Tugas pemetaaan tik

494 views
441 views

Published on

Published in: Technology, Business
0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
494
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
2
Actions
Shares
0
Downloads
4
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Tugas pemetaaan tik

  1. 1. Pemetaan Materi Bab 1 Layanan SDM Layanan Intranet Bahan dan Logistik Layanan SI Internet Perbanka PerdagangaKesehatan Pendidikan Pariwisata Jurnalistik n n
  2. 2. • Mengenal Internet Internet adalah kumpulan kompuer-komputer di seluruh dunia yang saling berhubungan dalam satu jaringan yang sangat luas.Setiap komputer terhubung dalam internet pasti “Transmisson Control Protokol/ Internet Protokol (TCP/IP). Internet juga terdiri dari jutaan jaringan lokal yangdapat saling berhubungan melalui Internet,makapada saat itu kita bisa berhubungan di jaringan yangsangat luas(misalnya bertukar data,seperti mengirime-mail,chatting,mengirim file, melihat webside,ataubermain game)dengan komputer lain di seluruhdunia yang juga terhubung dengan internet, yangbiasanya disebut dengan istilah host.
  3. 3. Dalam dunia usaha, pendidikan,dan bidang-bidang lainnya,akses internet berperan penting dalam perkembangan masing-masing bidang. Internet merupakan fasilitas yang dapat digunakan oleh semua orang tanpa adanya larangan, maupun peraturan teritorial dari pihak-pihak tertentu. aktivitas yang dapat kita lakukan melalui internet:•Mencari Imformasi,kita bisa mencari imformasi dengan mudah,cepat dan lengkap•Pertukaran imformasi melalui Email, kita dapat bertukar imformasi dari penjuru didunia•Bercakap-cakap dengan pengguna lain di tempat yang saling berjauhan,merupakan aktivitas sosial.•Berbagi cerita melalui Blog,kegiatan yang saat ini digemari jutaan penggemarinternet.•Bergabung dengan Group Pertemanan,seperti Friendster.com,Facebook.com dsb..•Berbelanja, membeli barang-barang melalui toko online dengan pembayaran kredit•Bermain Game, menjadi budaya tersendiri bagi para pecandu game.•Menonton Film,merupakan hiburan yang sangat digemari oleh semua lapisanmasyarakat
  4. 4. Mengenal Intranet Intranet adalah komputer yang saling berhubungan dalam sebuah jaringan khusus/privat(Private Computer Network)pada lingkup sebuah institusi atau perusahaan.Cara kerja Intranet memiliki cakupan yang lebih kecil, jaringan komputer privat karena imformasi yang dibagikan hanya perlu diketahui oleh anggota institusi perusahaan tersebut. Intranet merupakan pilihan yang sering digunakan oleh pihak-pihak yangmmbutuhkan jaringan lokal berkualitas,yang efektif namun tetap efisien. euntungan bagi suatu perusahaan yang menggunakan intranet adalah sebagaiberikut :•Mengurangi biaya•Menghemat waktu•Meningkatkan kaloborasi•Meningkatkan Produktivitas dan efisiensi•Membentuk Lingkungan komputer yang terintergrasi dan terdistribusi•Kaya dalam Format
  5. 5. 3 Model Organisasi Intranet :•Modeltersentralisasi,memungkinkansebuah server yang menampungdata yang diperlukan.•Model Desentralisasi, penggunadapat menyimpan data danimformasi ke dalam server•Model Campuran ,gabungan darimodel sentralisasi dandesentralisasi
  6. 6. Perkembangan Internet dimulai pada tahun1958 hingga saat ini,teknologi internet terusberkembang:•Tahun 1958Pada tahun ini,dapartemen Pertahanan ASmembentuk riset,bernama “ARPA”.Dibawahpimpinan Joseph Licklider, ARPA berhasilmelakukan penelitian perkembanganteknologi,terutama dibidang Negara dan militer.•Tahun 1965• Larry Robert dan Thomas Marill bekerja samadengan ARPA berhasil membuat WAN yangpertama.Dengan percobaan ini,disimpulkan bahwajaringan telepon dapat menghantarkan data.• TAHUN 1969 ARPA berhasil mengembangkan jaringankomunikasi data antar-komputer dari berbagaiuniversitas yang mendanai penelitian.Jaringan inidikenal dengan “ARPANET”.
