Makhorijul Huruf dan Sifatul Huruf

49,052 views
48,560 views

Published on

ini penjelasan tentang BTQ (baca tulis quran) yang berisi makhorijul huruf dan sifatul huruf

Published in: Education
5 Comments
13 Likes
Statistics
Notes
No Downloads
Views
Total views
49,052
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
184
Actions
Shares
0
Downloads
1,326
Comments
5
Likes
13
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Makhorijul Huruf dan Sifatul Huruf

  1. 1. PENGERTIAN MAKHORIJUL HURUFKata makharijul huruf berasal dari bahasa Arab, yang terdiri dari dua kata, yaitusebagai berikut :1) Makharij( ) Kata ini adalah jama’ dari kata makhraj( )yang berarti tempat keluar.2) Al-Huruf ( ) Kata ini adalah jama’ dari al-harfu ( ) yang berarti huruf.Jadi menurut bahasa yang dimaksud dengan makharijul huruf itu ialah tempat-tempat keluarnya huruf. Sedangkan menurut istilah dalam ilmu tajwid, yangdimaksud dengan makharijul huruf yaitu tempat-tempat atau letak keluarnyahuruf-huruf hijaiyah ketika membunyikannya.
  2. 2. PEMBAGIAN MAKHORIJUL HURUF Makhorijul Huruf Hujaiyah itu ada 17 tempat, dan bila diringkas ada 5tempat, yatu; Al-Jauf (lubang /rongga mulut), Al-Halqu (tenggorokan /kerongkongan), Al-Lisanu (lidah), Asy-Syafatain (dua bibir) dan Al-Khoisyum(janur hidung). Penjelasan dari masing-masing makhorijul huruf tersebut adalahsebagai berikut :a) Al-Jauf ( ), artinya rongga mulut dan rongga tenggorokan. Yaitu tempat keluarnya huruf hijaiyah yang terletak pada rongga mulutdan rongga tenggorokan. Bunyi huruf yang keluar dari rongga mulut dan ronggatenggorokan ada tiga macam, yaitu ; alif ( ), wawu mati ( ) dan ya’ mati ( )dengan penjelasan sebagai berikut :1) Alif dan sebelumnya ada huruf yang difathah Contoh :2) Wawu mati dan sebelumnya ada huruf yang didhommah Contoh :3) Ya’ mati dan sebelumnya ada huruf yang dikasrah Contoh :
  3. 3. b) Al-Halqu ( ), artinya tenggorokan / kerongkongan Yaitu tempat keluar bunyi huruf hijaiyah yang terletak padakerongkongan / tenggorokan. Dan berdasarkan perbedaan teknispelafalannya, huruf-huruf halqiyah (huruf-huruf yang keluar daritenggorokan) dibagi menjadi tiga bagian yaitu ;1) Aqshal halqiy (pangkal tenggorokan), yaitu huruf hamzah ( )dan ha’ ( )2) Wasthul halqiy (pertengahan tenggorokan), yaitu huruf ha’ ( ) dan ’ain ( )3) Adnal halqiy (ujung tenggorokan), yaitu huruf ghoin ( ) dan kho’ ( )
  4. 4. c. Al-Lisan ( ), artinya lidah Bunyi huruf hijaiyah dengan tempat keluarnya dari lidah ada 18huruf, Berdasarkan delapan belas huruf itu dapat dikelompokkan menjadi 10makhraj, yaitu sebagai berikut :1) Pangkal lidah dan langit-langit mulut bagian belakang, yaitu huruf Qof ( ).2) Pangkal lidah bagian tengah dan langit-langit mulut bagian tengah, yaitu hurufKaf ( ).3) Tengah-tengah lidah, yaitu huruf Jim ( ), Syin ( ) dan Ya’ ( ).4) Pangkat tepi lidah, yaitu huruf Dlod ( ).5) Ujung tepi lidah, yaitu huruf Lam ( ).6) Ujung lidah, yaitu huruf Nun ( ).7) Ujung lidah tepat, yaitu huruf Ro’ ( ).8) Kulit gusi atas, yaitu Dal ( ), Ta’ ( ) dan Tho’ ( ).9) Runcing lidah, yaitu huruf Shod ( ), Sin ( ) dan Za’ ( ).10) Gusi, yaitu huruf Dho’ ( ), Tsa’ ( ) dan Dzal ( ).
