Your SlideShare is downloading. ×
0
Melakukan perbaikan system kemudi
Melakukan perbaikan system kemudi
Melakukan perbaikan system kemudi
Melakukan perbaikan system kemudi
Melakukan perbaikan system kemudi
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Thanks for flagging this SlideShare!

Oops! An error has occurred.

×
Saving this for later? Get the SlideShare app to save on your phone or tablet. Read anywhere, anytime – even offline.
Text the download link to your phone
Standard text messaging rates apply

Melakukan perbaikan system kemudi

2,410

Published on

0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total Views
2,410
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
0
Actions
Shares
0
Downloads
40
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

Report content
Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
No notes for slide

Transcript

  • 1. MELAKUKAN PERBAIKAN SYSTEM KEMUDI
  • 2. KEMUDI TERASA BERATKemungkinan penyebabnya:1.Mur bantalan kepala kemudi terlalu kencang.2.Bantalan kepala kemudi rusak atau tidak berfungsi.3.Tekanan udara ban tidak cukup.
  • 3. KEMUDI MENARIK KE SATU ARAH ATAU TIDAK BERJALAN LURUSKemungkinan penyebabnya:1.Garpu bengkok.2.Poros bengkok.3.Roda tidak terpasang dengan baik.4.Bantalan kepala kemudi tidak berfungsi.5.Rangka bengkok.6.Bantalan roda aus.7.Komponen lengan ayun aus.
  • 4. PEMERIKSAAN DAN PENYETELAN1.Pemeriksaan akselerasi dari pergerakan sistem kemudi:a.Letakkan balok kayu di bawah mesin sehingga roda depan terangkat.b.Belokan batang kemudi ke kiri dan ke kanan secara perlahan-lahan sambil merasakan pergerakannya apakah lancar atau tidak.Sebelumnya perhatikan juga kedudukan kabel-kabel jangan ada yang menahan kebebasan sistem kemudi.c.Apabila kemudi terlalu berat atau terlalu ringan,putar mur pengikatnya sampai mencapai ketepatan.d.Apabila dengan cara nomor tiga masih tetap belum teratasi,lepaskan roda depan dan seluruh susunan sistem kemudi sambil perhatikan kemungkinan poros kemudinya bengkok,bola baja dan dudukan bola baja aus/retak atau kemungkinan kurang gemuk pelumas.e.Periksa tekanan angin ban (sesuai spesifikasi).2.Pemeriksaan bola baja dari kerusakan atau keausan3.Pemeriksaan sudut caster (rake)dan jarak trail kemudi standar:antara 20 -30 derajat. standar:antara 60-100 mm.
  • 5. PENGGANTIAN BANTALAN CATATAN:SELALU GANTI PELURU-PELURU BANTALAN DAN LINGKARAN BANTALAN SEBAGAI SATU KESATUAN-Lumasi gemuk pada lingkaran-lingkaran bantalan bagian atas dan bawah.-Pasang ke-29 peluru bantalan pada lingkaran bantalan bagian bawah.-Pasang ke-23 peluru bantalan pada lingkaran bantalan bagian atas.-Masukkan poros kemudi pada pipa kepala kemudi,hati-hati jangan sampai menjatuhkan peluru- peluru bantalan.-Pasang lingkaran bagian dalam bantalan bagian atas dan mur ulir atas.-Topang poros kemudi dan kencangkan ulir bagian atas poros hingga torsi awal dengan menggunakan kunci perkakas khusus. KUNCI PERKAKAS:Lock nut wrench 07916-KM1000-Putar poros kemudi dari ujung ke ujung sebanyak lima kali untuk mendudukan bantalan.-Pastikan poros kemudi bergerak dengan lancar,dan tidak ada kelonggaran dalam atau vertikal,kemudian kendorkan mur ulir atas.-Kencangkan ulir atas dengan torsi atas yang telah di tentukan. TORSI:0,25 kg-m.-Putar mur ulir atas berlawanan arah jarum jam sebanyak 15 derajat.-Periksa ulang apakah poros kemudi bergerak dengan lancar atau tidak ada kelonggaran dalam arah vertikal.-Kencangkan mur poros kemudi dengan torsi yang telah di tentukan dengan menggunakan kunci perkakas khusus. KUNCI PERKAKAS:steering stem socket 07936-3710101

×