  7. 7. • Tahun 1970 Network Working Group berhasil menemukan aplikasi Internet yang dikenalsebagai File Transfer Protocol(FTP) yang selanjutnya berhasil mengembangkanaplikasi Telnet.• Tahun 1972 Ray Tomilson berhasil mengembangkan surat elektronik melalui ARPANET,yangdikenal dengan sebutan E-mail.• Tahun 1976 26 Maret 1976,Ratu Inggris berhasil mengirimkan e-mail untuk pertama kalinyadari Royal Signals and Radar Establishment di Melvern.•Tahun 1982 DAPRA mulai mengembangkan protokol yang lebih umum (TCP/IP).•Tahun 1984Dikenal penamaan alamat dengan Dominan Name System (DNS).•Tahun 1988 Jarko Oikarinen menemukan dan memperkenalkan IRC•Tahun 1990 Timothy Bernes Lee menemukan WWW (World Wide Web)• Tahun 1991-1993 Jumlah pengguna Internet berkembang semangkin pesat.
  8. 8. World Wib Web (WWW) biasa dikenal dengansebutan webside yaitu fasilitas internet yangdapat menampilkan kumpulaninformasi,gambar,suara bahkan video. Melaluiwebside juga dapat memperolehhiburan,pengetahuan,dll Webside dapat diumpamakan sebagai buku yang mengandung beberapa halaman,yaitu web pages.Web peges merupakan bagian khusus dari webside.Dalam hal ini kita juga mengenal Homepage,yaitu bagian muka dari sebuah situs web.Homepage biasanya berisi daftar isi atau menu dari sebuah situs web sehingga memudahkan pengunjung menelusuri isi dalam web. Untuk dapat mengakses webside,kita membutuhkan suatu program aplikasi (web browser).Adapun web browser yang cukup populer ,antara lain:Internet Explorer,Mozilla Firefox&Opera.Saat ingin mengunjungi webside tertentu kita cukup mengetikkan URL webside tersebtu pada web browser. URL = alamat dimana sebuah web diletakkan.
  9. 9. Email atau surat elektronik merupakan salah satufasilitas internet yang paling banyakdigunakan.Dengan Fasilitas ini,kita dapatmengirim surat dari dan ke pengguna internet diseluruh dunia. Kita juga dapat menyertakandokumen maupun gambar dalam surat elektronikyang kita kirimkan dengan waktu yang cepat ketempat tujuan sesaat setelah kita mengirimnya.
  10. 10. Mailing List yang biasanya disingkat milismerupakan fasilitas email secaraberkelompok. Saat kita bergabung dalamanggota milis,kita dapat bertukar informasimelalui email yang beredar dalam kelompoktersebut.Pada saat kita mengirimkan sebuahemail ke alamat milis,maka semua snggotamilis tersebut akan mendapat email yang kitakirimkan. Adanya milis ini sangat memudahkankomunikasi kelompok sehingga informasi dapattersebar dengan cepat dan merata.
  11. 11. Internet Relay Chat merupakan aplikasi internet yangmemungkinkan kita bercakap-cakap dengan lawanbicara melalui internet.Percakapan melalui internet inidikenal dengan sebutan chatting. Untuk melakukanchatting,kita cukup mengetikkan kata-kata yang inginkita ucapkan pada lawan bicara kemudianmengirimnya.Saat ini,aplikasi internet memungkinkankita untuk chatting sekaligus menyisipkan gambar dansuara.Bahkan dengan adanya webcam,kita dapatmelakukan chatting sambil melihat lawan bicara melaluilayar monitor.
  12. 12. FTP merupakan suatu aplikasi yangdapat digunakan untuk mengirimdata dari computer yang satu kekomputer lain.Dengan adanyaFTP,proses pengiriman data menjadilebih mudah dan cepat.Prosespengiriman data dari komputer kitake komputer lain disebutupload,sedangkan pengambilan datadari komputer lain ke komputer kitadisebut download.FTP juga seringdigunakan untuk pengambilan datadari suatu webside.Data ini dapatberupa lagu,dokumen,foto dansebagainya,yang memang diizinkanuntuk diambil oleh pihak-pihak yangmembutuhkan.
  13. 13. VoIP (Voice Over Internet Protocol) adalah suatu teknologi yangmemungkinkan percakapan suara melalui internet.Dengan menggunakanteknologi ini,seseorang dapat menggunakan telepon tanpa harusmembayar biaya sambungan langsung jarak jauh (SLJJ)jika ia berhubungandengan orang lain yang berada pada kota atau Negara lain. Dengan konsep:pada sumber suara,suara yang berupa isyarat analog diubah menjadiisyarat digital.Data suara ini dikirim melalui internet dalam bentuk paket-paket.Pada bagian penerima,paket-paket ditarik kembali dan data diubahmenjadi isyarat analog.Selain menggunakan Internet Protocol (IP),VoIPjuga memanfaatkan RTP (Real Time Protocol) untuk memastikan pagarpaket-paket sampai kepada penerima secara tepat waktu.Keuntungan menggunakan VoIP adalah membuat biaya komunikasi suarajarak jauh (interlokal) menjadi lebih murah,dengan kualitas suara yangbaik.
