Your SlideShare is downloading. ×
Virus
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Thanks for flagging this SlideShare!

Oops! An error has occurred.

×

Introducing the official SlideShare app

Stunning, full-screen experience for iPhone and Android

Text the download link to your phone

Standard text messaging rates apply

Virus

14,502
views

Published on

Published in: Education

0 Comments
2 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total Views
14,502
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
0
Actions
Shares
0
Downloads
201
Comments
0
Likes
2
Embeds 0
No embeds

Report content
Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
No notes for slide

Transcript

  • 1. Virus
  • 2. Virus berasal dari bahasa latin virulae yang artinya‘menular’. Virus merupakan substansi aseluler(tubuh tidak berupa sel), karena hanya memilikikapsid (selubung yang berfungsi sebagaidinding) dan asam nukleat, tetapi tidak memilikiinti sel, sitoplasma, dan membran sel. Ukuranvirus sangat kecil, sehingga disebut juga mikro baatau mikroorganisme. Di dalam biologi, virusdipelajari lebih mendalam pada cabang ilmumikrobiologi atau lebih khusus lagi disebutvirologi.
  • 3. a. Ukuran virusUkuran virus berkisar antara 25-300 nm. Virus yangberukuran 25 nm dijumpai pada virus penyebab polio.Sedangkan virus yang berukuran 100 nm misalnyaBakteriofag atau virus T (Bacteriophage atau phage), yaituvirus yang menyerang bakteri Escherichia coli. Sedangkanvirus yang berukuran lebih kurang 300 nm contohnyaadalah TMV (Tobacco Mosaic Virus).
  • 4. B. BENTUK TUBUH
  • 5. Tubuh virus bukan merupakan sel (aseluler), tidak memiliki intisel, sitoplasma, dan membran sel, tetapi hanya memiliki kapsidsebagai pelindung luar. Virus berupa partikel (molekul) yangdisebut virion. Tubuh virus yang berupa kristal atau partikel inilebih menunjukkan ciri mineral daripada ciri kehidupan. Olehkarena itu ada anggapan bahwa virus bukan makhluk hidup.Struktur tubuh virus yang kita gunakan sebagai contoh dalampembahasan ini adalah struktur tubuh Bakteriofag (virus T).Tubuh virus T terbagi atas bagian kepala dan bagian ekor. Bagiankepala terbungkus oleh suatu selubung dari proteinyang disebut kapsid. Kapsid mempunyai fungsi sebagaipemberi bentuk pada virus, dan juga berfungsi sebagaipelindung bagian dalam tubuh virus. Bagian di luar kapsidterdapat selubung yang tersusun dari lipida dan karbohidrat.
  • 6. Virus hidup sebagai parasit obligat (parasitsejati). Tempat hidupnya di dalam jaringantubuh organisme lain (tubuhmanusia, hewan, tumbuh-tumbuhan).Jadi, virus hanya dapat hidup secara parasitpada sel organisme lain.
  • 7. Virus hanya dapat berkembang biak pada sel-sel hidup dan untukreproduksinya virus hanya memerlukan asam nukleat. Karena dapatmelakukan reproduksi, maka virus dianggap sebagai makhluk hidup(organisme). Di dalam proses reproduksi, virus memerlukan lingkungansel hidup (di dalam jaringan tubuh) sehingga virus memerlukanorganisme lain sebagai inang atau hospesnya. Contoh organisme yangmenjadi hospes virus adalah bakteri, jaringan embrio, hewan,tumbuhan, dan manusia. Proses reproduksi virus disebut replikasi(penggandaan diri tubuh virus). Proses replikasi virus semenjakmenempel pada sel inang sampai terbentuknya virus yang barumelibatkan siklus litik dan siklus lisogenik. Siklus litik adalah replikasivirus yang disertai dengan matinya sel inang setelah terbentuk anakanvirus yang baru. Siklus litik virus yang telah berhasil diteliti oleh parailmuwan adalah siklus litik virus T (Bacteriophage), yaitu virus yangmenyerang bakteri Escherichia coli (bakteri yang terdapat di dalam colonatau usus besar manusia). Siklus litik Bakteriofag terdiri atas 5 fase, yaitufase adsorbsi, fase penetrasi sel inang, fase eklifase, fase replikasi, danfase pemecahan sel inang.
  • 8. Siklus litik Bakteriofag
  • 9. Klik to play
