Assalamu’alaykum Wr.Wb.
Kelompok 5
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.

Atika Susanti (06111013037)
Rolen Mahyudin (06111013038)
Sabar Maruli S. (061110130...
PERENCANAAN PENELITIAN
TINDAKAN KELAS,
PENYUSUNAN PROPOSAL DAN
PELAKSANAAN PENELITIAN
TINDAKAN KELAS
PERENCANAAN PENELITIAN
TINDAKAN KELAS

1. Mengidentifikasi Masalah
2. Menganalisis dan Merumuskan Masalah
3. Menilai Kelay...
Mengidentifikasi Masalah
Hopkins (1993) menekankan bahwa pada
awalnya guru mungkin bingung untuk
mengidentifikasi masalah,...
Wardani (2003 :2.5) memaparkan beberapa
bentuk pertanyaan sederhana untuk menjadi
acuan di dalam mengidentifikasi masalah ...
Menganalisis dan
Merumuskan Masalah
Menganalisis masalah merupakan langkah yang harus
dilakukan guru setelah melakukan ide...
Tujuan Menganalisis Masalah
1. Mendapatkan kejelasan masalah yang
sesungguhnya
2. Menemukan kemungkinan factor penyebab
3....
Abimayu (dalam Wardani, 2003) mengingatkan
beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam
pemilihan masalah.
1. Jangan memilih...
Menilai Kelayakan Hipotesis
Pembahasan tentang penilaian hipotesis tindakan
sesungguhnya adalah menilai kelayakan tindakan...
Menilai Kelayakan Hipotesis
1. Memahami Hipotesis Tindakan
2. Menilai Kelayakan Hipotesis
3. Beberapa Contoh Hipotesis Tin...
Memahami Hipotesis Tindakan
Secara umum, hipotesis dapat diartikan sebagai
dugaan tentang hubungan dua variabel atau lebih...
Borg & Gall (2003), mengajukan beberapa
persyaratan untuk merumuskan hipotesis :
1. Hipotesis harus dirumuskan dengan sing...
Menilai Kelayakan Hipotesis
Penilaian hipotesis tindakan harus diarahkan pada penilaian
kelayakan tindakan. Penilaian kela...
Persyaratan yang harus dikaji untuk menilai
kelayakan suatu tindakan yang akan
dikembangkan melalui PTK seperti berikut in...
Contoh Hipotesis Tindakan
• Bilamana dalam pembahasan materi pelajaran
IPA guru melibatkan siswa dalam
menyimpulkan pelaja...
PENYUSUNAN PROPOSAL DAN
PELAKSANAAN PENELITIAN
TINDAKAN KELAS
Mempersiapkan Proposal PTK
Proposal adalah suatu perencanaan yang
sistematis sebagai kerangka dasar yang
memuat komponen d...
Memahami Proposal PTK
Proposal penelitian bisa berfungsi sebagai
rencana pelaksanaan penelitian, alat komunikasi
antara pe...
Sifat Proposal PTK
1. Proposal Formal
2. Proposal Semi Formal
3. Proposal Informal
Bagian-bagian Proposal Penelitian
1. Halaman-halaman pengantar
2. Halaman-halaman isi
3. Latar belakang masalah
4. Permasa...
Contoh sistematika proposal yang dimuat dalam
Buletin Menengah (2004) sebagai berikut:
1.
2.

Judul
Pendahuluan
a.
b.
c.
d...
Rambu-Rambu Penilaian Proposal
Penilaian kelayakan proposal pada umumnya
diterapkan bagi proposal penelitian yang
disusun ...
Persiapan Pelaksanaan PTK
1. Membuat rencana pembelajaran beserta
skenario tindakan yang akan dilaksanakan
2. Merumuskan t...
Melaksanakan PTK
1.
2.
3.
4.

Mempersiapkan kondisi kelas
Mempersiapkan siswa
Mempersiapkan sarana/ fasilitas
Menyiapkan a...
Wassalammu’alaikum Wr.Wb.
Upcoming SlideShare
Loading in …5
×

Perencanaan PTK, Penyusunan Proposal dan Pelaksanaan PTK

3,038 views
2,847 views

Published on

Published in: Education
0 Comments
2 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
3,038
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
2
Actions
Shares
0
Downloads
54
Comments
0
Likes
2
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Perencanaan PTK, Penyusunan Proposal dan Pelaksanaan PTK