  14. 14. Pemanfaatan Internet dalam dunia perbakan adalah melalui internet banking. Internetbankingjuga dikenal dengan istilah electronic banking(e-banking),virtual banking, maupunonline banking.Internet banking merupakan kegiatan perbankan yang dilakukan melaluiinternet. Dengan adanya internet banking,nasabah tidak perlu pergi ke bank yangbersangkutan untuk melakukanaktivitas-aktivitas yag berkaitan dengan transaksiperbankan,asalkan tersedia internet.Internet banking memungkinkan nasabah untuk melakukan transaksi perbankan darirumah,kantor,dan berbagai temapat lain.Beberapa transaksi yang dapat dilakukanmelalui internet banking,antara lain,pengecekan saldo,pembayaran tagihan-tagihan,transfer antar-rekening,transaksi-transaksi,dan lain sebagainya.Kegiatan sepertimengambil dan menyetor uang tetap harus dilakukan melalui ATM atau bank yangbersangkutan.Keuntungan yang diperoleh nasabah melalui Internet banking,yaitukemudahan untuk melakukan transaksi perbankan dengan cepat dan mudah tanpaterhalang oleh kendala tempat dan waktu.Sedangkan bagi pihak bank,yakni adanyaefisiensi kinerja operasional bank serta pengurangan jumlah nasabah yang datang kebank sehingga tidak memerlukan banayak pegawai dan dapat menggunakan kantor yanglebih kecil.Denagn demikian,pihak bank dapat melakukan penghematan biaya sewatempat dan gaji karyawan. Di Indonesia,pengguna internet banking sudah bukan sesuatuyang asing bagi sebagian masyarakat. Beberapa bank yang telah memanfaatkan teknologiInternet banking,antara lain BCA,bank Mandiri,Bank Lippo,dan masih banyak lagi.
  15. 15. Proses perdagangan melalui internet dikenal dengan nama e- commere. Dengan kata lain e-commere adalah kegiatan jual/beli barang atau jasa yang dijalankan secara elektronik melalui jaringan internet. Perdagangan secara elektronik memberikan banyak manfaat baik bagi perusahaan maupun bagi konsumen.Adapun manfaat yang diperoleh perusahaan,antara lain:1. Perusahaan dapat menjual produknya kepada lebih banyak konsumen sebab area cakupan internet meliputi wilayah yang sangat luas.2. Perusahaan dapat mengurangi biaya opersional karena tidak memerlukan tambahan kantor cabang maupun karyawan.3. Adanya efisiensi biaya memungkinkan perusahaan untuk menurunkan harga produk,sehingga menarik lebih banyak konsumen dan tentunya akan meningkatkan daya saing perusahaan.Manfaat yang diperoleh konsumen dengan adanya e-commerce,antara lain:1. Konsumen dapat melakukan transaksi pembelian kapan saja dan dimana saja,asalkan tersedia internet2. Konsumen dapat membeli barang dari Negara lain,jika belum tersedia di dalam negeri.3. Konsumen dapat mengurangi biaya transportasi dan menghemat waktu.
  16. 16. Proses pembayaran pada transaksi elektronik padaumumnya dilakukan dengan menggunakan kartu kreditatau account paypal.Dengan adanya system ini,transaksijual-beli melalui internet dapat berjalan dengan mudah danefektif. Beberapa webside yang didirikan khususmenjalankan bisnisnya kepada para penggunainternet,misalnya maskapai penerbanagan,hotel danpenginapan,bahkan perusahaan makanan rinagn pun sudahmulai menjalankan produknya melalui internet.
  17. 17. Internet mempunyai peran yang sangat penting bagi perkembangandunia pendidikan.Dengan adanya internet,penyebaran dan pertukaraninformasi dapat berlangsung sangat mudah dan singkat.Informasi danpengetahuan yang mengalir melalui internet ini tentu saja sangatmenguntungkan bagi bnayak pihak.Kini kita dapat mengetahui berbagaimacam hal tanpa perlu bersusah payah mencarinya kesana kemari.Cukup dengan menjelajahi internet,kita dapat menemukan beranekamacam informasi dan pengetahuan baru yang kita inginkan.Selainitu,internet juga memungkinkan kita untuk dapat berinteraksi secaralangsung bersama para pakar yang ahli dibidangnya.Interaksi tersebutdapat dilakukan melalui email,chatting,video conference,dan beberapamedia komunikasi lainnya.Bahkan,dengan adanya internet,seorang gurudan peserta didiknya tidak harus bertatap muka secara langsung dalammenjalankan proses belajar mengajar.
