Sumber, bukti, dan fakta sejarah

19,345 views

Published on

Published in: Education
1 Comment
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
19,345
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
3
Actions
Shares
0
Downloads
253
Comments
1
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Sumber, bukti, dan fakta sejarah

  1. 1. SUMBER, BUKTI DAN FAKTA SEJARAH
  2. 2. Sumber Sejarah Sumber sejarah adalah sesuatu yanglangsung atau tidak langsung yangmenyampaikan kepada kita tentang sesuatukenyataan dimasa lalu. Menurut Moh Ali : Sumber sejarah adalahsegala sesuatu yang berwujud dan tidakberwujud serta berguna bagi penelitian sejarahsejak zaman purba sampai sekarang.
  3. 3. Adanya sumber sejarah merupakanbukti dan fakta adanya kenyataansejarah.Berdasarkan sifat-sifatnya dibagimenjadi 3 yaitu :1. sumber primer2. sumber sekunder3. sumber tersier
  4. 4. 1. Sumber primer Sember primer disebut juga dengansumber pertama atau sumber asli adalahsumber yang menununjukkan kesaksianlangsung pada saat peristiwa sejarah ituterjadi. Nugroho Notosusanto menjelaskan bahwasumber primer : sumber-sumber yangketerangannya diperoleh secara langsungoleh yang menyaksikan peristiwa itu denganmata kepala sendiri.
  5. 5. 2. Sumber sekunder Sumber sekunder disebut jg dengan sumberkedua : sumber yang ditulis oleh sejarawanberdasarkan sumber primer atau sumber yangbukan merupakan kesaksian langsung padaperiode sejarah yang diteliti oleh sejarawan.
  6. 6. 3. Sumber tersier Sumber tersier yaitu berupa buku-bukusejarah yang disusun berdasarkan laporanpenelitian ahli sejarah tanpa melakukanpenelitian langsung.
  7. 7. Berdasarkan klasifikasinya sumber sejarah dapat di bedakan menjadi berikut ini : Sumber tertulis Sumber lisan Sumber benda Sumber rekaman
  8. 8. Untuk mengungkap sumber-sumber sejarah diatas diperlukan berbagai ilmubantu, seperti :1) Epigrafi yaitu ilmu yang mempelajari tulisan kuno atau prasasti.2) Arkeologi yaitu ilmu yang mempelajari benda/peninggalan kuno.3) Ikonografi yaitu ilmu yang mempelajari tentang patung.4) Nomismatik yaitu ilmu yang mempelajari tentang uang.5) Ceramologi yaitu ilmu yang mempelajari tentang keramik.6) Geologi yaitu ilmu yang mempelajari lapisan bumi.7) Antropologi adalah ilmu yang mempelajari asal-usul kejadian serta perkembangan makhluk manusisa dan kebudayaannya.8) Paleontologi yaitu ilmu yang mempelajari sisa makhluk hidup yang sudah membantu.9) Paleoantropologi yaitu ilmu yang mempelajari bentuk manusia yang paling sederhana hingga sekarang.10) Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari sifat keadaan dan pertumbuhan masyarakat.11) Filologi yaitu ilmu yang mempelajari tentang bahasa, kebudayaan, pranatadan sejarah suatu bangsa sebagaimana terdapat di bahan-bahan tertulis.
  9. 9. SUMBER TERTULISSumber tertulis adalah keterangan tertulis yang berkaitandengan peristiwa sejarah. Macamnya antara lain : prasasti,kronik, babad, piagam, dokumen, laporan, arsip, dan suratkabar. Menurut Sartono Kartodirdjo, sumber tertulis dapatdiklasifikasikan menjadi berikut ini :a) Otobiografib) Surat pribadi, catatan atau buku harian, dan memoirc) Surat kabard) Cerita romane) Dokumen pemerintah
  10. 10. Sumber lisan Sumber lisan adalah keterangan langsung dari pelakuatau saksi dari suatu peristiwa sejarah. Sumber lisan berfungsisebagai sumber tertulis yang belum memadai. Sumber lisanmempunyai keterbatasan-keterbatasan diabanding dengansumber tertulis atau artefak. Keterbatasan sumber lisan lebihdisebabkan oleh faktor manusia sebagai sumber. Cara yang dilakukan untuk memperoleh sumber lisan,yaitu dengan melakukan wawancara. Sebelum melakuakanwawancara terlebih dahulu kita harus memiliki persiapanyang matang. Hal yang harus dipersiapkan adalah kita harusmemilih pengetahuan tentang hal yang akan kita tanyakan.
  11. 11. Sumber benda Sumber benda disebut juga sebagai sumber corporal ,yaitu sumber sejarah yang diperoleh dari peninggalan benda-benda kebudayaan, misalnya, alat-alat atau benda budaya,seperti kapak, gerabah, perhiasan, manik-manik, candi, danpatung.
  12. 12. Sumber rekamansumber rekaman dapat berupa sekaman kseetaudio dan rekaman kaset video. Banyakperistiwa sejarah yang dapat terekam,misalnya Masa Pendudukan Jepang,Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945,Perang Kemerdekaan dan sebagainya.