  1. 1. Assalamu’alaykum Wr.Wb.
  2. 2. Kelompok 5 1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. Atika Susanti (06111013037) Rolen Mahyudin (06111013038) Sabar Maruli S. (06111013039) Nirmala Sari (06111013040) Merry Widyanti (06111013041) Desy Aryanti (06111013042) Nurdin Kamil (06111013043) Melisa Adelia (06111013044) Tuti Maysaroh (06111013045)
  3. 3. PERENCANAAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS, PENYUSUNAN PROPOSAL DAN PELAKSANAAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS
  4. 4. PERENCANAAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS 1. Mengidentifikasi Masalah 2. Menganalisis dan Merumuskan Masalah 3. Menilai Kelayakan Hipotesis
  5. 5. Mengidentifikasi Masalah Hopkins (1993) menekankan bahwa pada awalnya guru mungkin bingung untuk mengidentifikasi masalah, oleh karena itu, guru tidak selalu harus mulai dengan masalah. Guru dapat memulai dengan suatu gagasan untuk melakukan perbaikan, kemudian mencoba memfokuskan gagasan tersebut.
  6. 6. Wardani (2003 :2.5) memaparkan beberapa bentuk pertanyaan sederhana untuk menjadi acuan di dalam mengidentifikasi masalah yang dapat dijawab oleh guru sendiri, seperti dibawah ini : 1. 2. 3. 4. Apa yang sedang terjadi di kelas saya ? Masalah apa yang ditimbulkan oleh kejadian itu ? Apa pengaruh masalah tersebut bagi kelas saya ? Apa yang akan terjadi jika masalah tersebut saya biarkan ? 5. Apa yang dapat saya lakukan untuk mengatasi masalah tersebut atau memperbaiki situasi yang ada ?
  7. 7. Menganalisis dan Merumuskan Masalah Menganalisis masalah merupakan langkah yang harus dilakukan guru setelah melakukan identifikasi. Jika melalui identifikasi kita dapat menemukan beberapa masalah yang terkait dengan kegiatan pembelajaran di kelas, maka analisis bertujuan agar masalah tersebut menjadi lebih jelas dan dapat menduga faktor-faktor penyebabnya.
  8. 8. Tujuan Menganalisis Masalah 1. Mendapatkan kejelasan masalah yang sesungguhnya 2. Menemukan kemungkinan factor penyebab 3. Menentukan kadar permasalahan
  9. 9. Abimayu (dalam Wardani, 2003) mengingatkan beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pemilihan masalah. 1. Jangan memilih masalah yang kita tidak kuasai. 2. Ambillah topik yang skalanya kecil dan relative terbatas. 3. Pilih masalah yang dirasakan paling penting bagi kita dan murid kita. 4. Kaitkan masalah dengan upaya pengembangan sekolah.
  10. 10. Menilai Kelayakan Hipotesis Pembahasan tentang penilaian hipotesis tindakan sesungguhnya adalah menilai kelayakan tindakan sebagai suatu solusi pemecahan masalah yang dipilih, karena pada hakekatnya hipotesis tindakan dalam PTK merupakan suatu tindakan yang diduga akan dapat memecahkan masalah yang diteliti.
  11. 11. Menilai Kelayakan Hipotesis 1. Memahami Hipotesis Tindakan 2. Menilai Kelayakan Hipotesis 3. Beberapa Contoh Hipotesis Tindakan
  12. 12. Memahami Hipotesis Tindakan Secara umum, hipotesis dapat diartikan sebagai dugaan tentang hubungan dua variabel atau lebih (Kerlinger, 1993). Hipotesis juga dapat diartikan sebagai jawaban yang bersifat sementara terhadap permasalahan penelitian, sampai terbukti melalui data yang terkumpul (Arikunto, 1998: 67). Hipotesis tindakan hendaknya dipahami sebagai suatu dugaan yang bakal terjadi jika suatu tindakan dilakukan (Sudarsono, 1997:9).
  13. 13. Borg & Gall (2003), mengajukan beberapa persyaratan untuk merumuskan hipotesis : 1. Hipotesis harus dirumuskan dengan singkat tetapi jelas 2. Hipotesis harus dengan nyata menunjukkan adanya hubungan antara dua atau lebih variabel 3. Hipotesis harus didukung oleh teori yang dikemukakan oleh para ahli atau hasil penelitian yang relevan.
