Tutorial

631 views

Published on

Published in: Technology, Business
0 Comments
1 Like
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
631
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
1
Actions
Shares
0
Downloads
45
Comments
0
Likes
1
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Tutorial

  1. 1. Tutorial: Efek Teks Berlumur Coklat dengan IllustratorTutorial kali ini akan mengupas bagaimana caranya membuat teks yang eye-catchingberlumur coklat dengan Adobe Illustrator. Efek teks semacam ini lazim kita temui padakemasan-kemasan coklat, biskuit, maupun permen. Beberapa tehnik dalam tutorial inimungkin bermanfaat tidak hanya untuk contoh kasus ini, tapi juga untuk projek desain lainyang sedang kamu kerjakan. here we go..Langsung saja kita masuk kedalam langkah demilangkah pembuatannya!STEP 1Mulai dengan menuliskan teks, pemilihan font optional. Saya sendiri menggunakan fontbernama Grobold yang bisa didownload gratis disini : dafont.com/groboldSTEP 2Ubah teks tadi menjadi kurva. Caranya, pada menu bar pilih Object > Expand.
  2. 2. STEP 3Pilih teks yang telah diexpand tadi, klik kanan dan pilih Ungroup. Kemudian susunsedemikian rupa seperti posisi dibawah agar tidak terlalu datar.STEP 4Seleksi semua huruf pada teks, klik kanan (kembali) dan pilih Group untukmenggabungkannya kembali. Jika sudah, pilih teks dan lari ke Effect > Stylize > RoundCorners. Langkah ini akan membuat sudut-sudut teks melengkung mirip seperti bentukbalon.
  3. 3. STEP 5Buat dua buah bentuk, yang satu persegi panjang (menggunakan Rectangle tool) yang satulingkaran (menggunakan Ellipse tool). Susun kedua objek tersebut seperti gambar dibawah.Jika sudah, buka panel Pathfinder (Window > Pathfinder) dan klik pada ikon Unite untukmembuat kedua objek tadi menjadi satu kesatuan utuh.STEP 6Dari objek tadi, kita akan membuat bentuk cairan yang tumpah. Caranya, pilih Directselection tool (A) dan klik titik yang ditandai pada gambar dibawah. Setelah itu, pada Optionmenu dibagian atas, klik ikon Convert selected anchor points to smooth. Lakukan hal yangsama pada titik diseberangnya. (lihat gambar dibawah)
  4. 4. STEP 7Buat beberapa kopian dari objek tumpahan coklat yang telah dibuat tadi. Variasikan ukurandan bentuknya, kemudian susun dibawah objek teks seperti gambar dibawah.STEP 8
  5. 5. Untuk menambah kesan "lumer" pada teks, saya sengaja menambahkan beberapa objek baruseperti gambar dibawah ini.STEP 9Seleksi kesemua objek (teks beserta tumpahan coklat), kemudian klik ikon Unite pada panelPathfinder untuk menjadikannya satu kesatuan yang utuh.
  6. 6. STEP 10Beri warna gradasi menggunakan Gradient tool (G) (coklat muda ke coklat tua) pada objekteks yang telah digabungkan tadi.STEP 11
  7. 7. Buat sebuah objek baru berbentuk gelombang menggunakan Pen tool (P) atau Pencil tool(N) seperti gambar dibawah.STEP 12Copy objek teks (Ctrl + C) dan paste tepat diatas kloningannya (Ctrl + F). Jika sudah, pilihobjek teks hasil duplikasi, tahan tombol Shift dikeyboard lalu pilih objek baru berbentukgelombang. Setelah kedua objek tersebut terseleksi, klik ikon Intersect di panel Pathfinder.Hasilnya adalah seperti gambar dibawah.STEP 13Pilih objek hasil Intersect tersebut, kemudian ubah blending mode-nya menjadi Overlay danturunkan Opacity-nya menjadi 60 % saja di panel Transparency.
  8. 8. STEP 14Gunakan Ellipse tool untuk membuat objek baru berbentuk lingkaran lancip. Kemudian, buatsebuah persegi dengan Rectangle tool dan posisikan diatas bentuk lingkaran lancip tersebut.Jika sudah, seleksi keduanya dan klik ikon minus front di panel Pathfinder. (lihat gambardibawah)STEP 15
  9. 9. Pilih objek lingkaran lancip yang telah dimodifikasi tadi, kemudian buka panel Brushes(Window > Brushes). Klik icon New Brush di panel Brushes untuk membuat objek tersebutmenjadi sebuah brush. Pada jendela yang muncul kemudian, conteng bagian New Art Brushlalu klik tombol Ok.STEP 16Buat beberapa garis warna putih menggunakan Pen tool (P) pada objek teks seperti gambardibawah.
  10. 10. STEP 17Seleksi kesemua garis putih tersebut, kemudian klik pada brush yang baru kita buat tadi dipanel Brushes. Maka secara otomatis, objek garis akan ditransformasi menjadi bentuk-bentuklancip seperti gambar dibawah. Kita menggunakan objek ini sebagai highlight untuk memberikesan eye-catching pada teks.STEP 18Terapkan langkah yang sama untuk membuat efek-efek highlight lainnya pada tumpahancoklat.
  11. 11. STEP 19Mari menambahkan beberapa buah lingkaran kecil (menggunakan ellipse tool) tidakberaturan untuk memperkuat kesan highlight sehingga menghasilkan teks seperti padagambar dibawah ini.STEP 20Saya menambahkan sebuah background sederhana untuk teks. Dengan Gradasi radialmenggunakan Gradient tool (G).
  12. 12. STEP 21Langkah akhir, buat dua buah lingkaran lancip menggunakan Ellipse tool, yang satu berwarnahitam dan yang satu lagi berwarna putih. Atur ukuran dan posisinya seperti gambar dibawah.STEP 22Seleksi kedua lingkaran lancip tersebut, kemudian pada menu bar pilih Object > Blend >Make (Alt+Ctrl+8). Buka panel Transparency, ubah blending mode-nya menjadi Multiplydan atur Opacity-nya menjadi 10 %. Objek tersebut kita maksudkan sebagai shadow untukteks berlumur coklat yang sedang melayang.HASIL AKHIRIni adalah hasil akhir dari tutorial Illustrator kita kali ini. Semoga banyak tips dan tehnik yangbisa dipelajari dari sini. Jika punya pertanyaan, sampaikan melalui komentar. Good luck!

×