  13. 13. BUKTI SEJARAH Sejarah umumnya ditulis berdasarkan pemikiran dantindakan manusia di masa lampau. Oleh karena itu, sejarawan harus berusaha mengadakan penyeidikan untuk mengetahuisegala yang dipikirkan dan diperbuat manusia pada masa itu.Dalam proses penyelidikan, sejarawan harus bekerja kerasuntuk memperoleh fakta – fakta sejarah dan dapatmemaparkannya. Kehidupan masyarakat dan bangsa padamasa lampau dapat terungkap dengan adanya penemuan danfakta. Bukti peninggalan sejarah merupakan sumberpenulisan sejarah.
  14. 14. Bukti sejarah terbagi menjadi 2 :a.Bukti tertulisBukti tertulis mirip dengan sumber tertulis pada sumbersejarah yang memuat fakta-fakta sejarah secara jelas.Contohnya : Dokumentasib.Bukti tidak tertulisBukti tidak tertulis sudah barang tentu tidak berwujud bendakonkret, meskipun demikian mengandung unsur-unsursejarah. bukti tidak tertulis dapat berupa cerita atau tradisi.
  15. 15. FAKTA SEJARAH Fakta adalah hasil dari seleksi data yang terpilih.Fakta menunjukkan terjadinya suatu peristiwa dimasa lampau. Fakta berasal dari bahasa latin, factusdan facerel, yang artinya selesai atau mengerjakan.Fakta sejarah adalah fakta – fakta yang berhubunganlangsung dengan peristiwa sejarah yang kita teliti.F. J. Tigger mendefinisikan fakta adalah sebagai hasilpenyelidikan secara kritis yang ditarik dari sumber –sumber dokumenter (Sidi Gazalba, 1981).
  16. 16. Sementara Louis Gottchalk mengartikan fakta sebagai suatuunsur yang dijabarkan secara langsung atau tidak langsungdari sumber sejarah yang dipandang kredibel, setelah diujisecara seksama dengan metode sejarah. Dari pandangansejarah itu menunjukkan bahwa fakta dalam sejarah adalahrumusan atau kesimpulan yang diambil dari sumber sejarahatau dokumen. Fakta menjadi beberapa jenis:a. Fakta lunakb. Fakta kerasc. Inferensid. Opini
  17. 17. Fakta lunak Fakta lunak merupakan fakta yang masih perludibuktikan dengan dukungan fakta – fakta lain. Parasejarawan melalui penelitian sumber – sumber sejarahmencoba mengolah sehingga bisa dimengerti. Tetapi bisa sajabahwa apa yang dianggap sebagai fakta belum tentu diterimaoleh orang lain, sehingga tidak jarang masih mengundangperdebatan. Contohnya peristiwa supersemar merupakanfakta lunak karena masih dalam perdebatan.
  18. 18. Fakta keras Fakta keras adalah fakta – fakta yang biasannya sudahditerima sebagai sesuatu peristiwa yang benar, yang tidak lagidiperdebatkan. Fakta ini sering disebut “fakta keras”, faktayang sudah mapan (established) dan tidak mungkindipalsukan lagi. Conohnya peristiwa proklamasi 17 Agustus1945 merupakan faakta yang tidak bisa diubah lagi.
  19. 19. Inferensi Inferensi merupakan ide – ide sebagai benang merahyang menjembatani antara fakta yang satu dengan fakta yanglain. Ide atau gagasan ini dapat dimasukkan dalam kategorifakta, tetapi masih cukup lemah. Karena inferensi tidak lebihdari suatu pertimbangan logis yang menjelaskan pertalianantara fakta – fakta.
  20. 20. Opini Opini mirip dengan inferensi, tetapi opini ini lebihbersifat pendapat pribadi / perorangan. Karena pendapatpribadi maka tidak didasarkan pada konsideran umum.Sedangkan salah satu benntuk informasi sejarah, opinimerupakan penilaian (value judgment) atau sangkaan pribadi.
  21. 21. Berdasarkan bentuknnya fakta sejarah dibagi menjadi 3, yaitu : Fakta mental Fakta sosial Artefak
  22. 22. Fakta mental (mentifact) Fakta mental adalah kondisi yang dapat menggambarkansuasana pikiran, perasaan batin, kerohanian, dan sikapyang mendasari suatu karya cipta. Jadi fakta mental bertaliandengan perilaku, ataupun tindakan moral manusia yangmampu menentukan baik buruknya kehidupan manusia,masyarakat, dan Negara misalnya, mental orang Aceh yangkeras dan tak mudah menyerah, mengakibatkan pihakBelanda kewalahan dalam menghadapi perlawanannya.
  23. 23. Fakta sosial (sosiofact) Fakta sosial adalah fakta sosial yang berdimensi social,yakni kondisi yang mampu menggambarkan tentang keadaansosial, suasana zaman dan sistem kemasyarakatan, misalnyainteraksi (hubungan)antarmanusia, contoh pakaian adat, ataupakaian kebesaran raja. Jadi fakta sosial berkenaan dengankehidupan suatu masyarakat, kelompok masyarakat atausuatu Negara yang menumbuhkan hubungan sosial yangharmonis serta komunikasi yang terjaga baik. Misalnya,bangunan arsitektur Eropa di kota Indonesia. Ini menandakanBahwa di kota bersangkutan pernah di tempati oleh orang-orang asal Eropa yang membangun rumah yang beraksitekturdan tak jauh beda dengan negara asalnya.
  24. 24. Artefak Artefak adalah semua benda baik secara keseluruhanatau sebagian hasil garapan tangan manusia, contohnyacandi, patung, dan perkakas.

×