  18. 18. Internet dapat dimanfaatkan untuk menunjang industri pariwisata.Kemampuaninternet untuk menampilkan multimedia(teks,suara,gambar,video)tentunya menjadisarana yang efektif untuk promosi ke mancanegara.Suatu daerah dengan industrypariwisata yang luas seperti Pulau Bali,dapat menampilkan keindahan tempat-tempatwisata melalui sebuah halaman web.Lewat halaman web tersebut,calon wisatawanbaik domestik maupun mancanegara,dapat terlebih dulu melihat tempat-tempat yangdapat dikunjungi.Perusahaan-perusahaan penerbangan di Indonesia saat ini,seperti Garuda Indonesiadan Merpati Nusantara,sudah mulai memakai tiket elektronik.Tiket elektronik inimemungkinkan penumpang untuk tidak memegang tiketnya sebelum dating kebandara untuk memulai perjalanannya. Dengan tiket elektronik,seorang wisatawanbias membeli tiketnya melalui internet dan langsung menuju airport di ahrikeberangkatannya.Sewaktu melapor ke perusahaan penerbangan,wisatawan tinggalmenunjukkan identitas diri dan boarding pass-nya akan diberikan.hal ini tentunyaakan sangat memudahkan wisatawan ketika hendak melakukan kunjungan wisatadibandingkan harus antri untuk membeli tiket.
  19. 19. Dalam bidang kesehatan,pemanfaatan teknologi informasi atauinternet biasa disebut dengan e-health.Pemanfaatan e-health yangsaat ini menjadi trend adalah telemedicine.Telemedecine didefinisikansebagai layanan kesehatan yang dilaksanakan dari jarak jauh ataudapat juga dikatakan ternsfer data medic elektronik dari satu lokasike lokasi lainnya.Transfer data yang dilakukan telemedicine ini dapat berupa :1. Data teks dan numeric.Contohnya; laporan,korespondensi,catatan dengan pasien dalam bentuk rekam medic.2. Data audio.Contohnya rekam pembicaraan,sinyal audio dari stetoskop elektronis3. Citra diam.Contohnya:foto rontgen,citra mikroskopik patologi,citra dermatologi,hasil CT-Scan.4. Data video.Contohnya:sinyal biologis ultrasound gerakan fetus.
  20. 20. Bagi para jurnalis atau pencari berita seperti,wartawan san reporter,internet telahmemegang peranan yang sangat penting dalam pengiriman berita.Berita yangdiliput di suatu tempat,harus segera dikirimkan ke kantor pusat sesegera mungkinuntuk disampaikan kepada masyarakat.Bukan hanya untuk peliputan beritasaja,namun saat seorang jurnalis memerlukan data penelitian tertentu untukmenunjang berita yang sedang diliputnya,jurnalis tersebut dapat melakukanpencarian melalui media internet.Selain dari sisi peliputan berita,internet juga dimanfaatkan untuk menampilkanberita.Saat ini ada banyak situs dalam bahasa Indonesia yang menampilkan berita-berita terbaru.Media cetak seperti Koran atau majalah,juga memberikan fasilitasuntuk mengakses berita-berita terbaru melalui internet.Media televise punmelakukan hal sama,sehingga para pengguna internet dapat melihat berita terbarukapan saja dan dimana saja melalui internet Saat ini diperkirakan ada 1.700 lebihstasiun siaran TV dan radio di Internet.Jumlah pendengar/pemirsanya telahmencapai sekitar 60 juta orang dari seluruh dunia.
  21. 21. Layanan sumber daya manusia dapat dimanfaatkanoleh para pekerja dalam organisasi atau perusahaan ituuntuk mendapatkan informasi pekerja,misalnya tatatertib,pengumuman terbaru,informasi pelatihan,jadwalkegiatan ekstra,informasi liburan,atau bahkan menukafetaria hari itu.Selain itu,layanan yang dapat diberikanintranet sehubungan dengan sumber daya manusia adalahrekaman pekerja,misalnya daftar kehadiran,informasipegawai,atau untuk menyimpan unjuk kerja yangbersangkutan.
  22. 22. Organisasi kerjadapat berupa sebuahswalayan,perusahaan,pabrik,dan lain-lain. Informasi yangdapat diletakkan di internetsehingga memungkinkan untukdiakses para pekerja,seperticitra yang dapat di-klik,yangmenerangkan gambaranfasilitas,ruangan pada suatukantor,peta kantor,bukutelepon suatuperusahaan,atau forum yangdapat diisi yang digunakanuntuk mencari informasimengenai catalog.
  23. 23. Pada model organisasi sepertiperusahaan besar,internet dapatdigunakan untuk menyediakaninformasi komputer-komputerpara pekerja,serta meletakkaninformasi yang dapat digunakanpara pekerja yang berkaitandengan pengetahuan umum danmanual kerja.

×