan pribadi yang diciptakan akan sangat penting bahwa ada perlindungan yang dapat mengurangi ancaman ke tingkat yang dapat diterima, kecuali pinjaman atau jaminan tidak material untuk kedua perusahaan, atau anggota tim assurance dan anggota keluarga dekat, dan klien.
  • 16. 291.117 Demikian pula, jika perusahaan atau anggota tim assurance, atau anggota keluarga dekat yang membuat atau menjamin pinjaman kepada klien assurance, ancaman kepentingan pribadi yang diciptakan akan begitu signifikan bahwa tidak ada perlindungan yang dapat mengurangi ancaman ke tingkat yang dapat diterima, kecuali pinjaman atau jaminan tidak material untuk kedua perusahaan, atau anggota tim assurance dan anggota keluarga dekat, dan klien.
  • 17. 291.118 Jika suatu perusahaan atau anggota dari tim assurance, atau anggota keluarga dekat yang individu, memiliki deposito atau rekening broker dengan klien assurance yang merupakan bank broker, atau lembaga sejenis, ancaman terhadap independensi tidak dibuat jika deposito atau rekening diadakan dengan persyaratan komersial yang normal.

×