Sejarah terbentuknya minyak bumi.ppt

7,293 views
6,999 views

Published on

Published in: Education
2 Comments
3 Likes
Statistics
Notes
No Downloads
Views
Total views
7,293
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
0
Actions
Shares
0
Downloads
260
Comments
2
Likes
3
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Sejarah terbentuknya minyak bumi.ppt

  1. 1. Assalamualaikum..
  2. 2. Nama Kelompok : Delima Putri M (09) Lutfia Ulfa (19) Sukis Riasari (27)Tayas Apriani (28) X8 SMAN 1 JOMBANG
  3. 3. Sejarah Terbentuknya Minyak BumiAda tiga macam teori terbentuknya minyak dan gas bumi yaitu :Teori biogenetic atau organik.Teori anorganik.Teori duplex.
  4. 4.  Di perkirakan bahwa minyak bumi berasal dari materi hewani dan gas bumi berasal dari materi nabati. Yang jelas minyak dan gas bumi terdiri dari senyawa kompleks yang unsur utamanya adalah karbon (C) dan unsur hydrogen (H). secara sederhana senyawa ini dapat ditulis dengan rumus kimia CXHY, sehingga sering di sebut sebagai senyawa hidrokarbon.
  5. 5.  Pada zaman purba, di darat dan di laut hidup beraneka ragam binatang dan tumbuh- tumbuhan. Binatang serta tumbuh-tumbuhan yang mati ataupun punah itu akhirnya tertimbun di bawah endapan Lumpur. Endapan Lumpur ini kemudian di hanyutkan oleh arus sungai menuju lautan, bersama bahan organik lainnya dari daratan.
  6. 6.  Akibat pengaruh waktu, temperatur tinggi dan tekanan beban lapisan batuan di atasnya binatang serta tumbuh-tumbuhan yang mati tadi berubah menjadi bintik-bintik dan gelembung minyak atau gas.
  7. 7.  Akibat pengaruh yang sama, maka endapan Lumpur berubah menjadi batuan sedimen. Batuan lunak yang berasal dari Lumpur yang mengandung bintik-bintik minyak dikenal sebagai batuan induk atau “soure rock”. Selanjutnya minyak dan gas ini akan bermigrasi menuju tempat yang bertekanan lebih rendah dan akhirnya terakumulasi di tempat yang disebut perangkap (trap).
  8. 8. Suatu perangkap dapat mengandung: Minyak, gas, dan air Minyak dan air Gas dan air Gas yang terdapat bersama-sama minyak bumi di sebut “associated gas” sedangkan yang terdapat sendiri dalam suatu perangkap disebut “non- associated gas”.
  9. 9. Komposisi Minyak Bumi• Secara umum, komposisi minyak bumi terdiri dari: – Karbon (C) 84 – 87% – Hidrogen (H) 11 – 14% – Sulfur (S) 0 – 3% – Nitrogen (N) 0 – 1% – Oksigen (O) 0 – 2%.
  10. 10. Sumber Minyak Bumi Aktif di Indonesia• Pantai Utara Jawa (Cepu, Wonokromo, Cirebon)• Sumatra (Aceh, Riau)• Kalimantan (Tarakan, Balik Papan)• Irian (Papua)
  11. 11. Proses Destilasi• Proses Destilasi adalah proses permisahan fraksi- fraksi minyak bumi berdasarkan perbedaan titik didihnya.• Minyak mentah yang menguap pada proses destilasi ini naik ke bagian atas kolom dan selanjutnya terkondensasi pada suhu yang berbeda-beda.
  12. 12. Kegunaan masing-masing fraksi minyak bumi: No. FRAKSI KEGUNAAN 1. Gas Sebagai bahan bakar “elpiji” (Liquified Petroleum Gas) dan sebagai bahan baku untuk sintesis senyawa organik. 2. Bensin Sebagai bahan bakar kendaraan bermotor. 3. Kerosin Bahan bakar pesawat jet (avtur) dan sebagai minyak tanah. 4. Solar Sebagai bahan bakar mesin diesel. 5. Minyak Pelumas Sebagai bahan pelumas. 6. Residu Sebagai aspal dan lilin.
  13. 13. Mutu Bensin & Bilangan Oktan• Mutu bahan bakar bensin ditentukan oleh efektivitas pembakarannya dalam mesin.• Bahan bakar yang baik jika didalam mesin tidak menimbulkan ketukan (knocking).• Penentuan angka oktan suatu bahan bakar dilakukan dengan pengujian di laboratorium, yaitu dengan membandingkan efisiensi pembakarannya dengan bensin standar.
  14. 14. • Jika suatu bahan bakar mempunyai angka oktan 80 berarti mutu (kualitas) pembakarannya setara dengan bensin standar yang mengandung 80% isooktana dan 20% n-heptana.• Pada umumnya bensin yang dihasilkan dari proses penyulingan tahap pertama mempunyai angka oktan antara 70-80.
  15. 15. Sekian.. Wassalamualaikum Wr Wb

×