  14. 14. Menilai Kelayakan Hipotesis Penilaian hipotesis tindakan harus diarahkan pada penilaian kelayakan tindakan. Penilaian kelayakan tindakan dapat dilakukan dengan mengajukan beberapa pertanyaan seperti contoh berikut: 1. 2. 3. 4. 5. Apakah saya memiliki pengetahuan berkenaan dengan hal itu? Apakah saya dan siswa saya memiliki kemampuan untuk melaksakannya? Apakah tersedia sarana/fasilitas untuk mendukung kegiatan tersebut? Apakah tersedia waktu yang cukup untuk melaksanakan rangkaian kegiatan tersebut? Apakah iklim sekolah dan iklim belajar di kelas cukup mendukung pelaksanaan tindakan?
  15. 15. Persyaratan yang harus dikaji untuk menilai kelayakan suatu tindakan yang akan dikembangkan melalui PTK seperti berikut ini: 1. Memiliki Pengetahuan atau Pemahaman 2. Kemampuan Siswa 3. Ketersediaan sarana dan fasilitas 4. Waktu yang Tersedia 5. Iklim Kelas dan Iklim Sekolah
  16. 16. Contoh Hipotesis Tindakan • Bilamana dalam pembahasan materi pelajaran IPA guru melibatkan siswa dalam menyimpulkan pelajaran, diduga siswa akan lebih termotivasi dalam proses pembelajaran.
  17. 17. PENYUSUNAN PROPOSAL DAN PELAKSANAAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS
  18. 18. Mempersiapkan Proposal PTK Proposal adalah suatu perencanaan yang sistematis sebagai kerangka dasar yang memuat komponen dan langkah yang harus dilakukan dalam melaksanakan PTK. Proposal juga berfungsi sebagai usulan untuk pengajuan dana kepada instansi atau penyandang dana yang dapat mendukung pendanaan penelitian.
  19. 19. Memahami Proposal PTK Proposal penelitian bisa berfungsi sebagai rencana pelaksanaan penelitian, alat komunikasi antara peneliti dengan konsultan atau dengan penyandang dana, maupun dengan anggota peneliti (Moenhilabib, 1991:1). Secara umum proposal penelitian menguraikan tentang masalah penelitian, bagaimana penelitian itu akan dilaksanakan, serta mengapa penelitian itu perlu dilakukan (Wiersma, 1980: 290).
  20. 20. Sifat Proposal PTK 1. Proposal Formal 2. Proposal Semi Formal 3. Proposal Informal
  21. 21. Bagian-bagian Proposal Penelitian 1. Halaman-halaman pengantar 2. Halaman-halaman isi 3. Latar belakang masalah 4. Permasalahan 5. Cara pemecahan masalah 6. Tujuan dan manfaat PTK 7. Kerangka teori dan hipotesis 8. Rancangan dan metodologi penelitian 9. Tim peneliti 10. Jadwal penelitian 11. Rencana anggaran
  22. 22. Contoh sistematika proposal yang dimuat dalam Buletin Menengah (2004) sebagai berikut: 1. 2. Judul Pendahuluan a. b. c. d. 3. 4. Kajian pustaka dan rencana tindakan Metode penelitian a. b. c. d. e. 5. 6. 7. 8. Deskripsi masalah Rumusan masalah Tujuan Manfaat hasil penlitian Setting penelitian Persiapan penelitian Siklus penelitian Pembuatan instrument Analisis dan refleksi Jadwal penelitian Rencana anggaran biaya Daftar pustaka Curriculum vitae peneliti
  23. 23. Rambu-Rambu Penilaian Proposal Penilaian kelayakan proposal pada umumnya diterapkan bagi proposal penelitian yang disusun untuk memperoleh dukungan biaya dari lembaga-lembaga yang tertentu. Kriteria penilaian ini biasanya bersifat terbuka untuk diketahui semua pengusul proposal dan dikirimkan bersamaan dengan panduan penyusunan proposal.
  24. 24. Persiapan Pelaksanaan PTK 1. Membuat rencana pembelajaran beserta skenario tindakan yang akan dilaksanakan 2. Merumuskan tujuan instruksional umum dan khusus 3. Merumuskan indikator keberhasilan 4. Memilih bahan ajar 5. Memilih metode 6. Memilih alat bantu 7. Mempersiapkan alat ukur 8. Memperjelas scenario pembelajaran
  25. 25. Melaksanakan PTK 1. 2. 3. 4. Mempersiapkan kondisi kelas Mempersiapkan siswa Mempersiapkan sarana/ fasilitas Menyiapkan alat-alat bantu pembelajaran, termasuk kelengkapan pengumpulan data 5. Implementasi di kelas
  26. 26. Wassalammu’alaikum Wr.Wb.

×