  • 10. Dalam kehidupan manusia, hewan, dan tumbuhan virusdapatmerugikan dan menguntungkan. Pada umumnya virusmerugikan tubuh makhluk hidup yang menjadi inangnya.Virus bisa merugikan karena menimbulkan penyakit baikpada manusia, hewan, maupun tumbuhan. Tetapi ternyataada juga virus yang menguntungkan, terutama bagimanusia. Berikut akan diberikan contoh jenis-jenis virustersebut.a. Virus yang merugikan tubuh manusiab. Virus yang merugikan tubuh hewanc. Virus yang merugikan tanamand. Virus yang menguntungkan
  • 11. Beberapa contoh virus yang merugikan manusia. Berikut penjelasannya.1). HIV (Human Immunodefi ciency Virus)Virus ini menyebabkan penyakit AIDS (Acquired Immune Deficiency Syndrome),menyerang sel-sel darah putih limfosit T. Gejala penyakitnya adalah sepertigabungan gejala beberapa jenis penyakit karena menurunnya sistem kekebalantubuh.2). Virus ebola (ebola virus)Virus ini menyebabkan penyakit ebola yang mematikan. Virus ini menyerangsel-sel pertahanan tubuh. Gejalanya adalah demam yang disertai pendarahan.3). Virus hepatitis (Hepatitis virus)Virus ini menyebabkan penyakit hepatisis B. Virus ini menyerang sel-sel hati,sehingga perut penderita membesar dan tubuhnya berwarna kuning.4). Measles virusMeasles virus menyebabkan penyakit cacar. Virus ini menyerang sel kulit danmenimbulkan gejala awal seperti demam, pilek, kemudian muncul luka cacar,yang dimulai dari wajah dan akhirnya keseluruhan tubuh.5). Herpes Simplex virusVirus ini menyebabkan penyakit herpes. Virus ini menyerang membranmukus (lendir) pada mulut, alat kelamin, dan kulit. Gejala penyakitnya adalahkulit memerah dan muncul bintil- bintil seperti luka melepuh.
  • 12. Berbagai jenis virus juga dapat menimbulkan penyakit pada hewan.Jenis-jenis virus tersebut antara lain:1) ParamyxovirusVirus ini menyebabkan penyakit NCD (New Castle Desease), menyerangsistem syaraf pada unggas (misal: ayam). Penyakit ini sering disebutpenyakit tetelo atau parrot fever. Gejala penyakitnya mencret dan batuk-batuk.2) Foot and Mouth DeseaseVirus ini menyebabkan penyakit pada kuku dan mulut, menyerang hewanternak, seperti sapi, kuda, kerbau, domba, biri-biri, dan keledai.3) Rhabdo virusVirus ini menyerang sistem syaraf pada hewan (anjing, kucing, kera),menyebabkan penyakit rabies. Penyakit ini dapat menular ke manusiamelalui gigitan hewan yang telah menderita penyakit rabies.4). Rous Sarcoma Virus (RSV)Virus ini menyebabkan penyakit tumor pada ayam.5). Bovine Papilo virusVirus ini menyebabkan penyakit tumor pada sapi.
  • 13. Contoh virus yang merugikan tanaman adalah virus Mosaik Tembakau,virus Tungro, dan virus CVPD. Berikut penjelasannya.1) Virus Mosaik Tembakau (Tobacco Mosaic Virus, TMV)Virus ini menyebabkan penyakit mosaik pada daun tembakau. Gejalanyaadalah timbulnya bercak-bercak berwarna kuning pada dauntembakau, sehingga menghambat pertumbuhan daun tembakau.2). Virus TungroVirus ini menyerang batang dan akar padi, sehingga tumbuhan padimenjadi kerdil (pertumbuhan yang tidak normal). Virus ini ditularkanmelalui serangga yaitu wereng coklat dan wereng hijau.3). Virus CVPD (Citrus Vein Phloem Degeneration)Virus ini menyebabkan penyakit degenerasi (penyakit tumor) padabatang dan daun jeruk. Virus ini menyerang sistem pembuluhpengangkut floem pada tanaman jeruk.
  • 14. Di antara manfaat penting virus adalah virus berperan sebagaivektor pada bidang rekayasa genetika. Virus dimanfaatkan dalamkloning gen, yaitu produksi ADN yang identik secara genetis,untuk dimanfaatkan bagi kepentingan manusia. Beberapa contohjenis virus ini adalah:1) Virus yang digunakan untuk membuat hormon insulin, untukmenyembuhkan penyakit gula (diabetes melitus). Hal ini merupakanrekayasa yang berguna di bidang kedokteran.2) Virus yang bermanfaat untuk mengendalikan serangga yangdapat merusak tubuh tanaman. Sehingga bisa digunakan untukmembasmi hama dalam bidang pertanian.3) Virus untuk terapi gen. Terapi gen adalah upaya penyembuhansuatu penyakit keturunan yang disebabkan oleh pewarisan gen.