  5. 5. d. Al-Syafatain, artinya dua bibir Yaitu tempat keluarnya huruf hijaiyah yang terletak pada keduabibir.Yang termasuk huruf-huruf syafatain ialah wawu ( ), fa’ ( ), mim ( )dan ba’ ( ) dengan perincian sebagai berikut :1) Fa’ ( ) keluar dari dalamnya bibir yang bawah, serta menepati dengan ujung dua gigi seri yang atas.2) Wawu, Ba, Mim ( , , ) keluar dari antara dua bibir (antara bibir atas dan bawah). Hanya saja untuk Wawu bibir membuka, sedangkan untuk Ba dan Mim bibir membungkam.“Empat huruf tersebut di atas lazimnya disebut huruf SYAFAWIYAH, artinyahuruf-huruf sebangsa bibir.”
  6. 6. e. Al-Khaisyum, artinya pangkal hidung Yaitu tempat keluarnya huruf hijaiyah yang terletak pada janurhidung. Dan jika kita menutup hidung ketika membunyikan huruftersebut, maka tidak dapat terdengar. Adapun huruf-hurufnya yaituhuruf-huruf ghunnah mim dan nun dengan ketentuan sebagai berikut:1) Nun bertasydid ( )2) Mim bertasydid ( )3) Nun sukun yang dibaca idghom bigunnah, iqlab dan ikhfa’ haqiqiy4) Mim sukun yang bertemu dengan mim ( ) atau ba ( )
  7. 7. SIFAT-SIFAT HURUF Sifat menurut bahasa adalah suatu keadaan yang menetap padasesuatu yang lain. Menurut istilah adalah keadaan yang baru datang yangberlaku bagi suatu huruf yang dibaca tepat keluar dari makhrajnya. Dari sifat-sifat huruf yang ada, maka tiap-tiap huruf hijaiyahdalam Al-Qur’an paling sedikit mempunyai 5 sampai 7 sifat. Kita bagimenjadi dua kelompok, yaitu:
  8. 8. I. Sifat-sifat huruf yang berlawanan sebanyak 5 sifat ditambah lawannya5 sifat, sehingga seluruhnya menjadi 10 sifat, yaitu :1. (JAHAR) = Jelas 2. (HAMAS)= Samar3. (SIDDAH) = Tertahan 4. (Rakhawah) = Terlepas5. (ISTI’LA’)= Terangkat 6. (ISTIFAL) = Turun7. (ITHBAQ) = Tertutup 8. (INFITAH) = Terbuka9. (ISHMAT)= Diam 10 (IDZLAQ) = Lancar
  9. 9. II. Sifat-sifat huruf yang tidak berlawanan sebanyak 9 yaitu :1. (TAWASSUTH) = Pertengahan antara Syiddah dan Rakhawah2. (LAYYIN) = Lunak3. (INHIRAF) = Condong4. (TAKRIR) = Mengulang-ulang5. (SHAFIR) = Siul/Seruit6. (TAFASY-SYI) = Menyebar7. (QALQALAH) = Goncang8. (ISTITHALAH)= Memanjang9. (GHUNNAH) = Berdengung
  10. 10. Kesimpulan Semua huruf hijaiyah pelafalannya atau pengucapannya berbeda– beda sesuai dengan tempat keluarnya huruf tersebut. Di dalam hokumtajwid telah ditentukan cara dan tempat keluarnya huruf – huruf hijaiyahyang benar, yakni lewat rongga mulut dan rongga tenggorokan, duabibir, lidah, tenggorokan / kerongkongan, dan pangkal hidung. Dan sifathuruf maksudnya yakni pelafalan huruf hijaiyah yang keluar daritempatnya dengan tepat dan benar.

×